28 August 2018

ZUHRI INDONESIA: PEMBAHASAN SOAL UN SMA/MA TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA NOMOR 19: KATA RUJUKAN


Cermati paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 19 dan 20! 
Satuan paling utama dalam sistem metrik adalah meter. Satuan panjang ini adalah satu persepuluh juta jarak antara Paris dan Kutub Utara. Pada abad ke-20, meter, sejalan dengan pengukuran-pengukuran lainnya dalam satu sistem metrik, telah diperbaharui sehingga cukup akurat untuk pengukuran ilmiah yang sangat cermat. Sekarang meter didefinisikan dalam ukuran gelombang-geolombang dari jenis sinar laser tertentu.
19. Kata ini  yang bercetak miring merujuk pada kata . . .
A. meter
B. metrik
C. satuan
D. utama
E. sistem
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kata rujukan adalah kata yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti dari kata aslinya. Kata rujukan pada teks tersebut adalah kata ini. Kata ini pada kalimat Satuan panjang ini  adalah satu persepuluh juta jarak antara Paris dan Kutub Utara merujuk kata meter yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya, yaitu Satuan paling utama dalam sistem metrik adalah meter.
RINGKASAN MATERI
Pengertian Kata Rujukan 
Kata rujukan adalah kata yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti dari kata aslinya. Kata rujukan umumnya menggunakan kata-kata seperti di sini, di sana, ini, itu, dia, ia, tersebut dan lain-lain. 
Macam-Macam Kata Rujukan
Kata rujukan terbagi menjadi 3 jenis sebagai berikut.

1.    Kata rujukan benda atau hal : Ini, itu, tersebut
2.    Kata rujukan tempat : di sini, di sana, di situ.
3.    Kata rujukan orang atau personil atau yang kedudukannya sama seperti orang/makhluk hidup. Contohnya: dia, Ia, beliau, mereka.
Contoh sederhananya adalah sebagai berikut:

1.    Tadi pagi Rina terlambat masuk kelas. Dia bangun kesiangan.
Kata dia dalam kalimat di atas merujuk pada bagian sebelumnya yaitu Rina. Singkatnya, Kata Rina dalam kalimat tersebut adalah kata yang dirujuk, sedangkan kata dia dalam kalimat tersebut adalah kata yang merujuk
Bila diperjelas kalimat tersebut bisa saja menjadi.
Tadi pagi Rina terlambat masuk kelas. Rina bangun kesiangan.
Namun karena menggunakan kata rujukan, kata Rina digantikan dengan kata rujukan “dia” dalam kalimat tersebut agar tidak terjadi pengulangan kata.

2.      Aku dibesarkan di Kota Tegal. Di kota itu aku dibesarkan oleh kedua orang tuaku dengan penuh kasih sayang dalam rumah sederhana. Di sana tinggal aku bersama beberapa 3 orang kakakku yang siap melindungi. Meskipun berbeda ayah, mereka tetap memperlakukan aku selayaknya adik sendiri. Kerukunan terasa sekali dirasakan di rumah kami. Ini semua karena didikan ibuku. Beliau adalah orang yang penuh kasih dan sayang untuk kami anak-anaknya. Dari beliau kami belajar banyak hal seperti makna berbagi, hidup rukun, dan toleransi. Nilai tersebut sampai kini masih kami lakukan meski kami telah menjadi dewasa.

Rujukan kata yang terdapat pada paragraf di atas adalah: 
Itu yang merujuk pada Tegal 
Di sana yang merujuk pada rumah sederhana 
Mereka yang merujuk pada kakak-kakakku 
Beliau yang merujuk pada ibu 
Tersebut yang merujuk pada berbagi, hidup rukun, dan toleransi
(http://farichinfarich.blogspot.co.id/2014/09/rujukan-kata.html)

BACA JUGA
SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017 TENTANG KATA RUJUKAN KLIK 


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html

4 comments:

  1. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online SG Slots
    Kemenangan besar & mega bonus menanti Anda! Rasakan serunya setiap putaran mendebarkan di SG Slot.

    ReplyDelete