24 August 2018

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS, FORMAT KISI-KISI SOAL HOTS, DAN KARTU SOAL HOTS


LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS
HOTS atau higher order thinking skill adalah proses berpikir tingkat tinggi. Dalam taksonomi bloom yang direvisi Anderson menduduki level C4, C5 dan C6, analisis, evaluasi. dan kreasi. HOTS adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Guru dituntut untuk melakukan proses pembelajaran yang HOTS sehingga muaranya peserta didik mampu menyelesaikan soal HOTS. Soal HOTS harus mampu mengukur transfer  of knowledge, Problem solving dan Critical thinking. Soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu keterampilan berpikir yang tidak sekadar mengingat (remember), memahami (undestand), atau menerapkan (apply).
Langkah-Langkah Menyusun Soal HOTS
Untuk menulis butir soal HOTS, penulis soal dituntut untuk dapat menentukan perilaku yang hendak diukur dan merumuskan materi yang akan dijadikan dasar pertanyaan (stimulus) dalam konteks tertentu sesuai dengan perilaku yang diharapkan. Selain itu uraian materi yang akan ditanyakan (yang menuntut penalaran tinggi) tidak selalu tersedia di dalam buku pelajaran. Oleh karena itu dalam penulisan soal HOTS, dibutuhkan penguasaan materi ajar, keterampilan dalam menulis soal (kontruksi soal), dan kreativitas guru dalam memilih stimulus soal sesuai dengan situasi dan kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan.Berikut dipaparkan langkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS.
1. Menganalisis KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS
Terlebih dahulu guru-guru memilih KD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS. Tidak semua KD dapat dibuatkan model-model soal HOTS. Guru-guru secara mandiri atau melalui forum MGMP dapat melakukan analisis terhadap KD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS.
2. Menyusun kisi-kisi soal
Kisi-kisi penulisan soal-soal HOTS bertujuan untuk membantu para guru dalam menulis butir soal HOTS. Secara umum, kisi-kisi tersebut diperlukan untuk memandu guru dalam: (a) memilih KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS, (b) memilih materi pokok yang terkait dengan KD yang akan diuji, (c) merumuskan indikator soal, dan (d) menentukan level kognitif.
3. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual.
Stimulus yang digunakan hendaknya menarik, artinya mendorong peserta didik untuk membaca stimulus. Stimulus yang menarik umumnya baru, belum pernah dibaca oleh peserta didik. Sedangkan stimulus kontekstual berarti stimulus yang sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari, menarik, mendorong peserta didik untuk membaca.Dalam konteks Ujian Sekolah, guru dapat memilih stimulus dari lingkungan sekolah atau daerah setempat.
4. Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal
Butir-butir pertanyaan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan butir soal HOTS.Kaidah penulisan butir soal HOTS, agak berbeda dengan kaidah penulisan butir soal pada umumnya.
Perbedaannya terletak pada aspek materi, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relative sama. Setiap butir soal ditulis pada kartu soal, sesuai format terlampir.
5. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban
Setiap butir soal HOTS yang ditulis hendaknya dilengkapi dengan pedoman penskoran atau kunci jawaban.Pedoman penskoran dibuat untuk bentuk soal uraian.Sedangkan kunci jawaban dibuat untuk bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks (benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.


TRIK DAN TIPS MENYUSUN SOAL HOTS
1. Gunakan Konteks Dunia Nyata
Contoh soal
Soal A.1 (tidak menggunakan konteks dunia nyata)
Seorang peneliti menetapkan tingkat signifikansi 0,05. Berapakah nilai uji signifikansi yang dapat dapat diterima untuk menolak hipotesis penelitian? 
Soal A.2 (menggunakan konteks dunia nyata)
Seorang peneliti membandingkan berat badan dua kelompok untuk meneliti efektivitas obat pelangsing. Peneliti tersebut menetapkan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji signifikansi memperoleh nilai 0,017. Apakah yang dapat disimpulkan oleh peneliti tersebut?
Penjelasan: Penyajian Kasus Nyata memungkinkan proses menelaah informasi

2. Berikan Pertanyaan yang terkait analisis visual
Contoh soal
Soal B.1
Apakah peran burung Elang dalam suatu rantai makanan?
Soal B.2
Cermati gambar berikut!


Seorang ilmuwan berhasil menemukan pestisida ampuh pembasmi ulat sehingga jumlah ulat menurun dengan drastis. Apakah yang akan terjadi kepada Elang?
Penjelasan: Melalui analisa visual bagan yang kompleks, maka tingkat berfikir ordenya lebih tinggi
3. Tanyakan alasan dari jawaban yang diberikan
Abad ke-21 adalah abad digital dan abad informasi. Arus informasi yang begitu deras berdampak negatif terhadap disintegrasi bangsa. Misalnya kejadian SARA di suatu sekolah yang belum terverifikasi kebenarannya, diunggah seorang pelajar di media sosial. Berita tersebut akan cepat tersebar ke masyarakat luas sehingga memicu konflik antar kelompok. Oleh karena itu, pembatasan penggunaan media sosial harus diterapkan kepada semua pelajar.  
Setujukah Kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu!
4. Soal pilihan ganda dan soal objektif DAPAT mengukur HOTS






Sumber
Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta:  Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 
BACA JUGA

1. MENGAPA HOTS? KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/mengapa-hots.html

2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/langkah-langkah-menyusun-desain.html

3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-rpp-berorientasi-hots-mata.html

4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/oal-hots-pada-ujian-nasional-un-mata.html
Unduh 
1. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) KLIK https://drive.google.com/open?id=1Ch-Vb9iyp_BYlJ3lKzQjQrghxnjh9QgF
3. Format Kartu Soal HOTS Pilihan Ganda KLIK https://drive.google.com/open?id=1GahcMLPfRI6enQ3kuSbUBeomyo66Xy9i
5. Format Istrumen Telaah Soal HOTS Pilihan Ganda dan Uraian KLIK https://drive.google.com/open?id=1vbmKCIr1KqRqQvj58PNOJWo08eB8stuq
6. PPT Materi Workshop Penyusunan Soal HOTS KLIK https://drive.google.com/open?id=1w-AIgeAU4YkJWCsg1U6YRJ5HniFT21KC

16 comments:

  1. Terima kasih Pak. Materi-materi dari Bapak sangat berguna bagi saya. Salam.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak pak, artikel bapak sangat membantu saya sebagai guru pemula

    ReplyDelete
  3. Barakallah bapak🙏🏿🙏🏿🙏🏿🙏🏿

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah
    Terima kasih atas ilmunya
    Mudah mudahan berkah

    ReplyDelete