02 October 2018

MENGAPA HOTS?


Keterangan foto: Kegiatan Diklat Penyusunan soal HOTS MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Jember Jawa Timur, 29 September 2018 bertempat di SMA Negeri 2 Jember
MENGAPA HOTS?
HOTS atau higher order thinking skills adalah proses berpikir tingkat tinggi. Dalam taksonomi Bloom yang direvisi Anderson menduduki level C4, C5 dan C6, analisis, evaluasi. dan kreasi. HOTS adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Berikut disajikan empat alasan mengapa guru harus mengembangkan pembelajaran berorientasi HOTS, menyusun soal HOTS, dan membiasakan peserta didik menyelesaikan soal-soal HOTS.
1. Hasil Tes PISA Indonesia
2. Tantangan Abad ke-21
3. Pandangan Berbagai Pihak tentang Implementasi K 13
4. Keselarasan Kurikulum

Penjelasan
1. Hasil Tes PISA Indonesia 
Berdasarkan hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan prestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematical literacy), dan literasi sains (scientific literacy) yang dicapai peserta didik Indonesia sangat rendah.
Pada umumnya kemampuan peserta didik Indonesia sangat rendah dalam: (1) memahami informasi yang kompleks; (2) teori, analisis, dan pemecahan masalah; (3) pemakaian alat, prosedur dan pemecahan masalah; dan (4) melakukan investigasi.


Apa itu PISA? 

PISA (the Program for International Student Assessment) adalah ujian di seluruh dunia yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali untuk mengukur kecerdasan pelajar sekolah berusia 15 tahun di 70-an negara.

Sekitar 540.000 siswa dari seluruh dunia termasuk dari Indonesia mengikuti ujian yang di selenggarakan oleh The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2015. https://www.kaskus.co.id/thread/5a156d3fdad770ec548b456c/daftar-ranking-matematika-dan-sains-sedunia-indonesia-peringkat-62/ 

Mengapa Singapura begitu sukses di bidang pendidikan?

Dari negeri termiskin di dunia di tahun 1965, dengan perpaduan etnis, agama dan bahasa, Singapura telah mengalahkan negara-negara terkaya di Eropa, Amerika Utara dan Asia untuk menjadi nomor satu dalam dunia pendidikan. 

Prof Sing Kong Lee, wakil presiden Nanyang Technological University, mengatakan bahwa faktor kuncinya adalah standar pengajaran.

"Singapura banyak berinvestasi dalam kualitas pengajaran - untuk meningkatkan prestise dan status pengajaran dan untuk menghasilkan lulusan terbaik," kata Prof Lee.

2. Pandangan Berbagai Pihak tentang Implementasi Kurikulum 2013


a.       Proses pembelajaran masih dominan dikuasai oleh guru, 

b.      pelaksanaan pembelajaran masih satu arah, 
c.       model pembelajaran monoton, 
d.      ruang bagi peserta didik untuk membangun 4 C masih minim, 
e.       sajian soal-soal HOTS masih terbatas sehingga pembiasaan peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal HOTS masih minim, 
f.       fasilitasi kepala sekolah bagi guru untuk menjalankan pembelajaran dan penilaian masih terbatas,
g.      pada berbagai kasus adanya ketidak selarasan pemahaman dan penguasaan kebijakan dan konsep pembelajaran dan penilaian antara pengawas, kepala sekolah dan guru.
3. Kecakapan yang Diperlukan untuk Menghadapi Fenomena Pergeseran pada Abad-21


4. Keselarasan Kurikulum (Curriculum Alignment)
Adanya KECOCOKAN (MATCH) antara:

a.       Apa yang diharapkan dalam kurikulum (kompetensi)

b.      Apa yang dipelajari siswa; dan

c.       Apa yang kita nilai.











5. MENGAPA HOTS?

2 comments:

  1. Pak saya mohon bagi contoh soal hots untuk mapel bahasa indonesia terkhusus materi menulis karya ilmiah. Plis

    ReplyDelete
  2. ASSSLKM. PAK,kalau bisa dalam blognya juga disediakan perangkat, soal hots untuk kelas 7 dan 8 juga. makasih

    ReplyDelete