SOAL PENILAIAN
TENGAH SEMESTER
BAHASA INDONESIA
KELAS XI
1. Setiap teks
memiliki struktur yang berbeda dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur
teks prosedur!
2. Cermatilah
teks berikut!
Cara Melakukan
Belanja Online yang Aman
Belanja online merupakan
tren di kalangan masyarakat saat ini. Dari orang tua sampai yang muda pernah
melakukannya, tetapi banyak juga orang yang pernah tertipu oleh
oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk menghindari kejadian tersebut, silakan ikuti prosedur dari kami ini.
Pertama, sebelum
melakukan belanja online yang harus
kalian miliki adalah laptop atau smartphone
dan koneksi internet. Kedua, usahakan transaksi melalui website terpecaya seperti bukalapak, tokopedia, shopee, blibli dan sebagainya. Usahakan jangan membeli
barang melalui sosial media, karena penipu biasanya berkeliaran di sana. Kecuali latar penjualan mereka bagus seperti
renan store, dan sebagainya. Kali ini saya
membahas melalui jalur shopee karena lebih aman. Di samping itu, banyak promonya.
Ketiga, masuk ke
halaman website shopee.co.id atau
bisa diunduh aplikasinya di app store buat perangkat apple dan
play store buat perangkat android. Keempat, silahkan cari barang yang ingin
dibeli kemudian baca deskripsi, kalau ada kata-kata ( jika barang masih ada di
katalog dan masih bisa di klik beli, berarti stok barang masih ada, jika
bertanya ketersediaan barang melalui fitur chat tidak akan kami balas). Kalau
tidak ada kata-kata seperti itu di deskripsi barangnya, Anda wajib menanyakan
ketersediaan barang dan variannya.
Kelima, kalau
semuanya sudah oke, tinggal klik beli, biasanya kita bisa memasukkan kode
promo, untuk potongan harga atau gratis ongkos kirim. Jika tidak ada, bisa dilewatkan. Keenam, klik
checkout, kemudian masukkan alamat rumah atau tempat barang mau diantar,
kemudian klik lanjut. Ketujuh, silahkan isi deskripsi atau catatan kepada
penjual, biasanya saya isi dengan model atau varian agar tidak terjadi salah
kirim seperti salah warna atau salah variannya.
Kedelapan, pilihlah
kurir atau jasa pengirimannya. Kalau estimasi waktu dari Jakarta ke solo
sekitar 3-6 hari tergantung jasa kurirnya dan estimasi dari luar negeri
biasanya bisa 2 minggu sampai 1 bulan atau lebih, tergantung waktu lamanya
transit barang di antarnegara. Kesembilan, klik metode pembayaran, metode
pembayaran bisa dipilih melalui transfer bank, pembayaran indomart dan
sebagainya. Kesepuluh, klik lanjutkan, nanti akan keluar kode pembayaran,
tinggal masukkan kode pembayaran beserta harganya, lalu tunggu sekitar 10
menit, nanti akan ada pesan bahwa barang sudah dibayar, tinggal tunggu
konfirmasi dari penjual
Kesebelas, tinggal
tunggu penjual mengkonfirmasi barang dan akan diberi nomor resi yang tujuannya
untuk mengecek posisi barang ada di mana, setelah barang sampai, klik pesanan telah
tiba dan jangan lupa kasih rating dan saran buat penjual agar bisa diperbaiki.
Nah itu tadi cara
berbelanja online yang aman, dan
caranya pun sangat mudah dan praktis. dan juga kita tidak perlu susah-susah
mencari barang yang kita inginkan di toko biasa dan harganya juga lebih murah
dibanding toko biasa. (dikutip dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/3218022/biar-tak-tertipu-ini-kiat-aman-belanja-online dengan perubahan seperlunya).
Analisislah
ciri kebahasaan teks prosedur yang meliputi kata kerja imperatif, kata teknis,
konjungsi penambahan, dan kalimat/pernyataan persuasif.
3. Setiap teks
memiliki struktur yang berbeda dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!
4. Peristiwa
banjir merupakan salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertema
banjir. Kembangkan tulisanmu dengan menggunakan pola sebab akibat atau hubungan
kausalitas.
5. Analislah
kebahasaan teks eksplanasi yang telah Anda buat yang meliputi kata teknis, kata
bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan kata penghubung dan kausalitas.
KUNCI
JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN
PENILAIAN
TENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Kurikulum :
2013
Guru
Mapel :
Muh
Zuhri, S.Pd., M.Pd.
1. Struktur teks prosedur
Teks prosedur dibentuk oleh
ungkapan tentang tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.
a. Tujuan merupakan pengantar
tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.
b. Langkah-langkah berupa perincian
petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.
c. Penegasan ulang berupa harapan
ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.
Pedoman Penskoran:
No.
|
Uraian Jawaban/Kata kunci
|
Skor
|
1
|
Peserta didik menjelaskan struktur teks
prosedur meliputi tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan sangat tepat.
|
4
|
2
|
Peserta didik menjelaskan struktur teks
prosedur meliputi tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan tepat.
|
3
|
3
|
Peserta didik menjelaskan struktur teks
prosedur meliputi tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan kurang tepat.
|
2
|
4
|
Peserta didik menjelaskan struktur teks
prosedur meliputi tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan tidak tepat.
|
1
|
Total Skor
|
2. Analisis ciri kebahasaan teks
prosedur
Analisis kebahasaan teks prosedur berjudul Cara Melakukan Belanja
Online yang Aman sebagai berikut.
a.
Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah
(imperatif). Kata kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan
partikel –lah.
Bentuk dasar
|
Imbuhan/Partikel
|
Bentukan Kata
|
usaha
|
-kan
|
usahakan
|
masuk
|
-lah
|
masuklah
|
sila
|
-kan
|
silakan
|
masuk
|
-kan
|
masukkan
|
pilih
|
-lah
|
pilihlah
|
lanjut
|
-kan
|
lanjutkan
|
b.
Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan
dengan topik yang dibahasnya. Berkenaan dengan masalah belanja online,
digunakan istilah-istilah belanja online
pula, misalnya transaksi, smartphone,
internet, promo, transfer, rating, dan sebagainya.
c.
Banyak menggunakan konjungsi penambahan
Contoh : Kali ini saya membahas
melalui jalur shopee karena lebih aman. Di
samping itu, banyak promonya.
d.
Banyak menggunakan pernyataan persuasif. Berikut
adalah contoh kalimatnya.
1)
Untuk menghindari kejadian tersebut, silakan ikuti
prosedur dari kami ini.
2)
Sebelum melakukan
belanja online, yang harus kalian miliki
adalah laptop atau smartphone dan koneksi internet.
Pedoman
Penilaian
No.
|
Uraian Jawaban/Kata kunci
|
Skor
|
1
|
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur meliputi kata
kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif
dengan sangat tepat.
|
4
|
2
|
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur meliputi kata
kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif
dengan tepat.
|
3
|
3
|
Peserta didik menganalisis
kebahasaan teks prosedur meliputi kata kerja imperatif, kata teknis,
konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan kurang tepat.
|
2
|
4
|
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks prosedur meliputi kata
kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif
dengan tidak tepat.
|
1
|
Total Skor
|
3. Struktur teks eksplanasi
Teks
eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. Bagian ini disebut juga dengan pernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. Bagian ini disebut juga dengan pernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.
Bagian
ini disebut juga dengan deretan penjelas.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut juga dengan interpretasi.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut juga dengan interpretasi.
Pedoman Penskoran:
No.
|
Uraian
Jawaban/Kata kunci
|
Skor
|
1
|
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi meliputi identifikasi
fenomena, rangkaian
peristiwa, dan review
(ulasan) dengan sangat tepat.
|
4
|
2
|
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi meliputi identifikasi
fenomena, rangkaian
peristiwa, dan review
(ulasan) dengan tepat.
|
3
|
3
|
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi meliputi identifikasi
fenomena, rangkaian
peristiwa, dan review
(ulasan) dengan kurang tepat.
|
2
|
4
|
Peserta didik menjelaskan struktur kebahasaan teks eksplanasi meliputi identifikasi
fenomena, rangkaian
peristiwa, dan review
(ulasan) dengan tidak tepat.
|
1
|
Total Skor
|
4. Contoh teks eksplanasi
Proses Terjadinya Banjir
Banjir
adalah peristiwa terjadinya air yang mengenai daratan dan dapat menyebabkan
kerusakan fisik pada daratan tersebut dan dapat membuat kerugian sosial dan
ekonomi pada lingkungan sekitar yang terkena banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara nonilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia.
Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk ke permukaan tanah mengalir ke tempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar ke permukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadi bancana bagi manusia bila banjir itu mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia.
Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah manusia seperti,membuang sampah tidak pada tempatnya dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangannya semakin lama semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.
Proses banjir itu dapat terjadi secara alamiah dan karena ulah manusia. Manusia dapat mengalami kerugian karena banjir itu karena mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir. Jadi bila manusia bertempat tinggal di dataran yang sering terkena banjir bukan banjirlah yang mendatangi manusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara nonilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia.
Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk ke permukaan tanah mengalir ke tempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar ke permukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadi bancana bagi manusia bila banjir itu mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia.
Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah manusia seperti,membuang sampah tidak pada tempatnya dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangannya semakin lama semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.
Proses banjir itu dapat terjadi secara alamiah dan karena ulah manusia. Manusia dapat mengalami kerugian karena banjir itu karena mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir. Jadi bila manusia bertempat tinggal di dataran yang sering terkena banjir bukan banjirlah yang mendatangi manusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.
Pedoman Penskoran:
No.
|
Uraian Jawaban/Kata kunci
|
Skor
|
1
|
a.
Peserta didik menulis teks
eksplanasi sangat sesuai dengan kerangka,
struktur, dan kebahasaan.
|
4
|
2
|
b.
Peserta didik menulis teks
eksplanasi sesuai dengan
kerangka, struktur, dan kebahasaan.
|
3
|
3
|
c.
Peserta didik menulis teks
eksplanasi kurang sesuai dengan
kerangka, struktur, dan kebahasaan.
|
2
|
4
|
d.
Peserta didik menulis teks
eksplanasi tidak sesuai dengan kerangka, struktur, dan kebahasaan.
|
1
|
Total Skor
|
5.
Analisis kebahasaan teks eksplanasi
a. Banyak
menggunakan kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya.
Contoh: hujan lokal,
propagasi limpasan
b. Banyak
menggunakan konjungsi kausalitas ataupun kronologis.
Konjungsi kausaltias, antara lain, sebab,
karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.
Contoh kalimat: Secara non ilmiah banjir
dapat terjadi karena ulah manusia.
c.
Banyak menggunakan kata bermakna denotatif.
Contoh
Banjir
: peristiwa terjadinya air yang mengenai daratan
Hujan
: titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan
d. Banyak menggunakan kata kerja pasif.
Seperti kata disebabkan, terkena, dan sebagainya.
Contoh kalimat: Secara alamiah banjir disebabkan
oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada
satu daerah tangkapan.
Pedoman Penskoran:
No.
|
Uraian Jawaban/Kata kunci
|
Skor
|
1
|
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks
eksplanasi meliputi kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan
sangat tepat.
|
4
|
2
|
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks
eksplanasi meliputi kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan
tepat.
|
3
|
3
|
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi meliputi kata
teknis, kata bermakna
denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan kurang tepat.
|
2
|
4
|
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks
eksplanasi meliputi kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan
tidak tepat.
|
1
|
Total Skor
|
Nilai Akhir : (skor nomor 1+
2+3+4+5 ) X 5
Nilai maksimal : 20 X 5 = 100
Baca juga
1. Soal PTS Kelas XII Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/soal-dan-jawaban-penilaian-tengah.html
2. Soal PTS Kelas X Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/soal-ulangan-tengah-semesterpenilaian.html
Soal semeseter 1
ReplyDeleteKlik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-soal-persiapan-penilaian-akhir.html
DeleteIni untuk 3 Desember 2018?
ReplyDelete