Pengantar Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Tahun Pelajaran 2018/2019
Pada pertemuan pertama atau
kegiatan sebelum pembahasan materi pembelajaran, guru perlu menyampaiakan
hal-hal sebagai berikut.
1. Tujuan Pembelajaran Bahasa
Indonesia
2. Ruang Lingkup atau Jenis-Jenis
Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
3. Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar
4. Metode Pembelajaran
5. Teknik Penilaian
6. Kriteria Ketuntasan Minimal.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK
Pembelajaran bahasa Indonesia
diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam
bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta
menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Dengan
pembelajaran
bahasa Indonesia, peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Hal tersebut merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespons situasi lokal, regional, nasional, dan global.
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia.
bahasa Indonesia, peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Hal tersebut merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespons situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan,
kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil
karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri.
Mata pelajaran Bahasa Indonesia juga bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik
secara lisan maupun tulis.2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia.
(Sumber: Pedoman Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia, Depdikbud, 2016)
JENIS-JENIS TEKS DI SMA/MA/SMK
KURIKULUM 2013 (REVISI)
No.
|
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
1
|
Laporan hasil observasi
|
Prosedur
|
Surat lamaran pekerjaan
|
2.
|
Eksposisi
|
Eksplanasi
|
Teks sejarah
|
3.
|
Anekdot
|
Ceramah
|
Editorial
|
4.
|
Hikayat
|
Cerpen
|
Novel
|
5.
|
Negosiasi
|
Proposal
|
Artikel
|
6.
|
Debat
|
Karya ilmiah
|
Esai
|
7.
|
Biografi
|
Resensi
|
|
8.
|
Puisi
|
Drama
|
(sumber permendikbud nomor 24 tahun
2016 dan Silabus Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK versi 2016 Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan)
KOMPETENSI INTI BAHASA INDONESIA SMA/SMK
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 2 Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 3 Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMA/SMK
Kelas x
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1
Mengorganisasikan informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
3.1
Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran
pekerjaan yang dibaca.
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil
observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
|
4.1
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi
surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual
|
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari
minimal dua teks laporan hasil observasi
|
3.2
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2
Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
|
4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan
memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.
|
4.2
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil
analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
4.2
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan.
|
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau
dibaca
|
3.3
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
3.3
Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi,
rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam
cerita sejarah lisan atau tulis
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
|
4.3
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
4.3
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah
dalam sebuah teks eksplanasi
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
3.4
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi
|
3.4
Menganalisis kebahasaan
cerita atau novel sejarah
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan.
|
4.4
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
4.4
Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan
kebahasaan
|
3.5
Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
3.5
Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi informasi
berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
3.5
Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi
dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
|
4.5
Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
|
4.5
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual
sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
4.5
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial
|
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
anekdot.
|
3.6
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam
ceramah.
|
3.6
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks editorial
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan.
|
4.6
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual
dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat.
|
4.6
Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan .
|
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang
terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
3.7
Menemukan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
(nonfiksi) yang dibaca
|
3.7
Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau
kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
.
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang
didengar dan dibaca.
|
4.7
Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku
pengayaan (nonfiksi)
|
4.7
Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik
|
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan
cerita rakyat dan cerpen.
|
3.8
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung
dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
|
3.8 Menafsir pandangan pengarang terhadap
kehidupan dalam novel yang dibaca
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke
dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang
dipelajari dalam cerita pendek
|
4.8 Menyajikan hasil interpretasi terhadap
pandangan pengarang
|
3.9 Menyebutkan butir-butir penting dari dua
buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.9
Menganalisis
unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi
(buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
4.9
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan
unsur-unsur pembangun cerpen.
|
4.9 Merancang novel atau novelet dengan
memerhatikan isi dan kebahasaan.
|
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
3.10
Menemukan
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun
opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
|
4.10
Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku
ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
4.10 Menyusun opini dalam bentuk artikel
|
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
3.11
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau
buku ilmiah
|
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan
memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
4.11
Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi
yang dibaca.
|
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan
memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak dan
simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
3.12
Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal
kegiatan atau penelitian yang dibaca
|
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari
aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak,
dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
4.12
Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya
lebih efektif
|
4.12 Menyusun kritik dan esai dengan
memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
3.13
Menganalisis isi
debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
|
3.13
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
|
3.13 Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
|
4.13
Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut
pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
4.13
Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan
memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai
dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
|
3.14
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
|
3.14
Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah
karya ilmiah yang dibaca
|
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat
dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
4.14
Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat
diteladani dari tokoh yang terdapat
dalam teks biografi yang dibaca secara
tertulis.
|
4.14
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus
disajikan dalam karya ilmiah
|
4.14 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang
terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
3.15
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks
biografi.
|
3.15
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah
|
|
4.15
Menyusun teks biografi tokoh
|
4.15
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan
isi, sistematika, dan kebahasaan.
|
|
3.16
Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa
puisi yang terkandung dalam antologi
puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
|
3.16
Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan
sistematika sebuah resensi
|
|
4.16
Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan)
satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi
(tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
4.16
Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil
perbandingan beberapa teks resensi
|
|
3.17
Menganalisis
unsur pembangun puisi.
|
3.17
Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya
yang berbeda.
|
|
4.17
Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
|
4.17
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca.
|
|
3.18
Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu
buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
3.18
Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan
konflik dalam drama yang dibaca atau
ditonton
|
|
4.18
Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk
resensi.
|
4.18
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang
dibaca atau ditonton secara lisan
|
|
3.19
Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau
ditonton
|
||
4.19
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan
memerhatikan isi dan kebahasaan
|
||
3.20
Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku
kumpulan puisi) yang dibaca
|
||
4.20
Menyusun ulasan
terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi
kekinian
|
Unduh Lampiran Permendikbud Nomor
24 tahun 2016 Klik https://drive.google.com/open?id=1L5wnIApkE5fcrdz5POFYPA_hwu3uD0zg
Unduh Silabus Bahasa Indonesia
SMA/SMK Klik (3 Kolom) https://drive.google.com/open?id=1Dju6fOwu1iuFIGNZ5sFD0WGJGPt7TPeY
Unduh Silabus Bahasa Indonesia
melalui link (7 kolom) https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/silabus-bahasa-indonesia-smasmk-kelas-x_11.html
Unduh Pedoman Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia SMA/SMK Klik https://drive.google.com/open?id=1Sc8SUm8ymEa5dYxTlxWUh6zp4DeYA61B
Baca juga
1. MATERI PEMBELAJARAN KELAS X TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-laporan-hasil.html
2. MATERI PEMBELAJARAN KELAS XI TEKS PROSEDUR KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-prosedur.html
3. MATERI PEMBELAJARAN KELAS XII SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-surat-lamaran.html
Baca juga
1. MATERI PEMBELAJARAN KELAS X TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-laporan-hasil.html
2. MATERI PEMBELAJARAN KELAS XI TEKS PROSEDUR KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-prosedur.html
3. MATERI PEMBELAJARAN KELAS XII SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-surat-lamaran.html
0 komentar:
Post a Comment