09 December 2018

BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN






BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN 

Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Sastra Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.  

BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA



INDIKATOR MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
MEMBACA SASTRA


mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan kata berlambang peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam puisi tersebut
1
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan kata berlambang, peserta didik dapat menentukan majas pada larik tertentu

2
mengidentifikasi unsur teks sastra
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik dapat menentukan  watak tokoh
3
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh
4
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi latar, peserta didik dapat menentukan latar cerita  
5
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan tahapan alur yang sesuai dengan kutipan teks tersebut.
6
memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek, peserta didik dapat menentukan isi puisi tersebut
7
Disajikan kutipan cerpen/novel,  peserta didik dapat menentukan peristiwa yang terdapat pada kutipan tersebut
8
menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan, peserta didik dapat menentukan amanat puisi tersebut
9
menginterpretasi hubungan isi sebab/akibat konflik dalam karya sastra
Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan konflik antartokoh, peserta didik dapat menentukan konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut
10
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan konflik dalam teks tersebut
11
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan peristiwa penyebab konflik tersebut
12
menginterpretasi nilai
Disajikan kutipan cerpen yang menggambarkan nilai-nilai tertentu, peserta didik dapat menentukan nilai (moral/sosial/budaya) yang terdapat dalam kutipan tersebut.
13
membandingkan, pola penyajian, karya sastra (unsur intrinsik karya sastra)
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat/dongeng) dan kutipan novel yang di dalamnya terdapat penggambaran watak tokoh yang berbeda, peserta didik dapat menentukan perbedaan kedua watak tokoh tersebut.
14
Disajikan kutipan sinopsis (teks 1) dan resensi novel (teks 2), peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan karakteristik dari kedua kutipan tersebut.
15
menganalisis bukti latar, perwatakan
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi latar, peserta didik dapat menentukan pembuktian latar dalam novel/cerpen tersebut
16
Disajikan kutipan novel yang kalimatnya bernomor dan menggambarkan watak tokoh (sabar/pemarah/masa bodoh dll), peserta didik dapat menentukan kalimat pembuktian watak tokoh dalam kutipan tersebut.
17
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan kutipan cerpen yang menggambarkan nilai-nilai tertentu, peserta didik dapat menentukan - hubungan nilai (moral/sosial/budaya) yang terdapat dalam kutipan tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
18
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan resensi tentang drama, peserta didik dapat menentukan kalimat ulasan yang menggambarkan kelemahan/keunggulan drama tersebut.
19
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi yang menyatakan keunggulan kutipan novel tersebut.
20
membandingkan gaya dan bahasa karya sastra
Disajikan kutipan hikayat dan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut.
21
meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
22
menanggapi/mengomentari isi karya sastra
Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat tanggapan yang sesuai dengan pembabakan teks dari kutipan teks drama dua babak singkat
23
Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan penilaian perilaku berbahasa tokoh pada kutipan teks drama
24
MENULIS SASTRA

melengkapi majas/makna simbolik
Disajikan sebuah puisi pendek yang dirumpangkan salah satu lariknya, peserta didik dapat melengkapi puisi tersebut dengan larik bermajas yang tepat.

25
melengkapi unsur karya sastra puisi
Disajikan sebait pantun yang dirumpangkan satu larik bagian isinya, peserta didik dapat melengkapi isi pantun dengan larik yang tepat.
26
melengkapi karya sastra prosa fiksi
Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat menentukan kalimat sudut pandang orang ketiga yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen
27
Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat menentukan latar yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen
28
melengkapi karya sastra drama
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan petunjuk gerak yang tepat untuk melengkapi teks drama
29
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, peserta didik dapat Menentukan kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi teks drama
30
mengurutkan unsur teks sastra
Disajikan rangkaian peristiwa yang diacak urutan kalimatnya, peserta didik dapat menentukan urutan peristiwa tersebut dengan tepat.
31
Disajikan topik dan kata kunci suatu peritiwa, peserta didik dapat menentukan pengembangan cerpen berdasarkan topik dan kata kunci suatu peristiwa
32
Disajikan tema suatu cerita, peserta didik dapat menentukan pengembangan cerita pendek dengan sudut pandang orang ketiga yang sesuai dengan tema
33
memvariasikan unsur karya sastra berbentuk puisi
Disajikan ilustrasi makna gurindam, peserta didik dapat menentukan gurindam yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
34
Disajikan tema sebuah puisi, peserta didk dapat menentukan puisi yang sesuai dengan tema puisi tentang kegigihan seseorang dalam kehidupan
35
Disajikan 4-6 kata (alam/warna/sifat/benda), peserta didik dapat menentukan puisi yang sesuai dengan kata tersebut.
36
memvariasikan karya sastra yang berbentuk prosa fiksi
Disajikan kutipan novel/cerpen, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang sesuai dengan kutipan tersebut.
37
Disajikan kutipan teks hikayat, peserta didik dapat menentukan dengan tepat ubahan hikayat ke dalam bentuk cerpen.
38
memvariasikan karya sastra yang berbentuk drama
Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan ubahan drama tersebut ke dalam bentuk cerpen.
39
menyusun kritik dan esai dari teks sastra yang disajikan
Disajikan kutipan (cerpen/novel/), peserta didik dapat menentukan kalimat esai (tanggapan) yang sesuai dengan kutipan tersebut.
40
Disajikan puisi pendek secara utuh, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik yang sesuai dengan puisi tersebut.
41
ASPEK KESASTRAAAN


mengidentifikasi bentuk karya sastra
Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik dapat menentukan pembuktian periodisasi dalam puisi tersebut
42
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi karakteristik sastra lama tersebut, , peserta didik dapat menentukan: karakteristik sastra lama
43
Disajikan kutipan puisi yang menunjukkan ciri jenis puisi tertentu (pantun/syair/gurindam), peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan jenis puisi tersebut.
44
mengidentifikasi aspek kesastraan pada puisi, prosa fiksi, dan drama
Disajikan puisi yang terdiri dari satu/dua bait yang rima akhirnya (silang, berpeluk, rata, sejajar), peserta didik dapat menentukan jenis rima tersebut.
45
Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik dapat menentukan citraan pada larik tertentu
46
Disajikan kutipan naskah drama, peserta didik dapat menentukan pembabakan alur pada kutipan drama tersebut.
47
menafsirkan aspek kesastraan pada puisi
Disajikan kutipan puisi yang menggambarkan budaya, peserta didik dapat menentukan standar budaya yang dianut masyarakat pada kutipan puisi
48
menafsirkan aspek kesastraan pada prosa fiksi
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi karakteristik sastra lama tersebut, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam kutipan sastra lama tersebut
49
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat/dongeng), peserta didik dapat menentukan nilai (moral/sosial/agama/budaya) pada kutipan tersebut yang masih dijumpai pada kehidupan sekarang.
50
menafsirkan aspek kesastraan pada drama
Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan watak tokoh, peserta didik dapat menentukan sifat/watak tokoh drama tersebut
51
Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan watak tokoh dan konflik antartokoh, peserta didik dapat menentukan amanat yang tersirat dalam kutipan tersebut
52
mengkritik aspek kesastraan pada puisi
Disajikan kutipan puisi baru, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan aspek (bentuk/rima/irama) pada puisi tersebut.
53
mengkritik aspek kesastraan pada prosa fiksi
Disajikan kutipan cerpen/novel peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut.
54
mengkritik aspek kesastraan pada drama
Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan drama tersebut.
55

Catatan: Jumlah butir soal UN Sastra Indonesia 40 butir soal. Indikator soal tersebut disusun berdasarkan variasi soal pada UN tahun 2017 dan 2018
BACA 
SOAL PERSIAPAN UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA DAN KUNCI JAWABAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html

0 komentar:

Post a Comment