27 November 2018

SOAL PERSIAPAN UN BAHASA INDONESIA SMA/MA


SOAL UJI COBA UN PAKET 01

1.        Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Moch Solikhan, 44, warga Jalan Kyai Dalem Karim, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur berurusan dengan polisi. Gara-gara mantan istri, Siti Mujayana, 42, menolak diajak rujuk, pria ini kalap. Selasa (19/1) sekitar pukul 06.30, dia menganiaya mantan istrinya itu dengan menyayat bagian wajah, tangan, dan leher istrinya menggunakan belati. Kini Moch Solikhan ditahan di Polsek Wonoayu. Penganiayaan ini terjadi di depan pabrik sepatu PT Golden Step, tempat Moch Solikhan dan Siti Mujayana bekerja. Moch Solikhan naik pitam karena mantan istrinya yang kos di Dusun Rame, Desa Pilang, Wonoayu itu membawa pacarnya.  Namun pemicu sesungguhnya adalah tersangka kecewa karena ajakan rujuknya ditolak oleh Siti Mujayana.

Sumber: Jawa Pos, 19 Januari 2016

Arti kata rujuk dalam paragraf tersebut adalah ….
A.    melakukan pernikahan
B.     melaksanakan perceraian
C.     berkenalan secara akrab
D.    kembali bersatu dalam keluarga
E.     berpisah untuk sementara waktu
2.        Bacalah dengan saksama!

(1) Sebagian kawasan hutan konservasi di kota dan Kabupaten Sorong telah terbuka alias dialih fungsi menjadi kawasan perumahan penduduk. (2) Pengalihfungsian kawasan hutan konservasi juga terjadi di Kabupaten Raja Ampat. (3) Luas kawasan hutan konservasi di Kota Sorong terletak di km 14 - km 18 seluas 945.90 hektar. (4) Di Kabupaten Sorong yakni daerah Klamono seluas 1.909.37 hektar dan di Kepulauan Raja Ampat, luasnya mencapai  60.000 hektar. (5) Jika terus dibiarkan, maka dalam beberapa tahun ke depan Kota Sorong tak akan lagi memiliki kawasan hutan yang menjadi paru-paru dunia.

Kalimat opini dalam paragraf tersebut  ditunjukkan kalimat ….

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

3.        Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Pemulangan eks Gafatar ke daerah asal karena mendapat penolakan dari warga setempat juga terjadi di Kapuas Hulu. Tercatat di daerah ini ada 104 jiwa anggota eks Gafatar. Kemarin mereka mulai bertolak menuju Kota Pontianak, bergabung dengan warga eks Gafatar dari daerah lainnya. Keberangkatan warga eks Gafatar difasilitasi Pemkab Kapuas Hulu, dibantu kepolisian dan TNI. Eks Gafatar ini dipulangkan menggunakan lima unit bus, tiga truk, dan dua mobil pick up. Sebelum diberangkatkan, warga eks Gafatar diberi arahan oleh Muspida Kapuas Hulu. Dalam arahannya, Pj Bupati Kapuas Hulu, Marius Marcellus Tj., S.H., M.M. menyambut baik keberadaan warga eks Gafatar di daerahnya. Akan tetapi, karena telah terjadi penolakan oleh warga lokal terhadap organisasi yang pernah diikutinya, demi keamanan dan kondusivitas daerah, pemerintah harus memulangkan mereka ke daerah asalnya.

Sumber: Jawa Pos, 19 Januari 2016


Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A.    pemulangan eks Gafatar ke daerah asal

B.     Gafatar mendapat penolakan warga setempat

C.     Pemkab Kapuas Hulu memfasilitasi eks Gafatar

D.    arahan Muspida Kapuas Hulu terhadap eks Gafatar

E.     penolakan warga setempat terhadap Gafatar

4.        Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Beras merah merupakan jenis beras dengan kandungan vitamin B dan vitamin E yang tinggi. (2) Manfaat beras merah sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. (3) Hal ini disebabkan beras merah kaya akan serat alami, gizi, vitamin, dan kandungan mineral yang tinggi. (4) Hampir semua petani Indonesia membudidayakannya di lahannya. (5) Beras merah juga mengandung berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, dan zat-zat lainnya.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat ….
A.    (1) 
B.     (2) 
C.     (3) 
D.    (4) 
E.     (5) 
5.        Bacalah penggalan teks berikut dengan saksama!
     Pelaku jasa keuangan nasional perlu segera bersiap-siap dengan suku bunga kredit bank 4-6 persen. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengultimatum bakal menempuh sejumlah langkah agar bunga bank nanti bisa berada di kisaran angka tersebut.
“Siap-siap perbankan, entah jurusnya seperti apa, pasti akan saya cari, pasti akan saya paksa,” tutur Jokowi saat menerima para pelaku jasa keuangan dan perpajakan di Istana Negara kemarin (15/1).
     Dorongan presiden tersebut berdasar realitas penerapan bunga bank di sejumlah negara. Menurut dia, bank-bank nasional akan sulit berkompetisi di era persaingan bila tidak segera melakukan penyesuaian besaran bunga kredit. “Kalau negara lain, bunga bank hanya 4 persen, 5 persen, 6 persen, kita nanti juga harus seperti itu,” tandas Jokowi.
Kata bercetak miring  pada paragraf tersebut mengacu ….
A.    pelaku jasa keuangan nasional
B.     suku bunga kredit bank 4-6 persen
C.     jurus untuk menekan suku bunga kredit bank
D.    langkah agar bunga bank seperti harapan presiden
E.     ekonom di lingkungan Istana Negara
6.        Bacalah penggalan tajuk berikut dengan saksama!
     Serangan bom bunuh diri di Jakarta dua hari lalu membuktikan bahwa negeri ini masih menjadi sasaran empuk aksi terorisme. Sejak meletusnya bom Bali pertama lebih dari satu dekade silam, puluhan serangan teroris terjadi di penjuru Nusantara. Yang paling sering menjadi sasaran memang Jawa. Tetapi, belakangan mulai menyebar ke Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Sumatera. 
     Menkopolhukan Luhut Binsar Pandjaitan secara tegas menolak tudingan bahwa pemerintah kecolongan. Menurut dia, apa yang terjadi di Jakarta pada Kamis siang lalu (15/1) tersebut sejatinya sudah diperkirakan. Hal yang sama disampaikan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. Menurut mantan gubernur Jakarta itu, pihak intelijen sudah mengendus ancaman aksi terror. Hanya, mereka tidak bisa menentukan kapan tepatnya hari, tanggal, dan waktunya.
     Langkah Presiden Joko Widodo mempercepat kunjungan kerjanya di luar kota untuk langsung kembali ke ibu kota patut kita apresiasi. Pernyataan presiden bahwa negara tidak boleh takut dan kalah oleh terorisme juga sangat melegakan. Paling tidak, statetent itu menunjukkan kuatnya political will dari pemerintah untuk memerangi terorisme. 
Ya, kita memang tidak boleh kalah melawan terorisme. Takut? Mungkin ya. Tetapi, kita tidak boleh kalah menghadapi aksi terorisme.
Sumber: Jawa Pos, 16 Januari 2016

Pendapat penulis dalam kutipan tajuk tersebut adalah ….
A.      pemerintah kecolongan atas aksi terorisme yang terjadi di Jakarta beberapa hari yang lalu
B.       pihak intelijen sudah mengendus ancaman aksi teror
C.       wilayah yang menjadi sasaran aksi terorisme adalah Jawa
D.      belakangan aksi terorisme mulai menyebar ke Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Sumatera
E.       kita tidak boleh takut dan kalah oleh aksi terorisme
7.        Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
Teks 1
Kita tidak pernah berpikir tentang berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara tercemar dan makanan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita tidak dapat melihat semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita (tanpa menggunakan mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan tes urin menggunakan ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir karena itu berarti bahwa Anda mungkin memiliki kebocoran saluran pencernaan.
Teks 2
Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per  tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya.

Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menggandakan uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis!

Si Ustaz hanya terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa pria dan seorang wanita dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan.

Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini nyata dan bukan rekayasa. 
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ….


Teks 1
Teks 2
A
menggunakan kosakata asli bahasa Indonesia
menggunakan kosakata bahasa asing
B
menggunakan bahasa resmi
menggunakan bahasa santai
C
menggunakan bahasa bidang ilmu
menggunakan bahasa sehari-hari
D
menggunakan perumpamaan
menggunakan bahasa lugas
E
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa santai


8.        Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
Teks 1
Jagoan Movistar Yamaha Valentino Rossi ternyata belum bisa melupakan “kecurangan” yang dilakukan rider Repsol Honda Marc Marquez pada MotoGP 2015 lalu. Saat itu, Marquez dianggap sengaja membantu Jorge Lorenzo memenangi gelar juara dunia. Padahal, Rossi juga memiliki peluang besar menjadi kampiun balapan kuda besi itu.
Rossi pun mengaku senang karena tak berada di tim yang sama dengan Marquez. “Untungnya, Marquez tidak berada di tim saya,” terang Rossi sebagaimana dilansir laman Crash, Rabu (20/1). “Dia sudah memutuskan melakukan semua kemungkinan agar saya tak memenangi gelar juara dunia. Pernyataan saya tak mengubah apa pun,” tegas pembalap berjuluk The Doctor tersebut.
Teks 2
Bagi para penggemar MotoGP, acara peluncuran Yamaha M1 2016 di Barcelona kemarin (18/1) lebih terasa seperti ajang cooling down antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ketimbang pamer  livery baru.
Keduanya mengaku belum berbicara satu sama lain sejak perseteruannya di seri terakhir GP Valencia musim lalu.
Fans Jorge Lorenzo telah menyatakan tidak akan datang ke GP Italia dan San Marino musim ini karena alasan keselamatan. Langkah yang sama juga diambil fansclub rekan senegaranya Marc Marquez. Ancaman dari penyokong fanatik the Doctor membuat mereka memilih menghindari konfrontasi lebih jauh.
Kemarin di markas besar sponsor utama Yamaha MotoGP, Movistar di Barcelona, kedua seteru dalam satu tim itu bersua lagi. Mereka menebar senyum di hadapan kilatan lampu flash kamera wartawan foto.
Dari tampilan livery motor mereka masih mempertahankan nyaris seluruh corak lama. Motor mereka pun sudah pernah ditunggangi pada uji coba pra musim di Valencia dan kemudian Jerez. Yang paling ditunggu adalah nomor start yang akan dipakai sang juara bertahan Jorge Lorenzo musim ini. Sebagai juara dunia dia punya pilihan menggunakan nomor 1 atau tetap 99 sebagai ciri khasnya. Dan ternyata dia memilih yang kedua.
Tetap tidak ada dialog di atas panggung presentasi tersebut. Namun entah yang terjadi di belakang panggung. Setidaknya pertemuan keduanya bisa dilihat fans keduanya di seluruh dunia dan bisa menunjukkan bahwa keduanya baik-baik saja.
Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….
A.      ketenaran Valentino Rossi dan Marc Marquez dalam MotoGP tahun 2015
B.       berkenaan dengan perseteruan Valentino Rossi dengan Marc Marquez
C.       kecurangan Marc Marquez pada MotoGP tahun lalu
D.      optimisme Vallentino Rossi menyambut MotoGP tahun 2016
E.       perseteruan fans Valentino Rossi dan Marc Marquez
9.        Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
Teks 1
Cara Menghilangkan Ketombe pada Rambut
Ada dua bahan ampuh untuk menghilangkan ketombe pada mahkota kepala Anda. Ketombe bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda dan cuka apel. Kandungan basa pada baking soda bisa menjaga kelembapan rambut Anda. Sementara cuka apel bisa membersihkan kotoran yang ada di rambut.
Untuk menggunakan baking soda dan cuka apel, silakan Anda campur baking soda atau soda kue dengan setengah cangkir air putih. Gunakan baking soda tersebut untuk sampo rambut Anda. Di tahap ini, Anda boleh mencampur baking soda dengan sampo biasa. Kemudian, bilas rambut dengan campuran satu cangkir cuka apel dengan setengah cangkir air. Takaran air ini untuk menyeimbangkan tingkat Ph pada cuka apel. Gunakan perawatan rambut menggunakan baking soda dan cuka apel ini selama dua bulan. Tak hanya bersih dari ketombe, rambut Anda juga akan tampak sehat berkilau.
Teks 2
Manfaat Jamu Tradisional
Obat tradisional atau yang sering disebut  jamu masih mendapat tempat di hati kita, masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
Berikut adalah kelebihan obat tradisional:
1.        Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat., baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.

2.        Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).

3.        Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.

4.        Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes, kolestrol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik), dan penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus-menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut di atas adalah ….       


Teks 1
Teks 2
A
Tujuan - langkah-langkah
Pendapat – argumentasi
B
Pengantar – langkah-langkah
Pendapat – penegasan pendapat
C
Tujuan – langkah-langkah
Pendapat – argumentasi – penegasan ulang pendapat
D
Pengantar – langkah-langkah
Argumentasi – penegasan ulang pendapat
E
Abstraksi – langkah-langkah
Penegasan pendapat - argumentasi

10.    Bacalah puisi berikut dengan saksama!
Bocah-bocah
Kini pun kapalku siap bertolak
Membawa jarring serta suar
Di tengah laut menantang ombak
Mungkin hingga menjelang fajar
Telah kuperhitungkan jiwa taruhan
Kalaupun kapal tak sempat lagi menepi
Bocah yang bergelantungan di lenganku
Pasti akan mengganti
Makna kata kapal dalam kutipan puisi tersebut adalah ….
A.    berlayar di tengah laut untuk menangkap ikan
B.     berjuang menantang ombak di tengah laut
C.     belajar mandiri dengan mengarungi samudra
D.    bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga
E.     berjuang sekuat tenaga selagi masih muda
11.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Rebung memiliki rasa renyah karena rebung merupakan tunas akar yang masih muda. Rebung telah menjadi makanan khas Asia sejak dahulu. Manfaat rebung sangatlah banyak karena rebung memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita. Selain memiliki kandungan serat tinggi, rebung mengandung mineral dan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, tiamin, riboflavin, niacin, kalsium, besi, fosfor, fat, karbohidrat, protein, dan kalori. Mineral dan vitamin ini berguna untuk membantu membangun daya tahan tubuh. Kandungan-kandungan tersebut memberikan manfaat membantu mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Selain itu, rebung bermanfaat bagi pencernaan. Dengan mengonsumsi rebung, buang air besar menjadi lancar. Dengan begitu, usus pun menjadi sehat karena rebung memiliki kandungan serat tinggi.
Bukti bahwa rebung sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita adalah ….
A.      Rebung memiliki rasa renyah.
B.      Rebung telah menjadi makanan khas Asia sejak dahulu.
C.      Rebung memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita.
D.      Manfaat rebung sangatlah banyak.
E.       Rebung merupakan tunas akar yang masih muda.
12.    Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
     Dan, di saat puasa berjalan lebih dari dua puluh hari, seseorang tak dinakal mendatangi rumah warga-warga kampong. Ia berpeci, dagunya berjanggut, kumisnya tipis, wajahnya bersih berminyak. Orang itu, masih muda, membagi-bagikan kurma sebagaimana Pak Ayub dulu lakukan. Setiap rumah mendapat tiga buah kurma kali jumlah kepala.
     Saat menerima kurma, pemilik rumah hanya mengucapkan terima kasih. Setelah orang itu pergi, bibir-bibir yang belum disentuh oleh hal yang membukakan puasa bergerak bergetar. Mereka teringat Pak Ayub.
     “Pak Ayub? Kok bukan Pak Ayub? Apakah ini jelmaan pemilik kurma?” begitu gumam kami di kampong seraya mengenang tutur kata yang pernah terlontar dari mulut Pak Ayub. Namun, ketika kami tersadar, ketika kerinduan dan keinginan bersua Pak Ayub yang sudah dua kali Ramadan tak pulang ke tanah kelahirannya memuncak, pengantar kurma itu kami tahan beramai-ramai.
     “Tuan muda siapa? Siapa yang menyuruh mengantarkan kurma tiga buah per kepala ke tempat kami?” Tanya kami beramai-ramai, menjelang bedug berbuka.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.      Semua warga kampong mendapatkan tiga buah kurma dari Pak Ayub selama bulan Ramadan.
B.       Warga kampong menahan pemuda berjanggut dan berpeci seorang pengantar buah kurma.
C.       Pak Ayub mendatangi rumah warga dengan mengenakan peci pada setiap bulan Ramadan.
D.      Warga rindu dan ingin bersua dengan Pak Ayub yang telah dua Ramadan tidak pulang kampung.
E.       Warga mengetahui identitas pemuda pengantar kurma ternyata adalah anak Pak Ayub.
13.    Bacalah kutipan novel dengan saksama!
(1) Tetapi suatu Sabtu, tahun 1944, sepulang dari Semarang, ketika aku ingin menengok Papi dan Mami, rumah terkunci rapat. (2) Para tetangga mengatakan orang tuaku sedang menengok Kakek, ayah Mami yang sakit. (3) Aku heran sebab keduanya, Papi dan Mami, sudah lama tak berorang tua. (4) Segera aku mengerti, ada masalah gawat. (5) Mereka pasti berlindung lagi di dapam Puri di Surakarta. (6) Meloncati pagar bambu, aku langsung pergi ke kebun belakang. (7) Setelah menengok ke kiri dan ke kanan kuperiksa kabel penyadap. (8) Sudah tidak ada lagi. (9) Dengan cemas lekas-lekas kutinggalkan rumahku dan pergi menuju Surakarta. (10) Hanya Mami yang kutemukan di tengah para kerabat. (11) Berlinang-linang aku dicium dan dicium.     
(Burung-burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya)
Cara pendiskripsian watak aku dalam kutipan novel tersebut melalui …
A.      penjelasan pengarang
B.       perbincangan tokoh lain
C.       melukiskan sekitar pelaku
D.      jalan pikiran tokoh
E.       tindakan tokoh
14.    Bacalah kutipan cerita berikut dengan saksama!
     Dari jauh ia melihat lampu menyala dari rumahnya. Kerinduannya pada Ana Putri bungsunya tiba-tiba menggebu. Ia menpercepat langkahnya dan siap menjawab pertanyaan tentang mobilnya. Memang pernah sekali ia berbohong kepada keluarganya bahwa mobilnya telah ditawar orang, karena itu ia sekali lagi melanjutkan kebohongan itu bahwa mobilnya telah terjual dan akan dipakai untuk renovasi rumah. Ia ngin sekadar menguji kehendak istrinya yang selama ini menghantui pikirannya dan dituding sebagai suami dan kepala rumah tangga yang tak dapat membuat bahagia anak dan istrinya.
     “Biar harga mobil kuno itu tak seberapa, aku pikir kita bisa mencari tambahan sedikit lagi untuk memperbaiki rumah ini agar kau merasa berbahagia dan tidak malu lagi bila dilirik tetangga.”
     “Bapak gimana sih! Masa, ketika semua orang naik mobil pribadi, kamu mau berpanas-panas naik bis kota atau mikrolet? Kalau anak-anak ingin rekreasi bagaimana? Kalau kita kondangan naik apa? Andong?”
     “Habis mobilnya rusak melulu. Daripada habis uang ke bengkel mendingan disimpan untuk kebahagiaannmu.”
     Tatiana putrid bungsunya protes dan tidak mau makan malam dengan papanya, kecuali kalau papanya berjanji akan membeli lagi mobil. Karena  setiap pagi Ana selalu diantar papanya ke sekolah.
Akibat konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.    Tokoh Bapak melangkah ke rumah dan berencana melanjutkan kebohongannya.
B.     Tokoh istri merasa selama ini suaminya tidak memberikan kebahagiaan kepada anaknya.
C.     Tatiana tidak mau makan malam sebelum papanya berjanji akan membeli lagi mobil.
D.    Tokoh bapak mencari cara mendapatkan uang untuk membeli mobil baru.
E.     Tokoh Tatiana tidak terima jika harus ke sekolah naik bis kota atau mikrolet.
15.    Bacalah penggalan novel berikut dengan saksama! 
Ania dengan cepat tumbuh remaja. Perlahan-lahan ia mengerti pengorbanan Enong dan merasa kasihan. Ia minta berhenti sekolah karena ingin membantu. Enong melarangnya. Suatu ketika, Enong mengajak Ania ke sebuah took di Tanjong Pandang. Ia membelikan adik pangkuannya itu baju yang bagus.
“Lebaran masih lama. Mengapa Kakak membelikanku baku?”
“Karena aku ingin kau tetap merasa engkau cantik.” Enong berlalu. Ania menangis di dalam  toko itu sampai tersedak-sedak.
Nilai moral dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A.    berhenti sekolah untuk membantu keluarga
B.     selalu menyayangi saudara keluarga
C.     tidak membiarkan adiknya berpakaian jelek
D.    membantu keluarga dengan sekuat tenaga
E.     lebih mementingkan kepentingan orang lain
16.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Rebung memiliki rasa renyah karena rebung merupakan tunas akar yang masih muda. Rebung telah menjadi makanan khas Asia sejak dahulu. Manfaat rebung sangatlah banyak karena rebung memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita. Selain memiliki kandungan serat tinggi, rebung mengandung mineral dan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, tiamin, riboflavin, niacin, kalsium, besi, fosfor, fat, karbohidrat, protein,  an kalori. Mineral dan vitamin ini berguna untuk membantu membangun daya tahan tubuh Kandungan-kandungan tersebut memberikan manfaat membantu mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Selain itu, rebung bermanfaat bagi pencernaan. Dengan mengonsumsi rebung, buang air besar menjadi lancar. Dengan begitu, usus pun menjadi sehat karena rebung memiliki kandungan serat tinggi.
Tanggapan logis sesuai dengan paragraf tersebut adalah...
A.      Mengonsumsi rebung memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh karena rebung mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
B.      Memperbanyak konsumsi rebung dapat membantu mencegah berbagai penyakit jangka panjang seperti kanker dan kerusakan pembuluh darah.
C.      Mengonsumsi rebung sangat baik untuk diet karena kandungan kalori, karbohidrat, serta gula yang terdapat pada rebung sangat sedikit.
D.      Mengonsumsi rebung memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh karena rebung mengandung zal racun berbahaya bagi tubuh.
E.      Dalam ilmu obat tradisional di lndia, rebung memiliki kualitas antiracun dan sangat bermanfaat untuk mengobati gigitan ular serta kalajengking.
17.    Bacalah dengan saksama!

"Kau ingat, Har?"

"Ketika itu seperti macam sekarang. Kita duduk seperti ini juga. Tapi tempatnya bukan di sini. Aku masih ingat, sekali kau menggenggam jariku erat sekali. Aku biarkan dia tergenggam. Dan dalam tekanan genggamanmu, aku tahu kau mau bicara. Dan aku menunggunya. Tapi kau tak berkata apa-apa." 
"Masa itu, masa kanak-kanak kita," kataku. Tapi cepat kemudian aku jadi menyesal telah mengatakannya. 
"Ya," katanya dengan suara tak acuh. "Jari-jariku itu sudah tak ada lagi kini. Kedua tanganku ini, kaulihat? Buntung karena perang. Dan aku tak lagi dapat merasa bahagia seperti dulu. Biar kau menggenggamnya kembali. Mulanya aku suka menangis. Menangisi segala yang sudah hilang. Tapi kini aku tak menangis lagi. Tak ada gunanya menangisi masa lampau. Buat apa?" 
Angin dari Gunung karya  A. A. Navis

Keterkaitan watak tokoh perempuan dengan kehidupan sehari-hari adalah …

A.    Menyesali masa lalu seperlunya boleh dilakukan.

B.     Seseorang tidak akan kembali ke masa lampau.

C.     Seseorang yang tidak mau menyesali masa lampau.

D.    Tokoh yang menyesal bertemu kembali dengan kekasihnya.

E.     Seseorang yang cacat karena menjadi korban perang.  

18.    Bacalah kedua penggalan cerita berikut!

Teks 1: Cerita Rakyat

Syahdan hiduplah seorang pemuda yatim piatu pada zaman dahulu kala. Malim Deman namanya. Dia pemuda yang rajin giat bekerja dan baik budinya. Setiap hari dia mengerjakan sawah dan ladang milik ibunya yang berada di pinggir hutan. Dia bekerja membantu pamannya.

Di sekitar sawah milik ibu Malim Deman itu tinggal seorang janda tua. Mandeh Rubiah namanya. Malim Deman sangat akrab dengan janda tua itu. Bahkan, Mandeh Rubiah telah mengaggap Malim Deman sebagai anaknya sendiri. Mandeh Rubiah kerap mengirimkan makanan kepada Malim Deman ketika Malim Deman tengah menjaga tanaman padinya pada malam hari.
Pada suatu malam Malim Deman kembali menjaga tanaman padinya. Dia hanya seorang diri di tengah sawah. Dia merasa sangat haus. Malim Deman segera ke pondok Mandeh Rubiah untuk meminta air minum. Belum juga Malim Deman tiba di pondok Madeh Rubiah, Malim Deman mendengar suara beberapa perempuan di belakang pondok Mandeh Rubiah. Dengan berjalan berjingkat-jingkat, Malim Deman segera menuju sumber suara yang sangat mencurigakan tersebut.

Teks 2: Hikayat

Dahulu kala, ada seorang raja yang memiliki sepuluh orang puteri yang cantik-cantik. Sang raja dikenal sebagai raja yang bijaksana. Tetapi ia terlalu sibuk dengan kepemimpinannya, karena itu ia tidak mampu untuk mendidik anak-anaknya. Istri sang raja sudah meninggal dunia ketika melahirkan anaknya yang bungsu, sehingga anak sang raja diasuh oleh inang pengasuh. Puteri-puteri Raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain di danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau membantu ayah mereka. Pertengkaran sering terjadi diantara mereka.
     Kesepuluh puteri itu dinamai dengan nama-nama warna. Puteri Sulung bernama Puteri Jambon. Adik-adiknya dinamai Puteri Jingga, Puteri Nila, Puteri Hijau, Puteri Kelabu, Puteri Oranye, Puteri Merah Merona, Puteri Kuning dan 2 puteri lainnya. Baju yang mereka pun berwarna sama dengan nama mereka. Dengan begitu, sang raja yang sudah tua dapat mengenali mereka dari jauh. Meskipun kecantikan mereka hampir sama, si bungsu Puteri Kuning sedikit berbeda, Ia tak terlihat manja dan nakal. Sebaliknya ia selalu riang dan dan tersenyum ramah kepada siapa pun. Ia lebih suka bebergian dengan inang pengasuh daripada dengan kakak-kakaknya. 
            Persamaan kedua kutipan tersebut adalah ….

A.    menceritakan asal mula terjadinya suatu tempat atau daerah

B.     menceritakan kehidupan istana sentries

C.     menceritakan kehidupan pada masa Angkatan 20

D.    menceritakan kehidupan masa lampau

E.     mengandung pesan mengasihi kepada kedua orang tua
19.    Cermati cerita rakyat di bawah ini !

Hikayat Malim Deman


Terperanjatlah Malim Deman ketika melihat tujuh bidadari tengah mandi di kolam yang terletak di belakang pondok Mandeh Rubiah. Malim Deman sangat terpesona melihat kecantikan tujuh bidadari itu ketika wajah mereka terkena sinar rembulan yang tengah purnama. Malim Deman juga melihat tujuh selendang tergeletak di dekat kolam itu. Malim Deman menerka, tujuh selendang itu digunakan para bidadari untuk terbang dari khayangan ke kolam itu. Maka, dengan berjalan mengendap-endap dia mendekati tujuh selendang itu dan mengambil salah satu selendang. Segera disembunyikan selendang itu dan dia kembali mengintip tujuh bidadari yang tetap mandi tersebut.
Menjelang waktu pagi datang, tujuh bidadari itu berniat kembali ke khayangan. Salah satu bidadari, yakni bidadari bungsu, tidak dapat menemukan selendangnya. Enam kakaknya telah berusaha turut membantu mencari selendang itu, namun hingga menjelang fajar selendang milik bidadari bungsu tetap tidak ditemukan. Karena matahari sebentar lagi terbit, enam bidadari yang telah mendapatkan selendang dengan terpaksa meninggalkan adik bungsu mereka. Keenamnya menggunakan selendang mereka masing-masing untuk terbang kembali ke Khayangan.
Sepeninggalan kakak-kakaknya, si bungsu menangis. Dia ketakutan untuk tinggal dibumi Malim Deman lantas mendekati dan menghibur si bidadari bungsu. Malim Deman kemudian mengajak bidadari itu kerumah Mandeh Rabiah. Dengan hati gembira Mandeh Rabiah menerima bidadari bernama Putri Bungsu itu dan mengakuinya sebagai anak.
Nilai moral   yang terkait dengan kehidupan pada saat ini, sesuai  penggalan cerita rakyat di atas adalah…
A.   Perilaku Malim Deman dalam memenuhi keinginannya
B.   Malim Demam mencuri selendang  putri Bungsu
C.   Kakak-kakaknya meninggalkan putri Bungsu 
D.   Putri Bungsu merasa takut tinggal di bumi
E.    Malim Demam mendekati si bungsu
20.    Cermati teks berikut!
(1) Elin, gadis yang berhidung mancung, bibirnya tipis, mukanya bulat telur dan bermata sipit tapi bersinar-sinar, tak alang lagi memiliki wajah ayu. (2) Keayuannya menjadi penghias yang indah di dalam gerbong yang sesak. (3) Pemuda-pemuda pada tertarik dan menjilatkan ekor matanya pada wajah ayu itu. (4) Tapi Elin tetap memandang ke depan dengan tatapan mata kosong, tanpa menghiraukan pemuda-pemuda itu. (5) Hatinya sedang gelap, seperti gelapnya malam apabila langit tertutup mendung, gelap di hatinya memeengaruhi wajahnya yang bersinar menjadi suram.
Watak atau sikap tokoh Elin yang tidak peduli, pada kutipan tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)
21.    Cermatilah kupasan novel bcrikut!
Kayam dalam novelnya Para Priyayi tclah memberikan apresiasi dan tafsiran sesuai dcngan kcmampuan kita. Dia tidak mcmaksakan pendapatnya kepada pembaca. Karena sosok dan makna priyayi bagi kita tidak scmua persis seperti yang digambarkan Kayam. Oleh sebab itu, dia memberi ruang kepada kita untuk menafsirkan. Bukankah karya sastra itu dikatakan baik bila mampu mcndorong lahirnya berbagai tafsiran dan makna baru pada para pcmbacanya?      
Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan novel sesuai penjelasan tersebut adalah ...
A.      Kayam menafsirkan berbagai hal untuk makna priyayi sehingga pembaca banyak mendapatkan ilmu pengetahuan.
B.      Kayam dikenal sebagai sastrawan yang tidak mau memaksakan kehendak kepada para pembaca.
C.      Secara tidak langsung, novel ini memberi keleluasaan kepada pembaca akan makna priyayi dengan penafsiran luas.
D.      Makna   priyayi   diungkapkan   secara jelas   dan   gamblang   kcpada   pembaca sehingga pembaca mampu menangkap tafsirannya.
E.   Sosok   dan   makna   priyayi   tidak   dijelaskan   sehingga   pembaca   lidak   mau memaknainya, tidak menjadi masalah indicator.
22.    Cermati ilustrasi berikut!
Cerita pendek Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sekaligus menjadi judul kumpulan cerpen. Tokohnya adalah Karyamin, seorang tukang batu, karyamin selalu tersenyum dalam situasi apa pun. Dalam novel Ronggang Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dikisahkan tokoh Srintil dan Rasus dari warga desa yang masih kuat memegang tradisi setempat.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....

  1. Ahmad Tohari sangat jeli dalam mengangkat kehidupan masyarakat kecil menjadi cerita menarik.
  2. Ahmad Tohari memahami dengan baik adat dan tradisi masyarakat desa yang diceriterakannya.
  3. Ahmad Tohari banyak mengangkat kisah-kisah kehidupan menjadi sebuah cerpen.
  4. Ahmad Tohari merupakan pengarang cerpen yang khususnya mengangkat masyarakat kecil.
  5. Ahmad Tohari selalu mengangkat kisah kehidupan masyarakat desa kelahirannya.
23.    Bacalah cerita berikut dengan saksama!
Pada suatu hari, tinggallah seorang Raja dengan permaisurinya di sebuah Istana megah. Sang Raja sangat kecewa terhadap istrinya yang selingkuh. Ia pun menaruh dendam yang sangat dalam terhadap permaisurinya, bahkan terhadap semua wanita. Setiap wanita dianggapnya tidak berbudi. Permaisuri dibunuhnya untuk melampiaskan dendamnya itu. Setiap wanita yang mati, dibunuh olehnya. Setelah hampir habis wanita terbunuh oleh Raja yang kejam itu, sampailah giliran anak mentrinya. Sang mentri sangat sedih, karena bila ia tidak dapat mencarikan wanita untuk Raja, berarti ia akan dibunuh dan bila ia tidak memberikan anak wanitanya, berarti anak wanitanya akan dibunuh. Melihat ayahnya yang sedih, putrinya yang bernama Syahrazat mengusulkan supaya dia saja yang diserahkan pada Raja dan biarlah ayahnya menjalankan tugas seperti biasa. Karena desakan putrinya itu, maka dengan berat hati mentri itu menyerahkan anaknya kepada Raja. 
Setelah putri Syahrazat dinikahi Raja menjelang subuh, segeralah Raja mengeluarkan keris mautnya untuk menghabisi nyawa Syahrazat. Dengan sopan dan tabah, Syahrazat memohon kepada Raja, agar sebelum ia dibunuh, ia diperbolehkan menyampaikan sebuah cerita. Permintaanya untuk bercerita dikabulkan oleh Raja. Lalu Syahrazat pun bercerita dengan sungguh-sungguh, sehingga menjelang pagi cerita itu belum selesai dan Raja mengusulkan supaya cerita itu dilanjutkan malam berikutnya. Di dalam cerita yang disampaikan oleh putri Syahrazat terdapat cerita lagi. Cerita itu sangat menarik, sehingga Raja selalu mengusulkan supaya cerita itu dilanjutkan malam berikutnya. Demikianlah malam demi malam keadaan itu berlangsung selama 1001 malam. Cerita yang disampaikan itu berisi hal yang ajaib dan perbandingan suatu hal. Lama kelamaan Raja itu sadar atas kesalahannya yang menganggap bahwa semua wanita itu tidak baik. Selama 1001 malam itu , lahirlah anak Raja atas perkawinanya dengan putri Syahrazat. Raja sangat sayang kepada putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
Abstraksi cerita tersebut adalah ….
A.    Sang raja kecewa karena istrinya melaarikan diri dari kerajaan. Sang Raja dendam kepada istrinya sehingga dibunuhlah istrinya. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa agar dirinya dapat menyadarkan Raja dan tidak membunuh wanita, yaitu dengan cara menyampaikan cerita pada malam hari hingga menjelang pagi. Cerita diberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja sangat sayang kepada putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
B.     Sang raja kecewa karena istrinya selingkuh. Sang Raja dendam kepada istrinya dan setiap wanita sehingga dibunuhlah istri dan setiap wanita. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa agar dirinya dapat menyadarkan Raja dan tidak membunuh wanita, yaitu dengan cara menyampaikan cerita pada malam hari hingga menjelang pagi. Cerita diberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja sangat sayang kepada putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
C.     Sang raja kecewa karena istrinya selalu membangkang kepada raja. Sang Raja dendam kepada istrinya dan setiap wanita sehingga dibunuhlah istri dan setiap wanita. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa agar dirinya dapat membunuh Raja setelah dia menyampaikan cerita kepada raja. Cerita diberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja sangat sayang kepada putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
D.    Sang raja kecewa karena istrinya selingkuh. Sang Raja dendam kepada istrinya dan setiap wanita sehingga dibunuhlah istri dan setiap wanita. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa agar dirinya dapat menyadarkan Raja dan tidak membunuh wanita, yaitu dengan cara menyampaikan cerita pada malam hari hingga menjelang pagi. Cerita diberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja tidak menyayangi putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
E.     Sang raja kecewa karena istrinya selingkuh. Sang Raja dendam kepada istrinya dan setiap wanita sehingga dibunuhlah istri dan setiap wanita. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa agar dirinya dapat menyadarkan Raja dan tidak membunuh wanita, yaitu dengan cara menyampaikan cerita pada malam hari hingga menjelang pagi. Cerita diberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja tidak menyayangi putranya dan kemudian mumutuskan mengembalikan Syahrazat kepada menteri kerajaan.
24.    Cermat paragraph berikut!
Salah satu cara untuk lebih memperkenalkan . . . batik cimahi ialah dengan mendirikan pusat pelatihan dan . . . batik bernama "Lembur Batik Cimahi", di Jalan Pesantren, Kelurahan Cibabat, Kota Cimahi. Pemkot Cimahi sebagai mitra kerja ingin memproyeksikan . . . masyarakat dengan membatik yang digambarkan melalui ciri khas Cimahi yang ke depannya lebih dikenal masyarakat di luar Cimahi.
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.   eksis, gallery, kreatif
B.   eksistensi, gallery, kreatif
C.   eksistensi, galleri, kreativ
D.   eksistensi, galeri, kreativitas
E.   eksistensi, galleri, kreativitas
25.    Cermati paragraph berikut!
Tahukah Anda manfaat berolahraga? Olahraga merupakan aktivitas atau kegiatan yang berguna bagi tubuh. ( ….) Banyak olahraga sederhana dapat kita lakukan setiap hari, seperti berjalan kaki, berlari, push up dan sit up, senam, atau bersepeda. Sedikitnya kita harus melakukan olah raga sepuluh menit setiap hari agar peredaran
darah menjadi lancar dan badan ,menjadi sehat.
Kalimat  yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebutadalah...
A.   Banyak manfaat olahraga jika kita rutin melakukan.
B.    Dengan berolahraga, tubuh kita akan sehat dan bugar setiap hari. 
C.    Berotahraga juga dapat membuat tidur kita nyenyak.
D.   Olahraga mampu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. 
E.    Olahraga yang dilakukan dengin teratur, akan meningkatkan fungsi hornion-hormon dalam tubuh.
26.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pantai pasir padi menyajikan pemandangan pantai yang memesorna. Lautnya yang membiru dan berpasir putih bersih memanjang sejauh mata memandang. Dengan ombak laut yang tenang, wisatawan dapat  berjemur, mandi, atau berenang di pantai ini. [ . . . ] Dua pulau ini terletak lebih kurang 2 mil dari bibir pantai.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ….
A.   Di Pulau panjang wisatawan bisa melihat kesibukan para nelayan. 
B.    Wisatawan dapat membeli dan menikmati hasil tangkapan ikan. 
C.    Pulau Semajun merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni.
D.   Para wisatawan akan selalu kembali menikmati pemandangan pantai yang indah. 
E.    Wisatawan juga dapat berlayar menuju Pulau panjang atau pulau Semajun.
27.    Cermati cerita berikut!
Sebagai penjaga surau, Kakek tidak mendapat apa-apa. la hidup dari sedekah yang dipungutnya sekali se-Jumat. Sekali enam bulan ia mendapat seperempat dari hasil pemunggahan ikan mas dari kolam itu. Dan sekali setahun orang-orang mengantarkan fitrah ld kepadanya. Tapi sebagai garin ia tak begitu dikenal. (…) Karena ia begitu mahir dengan pekerjaannya itu, orang-orang perempuan ying minta tolong mengasahkan pisau atau gunting, memberinya sambal sebagai imbalan. Orang Iaki-laki yang minta tolong, memberinya imbalan rokok, kadang-kadang uang. Tapi yang paling sering diterimanya ialah ucapan terima kasih dan sedikit senyuman.
Dikutip dari: A.A. Navis, Robohnya Surau Kami,

Jakarta,Gramedja. 1 992

Kalimat tepat untuk melengkapi cerita rumpang tersebut adalah...
A.   Orang-orang menyukai kakek. 
B.   Kakek sangat tekun bekerja. 
C.   la lebih dikenal sebagai pengasah pisau. 
D.   Banyak orang bersimpati kepada kakek. 
E.    Hidup kakek banyak dibantu orang.
28.    Cermatilah dialog berikut!
Bapak  :    Siapa yang datang, Bu? (setelah temannya pergi)
Ibu      :    Teman kerja ibu, tadi ada pembagian honor.
Bapak  :    Tadi kan sudah ketemu di kantor?
Ibu      :    Minta penjelasan tentang pembagian honor.
Bapak  :    Kok ke Ibu, Ibu kan bukan bendahara?
Ibu      :    Dia kan tidak selalu terima dengan pembagian yang ada. Padahal, nggak ikut kerja.
Bapak  :    ….
Ibu      :    Ya, begitulah, ia selalu menilai pekerjaan dengan uang.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dialog tersebut adalah ….
A.      Dia selalu gelap mata dalam bertindak.
B.       Semua mengenal dia sebagai pekerja yang ulet.
C.       Ia termasuk karyawan yang sangat berpengalaman. 
D.      Wow, dia memang mata duitan.
E.       Pekerjaan dia memang terlalu banyak.

29.    Cermati pantun yang dirumpangkan berikut ini!

(1)     Mak Inah berkumur-kumur
(2)     ….
(3)     Orang muda jangan takabur
(4)     ….

Larik yang tepat untuk melengkapi baris (2) dan (4) pantun tersebut adalah ….
A.      (2)               Rumah papan beratap talang
       (4)   Rela kakanda bersama hilang
B.       (2)               Merpati terbang sekawan
       (4)   Lamun Tuan dari pangkuan
C.       (2)               Kena getah daun labu
       (4)   Cobaan Allah siapa yang tahu
D.      (2)               Siraut pembelah rotan
       (4)   Adat dibaginya delapan
E.    (2)   Wanita muda memasak sayur
       (4)   Biar hidup jadi teratur
30.    Cermati kutipan berikut!

Salah satu film yang disutradarai Hanung Bramantyo adalah Soekarno. Kekuatan utama dalam tilm Soekarno adalah sejarah yang terperinci dan tidak banyak orang tahu. Film Soekarno berbeda dengan film lndonesia lainnya. t. . . .l Riset tersebut mampu memunculkan kepuasan bagi penonton yang melihat film Soekarno dari sisi selarahnya. Selain itu, film Soekarno mampu membuka wawasan masyarakat lndonesia mengenai sisi lain Soekarno. Film Soekarno merupakan gerbang bagi anak-anak dan remaja untuk membaca kembali buku dan teks sejarah lainnya.
Kalimat tepat untuk melengkapi resensi rumpang tersebutadalah...
A.   Tidak seperti film lndonesia lain yang diproduksi tanpa melalui riset mendalam.
B.    Pembuatan film Soekarno hanya disesuaikan dengan selera masyarakat lndonesia.
C.    Kemunculan film Soekarno ditunggu-tunggu masyarakat lndonesia dan internasional.
D.   Film Soekarno dibuat sesuai hasil riset cukup mendalam tentang peristiwa yang dialami Soekarno.
E.    Karakter dan penokohan setiap pemain dalam film Soekarno sangat kuat.
31.    Perhatikan prosedur berikut!
Mengambil Uang Melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
1)        Masukkan kartu ATM Bank pada slot Card ATM.
2)        Pilih bahasa pengantar, yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
3)        Masukkan PIN Anda.
4)        Pilih menu penarikan.
5)        Di layar akan tampil pilihan nominal penarikan. Pilih salah satu besar nominal maksimal RP1.500.00,00 untuk denominasi pecahan Rp50.000,00.
6)        Tekan tombol BENAR jika nominal yang dipilih benar dan tekan SALAH jika nominal yang dipilih salah.
7)        Jika transaksi berhasil, uang tunai akan keluar. Uang segera diambil karena lebih dari 30 detik uang akan ditelan mesin ATM.
8)        Tekan SELESAI jika mengakhiri transaksi. Selanjutnya, akan keluar struk transaksi dan kartu ATM Anda.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi prosedur tersebut adalah .....
A.      Jika akan mengambil uang, pilih menu penarikan.
B.       Untuk mengakhiri transaksi tekan SELESAI.
C.       Anda dapat mengambil uang di mesin ATM sesuai keinginan.
D.      Pada menu tercantum dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
E.       Uang yang keluar segera diambil karena setelah 30 detik akan tertelan mesin ATM.
32.    Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1)   Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik.
(2)   Bayam merupakan sumber vitamin K yang baik. 
(3)   Vitamin K juga turut berperan dalam banyak proses yang terjadi pada tubuh.
(4)   Selain berguna untuk organ penglihatan pada malam hari, vitamin A juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh, pembentukan serta pemeliharaan sel-sel kulit, saluran pencernaan, dan selaput kulit.
(5)   Vitamin ini berperan besar dalam pengaktifan banyak jenis protein yang terlibat dalam proses pembekuan darah.
Agar menjadi paragraf yang padu, urutan kalimat yang tepat adalah ….
A.   (2)-(3)-(4)-(5)-(1)          
B.   (2)-(4)-(3)-(5)-(1)          
C.   (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
D.   (4)-(1)-(3)-(5)-(1)
E.    (4)-(3)-(2)-(5)-(1)
33.    Bacalah dengan cermat!

Ada beragam objek wisata yang dapat kita kunjungi di Puncak Dieng. Salah satunya Telaga Warna. Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata andalan. Telaga ini cukup menarik dibandingkan dengan telaga-telaga lain. Warna telaga akan berubah-ubah jika diterpa sinar matahari, bisa biru, hijau, kadang warnanya juga pekat dan sesekali kuning kemerah-merahan. Udara dingin dan panorama indah di sekitarnya semakin menambah eksotis telaga warna yang penuh legenda ini.         
      Kata bercetak miring para paragraf tersebut dapat divariasikan dengan kata ….

  1. Rumah, unggulan, terkena, pemandangan
  2. Rumah, permanen, terkena, pemandangan
  3. tempat, unggulan, terkena, pemandangan
  4. tempat, unggulan, terhalang, pemandangan
  5. tempat, unggulan, terkena, cuaca
34.    Bacalah dengan saksama paragraf berikut!

Sudah lama Ainun ingin memiliki sebuah telepon genggam karena hampir semua teman sekelasnya sudah memiliki. Suatu hari, pada saat hari ulang tahunnya, dia sedang melamun mengkhayalkan ayahnya masih hidup, tentu dia akan menerima hadiah dan tentu hadiahnya telepon genggam, seperti dulu setiap dia ulang tahun, ayahnya selalu memberi hadiah yang diinginkannya, tetapi itu hanya khayalan karena ayahnya telah …. Saat dalam lamunannya, tiba-tiba dia tersentak dengan suara teriakan Pak Pos, “pooos”. Dia segera menuju pagar dan mengambil bungkusan dari tangan Pak Pos dan menandatangani bukti tanda terima. Dia membaca alamat yang tertera di bungkusan, “Om Malik”. Rupanya dari Omnya yang tinggal di Surabaya. Cepat-cepat dibukanya, Ainun berteriak histeris kegirangan, “telepon genggam”, ya Tuhan, Engkau Maha Pengasih”. Akhirnya saya punya telepon genggam juga. Kata peribahasa . ..

Ungkapan dan peribahasa yang tepat untuk melengkapi bagian akhir paragraf pertama dan kedua tersebut adalah …

  1. - berkalang tanah
- pucuk dicinta ulam pun tiba

  1. - berbantal tanah
- tak kayu jenjang di keping

  1. - bau tanah
- dalam laut diduga dalam hati tiada yang tahu

  1. - masuk tanah
- karena hati mati, karena mata buta

  1. - terhimpit tanah
      - tak lari gunung dikejar.
35.    Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)           Tulislah nama dan nomor pada tempat yang sudah disediakan.
2)           Periksalah lembar soal dan lembar jawab untuk mengetahui kalau ada kekurangan atau kerusakan.
3)           Kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.
4)           Bacalah petunjuk dan soal dengan cermat.
5)           Sebelum meninggalkan ruangan, periksa sekali lagi hasil pekerjaan Anda.
6)           Tinggalkan ruangan dengan tertib.
7)           Berdoalah agar diberi kemudahan dalam mengerjakan soal.
Urutan prosedur mengerjakan soal Ujian Nasional yang tepat adalah ….
A.    7)-1)-2)-3)-4)-5)-6)
B.     7)-1)-2)-3)-5)-4)-6)
C.     7)-2)-1)-4)-3)-5)-6)
D.    7)-4)-1)-2)-3)-5)-6)
E.     7)-4)-3)-2)-1)-5)-6)
36.    Penggunaan konjungsi antarkalimat tampak pada kalimat-kalimat berikut, kecuali ….
A.    Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

B.     Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.

C.     Tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga.

D.    Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal.

E.     Berlian adalah benda nonkonduktor (tidak dapat menghantarkan arus listrik), sedangkan grafit adalah benda konduktor (dapat menghantarkan arus listrik). Akan tetapi, baik berlian maupun grafit mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi.
37.    Bacalah dengan cermat!
Ada beragam obyek wisata yang dapat kita kunjungi di Puncak Dieng. Salah satunya Telaga Warna. Telaga Warna merupakan salah satu obyek wisata andalan. Telaga ini cukup menarik dibandingkan dengan telaga-telaga lain. Warna telaga akan berubah-rubah jika diterpa sinar matahari, bisa biru, hijau, kadang warnanya juga pekat dan sesekali kuning kemerah-merahan. Udara dingin dan panorama indah di sekitarnya semakin menambah eksotika telaga warna yang penuh legenda ini.
Penulisan kata baku yang tepat sesuai EyD untuk perbaikan kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ….
A.      objek, objek, menggubah-gubah, eksotis
B.       objek, objek, berubah-ubah, eksotik
C.       objec, objec, mengubah-rubah, eksotisme
D.      objek, objek, berrubah-ubah, eksotis
E.       object, object, mengobah-obah, eksotik
38.    Cermatilah paragraf berikut ini !

Kebiasaan membaca bermanfaat bagi kecerdasan otak. Membaca tidak selalu dari Buku atau media cetak. Perkembangan teknologi memungkinkan aktivitas membaca dilakukan melalui dunia maya. Perangkat teknologi tersebut memberikan andil besar bagi sebagian besar orang-orang yang gemar membaca.




Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut tidak efektif karena....

A.      Penggunaan unsur kalimat secara berlebihan.

B.       Kesalahan penempatan unsur predikat kalimat.

C.       Ketidaklengkapan Unsur subyek kalimat.

D.      Ketidaktepatan penempatan unsur subyek kalimat.

E.       Ketidaktepatan penempatan unsur keterangan kalimat.

39.    Bacalah teks berikut dengan tepat!
Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan berikutnya Eliza tidak hanya memberikan catatan kaki seperti yang sudah ada, tetapi juga menambahkan ... agar pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih mudah memahami alur cerita. Selain itu, kita berharap Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains, sejarah sains, dan …. Agar kelak kita dapat menikmati novel yang lebih memukau.


Istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas adalah ….

A.      glosarium, tehnologi, filsafat

B.       glosarium, teknologi, pilsafat

C.       glosarium, teknologi, filsafat

D.      glosarium, tehnologi, pilsapat

E.       glosarium, teknologi, filsapat

40.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW memiliki sebuah tim yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan .... narkoba atau pos-pos kegiatan transaksi narkoba.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari paragraf tersebut adalah....

A.       dilakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

B.       melakukan, menjadikan, memantau, penyalahgunaan

C.       melakukan, dijadikan, dipantau, penyalahgunaan

D.       melakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

E.       melakukan, dijadikan, memantau, digunakan

41.    Perhatikan paragraf berikut!

Andi pergi ke bioskop karena ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal novel Ayat-Ayat Cinta sudah pernah Andi baca. Andi pun mengantre tiket bersama temannya dan ikut berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Setelah mendapatkan tiket, Andi pun menonton film Ayat-Ayat Cinta yang sangat didambakanya. Setelah menonton film tersebut, Andi menyadari bahwa film dan novelnya sangat berbeda.

Perbaikan kalimat tidak efektif dalam kalimat bercetak miring tersebut adalah ...

A.       Andi pergi ke bioskop karena ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal ia sudah pernah membaca novel Ayat-Ayat Cinta.

B.       Andi pergi ke bioskop karena ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal Andi sudah pernah membacanya.

C.       Andi pergi ke bioskop karena ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal novel itu sudah pernah membacanya.

D.       Andi pergi ke bioskop karena ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal novel Ayat-Ayat Cinta pernah dia bacanya.

E.        Andi pergi ke bioskop karena ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal novel itu sudah pernah Andi baca.

42.    Cermati kalimat berikut!
Adapun di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi di mana lebih efektif dan efisien.
Kalimat dalam karya tulis di atas dapat diperbaiki menjadi . . .
A.    Di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang lebih efektif.
B.    Karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang lebih efektif dan efisien.
C.    Dalam karya tulis ini akan membahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
D.    Karya tulis ini akan dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
E.    Adapun dalam karya tulis ini dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
43.    Bacalah dengan saksama!
Latar Belakang masalah: “Pelestarian Hutan dan Lingkungan”
Pemecahan masalah:
(1)   Upaya pelestarian lingkungan selama ini menunjukkan banyak keberhasilan dan tidak sedikit yang mengalami hambatan dalam mencapai tujuan.
(2)   Upaya pelestarian yang telah dilaksanakan kurang dirasakan manfaat/kegunaan, baik secara jangka menengah maupun jangka Panjang.
(3)   Kurangnya kepedulian dan pengetahuan serta informasi yang jelas dan menyeluruh tentang manfaat pelestarian.
(4)   Masyarakat secara sadar dan bertanggung jawab harus menjaga potensi alam dan mencegah faktor-faktor yang mendatangkan kerusakan.
(5)   Masyarakat diberi pengetahuan tentang manfaat pelestarian hutan bagi lingkungan dan berbagai aspek kehidupan.
(6)   Secara global, hutan merupakan paru-paru dunia yang dapat mengurangi pemanasan suhu bumi, mencegah kekeringan, mencegah banjir dan longsor saat musim hujan.
Kalimat pemecahan masalah yang sesuai dengan latar belakang masalah adalah nomor …
A.    (1) dan (2)
B.     (3) dan (4)
C.     (4) dan (5)
D.    (5) dan (6)
E.     (4) dan (6)
44.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
     Memelihara secara terus-menerus dan merawat secara teratur merupakan pekerjaan yang tidak ringan. Pekerjaan tersebut jauh lebih sulit  bila dibandingkan … membangun… mengadakan. Banyak orang dapat membangun gedung bertingkat … tidak banyak orang yang dapat memeliharanya dengan baik.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf di atas adalah …
A.    dengan, bahkan, tetapi
B.     dengan, atau, tetapi
C.     dengan, maupun, tetapi
D.    dengan, serta, akan tetapi
E.     daripada, dan, tetapi
45.    Perhatikan judut-judul karya ilmiah berikuit!
1)     Ketuhanan sebagai Dasar Reformasi dan Menjalin Kebersamaan serta Keutuhan Bangsa
2)   Bahasa dan Sastra sebagai ldentitas Bangsa dalam proses Globalisasi
3)   Kearifan Lokal yang Terkandung Dalam Sastra Mistik Jawa
4)   Peranan Keluarga Remaja dalam Mencegah Kenakalan Remaja
5)   Peran lbadah puasa Dalam Membentuk Kepribadian
Kesalahan penulisan judul karya ilmiah terdapat padanomor….
A.    1) dan 2) 
B.     2) dan 3) 
C.     3) dan 4) 
D.    3) dan 5) 
E.     4) dan 5)
46.    Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….
            A.      Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.
             B.      Narasumber    :  Prof. Dr. Rahmat Effendi 
Pemandu        :  Abdul Gani, M.Hum. 
                        Pencatat         :  Sri Astuti Amelia, S.Pd.
             C.      Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.
            D.      Ibu      : "Bawa koper ini, Nak!" 
Amir   : "Baik, Bu." 
                        Ibu      : "Jangan lupa, letakkan baik-baik!"
             E.      Kita memerlukan: kursi, meja, dan lemari.
47.    Penggunaan tanda hubung (-) yang salah terdapat pada ….
A.     Kini ada cara yang baru untuk meng- 
       ukur panas.
B.     P-3-K 
C.     se-Indonesia
D.     di-back up
E.     11-11-2013
48.    Perhatikan penggunaan tanda petik berikut!
1.       "Merdeka atau mati!" seru Bung Tomo dalam pidatonya.
2.       "Kerjakan tugas ini sekarang!" perintah atasannya. "Besok akan dibahas dalam rapat."
3.       Makalah "Pembentukan Insan Cerdas Kompetitif" menarik perhatian peserta seminar.
4.       Dilarang memberikan "amplop" kepada petugas!
5.       Annisa membaca buku “Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan”.
Penggunaan tanda petik yang salah ditunjukkan nomor ….
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5
49.    Perhatikan penggunaan huruf capital berikut!
1)       Siti Fatimah binti Salim membaca doa dengan khusuk.
2)       Kita mengenal berbagai macam gula, seperti Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan Gula Anggur.
3)       Orang itu menasihati anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"
4)       Ya, Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ke jalan yang Engkau beri rahmat.
5)       Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.
       Penggunaan huruf kapital yang salah terdapat pada kalimat ….
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5
50.    Perhatikan penggunaan ejaan berikut!
1)       Dia menamatkan pendidikan S2 dua tahun yang lalu.
2)       Begitu dimarahi wajah anak itu kemerah-merahan.
3)       Temui petugas itu dan serahkan KTP-mu!
4)       Arahan itu diikuti gubernur se-Indonesia.
5)       Nenek dilahirkan pata tahun 1930-an.
Ejaan yang salah ditunjukkan kalimat nomor ….

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50











14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html 
























38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html 





43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html 





48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html 

49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html 





2 comments:

  1. Terbaru dan mudah digunakan,bisa nonton drama korea seharian kapan saja, Download aplikasi drama korea secara gratis drama korea dilayar smartphone kamu hanya dengan Download MYDRAKOR di Googleplay, gratis bisa nonton dimana dan kapan saja.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete
  2. ituBola - Situs Judi Bola Online | Sportsbook Terlengkap & Terpercaya

    Situs Judi Online Sportsbook Terpercaya, Terbaik serta Berlisensi di Indonesia. Menyediakan berbagai macam permainan Sportsbook Terlengkap.

    Cukup 1 User id untuk bermain semua taruhan Permainan Meliputi :
    - Sportsbook Terlengkap
    • Sepak Bola
    • BasketBall
    • Esports
    • Dan Lainnya

    Menang Lebih Mudah Disini Serta Dapatkan Juga :
    => Bonus Cashback 5% (Yang dibagikan setiap Hari Seninnya).
    => Pelayanan Terbaik Dengan Customer Service 24 Jam Nonstop.

    Deposit Bisa Melalui :
    => Via Bank Lokal Indonesia.
    => Via OVO, GOPAY, PULSA Telkomsel & XL/Axis Atau E-Payment Lainnya.

    • Minimal Deposit 25,000 | Minimal Withdraw 50,000
    • Proses Deposit & Withdraw Tercepat

    Untuk Pendaftaran Hubungi Kontak Kami:
    - LINE : itubola757
    - WHATSAPP : +85517696120
    - LIVE CHAT : ituBola

    ReplyDelete