25 September 2018

SOAL DAN JAWABAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER/ ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA/MA



SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS XII

1. Setiap teks memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks cerita/novel sejarah!

2. Cermatilah kutipan teks cerita sejarah berikut!

Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil?’ Dengan muka merah, kumisnya yang seperti kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, “ Tentu saja tidak tepat! Paduka sendiri tahu si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memuliki wibawa…”  (Novel Sejarah Kemelut di Majapahit karya S.H. Mintardja)

Analisislah ciri kebahasaan teks cerita sejarah tersebut meliputi kata-kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau.  

3. Surat lamaran pekerjaan memiliki sistematika baku. Jelaskan sistematika surat lamaran pekerjaan!

4. Perbaikilah penulisan bagian surat lamaran pekerjaan berikut sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar.

a. Jakarta, 25-1-2010

b. Kepada Yth. Direktur personalia

PT jaya mandiri

Jalan kencana wungu Nomor 10,jakarta

c. Nama : raka sinatria

Tempat/tanggal lahir : Cirebon, 25-7- 1985

Alamat : Perumahan Malaka Jaya C18/4, Jakarta

d. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.       

5. Tulislah surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan berikut

Lowongan Kerja PT Mortar Utama
PT Mortar Utama Merupakan market leader dalam industri Semen Instan, membutuhkan profesional handal dan inovatif untuk mengisi jabatan:
Retail Sales Asst. Manager. Sumatera Bag. Utara
Kualifikasi:
Pria
/Wanita
Pendidikan Minimal S1 segala bidang
Menguasai Komputer (Ms Office)
Mempunyai pengalaman kerja min. 4 Tahun sebagai Supervisor di bidang Sales Consumer Goods/Material Buildings
Komunikatif, mampu bernegosiasi dan membangun tim kerja
Penempatan Medan.
Kirimkan Surat lamaran, CV dan pas Photo terbaru ke alamat:

HRD PT Cipta Mortar Utama
Menara Sudirman Lt. 11
Jl. Jend. Sudirman Kav. 60 – Jakarta

Sumber: Republika, 24 September 2018



KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN
PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019  

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : XII/1
Kurikulum                   : 2013
Guru Mapel                 : Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. 

1. Struktur teks cerita sejarah
Sruktur Teks Cerita/Novel Sejarah 
a. Pengenalan situasi cerita (ekspostion, orientasi)
Dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan latar cerita baik waktu, tempat maupun peristiwa. Selain itu, orientasi juga dapat disajikan dengan mengenalkan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh. 
b. Pengungkapan peristiwa
Dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya. 
c. Menuju konflik (rising action)
Terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh
d. Puncak konflik (turning point, komplikasi)
Bagian ini disebut pula sebagai klimaks. Inilah bagian cerita yang paling besar dan mendebarkan. Pada bagian ini pula, ditentukannya perubahan nasib beberapa tokohnya. Misalnya, apakah dia kemudian berhasil menyelesaikan masalahnya atau gagal. 
e. Penyelesaian (Evaluasi, resolusi)
Sebagai akhir cerita, pada bagian ini berisi penjelasan ataupun penilaian tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak itu. Pada bagian ini pun sering pula dinyatakan wujud akhir dari kondisi ataupun nasib akhir yang dialami tokoh Utama. 
f. Koda
Bagian ini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagai penutup. Komentar yang dimaksud bisa disampaikan langsung oleh pengarang atau dengan mewakilkannya pada seorang tokoh.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks cerita sejarah meliputi orientasi, peristiwa, menuju konflik, klimaks, resolusi, koda dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks cerita sejarah meliputi orientasi, peristiwa, menuju konflik, klimaks, resolusi, koda dengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks cerita sejarah meliputi orientasi, peristiwa, menuju konflik, klimaks, resolusi, koda dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur teks cerita sejarah meliputi orientasi, peristiwa, menuju konflik, klimaks, resolusi, koda dengan tidak tepat.
1

Total Skor


 2. Analisis Kebahasaan teks cerita sejarah

kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, kata kerja tindakan,  kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau

a. kata sifat: bodoh, lemah, rendah budi, penakut, dan sebagainya.
b. kata kerja tindakan: memandang, berkata, menghadap, dan sebagainya. 
c. kalimat langsung: Sang Prabu Kertarajasa berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka….”
d. Kalimat bermakna lampau: “…tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku….”
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau dengan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisis  kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, kata kerja tindakan, kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau dengan tidak tepat.
1

Total Skor


 3. Sistematika surat lamaran pekerjaan

Isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto. Kadang-kadang instansi/lembaga juga meminta persyaratan lain, seperti surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin orang tua.  

Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang.dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menjelaskan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang.dengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang.tepat.
2
4
Peserta didik menjelaskan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang.dengan tidak tepat.
1

Total Skor


 4. Memperbaiki kebahasaan/penulisan bagian surat lamaran pekerjaan

No
Penulisan yang salah
Penulisan yang benar
1
Jakarta, 25-1-2010
Jakarta, 25 Januari 2015
2
Kepada Yth. Direktur personalia
PT jaya mandiri
Jalan kencana wungu Nomor 10, jakarta
Yth. Direktur Personalia
PT Jaya Mandiri
Jalan Kencana Wungu 10, Jakarta
3
Nama : raka sinatria
Tempat/tanggal lahir : Cirebon, 25-7- 1985
Alamat : Perumahan Malaka Jaya C18/4, Jakarta
nama : Raka Sinatria
tempat, tanggal lahir : Cirebon, 25 Juli 1985
alamat : Perumahan Malaka Jaya C18/4, Jakarta
4
Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih. 
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik mampu memperbaiki penulisan empat bagian surat lamaran pekerjaan dengan tepat.
4
2
Peserta didik mampu memperbaiki penulisan tiga bagian surat lamaran pekerjaan dengan tepat.
3
3
Peserta didik mampu memperbaiki penulisan dua bagian surat lamaran pekerjaan dengan tepat.
2
4
Peserta didik mampu memperbaiki penulisan satu bagian surat lamaran pekerjaan dengan tepat.
1

Total Skor



5. Contoh surat lamaran pekerjaan
                                                                                                Boyolali, 25 September 2018

Hal                  : Lamaran pekerjaan
Lampiran         : Enam berkas 

 Yth Kepala bagian personalia
PT Cipta Mortar Utama
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 60, Jakarta

Dengan hormat, 
Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Republika, 24 September 2018 yang isinya menyatakan bahwa perusahaan PT Cipta Mortar Utama membutuhkan karyawan dalam bidang Retail Sales Asst. Manager. Sumatera Bag. Utara  maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

nama                             : Muhammad Syaifudin, S.E.
tempat tanggal lahir   : Boyolali, 20 Agustus 1993
alamat                           :  Jalan Tentara Pelajar 06, Boyolali
pendidikan terakhir    :  S1 Manajemen Ekonomi
Status                            : Belum kawin
Nomor HP                    : 081326446361

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan:

  • Daftar riwayat hidup;
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku;
  • Fotokopy Ijazah pendidikan terakhir;
  • Fotokopi SKCK dari kepolisian;
  • Fotokopi surat pengalaman kerja;
  • Posfoto terbaru.
Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja di PT Cipta Mortar Utama. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                           Hormat saya, 

                                                                                                           Muhammad Syaifudin, S.E.

 Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
                      Peserta didik menulis surat lamaran pekerjaan  sangat sesuai dengan isi,  sistematika, dan kebahasaan.
4
2
                      Peserta didik menulis surat lamaran pekerjaan sesuai dengan isi,  sistematika, dan kebahasaan.
3
3
                       Peserta didik menulis surat lamaran pekerjaan kurang sesuai dengan isi,  sistematika, dan kebahasaan.
2
                       Peserta didik menulis surat lamaran pekerjaan tidak sesuai dengan isi,  sistematika, dan kebahasaan.
1

Total Skor


Nilai Akhir : (skor nomor 1+ 2+3+4+5 ) X 5

Nilai maksimal : 20 X 5 = 100

4 comments:


  1. Nikmati sensasi bermain dalam meja VIP seperti di Las Vegas

    Promo Bonus 100% deposit dan 20% Cashback untuk New Member

    Satu ID pada website kami dapat digunakan untuk bermain:
    Sportsbook (Bursa Bola)
    Live Casino
    Slot Games
    Tembak Ikan
    Lottery/Toto
    Poker
    Racing

    CHIP368 - Situs Judi Online Terpercaya
    WA: +855 96 206 1990

    ReplyDelete
  2. Kenapa baik banget si pak

    ReplyDelete