Berikut
disajikan kisi-kisi soal uji coba ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata
pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
|
||
Memaknai
istilah/kata
|
Disajikan paragraf
padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu
kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat
makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
|
1.
|
Mengidentifikasi
informasi tersurat
|
Disajikan sebuah
paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat
fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam
paragraf tersebut.
|
2.
|
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu
kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan
tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
|
3.
|
|
Disajikan paragraf
kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh,
peserta didik dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
|
4.
|
|
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh
(Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat
menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
|
5.
|
|
Menemukan ide pokok
|
Disajikan paragraf
padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan
ide pokok paragraf tersebut.
|
6.
|
Menemukan inti
kalimat
|
Disajikan kalimat
luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
7.
|
Menentukan makna
rujukan
|
Disajikan paragraf yang
menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata
yang dirujuk oleh acuan tersebut dengan tepat.
|
8.
|
Menyimpulkan isi
tersirat dalam teks
|
Disajikan paragraf
padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat
menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf
dengan tepat.
|
9.
|
Disajikan kutipan
tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat
dalam kutipan tersebutdengan tepat.
|
10.
|
|
Disajikan kutipan
tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis
dalam kutipan tersebutdengan tepat.
|
11.
|
|
Menentukan kalimat
utama
|
Disajikan paragraf
padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu
kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat menentukan
kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
|
12.
|
Menentukan kalimat
penjelas
|
Disajikan satu kalimat
utama dan lima kalimat penjelas, peserta didik dapat menentukan tiga kalimat
penjelas yang mendukung kalimat utama
|
13.
|
Menyimpulkan
perbedaan atau persamaan isi
|
Disajikan dua kutipan teks
ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian
atau isi teks tersebut dengan tepat.
|
14.
|
Mengomentari isi
teks
|
Disajikan kutipan
teks, peserta didik dapat menentukan kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat.
|
15.
|
2. LINGKUP MATERI
MEMBACA SASTRA
|
||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya
sastra
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang
dalam teks dengan tepat.
|
16.
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa
ungkapan/makna kias dengan tepat.
|
17.
|
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa
majas dengan tepat.
|
18.
|
|
Memaknai isi
tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan sebait
gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang
terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
|
19.
|
Disajikan paragraf
kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak
tokoh dengan tepat.
|
20.
|
|
Menyimpulkan isi
tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat,
nilai -nilai)
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
|
21.
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat),
peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel
tersebut dengan tepat.
|
22.
|
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat),
peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai
tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan
saat inidengan tepat.
|
23.
|
|
Membandingkan isi,
pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks
penggalan cerpen, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan kedua penggalan
teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
|
24.
|
Membuktikan
simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat),
peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu
dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
|
25.
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan latar (suasana, waktu, atau
tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
|
26.
|
|
Disajikan penggalan
cerpen/ novel, peserta didik dapat menentukan hal yang diungkapkan dalam
teks, yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini dengan tepat.
|
27.
|
|
Menilai
keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan
teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan
cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa
keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
|
28.
|
Disajikan sebuah
puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai
yang sesuai dengan isi puisi tersebut
|
29.
|
|
Meringkas isi karya
sastra
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan
tersebut dengan tepat.
|
30.
|
3. LINGKUP MATERI
MENULIS TERBATAS
|
||
melengkapi kalimat/paragraf
dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Disajikan teks berisi ilustrasi
peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan ungkapan yang tepat
|
31.
|
Disajikan teks berisi ilustrasi
peristiwa yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan peribahasa yang tepat
|
32.
|
|
Melengkapi unsur teks eksposisi
|
Disajikan paragraf yang
dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat
simpulan untuk melengkapinya dengan tepat.
|
33.
|
Melengkapi unsur
teks deskripsi
|
Disjaikan paragraf
yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi
paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
|
34.
|
Melengkapi unsur
teks argumentasi
|
Disajikan sebuah
kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat
argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua
kalimat argumen pendukung)
|
35.
|
Melengkapi unsur
teks ulasan
|
Disajikan penggalan
teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan kalimat yang tepat.
|
36.
|
Melengkapi teks
prosedur
|
Disajikan paragraf
proses yang dirumpangkan satu
kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk
melengkapinya.
|
37.
|
Melengkapi paragraf Induktif
|
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan
kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang
padu untuk melengkapinya
|
38.
|
Melengkapi teks
sastra (prosa, puisi, drama)
|
Disajikan puisi lama berupa
pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi
dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk
melengkapinya
|
39.
|
Disajikan kutipan teks drama
yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang tepat untuk melengkapinya.
|
40.
|
|
Menggabungkan kalimat
(mengurutkan kalimat acak)
|
Disajikan kalimat acak (kalimat
diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang
tepat untuk dijadikan paragraf padu
|
41.
|
Memvariasikan kalimat yang
bertujuan sama
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan
kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan
ilustrasi kejadian.
|
42.
|
Disajikan beberapa kalimat yang
mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan ungkapan yang
tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
43.
|
|
Disajikan kutipan
teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa dapat
menentukan kalimat yang mempunyai tujuan sama dalam bentuk kalimat lain
(tanya) yang tepat.
|
44.
|
|
4. MENYUNTING KATA,
KALIMAT, DAN PARAGRAF
|
||
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata/istilah
|
Disajikan paragraf
dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan
tepat.
|
45.
|
Mengidentifikasi
kalimat tidak padu dalam paragraf
|
Disajikan paragraf
yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu
dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
46.
|
Menggunakan kata bentukan
(mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf yang
dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe-
pada kata dasar yang diawali huruf k, p, t, s), peserta didik dapat
menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
|
47.
|
Disajikan paragraf
naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, peserta didik dapat menentukan
kata ulang yang tepat untuk melengkapinya
|
48.
|
|
Mengisi dengan
konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf
yang belum lengkap kata penghubung
temporal (urutan waktu), peserta didik dapat menentukan kata penghubung yang
tepat untuk melengkapinyanya.
|
49.
|
Memperbaiki
kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya tidak efektif, peserta didik dapat menentukan cara
perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
|
50.
|
Memperbaiki
kesalahan paragraf
|
Disajikan paragraf deskripsi yang menggunakan tiga frasa adjektiva
yang salah (tiga frasa), peserta didik dapat menentukan frasa adjektiva yang
tepat untuk memperbaikinya.
|
51.
|
Disajikan
paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, peserta didik dapat
menentukan kalimat yang padu untuk memperbaikinya
|
52.
|
|
Menentukan alasan
kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya menggunakan
kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku dalam kalimat
dengan disertai alasan yang tepat
|
53.
|
5. MENYUNTING EJAAN
DAN TANDA BACA
|
||
Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri,
kata tugas)
|
Disajikan ilustrasi
berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi
penulisan judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik
dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan
bahasa Indonesia yang berlaku
|
54.
|
Disajikan paragraf
yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa
dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan
nama geografi.
|
55.
|
|
Menggunakan tanda
baca
|
Disajikan kalimat
beberapa kalimat yang dua di antaranya
terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan
kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
|
56.
|
Memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan
frasa/gabungan kata dengan tepat.
|
57.
|
Disajikan paragraf
yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; peserta didik dapat
menentukan kata baku untuk memperbaikinya
|
58.
|
|
Disajikan paragraf
yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa mampu
menentukan perbaikan kata serapan
dengan tepat.
|
59.
|
|
Menentukan alasan
kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Disajikan kalimat
yang menggunakan tanda bacanya salah, peserta didik dapat menentukan
kesalahan penggunaan tanda baca
disertai alasan yang tepat pada kalimat tersebut
|
60.
|
CATATAN: SOAL UJI COBA/UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN SESUAI KISI-KISI UJI COBA UN SEBAGAI BERIKUT
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN SESUAI KISI-KISI UJI COBA UN SEBAGAI BERIKUT
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA
INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
1. Menentukan kalimat utama
2. Menentukan
makna istilah
3. Menentukan
kalimat tidak padu dalam paragraf
4. Menjawab
pertanyaan sesuai isi bacaan/ Menentukan isi paragraf dg kata tanya
mengapa/bagaimana
5. Menentukan
kalimat fakta dalam paragraf
6. Menentukan
ide pokok paragraf
7. Menentukan
tujuan penulis sesuai isi teks
8. Menentukan
kalimat yang menggunakan kata tidak baku
9. Menentukan
keteladanan tokoh dalam biografi
10. Menjawab
pertanyaan sesuai isi biografi/ Menentukan isi teks pada paragraf kutipan
biografi tokoh (Sastrawan Indonesia)
11. Menentukan
opini penulis pada tajuk rencana
12. Menentukan
pihak yang dituju pada redaksi
13. Menentukan
kata rujukan/acuan
14. Menentukan
persamaan perbedaan isi dua teks ulasan/artikel
15. Menentukan
inti kalimat pada kalimat luas/majemuk
16. Menentukan
makna kata berlambang
17. Menentukan
kalimat bermajas
18. Menentukan
cara pendeskripsian watak tokoh
19. Menentukan
latar (suasana, waktu, tempat)
20. Menentukan
konflik/masalah cerita
21. Menentukan
kalimat yang menunjukkan watak tokoh
22. Menentukan
nilai –nilai dalam cerpen
23. Menentukan
amanat cerpen
24. Menentukan
kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25. Menentukan
kaitan isi cerpen dengan kehidupan saat ini
26. Menentukan
maksud isi gurindam
27. Menilai
keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun
ringkasan teks
29. Mengurutkan
kalimat acak menjadi paragraf padu
30. Menentukan kalimat argumenntasi yang logis
untuk mendukung pendapat
31. Menyusun
kalimat simpulan paragraf
32. Menentukan
peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi/narasi
33. Menentukan
ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi
34. Melengkapi
teks deskripsi
35. Melengkapi paragraf induktif
36. Melengkapi
larik pantun
37. Melengkapi
teks prosedur
38. Menyusun
kalimat esai
39. Menggunakan
konjungsi temporal
40. Menggunakan
kata berimbuhan
41. Menggunakan
kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan / 42. Kalimat padu untuk memperbaiki pada paragraf yang kalimatnya
rancu/tidak padu
43. Menggunakan frasa adjektiva untuk memperbaiki pada paragraf
deskripsi
44. Memperbaiki
kalimat tidak efektif
45. Menentukan
alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki
kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki
penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi
penulisan judul yang benar
49. Menentukan kalimat yang salah tanda baca pada beberapa
kalimat
50. Menentukan
alasan kesalahan pemakaian tanda baca
PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
1. Kalimat Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak Tokoh
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam Tajuk
Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalam
Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan Kalimat
Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ide pokok
paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan
Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang
Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak
Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan
Penggunaan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Perbaikan Penulisan Kata Ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan
Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Kalimat Esai Sesuai
Kutipan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Melengkapi Teks dengan
Kata Berimbuhan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik
http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
36. Menentukan Amanat Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_14.html
37. Melengkapi Pantun Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_18.html
38. Kalimat Argumen untuk
Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html
39. Kalimat Kesepakatan dalam Teks Negosiasi
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
40. Memperbaiki Kalimat Tidak
Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
41. Maksud Isi Gurindam Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasaan-soal-un.html
42. Kalimat Simpulan Akibat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
43. Memperbaiki Penulian Kata
Serapan yang Tidak Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
44. Melengkapi Paragraf dengan
Konjungsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
45. Memvariasikan Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/contoh-soal-dan-pembahasan.html
46. Melengkapi Teks Prosedur
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
47. Melengkapi Paragraf
Deskripsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_23.html
48. Perbaikan Kalimat Tidak
Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html
49. Mengurutkan Kalimat Acak
Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
50. Melengkapi Paragraf dengan
Peribahasa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_23.html
Terbaru dan mudah digunakan,bisa nonton drama korea seharian kapan saja, Download aplikasi drama korea secara gratis drama korea dilayar smartphone kamu hanya dengan Download MYDRAKOR di Googleplay, gratis bisa nonton dimana dan kapan saja.
ReplyDeletehttps://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main
https://www.inflixer.com/