27 November 2018

BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN




BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN

Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah




BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata.html

2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-bahasa.html

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-2019-smama-mapel.html 


5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-un-2019-mapel-sastra.html 

6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html


BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat dapat menentukan makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
1.       
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.       
2.       
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
3.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
4.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.       
Menemukan ide pokok
Disajikan paragraf padu, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut.
6.       
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut  dengan tepat.
7.       
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf yang menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata yang dirujuk oleh acuan tersebut dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan paragraf padu, peserta didik dapat menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat.
9.       
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat.
10.   
Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebutdengan tepat.
11.   
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
12.   
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, peserta didik dapat menentukan tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
13.   
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat.
14.   
Mengomentari isi teks

Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat penilaian terhadap isi  teks dengan tepat.
15.   
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
16.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat.
17.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa majas dengan tepat.
18.   
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan sebait gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
19.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh dengan tepat.
20.   
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
21.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
22.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan saat inidengan tepat.
23.   
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
24.   
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
25.   
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
26.   
Disajikan penggalan cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat.
27.   
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
28.   
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
29.   
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
30.   
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan yang tepat
31.   
Disajikan teks berisi ilustrasi peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
32.   
Melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan untuk melengkapinya dengan tepat.
33.   
Melengkapi unsur teks deskripsi
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
34.   
Melengkapi unsur teks argumentasi
Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
35.   
Melengkapi unsur teks ulasan
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
36.   
Melengkapi teks prosedur
Disajikan paragraf proses   yang dirumpangkan satu kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
37.   
Melengkapi paragraf Induktif
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang padu untuk melengkapinya
38.   
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan puisi lama berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapinya
39.   
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
40.   
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak)
Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat untuk dijadikan paragraf padu
41.   
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
42.   
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
43.   
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa dapat menentukan kalimat yang mempunyai tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat.
44.   
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
45.   
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
46.   
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
47.   
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan kata ulang yang tepat untuk melengkapinya
48.   
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang belum lengkap  kata penghubung temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapinyanya.
49.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
50.   
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang tepat untuk memperbaikinya.        
51.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, peserta didik dapat menentukan kalimat yang padu untuk memperbaikinya         
52.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang  salah satu kalimatnya menggunakan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
53.   
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan ilustrasi berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
54.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
55.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang  dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
56.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
57.   
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; peserta didik dapat menentukan kata baku untuk memperbaikinya
58.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa mampu menentukan perbaikan kata serapan  dengan tepat.
59.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang menggunakan tanda bacanya salah, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca  disertai alasan yang tepat pada kalimat tersebut           
60.   

CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL

INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019




I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    memaknai istilah/kata dalam paragraf


2.    mengidentifikasi informasi tersurat

a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf



b. mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana



c. menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menemukan ide pokok



2.    menemukan inti kalimat


3.    menentukan makna rujukan



4.    menyimpulkan isi tersirat dalam teks

a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis



b. opini penulis editorial



c. keberpihakan penulis editorial



5.    menentukan kalimat utama


6. Menentukan kalimat penjelas


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks

2.    menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks


3.    membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)

4.    mengomentari isi teks



5.    menunjukkan bukti suatu simpulan

 

II. Lingkup Materi Membaca Sastra

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

  1. mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
a. mengartikan kata simbolik



b. mengartikan ungkapan


c. mengidentifikasi kalimat  yang bermajas


2.      memaknai isi tersurat dalam karya sastra 

a. menentukan maksud gurindam



b. menentukan cara pendeskripsian watak tokoh



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

  1. menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai-nilai)
a. menentukan konflik, sebab konflik, akibat konflik



b. menentukan amanat



c. menentukan nilai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)



2.      menganalisis hubungan antarbagian karya sastra

3.      membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)

a. Soal UN 2017/2018


b. Soal UN 2016/2017

Menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh


Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat


4.      mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini



5.      menilai keunggulan/kelemahan karya sastra



6.      meringkas isi karya sastra





III. Lingkup Materi Menulis Terbatas

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

Indikator materi: melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa

a. melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan 


b. Melengkapi Paragraf dengan peribahasa 


B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.      melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)

a.       melengkapi unsur teks eksposisi



b.      melengkapi unsur teks deskripsi



c.       melengkapi unsur teks argumentasi



d.      melengkapi unsur teks ulasan

1) Soal UN 2017/2018


e.       melengkapi teks prosedur



2.      melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)


Melengkapi larik pantun (soal UN 2016/2017)


b. melengkapi teks drama (soal UN 2017/2018) Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html

3.      menggabungkan kalimat



4.      mengurutkan unsur teks

C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      memvariasikan kata yang bermakna sama

2.      memvariasikan kalimat yang bertujuan sama


3.      menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai

4.      memvariasikan unsur teks

5.      mengubah bentuk teks lain



IV. Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.                  mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah



  1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
  2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
  3. mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1. menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)



Menggunakan kata ulang
2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat



2.    memperbaiki kesalahan paragraf

3.    menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf



V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)

a.       penulisan judul



b.      penulisan nama geografi

2.    mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca

B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menggunakan ejaan

2.    menggunakan tanda baca


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan

a.    memperbaiki kesalahan penggunaan frasa/gabungan



b.    memperbaiki penulisan kata/istilah



c.    memperbaiki kesalahan penggunaan kata serapan



2.    memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca


3.    menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca

5 comments: