Berikut disajikan bahan persiapan
UN 2018/2019 tingkat SMP/MTs. mata pelajaran bahasa Indonesia meliputi
kisi-kisi, soal, pembahasan, dan ringkasan materi.
Kisi-kisi terdiri atas lima ruang
lingkup materi, yaitu membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas,
menyunting kata, kalimat, dan paragraf, dan menyunting ejaan dan tanda baca.
Kisi-kisi berikut disusun
berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 dan soal UNKP Bahasa Indonesia SMP/MTs.
tahun pelajaran 2017/2018
A. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA NON
SASTRA
1. Menentukan makna kata/kalimat pada teks
2. Menentukan
informasi tersurat teks
3. Menentukan
bagian teks/Kalimat utama paragraf
4. Menentukan
ide pokok
5. Menyimpulkan
isi teks
6. Menyimpulkan
pendapat pro/kontra dalam teks
7. Meringkas
isi teks
8. Membandingkan
penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks
9. Menilai
keunggulan/kelemahan teks
10. Mengomentari
isi teks
1. Menentukan
makna kata dalam cerpen dan fabel
2. menentukan
makna tersurat dalam cerpen dan fabel
3. menentukan
bagian cerpen dan fabel
4. Menyimpulkan
makna simbol dalam cerpen dan fabel
5. menyimpulkan
isi tersirat dalam cerpen/fable
6. Menyimpulkan
sebab/akibat konflik
7. Membandingkan
pola pengembangan cerpen dan fabel
8. Membandingkan
penggunaan bahasa cerpen/fabel
9. menunjukkan
bukti latar dan watak
10. Mengaitkan
isi dengan kehidupan saat ini
11. mengomentari
unsur intrinsik karya sastra
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
1. melengkapi
istilah/kata dalam kalimat
2. menyusun
urutan kalimat berbagai jenis teks
3. melengkapi
paragraf
4. melengkapi
bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
5. Memvariasikan
kata
6. Memvariasikan
kalimat
7. menulis
dengan ilustrasi tertentu
8. Mengubah
teks ke bentuk lain
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN
PARAGRAF
1. menunjukkan
kata yang tidak sesuai kaidah
2. menunjukkan
kalimat yang tidak sesuai kaidah
3. menggunakan
kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
4. mengisi
konjungsi dalam kalimat
5. Memperbaiki
kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraph
6. menentukan
alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
1. Menunjukkan
kesalahan penggunaan ejaan
2. Menunjukkan
kesalahan penggunaan tanda baca
3. Menggunakan
ejaan
4. Menggunakan
tanda baca
5. Memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
6. Memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca
SOAL DAN PEMBAHASAN
SOAL UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA
SMP/MTs.
1. Bacalah teks Berikut!
Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat
ditempuh dengan beragam upaya. Pertama, diperlukan upaya persuasif untuk
memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang
sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran lingkungan sehat dalam
kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga
lingkungan agar tetap bersih dan sehat.
Makna
kata persuasif pada teks tersebut adalah…
A.
meyakinkan melalui cara membujuk
B.
Memberi tahu dengan cara kekerasan
C.
meyakinkan dengan memberikan ceramah
D.
memberikan imbauan menuju kebaikan
2. Bacalah teks Berikut
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI
untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan di
masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut
diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul
kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu.
Maksud kalimat nomor (1) pada teks
tersebut adalah
A. Masyarakat DKI sangat antusias
menyambut permainan Pokemon Go
B. Permainan Pokemon Go dapat
dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak semua masyarakat setuju dengan
ajakan untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarang
masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta.
3. Bacalah teks Berikut!
Dalam sebuah penelitian tentang
minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar
responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital memiliki beberapa
unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada saat membaca, sedikitnya judul
buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku
cetak.
Pernyataan yang sesuai dengan isi
teks tersebut adalah…
A. Kenyamanan mata dalam membaca
menjadi alasan memilih buku digital.
B. Hanya sebagian kecil responden
menyukai buku digital.
C. Buku digital memiliki banyak
keunggulan daripada buku cetak.
D. Koleksi buku digital sangat
bagus sehingga disukai oleh responden.
4. Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk
menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak memiliki
peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi
terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat
baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan
pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
5. Bacalah paragraph berikut!
Seseorang akan diuji dengan apa
yang dia miliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji dengan seberapa jauh
kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, dia akan diuji dengan
keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di saat menduduki
jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan
wewenang yang diembannya.
Ide pokok paragraf tersebut
adalah….
A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang memiliki harta
D. tanggung jawab wewenang
6. Bacalah paragraf berikut!(1) Terkena serangan jantung adalah pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang membuat seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satu di antaranya adalah tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
4. (4)
7. Bacalah teks berikut!Bagi anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.
Simpulan isi teks tersebut adalah
….
A. Bermain tak punya kaitan dengan
kecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembangan
perlu diberikan permainan.
C. Permainan dapat mempengaruhi
kondisi emosional anak.
D. Permainan hanya membuat anak
menjadi senang semata.
8. Bacalah teks berikut!
Karakter adalah kunci keberhasilan
individu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan
dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan
kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan,
dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma
agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat.
Pendidikan karakter penting bagi
pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah
dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia
dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi
pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah kalian
menyadari?
Ringkasan
teks tersebut adalah …
A. Kunci keberhasilan individu adalah
pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
B. Karakter adalah kunci keberhasilan
individu yang penting bagi pelajar pada usia dini hingga remaja.
C. Pendidikan karakter diterapkan di
sekolah, rumah, dan lingkungan sosial karena kunci keberhasilan.
D. Karakteristik adalah kunci
keberhasilan individu sehingga pendidikan karakter penting bagi pelajar.
9. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Pensiun merupakan
masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome saat
mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu
|
Upaya pembenahan
transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga
memperbaiki sistemnya.
|
Perbedaan penggunaan bahasa pada
kedua teks tersebut adalah...
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
kata tidak baku
|
kata-kata baku
|
B
|
istilah asing
|
menggunakan ungkapan
|
C
|
bahasa resmi
|
bahasa sehari-hari
|
D
|
kalimat tunggal
|
kalimat majemuk
|
10. Bacalah kedua kutipan cerita
berikut!
Kutipan I
|
Kutipan II
|
“Cepat naik!”
“Tidak biarkan aku
sendiri…!”
“Kamu jangan gila,
ini tengah malam, kamu mau naik apa? Apakah kamu akan berjalan kaki sampai
kos?”
Aku terus berjalan.
Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit…
|
Sebelum jam 5, Min
sudah berkemas. Kira-kira setengah jam kemudian dia nampak seperti astronot
siap ke angkasa. Jaket, helm, dan handuk kecil menjadi kostum resminya. Jam
setengah enam, pelanggan ojek pertamanya adalah Rusmi, bakul sayuran di Pasar
Legi. Hampir semua langganan ojeknya adalah pedagang sayur. Sekita jam 9, Min
baru nongkrong di pangkalan ojek sampai sore.
|
Perbedaan pola pengembangan kedua
kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan….
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A
|
latar cerita
|
aksi tokoh
|
B
|
aksi tokoh
|
masalah yang harus
diselesaikan
|
C
|
garis besar cerita
|
aksi tokoh
|
D
|
aksi tokoh
|
garis besar cerita
|
11. Bacalah kutipan cerita berikut!
Nasib orang tidak pernah diduga.
Benar kata orang bijak, jodoh, mati, bahagia dan celaka, itu rahasia Tuhan.
Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang menentukan. Namun, bukan
berarti harus pasrah. Berusaha adalah Jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan.
Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba setelah sekian waktu jadi orang
luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu telah menjadi orang penting
di perusahaan yang sudah berdiri bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi
tangan kanan pimpinan perusahaan itu. Makna ungkapan tangan kanan pada kutipan cerita tersebut adalah….
A. orang kesayangan
B. orang kepercayaan
C. orang kebanggaan
D kekeluargaan
12. Bacalah kutipan cerita berikut!
Di sekolah mereka, murid-murid
sedang heboh mengenai wangi bunga yang menyengat saat jam istirahat.“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih datangnya
wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tau dari
mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha.
Mereka berencana menyusun strategi
yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi
kutipan cerita tersebut adalah ….
A. Di kelas Keisha ada bunga
melati.B. Murid-murid menyenangi wangi bunga melati.
C. Murid-murid mendiskusikan cara merawat bunga melati.
D. Keisha dan teman-teman ingin mencari sumber wangi di kelasnya.
……………
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN
2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa.html
2. Menentukan Maksud
Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-smp-tahun-pelajaran.html
4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_30.html
5. Ide Pokok Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_24.html
6. Kalimat Utama Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_1.html
8. Ringkasan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_89.html
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa
Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_49.html
10. Pola Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_43.html
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_98.html
12. Menentukan Pernyataan yang
Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/12.html
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh
dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
14. Menentukan Keteladanan Tokoh
dalam Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-tokoh-utama-cerita.html
16. Menentukan Latar Suasana Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-latar-suasana-cerita.html
17. Menentukan Cara Penggambaran
watak tokoh dalam cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-watak.html
18. Menentukan Makna Kata Simbolik
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-makna-simbol-atau-kata.html
19. Menentukan Amanat Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-menentuakan-amanat-cerita.html
20. Menentukan Nilai Moral dalam
Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-nilai-moral.html
21. Menentukan Penyebab Konflik
dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-penyebab-konflik.html
22. Menentukan Perbedaan
Pola Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-pola-pengembangan.html
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan
Bahasa dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-penggunaan-bahasa.html
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-isi-cerita-dan.html
25. Menentukan Keunggulan Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-menentukan-keunggulan-cerita.html
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs.
MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html
SOAL DAN PEMBAHASAN PER INDIKATOR LENGKAP SOAL UN 2016/2017
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan sebab akibat
- Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan bagian alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan
makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan huruf kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
0 komentar:
Post a Comment