04 October 2018

PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA TAHUN 2017/2018 SMA/MA NOMOR 42: KALIMAT SIMPULAN AKIBAT


42. Bacalah teks berikut!

Pemuda harus kembali mengambil peran dalam membawa arah bangsa ini kembali ke relnya. Budaya korupsi yang saat ini telah mengakar harus dihentikan. Bangsa ini membutuhkan pemuda yang sadar akan bahaya laten korupsi dan terkikisnya nilai-nilai kebangsaan. Pemuda harus menjadi pelopor pergerakan melawan korupsi. . . .

Kalimat simpulan akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . 
A. Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat.
B. Korupsi harus diberantas sampai seakar-akarnya.
C. Pemerintah harus segera mengambil kebijakan.
D. Pelaku korupsi harus dihukum seberat-beratnya.
E. Pemuda harus belajar dengan giat.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kalimat simpulan adalah pendapat terakhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan dapat diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf. Kata akibat memiliki arti sesuatu yang merupakan akhir atau hasil suatu peristiwa (perbuatan, keputusan) (https://kbbi.web.id/akibat).
Kalimat simpulan akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat (opsi A). Hal ini, berdasarkan isi pernyataan-pernyataan sebelumnya yang berisi upaya pemberantasan budaya korupsi. Jika korupsi dapat terkikis (sebab), Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat (akibat).
RINGKASAN MATERI
MENYUSUN KALIMAT SIMPULAN PARAGRAF 
Kalimat simpulan adalah kalimat yang berisi opini atau pendapat akhir atas data-data yang ada dalam teks. Rumusan kalimat simpulan bukan berupa salah satu kalimat dalam teks.
Langkah-langkah menyusun kalimat simpulan paragraf

  1. Identifikasilah hal-hal penting dalam teks.
  2. Buatlah opini atau pendapat yang mencakupi keseluruhan hal penting tersebut.
Mengidentifikasi kalimat simpulan paragraf

  1. Perhatikan ciri khusus kalimat simpulan dalam paragraf misalnya kata jadi, oleh karena itu, dengan demikian, dan sebagainya
  2. Perhatikan isi kalimat/pernyataan. Kalimat simpulan berisi opini atau pendapat akhir yang meliputi keseluruhan isi paragraph.
CONTOH 
Data kriminalitas menunjukkan bahwa sebanyak 5987 kasus kejahatan menimpa anak-anak. Hal ini tentu menyita perhatian publik. Pasalnya sebanyak 2007 anak terlibat dalam tindak kejahatan, sementara sisanya sebagai korban. Kasus kejahatan ini meliputi pencurian, pembegalan, narkoba, dan seks. Meningkatnya kasus kejahatan yang melibatkan anak-anak tentu menyita perhatian masyarakat. Pendidikan karakter yang digadang-gadang dapat membentuk karakter anak sesuai dengan karakter bangsa pun belum jelas terlihat. Pakar psikologi anak menjelaskan bahwa pendidikan karakter anak adalah tanggung jawab orang dewasa, meliputi pendidikan orang tua, masyarakat / lingkungan, dan juga sekolah. Oleh karena itu, pendidikan anak adalah tanggung jawab bersama bukan hanya satu pihak. (http://www.kelasindonesia.com/2015/06/pengertian-kesimpulan-cara-menentukan-dan-contohnya.html)             
Contoh Soal Menentukan Kesimpulan dari Paragraf
Cermatilah paragraf berikut!
      Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi. Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan ....
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.Kita tidak akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan dan merawat kecantikan.
B.Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
C.Biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila dilakukan dengan berolahraga.
D.Para remaja di kota-kota besar sering kesulitan untuk melakukan diet di salon atau dokter.
E.Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif.
Jawaban: E
Pembahasan:
Kalimat-kalimat sebelumnya menjelaskan tentang bermacam-macam iklan yang menawarkan jasa menurunkan berat badan. Dengan demikian, kesimpulannya adalah “banyaknya iklan penawaran itu, dapat membingungkan konsumen untuk memilihnya”.
(http://brendaandreansyah16.blogspot.co.id/2013/11/menentukan-kesimpulan-dari-paragra.html)  


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 











14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html






























0 komentar:

Post a Comment