PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI
PENGETAHUAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisi
kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi
yang masih perlu ditingkatkan.
Contoh deskripsi: “Memiliki
kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi, namun perlu
peningkatan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua
teks laporan hasil observasi.”
Keterangan:
1. Penilaian harian dilakukan oleh guru dengan cakupan meliputi seluruh
indikator
dari satu kompetensi dasar
2. Penilaian akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan
untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester.
Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD
pada semester tersebut
3. KD 3.1 dilakukan tagihan penilaian sebanyak 3 kali yang terdiri atas PH dua kali
dan PAS satu kali, maka nilai pengetahuan pada KD 3.1
dari satu kompetensi dasar
2. Penilaian akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan
untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester.
Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD
pada semester tersebut
3. KD 3.1 dilakukan tagihan penilaian sebanyak 3 kali yang terdiri atas PH dua kali
dan PAS satu kali, maka nilai pengetahuan pada KD 3.1
4. Nilai akhir rapor
5. Deskripsi berisi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan. Pada nilai di atas yang kuasai peserta didik adalah KD 3.4 dan yang perlu ditingkatkan pada KD 3.2.
Rujukan
Hatikah,
Tika dkk. 2018. Bahasa Indonesia SMA: Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum
2013 SMA Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RAMBU-RAMBU/PEDOMAN
PENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAI
KETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI
REVISI
A. Rambu-Rambu Pencapaian
Sikap
1. Deskripsi sikap terdiri atas sikap
yang sangat baik dan/atau sikap kurang baik yang memerlukan pembinaan dan
pembimbingan.
2. Deskripsi sikap menggunakan
kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada
positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu
peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...
BACA PENJELASAN LENGKAP KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/pedoman-dan-contoh-deskripsi-pencapaian.html
B. Pedoman Deskripsi
pengetahuan
Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisi
kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi
yang masih perlu ditingkatkan.
BACA PENJELASAN LENGKAP KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/pedoman-dan-contoh-deskripsi.html
A. Pedoman Deskripsi
Nilai Keterampilan
Deskripsi nilai keterampilan
berdasarkan nilai KD yang menonjol berdasarkan pencapaian KD pada KI-4 selama
satu semester.
BACA PENJELASAN LENGKAP KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/pedoman-dan-contoh-deskripsi-nilai.html
TERIMA KASIH BAPAK M. ZUHRI SEMUA KARYA BAPAK INI SANGAT BERMANFAAT BAGI SEMUA YANG MEBUTUHKAN...SEMOGA KARYA-KARYA BAPAK MENJADI LADANG IBADAH UNTUK BAPAK...KARENA SEMUA MENGINSPIRASI
ReplyDeleteAamiin yra... terima kasih, ya....
DeleteAmin....
ReplyDeleteaamiin yra
DeleteAlhamdulillah sangat membantu
ReplyDeleteOk, Pak Budi...
DeleteAlhamdulillah sgt membantu, mksh pak...
ReplyDeletePuji Tuhan sangat membantu sekali... terima kasih pak
ReplyDeleteTrima kasih pak atas ilmunya
ReplyDelete