13 September 2018

MELENGKAPI TEKS DRAMA


PEMBAHASAN SOAL UN 2017/2018 NOMOR 35: MELENGKAPI TEKS DRAMA
35. Cermati kutipan teks drama berikut!

(1) Parminem : “Begini, Bu. Di sini saya sebagai produsen nasi bungkus dari program Ibu Menteri. Saya kemari karena saya mengharapkan sejumlah uang dari Ibu.”

(2) Ibu Menteri            : “ Perasaan, saya bukanlah bendahara dari program itu. Jadi langsung saja kamu meminta uang kepada Pembantu Menteri yang telah merangkap menjadi ketua, sekretaris, dan bendahara.”

(3) Parminem : “(duduk di kursi/lantai dan  badannya lemas)” Tapi saya sudah mencarinya kemana-mana. Dari pagi, saya sudah siap-siap di kamar mandi umum, tempat Bu Pembantu Menteri buang air kecil. Tapi nyatanya nihil.” (memendam kekecewaan mendalam)

(4) Ibu Menteri            : “ . . .”

(5) Parminem : “Hah ... duh biyung! Nasib, nasib. Ya sudahlah Bu, saya mau pergi dulu. Permisi.” (meninggalkan panggung).

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah . . .                                            

A. Mungkin, itu sudah nasibmu. Sekali lagi, saya tidak bisa membantu. Itu bukan lagi urusan menteri seperti saya.
B. Menurut data memori yang ada dalam  otak saya, rasanya saya belum pernah berjumpa dengan kamu.                                                               
C. Baiklah,  nanti kutemui Bu Pembantu Menteri. Kusampaikan masalahmu kepadanya.
D. Kalau cuma masalah uang, aku bisa memberimu sekarang juga
E. Jangan resah. Besok persoalan ini kita selesaikan bersama.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kutipan drama membahas masalah pembayaran uang nasi bungkus program menteri. Kalimat untuk melengkapi  isi drama haruslah sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat sebelumnya  menyatakan jawaban/tanggapan Ibu Menteri atas pernyataan Parminem. Kalimat sesudahnya menyatakan kekecewaan/rasa putus asa Parminem. Jadi, dialog dialog Ibu Menteri berisi pernyataan yang tidak bisa membantu permasalahan yang dihadapi Parminem. Kalimat tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B juga tidak sesuai jika digunakan untuk menjawab pernyataan Parminem. Sementara itu, kalimat pada pilihan jawaban C, D, dan E berisi kesediaan Ibu Menteri untuk membantu permasalahan sehingga tidak sesuai tanggapan Parminem yang putus asa dan kecewa.
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI TEKS DRAMA
Teks/naskah drama memiliki ciri khas berbentuk cakapan atau dialog. Dialog yang ditulis oleh pengarang naskah drama adalah dialog yang akan diucapkan di atas panggung.
Dalam dialog terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan :

1.    Dialog harus mencerminkan percakapan sehari-hari, karena drama merupakan mimetik (tiruan) dari kehidupan sehari-hari.

2.    Ragam bahasa yang digunakan dalam dialog drama adalah bahasa lisan yang komunikatif dan bukan ragam bahasa tulis.

3.    Diksi (pilihan kata) yang digunakan dalam drama harus berhubungan dengan konflik dan plot. Misalnya, pada awal cerita disajikan dialog-dialog panjang, tetapi menjelang klimaks dialognya sudah agak pendek.

4.    Dialog dalam naskah drama juga harus bersifat estetis, artinya memiliki bahasa yang indah.

5.    Dialog harus dapat mewakili tokoh yang dibawakan, baik watak secara psikologis, sosiologis, maupun fisiologis.

Dialog drama terkadang disajikan tidak lengkap atau rumpang. Untuk melengkapi dialog drama dapat dilakukan dengan cara sebagai Berikut.

1.    Pahami isi drama

2.    Temukan kata kunci yang bisa dijadikan jembatan untuk menghubungkan maksud cerita.

3.    Perhatikan kalimat sebelum dan sesudah kalimat rumpang. Kalimat untuk melengkapi dialog yang rumpang adalah kalimat yang sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.


BAHAN LES/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL (UN) TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 










14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html





















1 comment:

  1. Terbaru dan mudah digunakan,bisa nonton drama korea seharian kapan saja, Download aplikasi drama korea secara gratis drama korea dilayar smartphone kamu hanya dengan Download MYDRAKOR di Googleplay, gratis bisa nonton dimana dan kapan saja.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete