20 October 2018

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA NOMOR 44 TENTANG MELENGKAPI PARAGRAF DENGAN KONJUNGSI YANG TEPAT


MELENGKAPI PARAGRAF DENGAN KONJUNGSI YANG TEPAT
44. Cermati paragraf  berikut!
    Diperlukan proses yang panjang untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat. Biji kopi yang benar-benar segar dan berwarna merah yang akan digunakan.  …,  biji kopi dipilih dengan memisahkan biji kopi yang segar dan busuk dengan cara direndam. Biji kopi yang baik akan tenggelam, … yang busuk akan mengapung, … biji kopi tersebut diberikan kepada musang atau luwak jenis binturong dan bulan (luwak pemakan kopi). Dalam proses ini, luwak mempunyai peran yang sangat penting karena indera penciumannya hanya akan memilih biji kopi sempurna.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . 
A. kemudian, karena, sementara
B. sementara , bahkan, kemudian 
C. selanjutnya, sedangkan, kemudian
D. kemudian, bahkan, selanjutnya
E. jika, sementara, kemudian
Kunci jawaban: C
Pembahasan
Konjungsi yang dominan pada paragraf tersebut adalah konjungsi temporal. Konjungsi temporal adalah kata hubung yang menyatakan adanya hubungan waktu antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. 
Untuk melengkapi paragraf dengan konjungsi temporal yang tepat harus mencermati isi kalimat sebelum dan sesudah pada bagian paragraf yang rumpang. Dengan mencermati isi kalimat dan hubungan antarkata pada bagian yang rumpang pada paragraf tersebut, konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah selanjutnya, sedangkan, kemudian (opsi C). 
RINGKASAN MATERI
KONJUNGSI TEMPORAL 
A. Pengertian Konjungsi Temporal
Konjungsi adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat; (https://kbbi.web.id/konjungsi). Temporal adalah berhubungan atau mengenai waktu (http://kbbi.co.id/arti-kata/temporal). Jadi, konjungsi temporal adalah kata hubung yang menyatakan adanya hubungan waktu antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.
B. Macam-Macam Konjungsi temporal

1. Konjungsi Temporal Sederajat

Adalah konjungsi yang menghubungkan dua kejadian yang sederajat dan umumnya digunakan dalam kalimat majemuk setara. Konjungsi ini diletakkan di tengah-tengah kalimat yang dihubungkan, bukan diawal ataupun akhir kalimat. Beberapa kata hubung yang dipakai dalam jenis konjungsi temporal sederajat adalah : sebelumnya, sesudahnya, lalu, kemudian dan selanjutnya.
Contoh Kalimat :

a)      Saat ini Dude sudah menjabat sebagai Manajer Cabang, sebelumnya ia mengawali karirnya sama seperti yang lainnya yaitu sebagai karyawan kontrak.

b)      Sekarang dia memang sudah sukses dan kaya raya, tapi sebelumnya dia hampir tak ada bedanya dengan anak jalanan yang tak memiliki tempat tinggal.

c)      Aku harus jujur padamu, sebelumnya aku sangat membencimu dan tak ingin berteman dengan orang sepertimu.

d)     Kau memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini, tapi sebelumnya kau harus menunjukkan bahwa kau memiliki kemampuan yang mereka butuhkan.

e)      Nenek masih menjalani pemeriksaan darah, sesudahnya beliau harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk memeriksa jenis tumor yang menggerogoti tubuhnya.
2. Konjungsi Temporal Tidak Sederajat/Bertingkat

Adalah konjungsi yang menghubungkan dua kejadian yang mana kedudukan kalimatnya bertingkat/tidak sederajat dan dapat digunakan dalam semua jenis kalimat majemuk. Konjungsi temporal tidak sederajat dapat diletakkan di awal, tengah maupun di akhir kalimat. Kata hubung yang dipakai dalam konjungsi temporal tidak sederajat adalah : apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, waktu, tatkala, sambil, seraya, sebelum, sedari, sejak, semenjak, selama, sementara.

Contoh Kalimat :

a)      Aku mengerjakan pekerjaan kantor itu sambil mendengarkan musik di smartphone.

b)      Paman berjanji akan membawa kami berlibur ke Singapura apabila ia berhasil memenangkan tender proyek yang bernilai satu milyar rupiah itu.

c)      Demi menemani ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit, Husni rela meninggalkan pelajarannya di sekolah selama 1 minggu lebih.

d)     Kami bercucuran keringat bergotong royong membersihkan selokan di komplek ini, sementara dia hanya melihat dan menonton dari pekarangan rumah besarnya.

e)      Dia sudah meninggalkan kampung halamannya semenjak ia menyelesaikan pendidikannya di bangku SMA. (https://dosenbahasa.com/jenis-jenis-konjungsi-temporal)

C. Langkah-langkah melengkapi paragraf dengan konjungsi yang sesuai

1.    Bacalah dengan cermat paragraf/teks.

2.    Perhatikan isi kalimat sebelum dan sesudah pada bagian paragraf yang rumpang

3.    Lengkapi paragraf dengan konjungsi yang sesuai 

0 komentar:

Post a Comment