RPP KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri ………..
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2018 / 2019
|
Materi Pokok
|
:
|
Resensi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 Minggu x 4
Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
Membandingkan
isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
Menyusun
sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.16.1.
Menentukan
persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.
3.16.2.
Menyusun
sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya.
|
4.16.1.
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
Menganalisis
kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.
Mengkonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.17.1.
Mengidentifikasi
kebahasaan resensi
3.17.2.
Mengonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel.
|
4.17.1.
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran sintesis pedagoge
genre, problem based learning dan
CLIL, peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan isi dan
sistematika beberapa resensi, mengidentifikasi kebahasaan resensi
mengonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel, menyusun sebuah resensi buku, dengan memperhatikan kelengkapan
unsur-unsurnya, mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja
dalam diskusi kelas dengan rasa syukur,
ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif,
serta dapat bekerja sama.
D.
Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Resensi
· Isi Resesnsi
Konsep
Unsur Kebahasaan
· Kebahasaan dalam resensi
Prinsip
Fungsi Sosial
· Unsur-unsur resensi
Prosedur
Sturktur
· Sistematika resensi
· Membuat resensi
· merekonstruksi resensi.
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F.
Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop &
infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol /
kapur berwarna
G.
Sumber Belajar
1. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
3. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke –
1 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu :menyusun
karya ilmiah.
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi isi resensi
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi isi resensi
Ø pemberian contoh-contoh materi isi resensi untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi resensi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi isi resensi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi isi resensi, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi isi resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan isi resensi?
Ø Terdiri dari apakah isi resensi tersebut?
Ø Seperti apakah isi resensi tersebut?
Ø Bagaimana isi resensi itu bekerja?
Ø Apa fungsi isi resensi?
Ø Bagaimanakah materi isi resensi itu berperan dalam
kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi isi resensi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi resensi yang sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
isi resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi isi resensi yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi isi resensi
mencatat
semua informasi tentang materi isi resensi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi isi resensi sesuai dengan pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi isi
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi resensi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi isi resensi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : isi
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi isi resensi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi resensi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi isi
resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang isi resensi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi isi
resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran isi
resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran isi
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran isi
resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran isi resensi berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
2 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : isi resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kebahasaan dalam resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi kebahasaan dalam resensi
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi kebahasaan dalam resensi
Ø pemberian contoh-contoh materi kebahasaan dalam
resensi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan dalam resensi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi kebahasaan dalam resensi
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi kebahasaan dalam resensi, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan dalam resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan kebahasaan dalam resensi?
Ø Terdiri dari apakah kebahasaan dalam resensi tersebut?
Ø Seperti apakah kebahasaan dalam resensi tersebut?
Ø Bagaimana kebahasaan dalam resensi itu bekerja?
Ø Apa fungsi kebahasaan dalam resensi?
Ø Bagaimanakah materi kebahasaan dalam resensi itu
berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi kebahasaan dalam resensi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi kebahasaan dalam resensi yang
sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
kebahasaan dalam resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan dalam resensi yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi kebahasaan dalam resensi
mencatat
semua informasi tentang materi kebahasaan dalam resensi yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi kebahasaan dalam resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi kebahasaan
dalam resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi kebahasaan dalam resensi yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi kebahasaan dalam resensi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kebahasaan dalam resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : kebahasaan
dalam resensi, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi kebahasaan dalam resensi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kebahasaan dalam resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi kebahasaan dalam
resensi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi kebahasaan
dalam resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kebahasaan
dalam resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang kebahasaan
dalam resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi kebahasaan
dalam resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan
dalam resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran kebahasaan
dalam resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kebahasaan dalam resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran kebahasaan
dalam resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan dalam resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran kebahasaan
dalam resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran kebahasaan dalam resensi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan
ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
3 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : kebahasaan
dalam resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi membuat resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi membuat resensi
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi membuat resensi
Ø pemberian contoh-contoh materi membuat resensi untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi membuat resensi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi membuat resensi oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi membuat resensi, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi membuat resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan membuat resensi?
Ø Terdiri dari apakah membuat resensi tersebut?
Ø Seperti apakah membuat resensi tersebut?
Ø Bagaimana membuat resensi itu bekerja?
Ø Apa fungsi membuat resensi?
Ø Bagaimanakah materi membuat resensi itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi membuat resensi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi membuat resensi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
membuat resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi membuat resensi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi membuat resensi
mencatat
semua informasi tentang materi membuat resensi yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi membuat resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi membuat
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi membuat resensi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi membuat resensi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi membuat resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : membuat
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi membuat resensi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : membuat resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi membuat resensi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi membuat
resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang membuat
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang membuat
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi membuat
resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi membuat
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran membuat
resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran membuat resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran membuat
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran membuat resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran membuat
resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran membuat resensi berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
4 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : membuat
resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur-unsur resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi unsur-unsur resensi
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi unsur-unsur resensi
Ø pemberian contoh-contoh materi unsur-unsur resensi
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur resensi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi unsur-unsur resensi oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi unsur-unsur resensi, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur-unsur resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur resensi?
Ø Terdiri dari apakah unsur-unsur resensi tersebut?
Ø Seperti apakah unsur-unsur resensi tersebut?
Ø Bagaimana unsur-unsur resensi itu bekerja?
Ø Apa fungsi unsur-unsur resensi?
Ø Bagaimanakah materi unsur-unsur resensi itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi unsur-unsur resensi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur-unsur resensi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
unsur-unsur resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur resensi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi unsur-unsur resensi
mencatat
semua informasi tentang materi unsur-unsur resensi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi unsur-unsur resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi unsur-unsur
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur resensi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur-unsur resensi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi unsur-unsur resensi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi unsur-unsur
resensi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi unsur-unsur
resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang unsur-unsur
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi unsur-unsur
resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur
resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran unsur-unsur
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur
resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran unsur-unsur resensi berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia,
serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai
dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
5 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : unsur-unsur
resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sistematika resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi sistematika resensi
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi sistematika resensi
Ø pemberian contoh-contoh materi sistematika resensi
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi sistematika resensi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi sistematika resensi oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi sistematika resensi, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi sistematika resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan sistematika resensi?
Ø Terdiri dari apakah sistematika resensi tersebut?
Ø Seperti apakah sistematika resensi tersebut?
Ø Bagaimana sistematika resensi itu bekerja?
Ø Apa fungsi sistematika resensi?
Ø Bagaimanakah materi sistematika resensi itu berperan
dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi sistematika resensi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi sistematika resensi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
sistematika resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi sistematika resensi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi sistematika resensi
mencatat
semua informasi tentang materi sistematika resensi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi sistematika resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi sistematika
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi sistematika resensi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi sistematika resensi yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi sistematika resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : sistematika
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi sistematika resensi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : sistematika resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi sistematika
resensi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi sistematika
resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang sistematika
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang sistematika
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi sistematika
resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi sistematika
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran sistematika
resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran sistematika resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran sistematika
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran sistematika resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran sistematika
resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran sistematika resensi berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa
Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat
bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
6 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru :
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : sistematika
resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi merekonstruksi resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi merekonstruksi resensi
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar
tersebut?”
Ø lembar kerja materi merekonstruksi resensi
Ø pemberian contoh-contoh materi merekonstruksi resensi
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi merekonstruksi resensi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi merekonstruksi resensi
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi merekonstruksi
resensi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi merekonstruksi resensiyang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan merekonstruksi resensi?
Ø Terdiri dari apakah merekonstruksi resensi tersebut?
Ø Seperti apakah merekonstruksi resensi tersebut?
Ø Bagaimana merekonstruksi resensi itu bekerja?
Ø Apa fungsi merekonstruksi resensi?
Ø Bagaimanakah materi merekonstruksi resensi itu
berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi merekonstruksi resensi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi merekonstruksi resensi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
merekonstruksi resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi merekonstruksi resensi yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi merekonstruksi resensi
mencatat
semua informasi tentang materi merekonstruksi resensi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi merekonstruksi resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling
tukar informasi tentang materi merekonstruksi
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi merekonstruksi resensiyang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi merekonstruksi resensiyang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi merekonstruksi resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : merekonstruksi
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi merekonstruksi resensiberupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : merekonstruksi resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi merekonstruksi
resensidan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi merekonstruksi
resensiyang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang merekonstruksi
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang merekonstruksi
resensiyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi merekonstruksi
resensiyang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi merekonstruksi
resensiyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran merekonstruksi
resensiyang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran merekonstruksi resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran merekonstruksi
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran merekonstruksi resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran merekonstruksi
resensikepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama pembelajaran merekonstruksi resensi
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan
dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia,
bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan
Kewirausahaan)
|
|
I.
Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Ket.
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan
:
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama
Peserta Didik : …………...........................................……..
Kelas : …………...........................................……..
Aspek yang
diamati : …………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
/
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai
jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) =
50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai
bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah
yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan
berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian
pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian
(skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah
skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah,
jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas
yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ……….,
…………
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………….. ……………………………
SEKARANG SAATNYA BERALIH KE YANG LEBIH MUDAH DAN PRAKTIS, NONTON DRAMA KOREA. DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, TERBARU DAN MUDAH DIGUNAKAN, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.
ReplyDeletehttps://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in
https://www.inflixer.com/
Pak Zuhri, saya minta RPP KD 3.20 dan 4.20
ReplyDeleteterimakasih
untuk RPP semester ! dan 2 agak beda formatnya, di semester 2 gak ada kisi-kisi soal hots-nya
ReplyDelete