BEDAH KISI-KISI
USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Berikut
disajikan bedah kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang
dikembangkan dari Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia berdasarkan surat Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor:
0297/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun
Pelajaran 2018/2019 tanggal 26 November 2018
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata.html
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-bahasa.html
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH
SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-2019-smama-mapel.html
BEDAH
KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN
2018/2019
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
|
MEMBACA
NONSASTRA
|
|||
1.menentukan makna kata/istilah pada teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan
makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat
|
1 |
|
2.Menentukan antonim/sinonim
|
Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan
makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat
| 2 |
|
Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya
dicetak miring, siswa mampu menentukan sinonim/antonim kata yang dicetak
miring dengan tepat
|
3 |
||
3.menggali informasi tersurat teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu
mengidentifikasi kalimat jawaban dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa,
siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi
paragraf dengan tepat.
|
4 |
|
Disajikan paragraf, siswa mampu
mengidentifikasi kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan,
mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.
|
5 |
||
Disajikan teks laporan, siswa mampu menentukan
pernyataan yang merupakan isi laporan dengan tepat
|
6 |
||
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan
kalimat utama paragraf dengan tepat
|
7 |
|
5.menentukan ide pokok teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan
ide pokok paragraf dengan tepat.
|
8 |
|
6.menggali informasi tersirat teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu
menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
|
9 |
|
7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan
pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
|
10 |
|
8.Mengidentifikasi jenis teks
|
Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi),
siswa mampu menentukan jenis teks dengan tepat
|
11 |
|
9.memprediksi
kejadian berdasarkan isi teks
|
Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah
kondisi/peristiwa, siswa mampu menentukan kejadian berdasarkan isi teks
|
12 |
|
10.
membandingkan isi teks
|
Disajikan dua teks, siswa mampu menentukan
persamaan/perbedaan isi dua teks dengan tepat
|
13 |
|
11.
melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
|
Disajikan penggalan teks berisi
data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi tabel
sesuai dengan data/informasi pada teks
dengan tepat.
|
14 |
|
MEMBACA SASTRA
|
|||
12.
Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
|
Disajikan teks drama, siswa mampu menentukan
pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat.
|
15 |
|
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan
pernyataan yang sesuai dengan isi teks cerita dengan tepat
|
16 |
||
Disajikan bait pantun, siswa mampu menentukan
maksud/isi pantun dengan tepat
|
17 |
||
13.
menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
|
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu
menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
|
18 |
|
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu
menentukan watak tokoh pada kutipan dengan tepat
|
19 |
||
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu
menentukan latar pada kutipan dengan tepat
|
20 |
||
14.
menentukan makna kata/simbol/kias
|
Disajikan teks syair , siswa mampu menentukan makna
kata pada syair dengan tepat
|
21 |
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu
menentukan makna kata simbol/kias pada kutipan dengan tepat
|
22 |
||
15.
menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai
bagian teks )
|
Disajikan kutipan drama/dialog, siswa mampu
menentukan topik/tema dalam kutipan dengan
dengan tepat.
| 23 |
|
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan
simpulan cerita dengan tepat
|
24 |
||
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya
dicetak miring, siswa mampu menentukan makna bagian teks/kalimat dengan tepat
|
25 |
||
16.
menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
|
Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu
menentukan konflik dalam kutipan teks dengan tepat.
|
26 |
|
Disajikan kutipan teks pantun, siswa mampu
menentukan amanat dengan tepat.
|
27 |
||
Disajikan kutipan teks cerita, siswa mampu
menentukan amanat dengan tepat.
|
28 |
||
Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu
menentukan tema dengan tepat.
|
29 |
||
17.
Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
|
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis
(fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan
tepat.
|
30 |
|
18.
menentukan nilai-nilai cerita
|
Disajikan kutipan cerita, siswa mampu
menentukan nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat
| 31 |
|
19.
menentukan
keteladanan tokoh cerita
|
Disajikan teks cerita/biografi, siswa mampu
menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan
tepat
|
32 |
|
MENULIS TERBATAS
|
|||
20.
Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
|
33 |
|
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
|
34 |
||
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
|
35 |
||
21.
menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
|
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak,
siswa mampu mengurutkan kalimat
sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
|
36 |
|
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak,
siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
|
37 |
||
22.
menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
|
Disajikan gambar, siswa mampu menyusun kalimat
deskripsi dengan tepat.
|
38 |
|
Disajikan ilustrasi, siswa mampu menyusun teks
narasi sesuai ilustrasi dengan tepat
|
39 |
||
23.
melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
|
Disajikan teks laporan yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat
|
40 |
|
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa
mampu melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
|
41 |
||
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa
mampu melengkapi dengan kalimat dengan tepat
|
42 |
||
24.
melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
|
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan,
siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata bentukan (kata
berimbuhan) dengan tepat.
|
43 |
|
MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
|
|||
25.
Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
|
Disajikan kalimat/teks yang salah satu
penulisan kata tidak tepat, siswa mampu memperbaiki penulisan kata/istilah
dengan tepat.
|
44 |
|
26.
memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
|
Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu
kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak tepat , siswa mampu
memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
|
45 |
|
27.
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu
kata tidak tepat, siswa mampu menunjukkan penulisan kata (huruf Kapital) yang
tidak tepat.
|
46 |
|
28.
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kalimat/paragraf yang salah
penggunaan tanda baca, siswa mampu menunjukkan penggunaan tanda baca (titik,
titik dua, koma) yang salah dengan tepat
|
47 |
|
29.
menggunakan ejaan
|
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa
mampu mengisi bagian rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
|
48 |
|
30.
menggunaan tanda baca
|
Disajikan teks surat pribadi yang kalimatnya
diberi nomor, siswa mampu menentukan tanda baca yang tepat pada kalimat
tersebut.
|
49 |
|
31.
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan kalimat yang salah satu katanya
ditulis dengan salah, siswa mampu memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia
yang tepat.
|
51 |
|
32.
Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda baca, siswa mampu menentukan perbaikan penggunaan tanda baca
dengan tepat.
|
52 |
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN
2019: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
A.
Ruang Lingkup Materi Membaca
Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan ide pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi
tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan informasi
tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi
tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
- Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH,
FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan
ejaan
30.menggunaan
tanda baca
31.memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca
Gw pencet link nya kisi² UASBN SMP kok gak bisa
ReplyDeleteBisa kok, kalua ada ganguan di close dulu, atau ketik/copi alamat ke tab baru/cari https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html
Delete