18 August 2018

KUNCI JAWABAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN PEMBAHASAN MAPEL BAHASA INDONESIA SOAL NOMOR 7: RINGKASAN ISI TEKS



Kunci Jawaban: E
Pembahasan 
Ringkasan adalah hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya.
Ringkasan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah pilihan jawaban E. Teks tersebut menceritakan Tono yang meminta agar Udin menerka teka-tekinya tentang sebab dosen ilmu politiknya yang kalau mengajar selalu duduk.
Jawaban E tepat karena sesuai dan mencakupi isi teks secara lengkap. Jawaban A,B,  dan D bukanlah ringkasan,  tetapi kalimat yang terdapat pada teks. Jawaban C kurang tepat karena tidak sesuai dengan isi teks. Pada teks, yang dibicarakan adalah dosen yang mengajar Tono, bukan yang mengajar Udin. 
RINGKASAN MATERI
PENGERTIAN RINGKASAN DAN LANGKAH-LANGKAH MERINGKAS TEKS

A.  Pengertian Ringkasan

Ringkasan adalah hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya.

Ringkasan disusun untuk mempermudah dan mempercepat seseorang memahami isi pokok teks.

B.  Langkah-Langkah Meringkas Isi Teks Nonsastra

Langkah-langkah meringkaskan teks adalah sebagai berikut.

1.      Membaca secara cermat seluruh teks asli untuk menangkap seluruh informasi teks.

Membaca tulisan asli terkadang tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan berkali- kali. Membaca seluruh teks asli bertujuan menemukan kalimat/ ide pokok mana yang harus diambil dan dijadikan ringkasan. Membaca tulisan asli juga dapat membantu pembuat ringkasan dalam mengambil simpulan dan intisari teks.

2.      Menuliskan gagasan atau ide-ide pokok teks.

Pada saat membaca seluruh teks, pembuat ringkasan harus mencatat dan menuliskan ide-ide pokok atau gagasan utama paragraf. Ide-ide pokok inilah yang menjadi bahan untuk membuat ringkasan.

3.      Menyusun ide-ide pokok paragraf menjadi ringkasan teks.

Setelah mencatat ide-ide pokok paragraf, pembuat ringkasan dapat merangkai dan menyusun ringkasan berdasarkan ide-ide pokok tersebut menjadi paragraf baru yang lebih singkat dari tulisan aslinya.

Contoh Ringkasan

Batuk sebetulnya bukan penyakit refleks, karena mengalami rangsangan udara yang berpolusi,  asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat  terjadi  karena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin  atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin.

Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang  mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.

Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah ...

A.  Penyakit batuk dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka barus diobati dengan ekspektoran.

B.  Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut dapat dibeli di pasar bebas.

C.  Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara saluran pernapasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.

D.  Terjadinya penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara. Namun, semua dapat diobati dengan obat-obat altematif yang dijual di pasaran bebas.

2 comments: