BEDAH KISI-KISI
UN 2019 SMA/MA MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019,
CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
Berikut
disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran
Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata.html
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-bahasa.html
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-2019-smama-mapel.html
6. Soal dan Kunci
Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html
5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel
Sastra Indonesia Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-un-2019-mapel-sastra.html
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
|
||
Memaknai
istilah/kata
|
Disajikan paragraf
padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu
kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat dapat menentukan makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
|
1.
|
Mengidentifikasi
informasi tersurat
|
Disajikan sebuah
paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat
fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam
paragraf tersebut.
|
2.
|
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu
kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan
tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
|
3.
|
|
Disajikan paragraf
kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh,
peserta didik dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
|
4.
|
|
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh
(Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat
menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
|
5.
|
|
Menemukan ide pokok
|
Disajikan paragraf padu, peserta didik dapat
menentukan ide pokok paragraf tersebut.
|
6.
|
Menemukan inti
kalimat
|
Disajikan kalimat
luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
7.
|
Menentukan makna
rujukan
|
Disajikan paragraf yang
menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata
yang dirujuk oleh acuan tersebut dengan tepat.
|
8.
|
Menyimpulkan isi
tersirat dalam teks
|
Disajikan paragraf
padu, peserta didik dapat
menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf
dengan tepat.
|
9.
|
Disajikan kutipan
tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat
dalam kutipan tersebutdengan tepat.
|
10.
|
|
Disajikan kutipan
tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis
dalam kutipan tersebutdengan tepat.
|
11.
|
|
Menentukan kalimat
utama
|
Disajikan paragraf
padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat, peserta didik dapat
menentukan kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
|
12.
|
Menentukan kalimat
penjelas
|
Disajikan satu
kalimat utama dan lima kalimat penjelas, peserta didik dapat menentukan tiga
kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
|
13.
|
Menyimpulkan
perbedaan atau persamaan isi
|
Disajikan dua kutipan teks
ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian
atau isi teks tersebut dengan tepat.
|
14.
|
Mengomentari isi teks
|
Disajikan kutipan
teks, peserta didik dapat menentukan kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat.
|
15.
|
2. LINGKUP MATERI
MEMBACA SASTRA
|
||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya
sastra
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang
dalam teks dengan tepat.
|
16.
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa
ungkapan/makna kias dengan tepat.
|
17.
|
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa
majas dengan tepat.
|
18.
|
|
Memaknai isi
tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan sebait
gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang
terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
|
19.
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak
tokoh dengan tepat.
|
20.
|
|
Menyimpulkan isi
tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat,
nilai -nilai)
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
|
21.
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat),
peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan
cerpen/novel tersebut dengan tepat.
|
22.
|
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat),
peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai
tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan
saat inidengan tepat.
|
23.
|
|
Membandingkan isi,
pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks
penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan
teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
|
24.
|
Membuktikan
simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat),
peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu
dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
|
25.
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan latar (suasana, waktu, atau
tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
|
26.
|
|
Disajikan penggalan
cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam
teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat.
|
27.
|
|
Menilai
keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan
teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan
keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi
berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
|
28.
|
Disajikan sebuah
puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai
yang sesuai dengan isi puisi tersebut
|
29.
|
|
Meringkas isi karya
sastra
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan
tersebut dengan tepat.
|
30.
|
3. LINGKUP MATERI
MENULIS TERBATAS
|
||
melengkapi kalimat/paragraf
dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Disajikan teks berisi ilustrasi
peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan ungkapan yang tepat
|
31.
|
Disajikan teks berisi ilustrasi
peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan peribahasa yang tepat
|
32.
|
|
Melengkapi unsur teks eksposisi
|
Disajikan paragraf yang
dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat
simpulan untuk melengkapinya dengan tepat.
|
33.
|
Melengkapi unsur
teks deskripsi
|
Disjaikan paragraf
yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi
paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
|
34.
|
Melengkapi unsur
teks argumentasi
|
Disajikan sebuah
kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat
argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua
kalimat argumen pendukung)
|
35.
|
Melengkapi unsur
teks ulasan
|
Disajikan penggalan
teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan kalimat yang tepat.
|
36.
|
Melengkapi teks
prosedur
|
Disajikan paragraf
proses yang dirumpangkan satu
kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk
melengkapinya.
|
37.
|
Melengkapi paragraf Induktif
|
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan
kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang
padu untuk melengkapinya
|
38.
|
Melengkapi teks
sastra (prosa, puisi, drama)
|
Disajikan puisi lama berupa
pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi
dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk
melengkapinya
|
39.
|
Disajikan kutipan teks drama
yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
|
40.
|
|
Menggabungkan kalimat
(mengurutkan kalimat acak)
|
Disajikan kalimat acak (kalimat
diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang
tepat untuk dijadikan paragraf padu
|
41.
|
Memvariasikan kalimat yang
bertujuan sama
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan
kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan
ilustrasi kejadian.
|
42.
|
Disajikan beberapa kalimat yang
mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan ungkapan yang
tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
43.
|
|
Disajikan kutipan
teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa dapat
menentukan kalimat yang mempunyai tujuan sama dalam bentuk kalimat lain
(tanya) yang tepat.
|
44.
|
|
4. MENYUNTING KATA,
KALIMAT, DAN PARAGRAF
|
||
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata/istilah
|
Disajikan paragraf
dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan
tepat.
|
45.
|
Mengidentifikasi
kalimat tidak padu dalam paragraf
|
Disajikan paragraf
yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu
dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
46.
|
Menggunakan kata bentukan
(mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf yang
dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe-
pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat
menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
|
47.
|
Disajikan paragraf
naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan
kata ulang yang tepat untuk melengkapinya
|
48.
|
|
Mengisi dengan
konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf
yang belum lengkap kata penghubung
temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang
tepat untuk melengkapinyanya.
|
49.
|
Memperbaiki
kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara
perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
|
50.
|
Memperbaiki
kesalahan paragraf
|
Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva
yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang
tepat untuk memperbaikinya.
|
51.
|
Disajikan
paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, peserta didik dapat
menentukan kalimat yang padu untuk memperbaikinya
|
52.
|
|
Menentukan alasan
kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya menggunakan
kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat
dengan disertai alasan yang tepat
|
53.
|
5. MENYUNTING EJAAN
DAN TANDA BACA
|
||
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri,
kata tugas)
|
Disajikan ilustrasi
berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi
penulisan judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik
dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan
bahasa Indonesia yang berlaku
|
54.
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa
dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan
nama geografi.
|
55.
|
|
Menggunakan tanda
baca
|
Disajikan kalimat
beberapa kalimat yang dua di antaranya
terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
|
56.
|
Memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan
frasa/gabungan kata dengan tepat.
|
57.
|
Disajikan paragraf
yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; peserta didik dapat
menentukan kata baku untuk memperbaikinya
|
58.
|
|
Disajikan paragraf
yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa mampu
menentukan perbaikan kata serapan
dengan tepat.
|
59.
|
|
Menentukan alasan
kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Disajikan kalimat
yang menggunakan tanda bacanya salah, peserta didik dapat menentukan
kesalahan penggunaan tanda baca
disertai alasan yang tepat pada kalimat tersebut
|
60.
|
CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL
INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019
INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019
I. Lingkup Materi Membaca
Nonsastra
A. Level Kognitif
Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,
Memaknai)
1. memaknai istilah/kata dalam
paragraf
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-tahun-20162017_5.html
2. mengidentifikasi informasi
tersurat
a. mengidentifikasi
kalimat fakta/opini dalam paragraf
1) Soal UN 2017/2018
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik
http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa_2.html
b. mengidentifikasi
jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
2) Soal UN 2016/2017
Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa_6.html
c. menentukan hal
yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
2) Soal UN
2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/menentukan-hal-yang-dapat-diteladani.html
B. Level Kognitif Aplikasi
( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menemukan ide pokok
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa_7.html
2. menemukan inti kalimat
3. menentukan makna rujukan
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
4. menyimpulkan isi tersirat
dalam teks
a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat
penulis
1) Soal UN
2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/menentukan-tujuan-penulis-teks.html
b. opini penulis editorial
1) Soal UN
2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/opini-redaksi-dalam-tajuk-rencana.html
c. keberpihakan penulis editorial
1) Soal UN
2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/menentukan-pihak-yang-dituju-dalam.html
5. menentukan kalimat utama
Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-tahun-20162017.html
6. Menentukan kalimat penjelas
Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
C. Level Kognitif Penalaran
( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari,
Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola
penyajian, dan atau bahasa teks
2. menyimpulkan perbedaan atau
persamaan isi teks
Soal UN 2016/2017 Klik Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/membandingkan-berbagai-teks-isi-pola.html
3. membandingkan penggunaan
bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur,
editorial, ulasan/resensi)
4. mengomentari isi teks
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
5. menunjukkan bukti suatu
simpulan
II. Lingkup Materi Membaca Sastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman (
Mengidentifikasi, Memaknai)
- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
a. mengartikan kata simbolik
1) Soal UN
2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
2) Soal UN
2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/makna-kata-berlambang-simbolik.html
b. mengartikan
ungkapan
Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
c. mengidentifikasi kalimat yang bermajas
Soal UN 2016/2017 Klik
http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/mengidentifikasi-kalimat-bermajas.html
2.
memaknai isi tersurat dalam karya sastra
a. menentukan maksud gurindam
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasaan-soal-un.html
2) Soal UN
2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-maksud-isi-gurindam.html
b. menentukan
cara pendeskripsian watak tokoh
1) Soal UN
2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
2) Soal UN
2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/cara-pendeskripsian-watak-tokoh-cerita.html
B. Level Kognitif Aplikasi (
Menginterpretasi, Menggunakan)
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai-nilai)
a. menentukan konflik, sebab konflik, akibat
konflik
1) Soal UN
2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
2) Soal UN
2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-konflik-cerita.html
b. menentukan
amanat
1) Soal UN
2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_14.html
2) Soal UN
2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-amanat-cerita.html
c. menentukan nilai
1) Soal UN
2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
2) Soal UN
2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-nilai-dalam-karya-sastra.html
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan,
Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi,
Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola
penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
a. Soal UN 2017/2018 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/unsur-inrinsik-karya-sastra-cerpen.html
2. menganalisis hubungan
antarbagian karya sastra
3. membuktikan simpulan dengan
data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
a. Soal UN 2017/2018
Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
b. Soal UN 2016/2017
Menentukan kalimat yang menunjukkan watak
tokoh
Menentukan kalimat yang menyatakan latar
tempat
4. mengaitkan isi dengan
kehidupan saat ini
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/kaitan-isi-karya-sastra-dengan.html
5. menilai
keunggulan/kelemahan karya sastra
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menilai-keunggulan-dan-kelemahan-karya.html
6. meringkas isi karya sastra
a. Soal UN 2017/2018 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/meringkas-isi-karya-sastra.html
III. Lingkup Materi Menulis Terbatas
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman (
Mengidentifikasi, Memaknai)
Indikator materi: melengkapi kalimat/paragraf
dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
a. melengkapi
bagian yang rumpang dengan ungkapan
Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
b. Melengkapi Paragraf dengan peribahasa
Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_23.html
B. Level Kognitif Aplikasi (
Menginterpretasi, Menggunakan)
1. melengkapi unsur teks (eksposisi,
deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)
a. melengkapi unsur teks
eksposisi
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/cara-membuat-kalimat-simpulan-paragraf.html
b. melengkapi unsur teks
deskripsi
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_23.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-teks-deskripsi.html
c. melengkapi unsur teks
argumentasi
1) Soal UN 2017/2018 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-teks-argumentasi.html
d. melengkapi unsur teks
ulasan
1) Soal UN 2017/2018
2) Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/kalimat-simpulan-paragraf.html
e. melengkapi teks prosedur
1) Soal UN 2017/2018 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-teks-prosedur.html
2. melengkapi teks sastra
(prosa, puisi, drama)
a. melengkapi pantun (soal UN 2017/2018) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_18.html
Melengkapi larik pantun
(soal UN 2016/2017)
b. melengkapi teks
drama (soal UN 2017/2018) Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
3. menggabungkan kalimat
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/mengurutkan-kalimat-acak-menjadi.html
4. mengurutkan unsur teks
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan,
Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi,
Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memvariasikan kata yang
bermakna sama
2. memvariasikan kalimat yang
bertujuan sama
3. menggabungkan beberapa
kalimat dengan konjungsi yang sesuai
4. memvariasikan unsur teks
5. mengubah bentuk teks lain
Pengembangan Topik Cerita Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
IV. Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman (
Mengidentifikasi, Memaknai)
1.
mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kata/istilah
a. Soal UN 2017/2018 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/kata-baku-dan-tidak-baku.html
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
a. Soal UN 2017/2018 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa.html
B. Level Kognitif Aplikasi (
Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan kata)
a. Soal UN 2017/2018 Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-paragraf-dengan-kata.html
Menggunakan kata ulang
2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/mengisi-paragraf-dengan-konjungsi-yang.html
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan,
Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi,
Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan
penggunaan kalimat
a. Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
b. Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/memperbaiki-kalimat-tidak-efektif.html
2. memperbaiki kesalahan
paragraf
3. menentukan alasan dari segi
pilihan kata/kalimat dalam paragraf
Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/alasan-kesalahan-kata-pembahasan-soal.html
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda
Baca
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman (
Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan
penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
a. penulisan judul
1) Soal UN 2017/2018 Klik
http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/penulisan-judul-yang-benar.html
b. penulisan nama geografi
1) Soal UN 2017/2018 Klik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
2. mengidentifikasi kesalahan
penggunaan tanda baca
B. Level Kognitif Aplikasi (
Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan ejaan
2. menggunakan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/mengidentifikasi-kesalahan-penggunaan_2.html
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan,
Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi,
Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan
a. memperbaiki kesalahan penggunaan frasa/gabungan
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/memperbaiki-frasa-adjektiva-soal-dan.html
b. memperbaiki penulisan
kata/istilah
1) Soal UN 2017/2018 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/memperbaiki-kesalahan-penggunaan-kata.html
c. memperbaiki kesalahan
penggunaan kata serapan
1) Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
2) Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/penulisan-kata-serapan.html
2. memperbaiki kesalahan
penggunaan tanda baca
Soal UN 2017/2018 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
3. menentukan alasan kesalahan
dari segi ejaan dan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/kapan-tanda-koma-dipakai-dan-kapan.html
BACA CONTOH SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL DAN KUNCI JAWABAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-un-bahasa-indonesia-smama.html
BACA CONTOH SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL DAN KUNCI JAWABAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-un-bahasa-indonesia-smama.html
terimakasih informasinya terupdate mantap kisi-kisinya
ReplyDeleteTerima kasih
ReplyDeleteTerimakasih banyak, sukses selalu!
ReplyDelete-asaddany
thx :* besok bahasa indonesia ea
ReplyDeleteUntuk kedepannya dibuat pdf aja pak.. biar gak ribet buka link sana sini.. terimakasih
ReplyDelete