Cermati paragraf berikut untuk
menjawab soal nomor 15 s.d. 17!
(1) Udara yang dihirup makhluk
hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap
terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira
41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan
dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton
setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun
bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak
nafas.
16. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah .
. .
A. Mengimbau agar perindustrian menjaga
keseimbangan penggunaan oksigen.
B. Menggambarkan betapa besar penggunaan oksigen
oleh industry.
C. Menginformasikan kebutuhan jumlah oksigen yang
oleh perindustrian.
D. Mengingatkan perindustrian agar menghemat
oksigen.
E. Menginformsikan bahwa perindustrian telah
boros dalam penggunaan oksigen.
Kunci Jawaban: A
Tujuan penulis teks dapat
disimpulkan dari isi teks. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah mengimbau
agar perindustrian menjaga keseimbangan penggunaan oksigen. Kalimat yang berisi
imbauan adalah kalimat nomor (2) Kadar
tersebut harus tetap terpelihara.
TUJUAN PENULISAN TEKS
Tujuan penulis pada suatu teks
dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini
disajikan genre teks dan fungsi teks.
MATERI KURIKULUM 2006 JENIS
PARAGRAF DESKRIPSI, EKSPOSISI, PERSUASI, ARGUMENTASI, NARASI
NO
|
DEFINISI
|
JENIS TEKS
|
1
|
Karangan yang
bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca terhadap objek,
gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis.
Dengan karangan ini, pembaca dapat
dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam
peristiwa yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.
|
|
2
|
Karangan yang
bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini peristiwa biasanya
disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki tokoh, dan terdapat
konflik.
|
|
3
|
Karangan yang
bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini mula-mula dipaparkan
gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian diikuti dengan
ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca.
|
|
4
|
Karangan yang
bertujuan menyampaikan suatu gagasan, ide, pendapat, konsepsi, atau opini
penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk meyakinkan pembaca atas
kebenaran gagasan itu.
|
|
5
|
Karangan yang
bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan penyuluhan/informasi,
mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar
pembaca menerima dan mengikutinya
|
|
NO
|
CONTOH
KARANGAN/PARAGRAF
|
JENIS KARANGAN
|
1
|
Setiap detik penduduk
di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa pertumbuhan penduduk yang
demikian pesat akan menjadi masalah global.Oleh karena itu, kita perlu
mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain kita harus berusaha keras
mencari penemuan-penemuan baru untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang tak
terelakkan tersebut.
|
persuasi
|
2
|
Masih ada solusi yang
baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan kita. Penambahan jumlah
kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak perlu diikuti dengan
pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting adalah rasionalisasi
jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan wilayah fishing ground dan
fishing base.
|
argumentasi
|
3
|
Ia terlentang
seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal tulang terbalut kulit
itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah robek di sana sini,
sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari sela-sela baju. Bau anyir
menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang melebar dengan warna
merah
|
deskripsi
|
4
|
Olahraga jalan cepat
bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun,
yang membedakan adalah olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk
meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak
menyentuh tanah.
|
eksposisi
|
5
|
Tahun 1977 Dr.
Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California, Berkeley mendapati
sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur menemukan kandungan
tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan lumpur itu. Pada tahun
berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two juga menmukan tridium
berkadar tinggi di perairan New Mexico bagian utara.
|
narasi
|
6
|
Pasar Blaura
merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada di sana. Di
bagian terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di lantai satu
terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing kanan pasar
terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri ada pula
jenis buah-buahan.
|
deskripsi
|
7
|
Hujan adalah akibat
dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi
seperti laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan
sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di
atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian menjadi awan dan akan
tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika konsentrasi awan tersebut
menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga
berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi.
|
eksposisi
|
8
|
Musim semi telah tiba
dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas
puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi
jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai,
bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan
kesadaran alam
|
deskripsi
|
9
|
Sore itu kami pergi
ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang
kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana
seperti rumah-rumah di sekitarnya.
|
narasi
|
10
|
Kedisiplinan lalu
lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada
bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di kepolisian. Selain itu,
jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan pun juga semakin meningkat.
|
argumentasi
|
MATERI KURIKULUM 2013 JENIS-JENIS
TEKS
GENRE
|
TIPE TEKS
|
LOKASI SOSIAL
|
Menggambarkan
(Describing)
|
Laporan (Report):
melaporkan
informasi
|
Buku rujukan,
dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi
kelompok
|
Deskripsi:
menggambarkan peristiwa, hal, sastra
|
Pengamatan
diri, objek, lingkungan, perasaan, dll.
|
|
Menjelaskan (Explaining)
|
Eksplanasi:
menjelaskan sesuatu
|
Paparan,
pidato/ceramah, tulisan ilmiah (popular)
|
Memerintah (Instructing)
|
Instruksi/
Prosedur: menunjukkan bgm sesuatu dilakukan
|
Buku panduan/
manual (penerapan), instruksi pengobatan, aturan olahraga, rencana
pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan
|
Berargumen (Arguing)
|
Eksposisi:
memberi pendapat atau sudut pandang
|
(MEYAKINKAN/Mempengaruhi):
iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel
Koran/majalah
|
Diskusi
|
(MENGEVALUASI
suatu persoalan dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih)
|
|
Respon/
review
|
Menanggapi
teks sastra, kritik sastra, resensi
|
|
Menceritakan
(Narrating)
|
Rekon (Recount): menceritakan peristiwa
secara berurutan
|
Jurnal, buku
harian, artikel Koran, berita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time
line)
|
Narasi:
menceritakan kisah atau nasehat
|
Prosa (Fiksi
ilmiah, fantasi, fabel, cerita rakyat, mitos, dll.), dan drama.
|
|
Puisi
|
Puisi, puisi
rakyat (pantun, syair, gurindam)
|
Sumber
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2016. Silabus Mata Pelajaran
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah
Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan)
BACA JUGA
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 TENTANG Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
BACA JUGA
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 TENTANG Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak Tokoh
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi Teks
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam Tajuk
Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk
Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalam
Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan Kalimat
Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ide pokok paragraf
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai
Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan
yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan Penggunaan
Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Kata Ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Menyusun Esai Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Kalimat Berimbuhan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
36. Amanat Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_14.html
37. Melengkapi Pantun Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_18.html
38. Kalimat Argumen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html
39. Teks Negosiasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
40. Memperbaiki Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
0 komentar:
Post a Comment