10 September 2018

PEMBAHASAN SOAL UN 2017/2018 SMA/MA BAHASA INDONESIA NOMOR 30: PENGEMBANGAN TOPIK CERITA



30.       Cermati teks berikut! 
Topik               : Hukuman seumur hidup bagi koruptor 
Kata kunci       : pegawai, pemerintah, rumah mewah, sederhana, angkot, warisan, dituduh.
Pengembangan topik dan kata kunci ke dalam bentuk cerpen yang tepat adalah . . . 
A. Ia hanya pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah. Rumahnya megah di kawasan elit, tetapi orang-orang hanya tahu pegawai itu orang sederhana karena ketika  pergi ke kantor dia naik angkot. Masyarakat kaget ketika pegawai tersebut dijebloskan ke penjara dan dituntut hukuman seumur hidup. 
B. Pegawai itu hanya pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah. Dia dituduh korupsi karena mempunyai rumah mewah di kawasan elit. Padahal hidupnya sangat sederhana. Pergi dan pulang kerja dia selalu menggunakan angkot. Rumah mewah itu sesungguhnya adalah rumah warisan dari orangtuanya. 
C. Jabatan pegawai itu cukup tinggi, jadi wajar kalau mempunyai rumah mewah di kawasan elit. Sebenarnya rumah itu adalah warisan dari orangtuanya tetapi orang-orang tidak percaya karena hidup makmur dan bergelimpang harta.
D. Jabatan itu baru saja diembannya, tiba-tiba KPK memeriksa pegawai tersebut dengan tuduhan menggelapkan uang negara. Pegawai tersebut marah dan mencari pengacara terkenal untuk membela diri. Namun, KPK mempunyai bukti-bukti.
E. Jabatan pegawai itu awalnya biasa saja, tetapi karena kegigihan dan kerja keras, dia berhasil mendapatkan posisi yang baik di kantornya. Akibatnya banyak yang merasa iri dengan keberhasilannya. 
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Pengembangan cerita yang sesuai dengan kata-kata kunci adalah opsi B. 
Kata-kata kunci: pegawai (1), pemerintah (2), rumah mewah (3), sederhana (4), angkot (5), warisan (6), dituduh (7) .
Pengembangan cerita yang memasukkan kata-kata kunci dapat dicermati sebagai berikut.
Pegawai (1) itu hanya pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah (2). Dia dituduh (7) korupsi karena mempunyai rumah mewah (3) di kawasan elit. Padahal hidupnya sangat sederhana (4). Pergi dan pulang kerja dia selalu menggunakan angkot (5). Rumah mewah itu sesungguhnya adalah rumah warisan (6) dari orangtuanya. 


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 











14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html

















0 komentar:

Post a Comment