31 October 2018

ZUHRI INDONESIA: PEMBAHASAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN 2018 NOMOR 50 MELENGKAPI PARAGRAF DENGAN PERIBAHASA YANG TEPAT


50.       Cermati paragraf berikut!
            Pak Bowo terkenal sebagai orang yang baik di desa itu. dia selalu membantu orang lain tanpa pamrih. Membantu orang tanpa membedakan orang kaya atau miskin. Ketulusan hatinya membuat siapa pun mengaguminya. Apalagi kepada pamanku, yang beberapa tahun silam telah menyelamatkan salah satu anggota keluarganya dari peristiwa perampokan di rumahnya. Pak Bowo benar-benar orang yang tahu diri dan tidak melupakan jasa orang lain. Kami ibarat ….
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . 
A. Hancur badan dikandung tanah, budi baik terkenang juga. 
B. Menabur benih di tanah yang subur.
C. Bagai pungguk merindukan bulan.
D. Pucuk dicinta ulam  pun tiba.
E.  Seperti air di daun alas.                                                 

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Peribahasa yang sesuai dengan isi teks di atas adalah menabur benih di tanah yang subur (jawaban B). Peribahasa tersebut memiliki arti berbuat baik kepada orang yang tahu berterima kasih. Kalimat kunci untuk menentukan peribahasa sesuai ilustrasi di atas adalah Apalagi kepada pamanku, yang beberapa tahun silam telah menyelamatkan salah satu anggota keluarganya dari peristiwa perampokan di rumahnya. Pak Bowo benar-benar orang yang tahu diri dan tidak melupakan jasa orang lain. Kami ibarat… (Kata kami mewakili tokoh paman yang berbuat baik dan Pak Bowo adalah orang yang tahu berterima kasih).
Arti peribahasa-peribahasa pada soal tersebut adalah sebagai Berikut.
A. Hancur badan dikandung tanah, budi baik terkenang juga= meski jasad manusia sudah tidak berbentuk lagi, jika manusia ini pernah melakukan budi baik maka orang lain pasti masih mengingat budi baiknya itu.
B. Menabur benih di tanah yang subur= Berbuat baik kepada orang yang tahu berterima kasih. 
C. Bagai pungguk merindukan bulan= Mengharapkan sesuatu yang mustahil dapat dicapai.
D. Pucuk dicinta ulam  pun tiba= mendapatkan sesuatu yang lebih daripada apa yang diharapkan / dicita-citakan.
E.  Seperti air di daun alas= Orang yang tidak teguh pendiriannya.                                 

RINGKASAN MATERI
PERIBAHASA
Pengertian Peribahasa
Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan); 2 ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku (https://kbbi.web.id/peribahasa)

CONTOH 
Hancur badan dikandung tanah, budi baik dikenang jua. ( Budi baik itu tidak akan dilupakan orang).
Seperti air dengan tebing.(persahabatan yang kokoh dan tolong-menolong).
Langkah-langkah menentukan peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi
1. Bacalah dengan cermat ilustrasi yang dimaksud.
2. Data kejadian-kejadian dalam ilustrasi.
3. Tentukan gagasan pokok sesuai dengan kejadian-kejadian dalam ilustrasi tersebut.  
4. Cari dan tentukan peribahasa yang sesuai dengan gagasan pokok ilustrasi. Untuk dapat menentukan peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi harus memahami makna peribahasa-peribahasa. 
Contoh soal

1. Peter seorang pelajar yang pandai, bahkan ia pernah meraih medali emas tingkat internasional di Bali dalam lomba fisika. Namun, ia tidak sombong dengan kepandaiannya itu. Ia selalu sopan dan baik kepada siapa saja.

Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan kehidupan di atas adalah ...
A. Seperti ilmu padi kian berisi kian runduk.
B. Bagai air di atas daun talas.
C. Tak ada gading yang tak retak.
D. Bagai bumi dengan langit.
E. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul.

2.  Sial benar nasib Parman. Satu tahun lalu ia bekerja pada seseorang yang membuka usaha percetakan. Di tempat kerjanya itu ia mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi. Bekerja sepanjang hari tanpa uang makan kadang masih dicaci. Sekarang ia bekerja di sebuah perusahaan tekstil. Perlakuan serupa ia alami. Bahkan di tempat kerjanya yang baru, pimpinan perusahaannya memperlakukan dirinya tidak lebih dari seorang budak. Paman kadang meratapi dirinya yang selalu bernasib sial.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ... .
A. Sudah jatuh tertimpa tangga
B. Air susu dibalas dengan air tuba
C. Air cucuran jatuhnya ke pelimbahan juga
D. Keluar dari mulut harimau masuk ke mulut buaya
E. Pucuk dicinta ulam tiba 


Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018











14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html 
























38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html 





43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html 





48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html 

49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html 


4 comments:

  1. Soal dan pembahasan yang sangat lengkap. Semoga bermanfaat bagi semua siswa, termasuk guru. Salam hormat untuk penulis yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk ini. Selanjutnya, tentu saja kami mohon izin 'share' tautan ini kepada segenap siswa. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih Pak Bambang. Bahagianya saya mendapatkan apresiasi dari senior dan mentor saya. Mohon bimbingan dan saran dari Bapak.

      Delete
  2. Soal dan pembahasan yang sangat lengkap. Semoga bermanfaat bagi semua siswa, termasuk guru. Salam hormat untuk penulis yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk ini. Selanjutnya, tentu saja kami mohon izin 'share' tautan ini kepada segenap siswa. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih Pak Bambang D.S. Saya Masih belajar, pak. Mohon bimbingan dan saran. Sila di "share" semoga bermanfaat.

      Delete