BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA
INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA: PENGEMBANGAN
INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN
Berikut
disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Sastra
Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
BEDAH
KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA
INDIKATOR MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
MEMBACA SASTRA
|
||
mengidentifikasi kata
yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan
puisi atau puisi pendek yang menggunakan kata berlambang peserta didik dapat
menentukan makna kata berlambang dalam puisi tersebut
|
1
|
Disajikan kutipan
puisi atau puisi pendek yang menggunakan kata berlambang, peserta didik dapat
menentukan majas pada larik tertentu
|
2
|
|
mengidentifikasi
unsur teks sastra
|
Disajikan kutipan
novel/cerpen yang berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik dapat
menentukan watak tokoh
|
3
|
Disajikan kutipan
novel/cerpen yang berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik dapat
menentukan pendeskripsian watak tokoh
|
4
|
|
Disajikan kutipan
novel/cerpen yang berisi latar, peserta didik dapat menentukan latar cerita
|
5
|
|
Disajikan kutipan
teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan tahapan alur yang
sesuai dengan kutipan teks tersebut.
|
6
|
|
memaknai isi tersurat
dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan
puisi atau puisi pendek, peserta didik dapat menentukan isi puisi tersebut
|
7
|
Disajikan kutipan cerpen/novel,
peserta didik dapat menentukan peristiwa
yang terdapat pada kutipan tersebut
|
8
|
|
menyimpulkan isi
tersirat dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan
puisi atau puisi pendek yang menggunakan, peserta didik dapat menentukan
amanat puisi tersebut
|
9
|
menginterpretasi
hubungan isi sebab/akibat konflik dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan
naskah drama yang dialognya menggambarkan konflik antartokoh, peserta didik
dapat menentukan konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut
|
10
|
Disajikan kutipan
teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan konflik dalam teks
tersebut
|
11
|
|
Disajikan kutipan
teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan peristiwa
penyebab konflik tersebut
|
12
|
|
menginterpretasi
nilai
|
Disajikan kutipan
cerpen yang menggambarkan nilai-nilai tertentu, peserta didik dapat
menentukan nilai (moral/sosial/budaya) yang terdapat dalam kutipan tersebut.
|
13
|
membandingkan, pola
penyajian, karya sastra (unsur intrinsik karya sastra)
|
Disajikan kutipan
naskah sastra lama (hikayat/dongeng) dan kutipan novel yang di dalamnya
terdapat penggambaran watak tokoh yang berbeda, peserta didik dapat
menentukan perbedaan kedua watak tokoh tersebut.
|
14
|
Disajikan kutipan
sinopsis (teks 1) dan resensi novel (teks 2), peserta didik dapat menentukan
perbedaan/persamaan karakteristik dari kedua kutipan tersebut.
|
15
|
|
menganalisis bukti
latar, perwatakan
|
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi latar,
peserta didik dapat menentukan pembuktian latar dalam novel/cerpen tersebut
|
16
|
Disajikan kutipan novel yang kalimatnya bernomor dan
menggambarkan watak tokoh (sabar/pemarah/masa bodoh dll), peserta didik dapat
menentukan kalimat pembuktian watak tokoh dalam kutipan tersebut.
|
17
|
|
mengaitkan isi dengan
kehidupan saat ini
|
Disajikan kutipan
cerpen yang menggambarkan nilai-nilai tertentu, peserta didik dapat
menentukan - hubungan nilai (moral/sosial/budaya) yang terdapat dalam kutipan
tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
|
18
|
menilai
keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan resensi tentang drama, peserta didik
dapat menentukan kalimat ulasan yang menggambarkan kelemahan/keunggulan drama
tersebut.
|
19
|
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan
kalimat resensi yang menyatakan keunggulan kutipan novel tersebut.
|
20
|
|
membandingkan gaya
dan bahasa karya sastra
|
Disajikan kutipan
hikayat dan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan perbedaan
penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut.
|
21
|
meringkas isi karya
sastra
|
Disajikan kutipan
cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan
tersebut dengan tepat.
|
22
|
menanggapi/mengomentari
isi karya sastra
|
Disajikan kutipan
drama, peserta didik dapat menentukan kalimat tanggapan yang sesuai dengan
pembabakan teks dari kutipan teks drama dua babak singkat
|
23
|
Disajikan kutipan
drama, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan penilaian
perilaku berbahasa tokoh pada kutipan teks drama
|
24
|
|
MENULIS SASTRA
|
||
melengkapi
majas/makna simbolik
|
Disajikan sebuah
puisi pendek yang dirumpangkan salah satu lariknya, peserta didik dapat
melengkapi puisi tersebut dengan larik bermajas yang tepat.
|
25
|
melengkapi unsur
karya sastra puisi
|
Disajikan sebait pantun
yang dirumpangkan satu larik bagian isinya, peserta didik dapat melengkapi
isi pantun dengan larik yang tepat.
|
26
|
melengkapi karya
sastra prosa fiksi
|
Disajikan kutipan
cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat menentukan kalimat sudut pandang
orang ketiga yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen
|
27
|
Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta
didk dapat menentukan latar yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen
|
28
|
|
melengkapi karya
sastra drama
|
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, peserta
didik dapat menentukan petunjuk gerak yang tepat untuk melengkapi teks drama
|
29
|
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, peserta
didik dapat Menentukan kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi teks drama
|
30
|
|
mengurutkan unsur
teks sastra
|
Disajikan rangkaian
peristiwa yang diacak urutan kalimatnya, peserta didik dapat menentukan
urutan peristiwa tersebut dengan tepat.
|
31
|
Disajikan topik dan kata kunci suatu peritiwa, peserta
didik dapat menentukan pengembangan cerpen berdasarkan topik dan kata kunci
suatu peristiwa
|
32
|
|
Disajikan tema suatu cerita, peserta didik dapat menentukan
pengembangan cerita pendek dengan sudut pandang orang ketiga yang sesuai
dengan tema
|
33
|
|
memvariasikan unsur
karya sastra berbentuk puisi
|
Disajikan ilustrasi
makna gurindam, peserta didik dapat menentukan gurindam yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut.
|
34
|
Disajikan tema sebuah puisi, peserta didk dapat menentukan
puisi yang sesuai dengan tema puisi tentang kegigihan seseorang dalam
kehidupan
|
35
|
|
Disajikan 4-6 kata
(alam/warna/sifat/benda), peserta didik dapat menentukan puisi yang sesuai
dengan kata tersebut.
|
36
|
|
memvariasikan karya
sastra yang berbentuk prosa fiksi
|
Disajikan kutipan
novel/cerpen, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang sesuai dengan
kutipan tersebut.
|
37
|
Disajikan kutipan teks hikayat, peserta didik dapat menentukan
dengan tepat ubahan hikayat ke dalam bentuk cerpen.
|
38
|
|
memvariasikan karya
sastra yang berbentuk drama
|
Disajikan kutipan drama,
peserta didik dapat menentukan ubahan drama tersebut ke dalam bentuk cerpen.
|
39
|
menyusun kritik dan
esai dari teks sastra yang disajikan
|
Disajikan kutipan
(cerpen/novel/), peserta didik dapat menentukan kalimat esai (tanggapan) yang
sesuai dengan kutipan tersebut.
|
40
|
Disajikan puisi
pendek secara utuh, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik yang sesuai
dengan puisi tersebut.
|
41
|
|
ASPEK KESASTRAAAN
|
||
mengidentifikasi
bentuk karya sastra
|
Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik dapat
menentukan pembuktian periodisasi dalam puisi tersebut
|
42
|
Disajikan kutipan
naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi karakteristik sastra lama
tersebut, , peserta didik dapat menentukan: karakteristik sastra lama
|
43
|
|
Disajikan kutipan
puisi yang menunjukkan ciri jenis puisi tertentu (pantun/syair/gurindam),
peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan jenis puisi tersebut.
|
44
|
|
mengidentifikasi
aspek kesastraan pada puisi, prosa fiksi, dan drama
|
Disajikan puisi yang
terdiri dari satu/dua bait yang rima akhirnya (silang, berpeluk, rata,
sejajar), peserta didik dapat menentukan jenis rima tersebut.
|
45
|
Disajikan kutipan
puisi pendek, peserta didik dapat menentukan citraan pada larik tertentu
|
46
|
|
Disajikan kutipan
naskah drama, peserta didik dapat menentukan pembabakan alur pada kutipan
drama tersebut.
|
47
|
|
menafsirkan aspek
kesastraan pada puisi
|
Disajikan kutipan puisi yang menggambarkan budaya,
peserta didik dapat menentukan standar budaya yang dianut masyarakat pada
kutipan puisi
|
48
|
menafsirkan aspek
kesastraan pada prosa fiksi
|
Disajikan kutipan
naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi karakteristik sastra lama
tersebut, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam kutipan sastra
lama tersebut
|
49
|
Disajikan kutipan
naskah sastra lama (hikayat/dongeng), peserta didik dapat menentukan nilai
(moral/sosial/agama/budaya) pada kutipan tersebut yang masih dijumpai pada
kehidupan sekarang.
|
50
|
|
menafsirkan aspek
kesastraan pada drama
|
Disajikan kutipan
naskah drama yang dialognya menggambarkan watak tokoh, peserta didik dapat
menentukan sifat/watak tokoh drama tersebut
|
51
|
Disajikan kutipan
naskah drama yang dialognya menggambarkan watak tokoh dan konflik antartokoh,
peserta didik dapat menentukan amanat yang tersirat dalam kutipan tersebut
|
52
|
|
mengkritik aspek
kesastraan pada puisi
|
Disajikan kutipan
puisi baru, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan aspek
(bentuk/rima/irama) pada puisi tersebut.
|
53
|
mengkritik aspek
kesastraan pada prosa fiksi
|
Disajikan kutipan cerpen/novel
peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut.
|
54
|
mengkritik aspek
kesastraan pada drama
|
Disajikan kutipan drama,
peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan drama
tersebut.
|
55
|
Catatan: Jumlah butir soal UN
Sastra Indonesia 40 butir soal. Indikator soal tersebut disusun berdasarkan
variasi soal pada UN tahun 2017 dan 2018
BACA
SOAL PERSIAPAN UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA DAN KUNCI JAWABAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html
0 komentar:
Post a Comment