01 December 2018

BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019






BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang dikembangkan dari Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan surat Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 tanggal 26 November 2018  

BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata.html

2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-bahasa.html

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-2019-smama-mapel.html 
BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Indikator Materi
Indikator Soal
No
MEMBACA  NONSASTRA
1.menentukan makna kata/istilah pada teks
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat
1
2.Menentukan antonim/sinonim
Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat
2
Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan sinonim/antonim kata yang dicetak miring dengan tepat
3

3.menggali informasi tersurat teks
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat jawaban dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.
4
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.
5
Disajikan teks laporan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan isi laporan dengan tepat
6
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan kalimat utama paragraf dengan tepat
7
5.menentukan ide pokok teks
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok  paragraf dengan tepat.
8

6.menggali informasi tersirat teks
Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
9

7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
10
8.Mengidentifikasi jenis teks
Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa mampu menentukan jenis teks dengan tepat
11
9.memprediksi
kejadian berdasarkan isi teks
Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa mampu menentukan kejadian berdasarkan isi teks
12
10.              membandingkan isi teks
Disajikan dua teks, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan isi dua teks dengan tepat
13

11.              melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
Disajikan penggalan teks berisi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi tabel sesuai dengan data/informasi pada  teks dengan tepat.
14

MEMBACA SASTRA


12.              Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
Disajikan teks drama, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat.
15
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks cerita dengan tepat
16
Disajikan bait pantun, siswa mampu menentukan maksud/isi pantun dengan tepat
17
13.              menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
18
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan watak tokoh pada kutipan dengan tepat
19
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan latar pada kutipan dengan tepat
20
14.              menentukan makna kata/simbol/kias
Disajikan teks syair , siswa mampu menentukan makna kata pada syair dengan tepat
21
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan makna kata simbol/kias pada kutipan  dengan tepat
22
15.              menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
Disajikan kutipan drama/dialog, siswa mampu menentukan topik/tema dalam kutipan dengan  dengan tepat.
 23
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan simpulan cerita dengan tepat
24
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan makna bagian teks/kalimat dengan tepat
25
16.              menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu menentukan konflik dalam kutipan teks dengan tepat.
26

Disajikan kutipan teks pantun, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
27

Disajikan kutipan teks cerita, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
28

Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu menentukan tema  dengan tepat.
29
17.              Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.
30
18.              menentukan nilai-nilai cerita
Disajikan kutipan cerita, siswa mampu menentukan nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat
 31

19.              menentukan
keteladanan tokoh cerita
Disajikan teks cerita/biografi, siswa mampu menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan tepat
32
MENULIS TERBATAS
20.              Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
33
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
34
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
35
21.              menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu  mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
36

Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
37

22.              menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
Disajikan gambar, siswa mampu menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.
38
Disajikan ilustrasi, siswa mampu menyusun teks narasi sesuai ilustrasi dengan tepat
39
23.              melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
Disajikan teks laporan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat
40
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
41
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kalimat dengan tepat
42
24.              melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
43
MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
25.              Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat, siswa mampu memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.
44
26.              memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak tepat , siswa mampu memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
45
27.              Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa mampu menunjukkan penulisan kata (huruf Kapital) yang tidak tepat.
46
28.              Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/paragraf yang salah penggunaan tanda baca, siswa mampu menunjukkan penggunaan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan tepat
47
29.              menggunakan ejaan
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
48
30.              menggunaan tanda baca
Disajikan teks surat pribadi yang kalimatnya diberi nomor, siswa mampu menentukan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut.
49
31.              Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat yang salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa mampu memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia yang tepat.
51
32.              Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa mampu menentukan perbaikan penggunaan tanda baca dengan tepat.
52


BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2019: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali informasi tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan ide pokok teks

  1. menggali informasi tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi 

b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa

c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama

  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)

  1. Menentukan makna kata/simbol/kias

  1. Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )

  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)

  1. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita

  1. Menentukan nilai-nilai cerita

  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 

  1. Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)

  1. Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)

  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)

  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan

  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata

  1. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca

29.menggunakan ejaan 

30.menggunaan tanda baca

31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan

32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca



2 comments:

  1. Gw pencet link nya kisi² UASBN SMP kok gak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, kalua ada ganguan di close dulu, atau ketik/copi alamat ke tab baru/cari https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html

      Delete