20 November 2018

BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN



BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN

II. Lingkup Materi Membaca Sastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.      mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra

a. mengartikan kata simbolik/kata berlambang

Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks



b. mengartikan ungkapan

Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen , siswa mampu mengartikan ungkapan dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat. 


c. mengidentifikasi kalimat  yang bermajas

Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa majas


2.      memaknai isi tersurat dalam karya sastra 

a. menentukan maksud gurindam

Indikator soal: Disajikan sebait gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut.       



b. menentukan cara pendeskripsian watak tokoh

Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh.



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.      menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai-nilai)

a. menentukan konflik, sebab konflik, akibat konflik

Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat dapat menentukan konflik/masalah dalam kutipan yang disajikan.



b. menentukan amanat

Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut       



c. menentukan nilai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)

Disajikan dua kutipan teks cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan permasalahan/hal yang diungkapkan dalam kedua teks



2.      menganalisis hubungan antarbagian karya sastra

3.      membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)

a. Soal UN 2017/2018


b. Soal UN 2016/2017

Menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh

Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut


Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat


4.      mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini

Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan saat ini



5.      menilai keunggulan/kelemahan karya sastra

Indikator soal: Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji



Indikator soal: Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut



6.      meringkas isi karya sastra

Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut     









BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik   https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_81.html

0 komentar:

Post a Comment