CONTOH INDIKATOR SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
Jenjang Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program : IPA/IPS
Kurikulum : 2006
Kurikulum : 2006
Kemampuan yang Diuji: Mengidentifikasi informasi tersurat
Indikator Soal:
a. Disajikan
kutipan berita, peserta didik dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi
berita tersebut.
b. Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat fakta dengan tepat.
No
|
Kemampuan yang Diuji
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
1 |
Memaknai istilah/kata
|
Disajikan
paragraf, peserta didik mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan
tepat.
|
Pilihan Ganda
|
2 |
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan
kutipan berita, peserta didik dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi
berita tersebut
|
Pilihan Ganda3
|
3 |
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat fakta dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
4 |
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan pokok-pokok paragraf dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
5 |
Menemukan ide pokok
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
6 |
Menemukan inti kalimat
|
Disajikan kalimat kompleks, peserta didik mampu
menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
7 |
Menyimpulkan
isi tersirat dalam teks
|
Disajikan teks nonsastra, peserta didik dapat menyimpulkan isi
teks dengan tepat (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
8 |
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
|
Disajikan beberapa paragraf, peserta didik mampu
menentukan rangkuman isi informasi dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
9 |
mengomentari isi paragraf
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang sesuai dengan isi
paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
10 |
Membandingkan paragraf induktif dan deduktif
|
Disajikan
dua paragraf yang berbeda (deduktif dan induktif), peserta didik dapat
menentukan perbedaan paragraf tersebut
|
Pilihan Ganda
|
11 |
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
|
Disajikan dua buah kutipan teks berita, peserta
didik mampu menyimpulkan persamaan/ perbedaan
isi kedua teks dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
12 |
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian
beberapa jenis paragraf
|
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu
menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
13 |
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya
sastra
|
Disajikan kutipan puisi/prosa , peserta didik
mampu mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
14 |
mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
|
Disajikan
puisi kontemporer, peserta didik mampu menentukan ciri-ciri dan tema puisi
tersebut dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
15 |
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik,
penyebab konflik, dan nilai-nilai)
|
Disajikan
kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan konflik dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
16 |
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik,
penyebab konflik, dan nilai-nilai)
|
Disajikan
kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan penyebab konflik dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
17 |
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik,
penyebab konflik, dan nilai-nilai)
|
Disajikan
kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan nilai moral hikayat sesuai
kutipan dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
18 |
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat
|
Disajikan
kutipan novel dan hikayat, peserta didik dapat membandingkan unsur intrinsik
dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
19 |
menilai
keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan kutipan resensi, peserta didik dapat menentukan
kalimat resensi yang menyatakan keunggulan karya dengan tepat (soal dibuat
pusat)
|
Pilihan Ganda
|
20 |
Membandingkan
isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks kutipan cerpen,
peserta didik mampu membandingkan kedua kutipan teks tersebut berdasarkan
unsur intrinsik teks dengan tepat
(soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
21 |
membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak,
seting, nilai)
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan kalimat pembuktian watak tokoh
dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
22 |
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan
kutipan novel, peserta didik dapat mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Pilihan Ganda
|
23 |
menentukan istilah/ kata yang tepat dalam resensi, kritik, atau esai
|
Disajikan
paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang
dengan istilah yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
24 |
menyusun
paragraf padu
|
Disajikan lima atau enam kalimat acak, peserta didik dapat
mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
25 |
melengkapi
paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
|
Disajikan paragraf yang menggunaakan tiga kata tidak baku, peserta
didik dapat menentukan perbaikan kata tidak baku dengan tepat (soal dari
pusat)
|
Pilihan Ganda
|
26 |
Melengkapi proposal/notulen
|
Disajikan
kutipan teks proposal yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi
bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
27 |
memvariasikan
kata yang bermakna sama
|
Disajikan beberapa kalimat yang
mengilustrasikan kejadian tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan
yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian. (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
28 |
memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
|
Disajikan
paragraf yang mengisahkan kejadian, peserta didik dapat menentukan peribahasa
yng sesuai dengan isi paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
29 |
menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Disajikan puisi yang rumpang, peserta didik mampu
melengkapi dengan baris yang tepat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Pilihan Ganda
|
30 |
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
31 |
Menggunakan istilah dalam kalimat
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta
didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
32 |
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau
empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
33 |
Memperbaiki
kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, peserta
didik dapat memperbaiki kata tidak baku dengan tepat (soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
34 |
Memperbaiki
kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, peserta
didik dapat memperbaiki kata tidak baku dengan tepat (soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
35 |
Memperbaiki
kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, peserta
didik dapat menentukan perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal
dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda3
|
36 |
Memperbaiki
kesalahan paragraf
|
Disajikan teks, peserta didik mampu
menentukan perbaikan paragraf yang tidak tepat (soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
37 |
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar,
nama kota, kata depan)
|
Disajikan
lima penulisan judul penelitian, peserta didik dapat menentukan pemulisan
judul yang sesuai ejaan dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
38 |
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menentukan kesalahan
penggunaan titik dua dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
39 |
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan huruf
kapital, peserta didik mampu menggunakan huruf kapital dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
40 |
Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda baca, peserta didik
mampu menentukan perbaikan tanda baca dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
41 |
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
|
Disajikan
paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, peserta didik
mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf
dengan tepat.
|
Uraian
|
42 |
Menggunakan
ejaan dan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat
penggunaan ejaan dan tanda baca (petik dua, koma pada kalimat langsung), peserta
didik mampu menggunakan ejaan dan tanda baca dengan tepat (soal dibuat pusat)
|
Uraian
|
43 |
membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak,
seting, nilai)
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan kalimat pembuktian watak tokoh,
cara pendeskripsian, latar, dan nilai cerita dengan tepat
|
Uraian
|
44 |
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat, dan
paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan kalimat, peserta didik mampu menentukan alasan kesalahan dari segi
pilihan kalimat dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
|
Uraian
|
45 |
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan
tanda baca, peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan dengan penjelasan
dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
|
Uraian
|
SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2018
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM
2006
I. PILIHAN GANDA
1. Teknologi benih hibrida dan teknologi
mulsa plastic hitam perak merupakan usaha untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Namun, kombinasi teknologi itu memerlukan asupan pupuk kimia yang tinggi. Itu, jadi masalah baru ketika pupuk kimia langka. Kelangkaan pupuk kimia dan harga tinggi telah menjadi permasalahan rutin yang dihadapi petani setiap musim tanam. Masalah itu, seolah-olah tidak teratasi. Padahal, menurut produsen, kapasitas produksi pupuk cukup untuk kebutuhan musim tanah di areal yang telah terdata
meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Namun, kombinasi teknologi itu memerlukan asupan pupuk kimia yang tinggi. Itu, jadi masalah baru ketika pupuk kimia langka. Kelangkaan pupuk kimia dan harga tinggi telah menjadi permasalahan rutin yang dihadapi petani setiap musim tanam. Masalah itu, seolah-olah tidak teratasi. Padahal, menurut produsen, kapasitas produksi pupuk cukup untuk kebutuhan musim tanah di areal yang telah terdata
Makna kata kombinasi dalam paragraf
tersebut adalah ….
A. jumlah yang banyak
B. gabungan bebarapa hal
C. tidak dapat dipisah
D. dugaan yang tepat
E. sambungan bebarapa hal
A. jumlah yang banyak
B. gabungan bebarapa hal
C. tidak dapat dipisah
D. dugaan yang tepat
E. sambungan bebarapa hal
2.
Bacalah dengan cermat!
Kinerja
industri tekstil dan produk tekstil (TPT) ternyata masih cukup bagus. Bahkan,
produksi TPT naik dibandingkan dengan tahun lalu. Ekspor TPT juga
meningkat. Bukan hanya produksi dan
ekspor TPT yang meningkat, melainkan investasi di sector industri TPT juga
meningkat. Pasar terbesar ekspor TPT Indonesia adalah AS dengan estimasi naik
27 persen dari Uni Eropa.
Kalimat tanya yang sesuai
dengan isi paragraf tersebut adalah ....
A.
Apa yang mendorong kinerja TPT tetap bagus?
B.
Berapa persen kenaikan ekspor TPT ke Uni
Eropa?
C.
Mengapa AS menjadi pasar terbesar ekspor TPT
D.
Bagaimana kondisi kinerja TPT Indonesia?
E.
Mengapa TPT Indonesia tertarik mengekspor ke
AS?
3. Bacalah paragraf berikut
!
(1) Sirene sebagai bagian dari sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan menggunakan teknologi
komunikasi satelit dan GSM. (2) Begitu ada gempa,sensor yang
dipasang pada sirene akan memberikan data secara cepat ke Stasiun BMKG.(3)
Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk mengetahui terjadinya tsunami
atau tidak dalam waktu 10 menit. (4) Apabila ada potensi akan terjadi tsunami,
sirene langsung dibunyikan dalam bentuk nada tertentu. (5) Dari nada itu, orang
akan berjaga-jaga.
Kalimat yang berisi fakta adalah
nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
4.
Bacalah paragraf
berikut ini!
Kemiskinan dan pengangguran menimbulkan
berbagai masalah di Indonesia. Masalah yang ditimbulkan oleh kemiskinan dan
pengangguran diantaranya masalah sosial, ekonomi, dan budaya. Kemiskinan dan
pengangguran menjadi suatu focus perhatian bagi pemerintah Indonesia. Masalah
kemiskinan ini sangatlah kompleks dan bersifat multidimensional. Kemiskinan
terus menjadi masalah fenomenal di berbagai belahan dunia, khususnya Indonesia,
yang merupakan negara berkembang. Kemiskinan telah membuat jutaan anak tidak
dapat mengenyam pendidikan, kesulitan membiayai kesehatan, kurangnya tabungan
dan investasi, serta masalah lain yang menjurus ke arah tindakan kekerasan dan
kejahatan.
Isi pokok paragraph tersebut adalah
….
A.
Pengangguran menimbulkan masalah baru di
Indonesia
B.
Kemiskinan dan pengangguran menimbulkan
berbagai masalah di Indonesia
C.
Masyarakat miskin tidak dapat mengenyam
pendidikan
D.
Kurangnya kesempatan kerja bagi masyarakat
E.
Penyebab timbulnya tindakan kejahatan dan
kekerasan
5.
Bacalah paragraph berikut !
Untuk menjadi wirausaha sukses Anda perlu menemukan peluang yang tepat.
Peluang usaha dapat diperoleh di mana-mana. Anda hanya tinggal memilih dan
menentukan. Tentukan jenis usaha yang Anda sukai dan sesuai dengan bidang anda.
Dengan demikian,Anda dapat memiliki dasar dalam bidang tersebut.
1)Anda harus mempelajari dahulu dan
mencari informasi tambahan mengenai peluang usaha yang telah Anda pilih.2) Anda
harus mempelajari seluk –beluk usaha tersebut.3) Selain itu, Anda harus lebih
banyak kepada orang yang telah membuka usaha seperti yang Anda pilih. 4) Anda
harus tahu masalah-masalah apa saja yang
menjadi hambatan usaha yang Anda pilih. 5) Anda juga harus tahu cara untuk
menyelesaikan hambatan tersebut.
Ide pokok
paragraph kedua terletak pada kalimat…
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
6. Pada
salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan peristiwa di
atas Hotel Yamato.
Inti
kalimat tersebut adalah ....
A. siswa tercengang
B. menonton adegan
C. adegan peristiwa
D. siswa menonton
E. salah satu adegan
7. Cermati teks berikut!
Kirito : Ada yang bisa saya bantu?
Firman : Eh, Kirito. Ini toko kamu?
Kirito : Iya, Man. Mau beli apa?
Firman : Ini To, aku mau beli kaos, ada yang bagus tidak?
Kirito : Banyak, Man. Pilih saja…
Firman : Coba yang itu, To. Berapa harganya?
Kirito : Wah, yang ini 190 ribu, Man.
Firman : Ah, To harga kita-kita lah!
Kirito : Yaah, karena teman makanya tidak ada tawaran
lagi.
Firman : Sembilan puluh ribu lah,
To?
Kirito : Seratus lima ribu lah, nanti untungnya tidak
ada.
Firman : Aku tambahi lima ribu lagi, sembilan puluh lima ribu, ya.
Kirito : Sudahlah, seratus ribu, ya.
Firman : Ya baiklah, seratus ribu, ya.
|
Hal
yang disepakati dalam kutipan teks negosiasi tersebut adalah ....
A. penawaran
baju
B. banyak kaos
C. harga kaos
D. model baju
E. pemilihan baju
8. Cermati kutipan novel berikut!
Di sini Djepris tidak bisa berbicara
sepatah kata pun. Dan Controlaur diam sebentar lalu berkata lagi. “Tuan
berkata, ‘Orang Jawa kotor’, tetapi Tuan toh mengerti juga bila ada orang
Belanda yang lebih kotor dari pada orang Jawa?”
“Orang Jawa Bodoh, kata Tuan. Sudah tentu
saja, karena memang pemerintah sengaja membikin bodoh kepadanya. Mengapa
Regeering tidak membuat sekolahan yang secukupnya untuk orang Jawa atau orang
Hindia. Sedang semua orang tahu, jika tanah Hindia itu yang membikin kaya
tanah kita, Nederland.”
|
Rangkuman yang tepat berdasarkan kutipan tersebut adalah …
A. Penjajah Belanda telah berperilaku baik
kepada orang Jawa, karena mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.
B. Penjajah Belanda sama saja dengan penjajah
Jepang yaitu membuat orang Jawa menjadi bodoh.
C. Belanda dan Jepang sengaja membuat orang Jawa
bodoh.
D. Orang Belanda mengatakan bahwa orang Jawa
bodoh dan kotor. Hal itu karena pemerintah Belanda tidak mau mendirikan sekolah
untuk orang Jawa.
E. Orang Belanda mengatakan bahwa orang Jawa
badannya kotor dan bodoh. Padahal tanah Hindialah yang membuat Belanda kaya.
9. Bacalah paragraf berikut !
Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
A. Bahan bakar minyak masih tersedia
cukup untuk 35 tahun.
B. Ketersediaan
minyak bumi harus dihemat penggunaannya.
C. Produksi minyak bumi mencapai 500
juta barel per tahun.
D. Persediaan minyak bumi Indonesia
masih tersedia banyak.
E. Cadangan minyak mentah selalu
tersedia.
10.
Bacalah teks beikut
Teks 1
Tenaga kerja yang diperlukan dalam persaingan bebas adalah tenaga kerja
yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan
berkepribadian. Tenaga kerja yang pandai adalah tenaga kerja yang mempunyai
kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil
artinya mampu menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan
pendukung yang sesuai untuk diterapkan agar diperoleh hasil maksimal. Sementara itu, tenaga
kerja yang berkepribadian adalah tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal,
disiplin, dan jujur.
Teks 2
Salju yang turun dari
langit memberikan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan
nuansa putih, menghasilkan pemandangan cantik dan memikat bagi penikmat
keindahan. Hawa dingginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang beriklim
subtropis dan sedang ini. Inilah musim dingin yang terjadi di negeri matahari
terbit.
Perbedaan teks 1 dan
2 tersebut adalah
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
Kalimat utama di
awal paragraf
|
Kalimat utama di
akhir paragraf
|
B
|
Kalimat utama di
akhir paragraf
|
Kalimat utama di
awal paragraf
|
C
|
Kalimat utama di
awal paragraf
|
Kalimat utama di
tengah paragraf
|
D
|
Kalimat utama di
tengah paragraf
|
Kalimat utama di
awal paragraf
|
E
|
Kalimat utama akhir
paragraf
|
Kalimat utama di
tengah paragraf
|
Teks 1
Ketenaran objek wisata
Kepulauan Raja. Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah
didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini
mengangkat keindahan bawah laut Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia.
Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat
segitiga karang dunia.
Teks ll
Kepulauan Raja Ampat
terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah
kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau.
Kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di
Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata
bawah lautnya yang
merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja
Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman flora
dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh
spesies karang di dunia.
Persamaan kedua teks
tersebut adalah
A. membahas film Edis Paradise 3
B. membahas keindahan pulau-pulau di sekitar Raja
Ampat
C. membahas keragaman flora dan fauna Raja Ampat
D. membahas objek wisata Raja Ampat
E. membahas pusat segitiga karang dunia
12. Perbedaan penyajian kedua teks
tersebut adalah .
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
Diawali
unsur kapan
|
Diawali
unsur siapa
|
B
|
Diawali
unsur apa
|
Diawali
unsur di mana
|
C
|
Diawali
unsur bagaimana
|
Diawali
unsur mengapa
|
D
|
Diakhiri
unsur bagaimana
|
Diakhiri
unsur apa
|
E
|
Diakhiri
unsur di mana
|
Diakhiri
unsur siapa
|
13.
Cermati puisi berikut ini!
Sepuluh November
Saat itu
Api yang membakar dadamu
Mengukuhkan semangat juangmu
Saat ini
Meskipun jasmanimu cacat
Jiwamu, pahlawan
Memihak yang benar
…..
Makna
kata yang dicetak tebal dalam puisi di atas adalah . . . .
A. semangat
A. semangat
A.
Kemarahan
B.
Cita-cita
C.
perjuangan
D. Emosi
14. Cermati puisi kontemporer di bawah ini!
Shang Hai
ping di atas pong
pong di atas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping
ya tak ping ya tak pong
sembilu jarakMu merancap nyaring
karya dari Sutardji Calzoum Bachri.
Ciri yang menonjol puisi di atas
adalah....
A. Seringkali menyatukan beberapa
kata atau kalimat bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat bahasa asing
ataupun bahasa daerah hingga bahasa dialek.
B. Ada banyak terjadi pengulangan kata, frasa, atau kelompok
kata sehingga membuat puisi ini tidak wajar
C. Kekerasan/kemerduan bunyi sangat
diperhatikan
D. Seringkali memamaki idiom-idiom
yang tidak konvensional (inkonvensional) atau yang tidak lazim
E. Banyak terjadi kemacetan
bunyinya, dan nyaris tidak dapat dibaca dikarenakan kadang hanya tampak tanda
tanya yang disejajarkan
15.
Muharam tak
rela, tak terima. Hidupnya nan tenteram selama puluhan tahun sebagai tukang las alumunium
dandang bocor dan berbagai peralatan dapur sehingga ia adalah kesayangan
ibu-ibu terusik
gara-gara gelar nan hina itu. Anak-anaknya protes karena sering diejek
teman-temannya di sekolah. Muharam
sendiri jengkel lantaran nama itu selalu mengingatkannya pada peristiwa tragis
panjat pinang dulu, dan ia malu seisi kampung kini tahu ia buta huruf. Julukan
Muharam Buku Gambar telah membunuh karakter.Maka ketika ada program Paket A
untuk membasmi buta huruf warga republik usia berapa pun, Muharam kontan
mendaftar, demi harga dirinya, demi martabat anak-anaknya.
Konflik yang terdapat dalam kutipan novel
tersebut adalah . . . .
- Mengikuti program Paket A untuk membasmi buta huruf
- Teringat peristiwa tragis panjat pinang di kampungnya dulu
- Rasa malu Muharam atas julukan Muharam Buku Gambar karena dia buta huruf
- Menegur orang-orang yang telah menghina harga dirinya
- Anaknya malu terhadap pekerjaan ayahnya sebagai tukang las
16. “Ayo! Keluarkan teluhmu untuk mengalahkan
kami!” teriak orang-orang itu.
“Dia hanya berani menyerang lewat belakang.
Dia tidak berani karena kita bersatu.” Paradji hanya
diam. Dia tidak mengerti mengapa siksaan ini diterimanya. Ditutupkannya matanya,
bayangan tangis Nastiti terdengar dengan wajah sendu kehilangan. Suaminya meninggal
sore itu. Sebuah penyakit aneh menyerangnya. Paradji-lah pelakunya, pikir
Nastiti. Pertama-tama Nastiti
hanya bergumam sendiri dalam histeris kehilangan suaminya, lalu perkataannya
semakin jelas. “Pa ra dji . . .,” katanya setangah
berbisik. “Apa Nastiti?” tanya ibu-ibu lain
yang berusaha menenangkan Nastiti. “Pa rad ji .
. . Paradji . . . PARADJI!” teriak Nastiti akhirnya. “Kenapa
Paradji?” “Suamiku disantet Paradji!” dan
perkataannya didengar para lelaki di kampung hingga menyebabkan
mereka berbondong-bondong menuju timur perbatasan dusun, mengganggu Paradji
hingga tak bisa konsentrasi membantu persalinan ibu muda.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen
tersebut adalah . . .
A.
Paradji membantu persalinan seorang ibu muda
B.
Keanehan penyebab meninggalnya suami Nastiti
C.
Paradji dituduh meneluh suami Nastiti
D.
Orang-orang kampung menyerbu rumah Paradji
E.
Paradji disiksa dan diseret orang-orang
kampong
17. Bacalah penggalan hikayat berikut.
Alkisah maka tersebutlah perkataan Batara Guru menitahkan Begawan Batara
Narada dan Batara Indera. (2) Katanya, “Hai
Tuan hamba kedua, pergilah Tuan hamba kedua turun ke dunia menghidupkan
Raden Samba Perwira itu karena terlalu kasihan hamba melihat ayah bundanya
terlalu sangat bercintakan anaknya itu”. (3) Setelah Begawan Batara Narada dan
Batara Indera mendengar titah Batara Guru itu, Maka ia pun segera turunlah ke
dunia. (4) …Hatta maka tatkala Batara Krisna melihat akan Batara Narada dan
Batara Indera itu diiringkan oleh segala raja-raja datang mendapatkan mayat
Raden Samba Perwira, maka ia pun memberi
hormat akan Begawan Batara Narada dan Batara Indera itu. (5) Maka Barata
Krisna, “Ya Tuan Hamba Begawan Batara Narada dan Adinda Tuan Batara Indera, “
apakah pekerjaan Tuan Hamba kedua ini datang kepada hamba?”
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan
tersebut adalah ….
A.
Orang tua yang sangat mencintai anaknya
B.
Cinta anak kepada orang tua
C.
Ketaatan kepada kedua orang tua
D.
Ketaatan kepada pemimpin
E.
Kepatuhan harus dijunjung tinggi
18. Bacalah teks berikut.
Teks 1
Untuk pergi bersama-sama
ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung
Air Jernih yang terletak di tepi Danau Bantau. Air Jernih terletak pula di tepi
Sungai Air Putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak
kampung mereka. Mereka menuju hutan menyusuri tepi sungai. memudikinya,
memasuki hutan, dan mendaki gunung-gunung sungai yang tak dapat dilalui dengan
perahu karena penuh dengan batu besar dan karena sungai mengalir dengan
derasnya turun dari gunung-gunung. Tapi ....
Teks
2
Sebelum
raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka pada suatu hari raja hindustan itu sedang
berburu, lalu bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik
rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan
juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya dan yang betina itu elok rupanya.” maka dihunusnya pedangnya, lalu diparangkan
kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun
putus ekornya sedikit.
Perbedaan antara teks 1 dan 2 tersebut adalah …
Perbedaan antara teks 1 dan 2 tersebut adalah …
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
Bertema kemasyarakatan
|
Bertema istana sentris
|
B
|
Bahasa melayu lama
|
Bahasa Indonesia baku
|
C
|
Menceritakan masalah kemustahilan
|
Menceritakan keseharian
|
D
|
Sudut pandang orang
pertama
|
Sudut pandang orang
ketiga
|
E
|
Menggunakan alur maju
|
Menggunakan alur mundur
|
19. Cermati
kutipan cerita berikut!
Kujumpai wajahnya yang senantiasa memancarkan cahaya yang bersumber dari
surga. Sebuah wajah yang berhasil melewati usia paruh baya dengan masih
bersetia menyimpan kecantikan masa lalu. Sebuah kecantikan yang tidak
diciptakan dari berbagai merk ternama produk kecantikan atau bibir yang
senantiasa bergincu merah. Sama sekali tidak. Sebuah kecantikan yang sulit
sekali ditafsirkan oleh berbagai pancaindra dari mana ia terbentuk. Ketika
kau memandangnya, kau tak akan menjumpai wajah seseorang nenek, tetapi sebuah
kecantikan cahaya yang serasa dipantulkan dengan suksesnya jauh ke dalam
lubuk hatimu.
”Dari mana cahaya
itu terbentuk?” tanya seorang karibku yang padanyalah sering kuceritakan
tentang nenek berwajah cahaya itu.
Tak ada jawaban
yang keluar dari mulutku, hanya gelengan kepala yang mampu membuat karibku
mendesah kecewa.
Oleh:
Rialita
|
Kalimat
komentar yang menyatakan kelemahan kutipan tersebut adalah …
A. Cerpen
tersebut menggunakan diksi yang indah dan dibuka dengan paragraf pembuka yang
sangat memesona pembaca dalam angan saja.
B. Dalam cerpen
ini disajikan dengan simbol-simbol yang indah dan memikat hati si pembaca, dan
mengasyikkan hanya bagi orang tertentu.
C. Rialita
menyajikan cerita dengan sedikit dialog sehingga membuat cerpen tersebut terasa
mudah sekali dicerna oleh siapa pun pembacanya.
D. Penggunaan diksi dalam pembuka cerpen terlalu
berlebihan untuk menggambarkan tokoh dan tidak menggiring rasa penasaran
pembaca.
E. Melalui tokoh aku dan nenek, Rialita hanya
menceritakan kehidupan yang harmonis antara nenek dengan cucunya.
20. Cermati
kedua pantun berikut!
I. Tumbuh merata pohon tebu
Ditanam oleh Abang Diding
Banyak harta miskin ilmu
Bagai rumah tidak berdinding
|
II. Pinang muda
dibelah dua
Bersama sirih nikmat dikunyah
Dari muda sampai usia tua
Ajaran baik jangan disanggah
|
Perbedaan
maksud isi pantun yang terdapat pada kedua pantun tersebut adalah ....
Pantun
I
|
Pantun
II
|
|
A.
|
Harta tidak ada
gunanya dalam kehidupan.
|
Dari usia muda
sampai tua jangan berubah.
|
B.
|
Orang yang miskin
ilmu akan susah hidupnya.
|
Ajaran yang baik
harus ada sejak usia muda.
|
C.
|
Harta dan ilmu
dua hal yang berbeda.
|
Tua dan muda
mempelajari ilmu pada waktu yang berbeda.
|
D.
|
Memiliki ilmu itu
sangat penting dalam kehidupan.
|
Siapa pun yang
memberikan pelajaran yang baik harus diterima.
|
E.
|
Ilmu sangat
penting dibanding dengan harta dalam kehidupan.
|
Ajaran baik
jangan diubah oleh yang muda karena sudah diajarkan yang tua.
|
21. Perhatikan
kutipan cerpen berikut.
(1) “Angel! Kamu bawa payung?” tegurku, seramah mungkin. (2)
Gadis blasteran Inggris-Manado itu tidak menoleh. (3) Ia hanya terus memandangi
hujan dengan mata birunya yang elok. (4)
Ekspresi di wajah cantiknya tak terbaca.(5) Aku mengeluarkan payung dari tasku.
“Kalau mau, kamu bisa pakai punyaku,” kataku sambil menyodorkan payung. (6)
Angel akhirnya menoleh, tetapi tidak menjawab….
(Aku, Dia dan Hujan, Haqi K)
Bukti watak Angel yang cuek terletak pada kalimat bernomor ….
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (5) dan (6)
D. (2) dan (4)
E. (2) dan (6)
22. Bacalah
kutipan cerita rakyat berikut!
Pada zaman dahulu di daerah
pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah laki-laki yang gagah perkasa. Laki-laki
itu bernama Bujang Beji. la bukan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan
juga memiliki kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki
oleh manusia biasa yang juga gagah berani. Bujang Beji keturunan Batara
Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang,
suku Dayak pedalaman ini akan memohon pertolongan Batara Puyanggana ini dengan
cara memberikan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak.
Walaupun Bujang Beji gagah
perkasa dan keturunan Batara, ia memiliki tingkah laku yang tidak terpuji.
Sifat yang menonjol pada dirinya adalah sifat kecemburuan sosial yang melampaui
batas, la paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun
kesenangan itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang
baik ini, ia diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan menjelma
menjadi laki-laki gagah. Setelah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah,
bahkan semakin menjadi-jadi.
Keterkaitan isi cerita rakyat
dengan kehidupan saat ini dalam kutipan tersebut adalah . ,.
A. Seseorang yang menggantungkan
ladangnya kepada orang bertubuh gagah perkasa.
B. Seseorang yang puas dengan hasil
kerja kerasnya dan hasil keringatnya
sendiri.
C. Seseorang yang memiliki sifat iri
dan tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia.
D. Seseorang yang diusir dari
keluarganya karena memiliki kesaktian menyesatkan.
E.
Seseorang yang memberikan sesajen kepada orang yang
memiliki tubuh gagah perkasa.
23. Perhatikan paragraf
berikut!
Sepanjang
Pantura mengalami abrasi pantai,
bahkan ada yang merncapai 1,6 km dari
garis terluar pantai. Keadaan itu memang bukan lagi ancaman, melainkan
sudah terjadi kerusakan. Penyebab abrasi berat di Pantura, diantaranya
pertambakan dan alih fungsi lahan mangrove sehingga mempercepat proses
kerusakan pantai tersebut.
Kata abrasi dalam paragraf tersebut memiliki
persamaan kata…
- longsor
- runtuh
- kerusakan
- pengikisan
- pendangkalan
24. Cermati urutan kalimat berikut!
(1)
Namun, ternyata pengetahuan budi daya
anggrek masih sedikit sekali dimiliki oleh para petani bunga di Indonesia.
(2)
Di samping itu, ulasan tentang teknik
dan cara budidaya anggrek masih terlampau sedikit termasuk dari negara asal
bunga anggrek itu sendiri.
(3)
Indonesia memiliki berbagai macam
jenis anggrek, mulai anggrek yang sering dibudidayakan hingga anggrek hutan yang masih banyak
terdapat di hutan-hutan tropis Indonesia.
(4)
Bahkan teknik dan cara budidaya
anggrek hanya merupakan sesuatu yang turun-temurun tanpa disertai pembaruan
ilmu pengetahuan.
|
Urutan
kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf
proses yang padu adalah ....
A. (1),(3),(2), dan (4)
B. (2),(4),(1), dan (3)
C. (3),(1),(4), dan (2)
D. (4),(1),(3), dan (2)
E. (4),(2),(1), dan (3)
25. Cermati
isi paragraf narasi berikut!
”Dari tadi Ibu perhatikan, kamu tidak banyak bicara, kenapa Nak?”
”Aduh, Bu hati saya pedih bercampur kesal, Bu. Saya sudah belajar
mati-matian, tetapi saya mendapat nilai jelek juga ulangan Bahasa Indonesia.”
”Mengapa dapat nilai jelek? Apa soalnya sulit?
”…”
”Itu karena kamu ceroboh. Tidak perlu disesalkan.”
”Ya, Bu. Memang tadi saya tidak menyangka bahwa masih ada soal pada
halaman berikutnya.”
”Jadikan pembelajaran agar tidak terulang lagi ya, Reni!”
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Belajar
bahasa Indonesia harus banyak membaca.
B. Sudahlah, saya
tidak mau memikirkan, nanti pusing.
C. Tidak sulit,
Bu, tetapi saya tidak menjawab soal nomor 5 dan 6.
D. Yang penting
saya semalam sudah belajar dan sekarang tidak menyesal.
E. Makanya, saya menyesal dan kesal, Bu. Padahal
sudah belajar.
26. Cermati kutipan
proposal berikut!
Cermati topik berikut!
Topik : Mengatasi penyusutan areal pertanian
Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik
tersebut adalah ...
A. Mengapa areal
pertanian banyak dijadikan kawasan industri?
B. Bagaimana cara
mengantisipasi penyusutan areal pertanian?
C. Siapa yang
menyebabkan susutnya areal pertanian di desa-desa?
D. Berapa
banyakkah areal pertanian yang susut tahun ini?
E. Mengapa areal
pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman?
27. Cermati kalimat berikut!
(1) Tuang 2 gelas air ke dalam panci.
(2) Kemudian, masukkan gula dan agar-agar.
(3) Aduk sampai gula mencair.
(4) Jerang di atas kompor sambil diaduk
terus.
(5) Bila sudah mendidih tuang pada
cetakan.
|
Konjungsi
pada kalimat tercetak miring dapat divariasikan dengan konjungsi ….
A. sebelum
B. seraya
C. lalu
D. kemudian
E. sesudah
28. Cermati paragraf berikut ini !
Andini tidak disukai teman-temannya. Apapun hal yang dilakukan
teman-
temannya selalu dicelanya. Selalu ada kekurangannya. Padahal,
Andini sendiri kalau
mengerjakan sesuatu kesalahannya jauh lebih besar. Akan tetapi,
Andini tidak pernah
merasa dirinya kurang. Ketua kelas pernah menegur Andini “............”. Walaupun
begitu Andini tetap merasa dirinya tidak bersalah.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
....
A. Kuman
di seberang lautan tampak , gajah di pelupuk mata tak tampak.
B.
Dalam laut dapat diduga , dalam hati tiada
yang tahu.
C.
Berjalan peliharakan kaki, berbicara
peliharakan mulut.
D. Kilat
mutiara tak hilang dalam lumpur, tak pudar dalam pakaian.
E.
Tak layu jenjang dikeping, tak emas bungkal
diasah.
29.
Rindu ini membeku
[…]
Rindu yang tak pernah
usai
Meski laju putaran
waktu
Bergulir tak kenal
henti
Larik bermajas untuk
melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Hentikan asa kehidupan
B. Pemandangan alam
indah
C. Rembulan tampak
penuh
D. Mentari di balik
bukit pohon teh
E. Bagai salju di
kutub utara
30. . Bacalah paragraf berikut!
(1)Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru
dalam Kurikulum 2006 atau yang juga dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal. (2) Pengembangan
kreativitas sangat penting terlihat dari
bergesernya peran guru. (3) Dahulu, guru
sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus lebih banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dan kreatif. (4) Membangun
pemahaman yang baik kepada siswa akan
sulit jika fisik dan psikis mereka
dalam keadaan tertekan. (5) Kreativitas siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila ligkungan keluarga, masyarakat, dan
lingkungan sekolah turut menunjang.
Kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
31. Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan berikutnya
Eliza tidak hanya memberikan catatan kaki seperti yang sudah ada, tetapi juga menambahkan
...
agar pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih mudah memahami alur cerita. Selain itu,
kita berharap
Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains,
sejarah sains,
dan …. Agar kelak kita dapat menikmati
novel yang lebih memukau.
Istilah yang tepat
untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas adalah ….
A. glosarium, tehnologi,
filsafat
B. glosarium, teknologi,
pilsafat
C. glosarium, teknologi,
filsafat
D. glosarium, tehnologi,
pilsapat
E.
glosarium, teknologi, filsapat
32. Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen
bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW memiliki sebuah tim
yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan ....
narkoba atau pos-pos kegiatan
transaksi narkoba.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari
paragraf tersebut adalah....
A. dilakukan, dijadikan,
memantau, penyalahgunaan
B. melakukan, menjadikan,
memantau, penyalahgunaan
C. melakukan, dijadikan,
dipantau, penyalahgunaan
D.
melakukan, dijadikan,
memantau, penyalahgunaan
E.
melakukan, dijadikan, memantau, digunakan
33. Cermati paragraf berikut!
Indonesia sudah mampu bersaing dalam perindustrian. Banyak produktivitas Indonesia yang sudah
berkualitas. Hal ini dapat kita lihat di pasar Indonesia, antara lain sepatu,
tas, dan pakaian.
|
Kata
istilah yang tepat untuk memperbaiki yang bercetak miring dalam paragraf
tersebut adalah ….
A. produksi
B. produk
C. produsen
D. produser
E. produktif
34. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada November seiring dengan
meningkatnya intensitas hujan. Musim kering yang panjang akan menyebabkan
terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar kemudian terjadi retakan dan rekahan
tanah di permukaan. Pada saat hujan, air akan menyusup ke bagian yang retak
karena tanah cepat mengembang. Setelah
itu, terjadilah longsor.
|
Konjungsi
yang tepat untuk menggantikan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut
adalah ....
A. sesaat,
sehingga
B. maka, ketika
C. lalu, namun
D. sehingga,
akibatnya
E. maka, seketika
35. Cermati paragraf berikut!
Sehebat apa pun kita, pasti membutuhkan orang lain dalam kehidupan ini.
Suatu ketika pasti kita akan membutuhkan orang lain untuk memperbaiki sikap
kita yang salah. Kita membutuhkan nasihat orang tua, teguran sahabat,
kritikan dari atasan, atau saran-saran dari mana saja. Memang sewaktu kita
dikritik atau ditegur, rasanya tidak nyaman atau rasa ingin marah. Orang lebih suka membicarakan keburukan
orang lain. Tentu ada yang dapat
menerima teguran dan nasihat dari orang lain dan ada pula yang tidak mau
menerima teguran. Padahal jika dia mau menerima, sesungguhnya dia sedang
menolong dirinya sendiri dari hal-hal yang tidak baik, mungkin dari musibah.
|
Perbaikan
kalimat tidak padu (yang bercetak miring) pada paragraf tersebut adalah ...
A. Jadi,
kita memuji orang lain, pasti itu perbuatan terpuji.
B. Seandainya
kita memuji orang lain, belum tentu dia senang.
C. Boleh
mengkritik seseorang jika sudah mengenal orang tersebut.
D. Oleh sebab
itu, berpikirlah sebelum memuji atau mencela orang!
E. Lebih banyak orang yang suka dipuji atau
disanjung daripada dikritik.
36. Cermati paragraf berikut!
Bahasa berkembang dan menyebar ke seluruh pelosok Nusantara dengan
perantara pedagang, kemudian digunakan pada ragam puisi. Sastra Melayu yang
pertama berbentuk mantra, pantun, dan syair. Setelah itu, bermunculan pantun
kilat (karmina), seloka, talibun, dan gurindam. Semuanya menggunakan bahasa
Melayu. Sastra Melayu pada awalnya berbentuk cerita-cerita pelipur lara dan
dongeng. Dongeng itu meliputi legenda, saga, fabel, parabel, mite, cerita
jenaka, atau cerita orang-orang malang/pandir. Ragam karya sastra Melayu ada
pula yang berbentuk hikayat, tambo, cerita berbingkai, dan wiracarita (cerita
panji). Dongeng sering berisi cerita kerajaan (istanasentris) dan memuat
banyak fantasi. Kadang-kadang cerita tersebut di luar jangkauan akal manusia
(pralogis). Jadi, sastra melayu itu
adalah sastra yang berisi dongeng yang lucu-lucu.
|
Kalimat
yang tepat untuk memperbaiki simpulan paragraf tersebut adalah ...
A. Dengan
demikian, sastra Melayu lama yang muncul selalu berbentuk nasihat sehari-hari
kepada generasi penerus.
B. Oleh sebab
itulah bangsa Melayu mengenal bahasa Melayu melalui tulisan setelah cerita
Melayu dibukukan.
C. Itu pulalah
yang menyebabkan sastra Melayu tidak ada pengarangnya, yang kita kenal dengan
anonim dan tidak diketahui munculnya.
D. Karena itu,
sastra Melayu sangat dinikmati ceritanya karena bercampur fakta dengan dunia
khayalan atau fiktif.
E. Jadi, sastra Melayu itu lahir sejak bahasa
Melayu itu muncul, baik dalam berbagai bentuk puisi lama maupun berbagai prosa
lama.
37. Cermati kalimat berikut!
Untuk sukses
dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan
patin dan ikan bandeng di air payau.
Penulisan judul buku yang sesuai
dengan ejaan yang berlaku adalah ....
A.
Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di
air payau
B.
Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di
air payau
C.
Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di
Air Payau
D.
Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di
Air Payau
E.
Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di
Air Payau
38. Penggunaan tanda baca
titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….
A.
Hanya ada dua pilihan
bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.
B.
Narasumber : Prof. Dr. Rahmat Effendi
Pemandu : Abdul Gani, M.Hum.
Pencatat : Sri Astuti Amelia, S.Pd.
C.
Pedoman Umum
Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat
Bahasa.
D.
Ibu : "Bawa
koper ini, Nak!"
Amir : "Baik, Bu."
Ibu :
"Jangan lupa, letakkan baik-baik!"
E.
Kita memerlukan:
kursi, meja, dan lemari.
39. Perhatikan penggunaan
huruf kapital berikut!
1)
Siti Fatimah binti
Salim membaca doa dengan khusuk.
2)
Kita mengenal
berbagai macam gula, seperti Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan
Gula Anggur.
3)
Orang itu menasihati
anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"
4)
Ya, Tuhan, bimbinglah
hamba-Mu ke jalan yang Engkau beri rahmat.
5)
Soekarno dan Hatta
memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.
Penggunaan
huruf kapital yang salah terdapat pada kalimat ….
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
40. Besok pagi kata dia mereka akan berangkat.
Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat di
atas adalah …
A. “Besok pagi kata dia mereka akan
berangkat.”
B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan
berangkat.”
C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan
berangkat.”
D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan
berangkat.”
E. ”Besok pagi, “ kata dia: Mereka akan
berangkat.
SOAL URAIAN
Jawablah soal-soal berikut.
41. Cermatilah teks berikut
Pemanasan global ini sudah lama dianalisis oleh para klimathologi (ilmuwan
yang mempelajari iklim) sejak tahun 1800-an yang menyimpulkan bahwa pemanasan
global terjadi karena ulah manusia. Activitas
manusia saat ini mendukung terjadinya pemanasan global dan mengakibatkan
meningkatnya efek rumah kaca. Efek rumah kaca meningkatkan panas di permukaan
bumi melalui proses complex yang melibatkan sinar matahari, gas, dan partikel
di atmospher.
Tentukan kata-kata yang penulisannya tidak
tepat pada paragraf tersebut
42. Cermati kutipan surat lamaran berikut!
Lampiran: satu berkas Boyolali, 5 Maret 2018
Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Pimpinan
Perusahaan
Jalan Jenderal
Ahmad Yani
Boyolali
Dengan hormat,
Sehubungan dengan
iklan yang dimuat pada harian Solopos, 1 Maret 2018, saya mengajukan
lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga administrasi di perusahaan Bapak.
Adapun identitas saya sebagai berikut,
nama :
....
tempat, tanggal lahir : ....
pendidikan : ....
alamat : ....
.............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
|
Lanjutkan kutipan surat lamaran
pekerjaan tersebut hingga selesai. Cantumkan lampiran-lampiran yang diperlukan.
Gunakan ejaan dan tanda baca dengan benar!
43. Cermatilah penggalan teks berikut.
Dalam rumahnya, Suni
menunggui Heru di tengah gemericiknya hujan yang mulai turun lagi. “Tuhan,
kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim
di emper toko. Lindungilah dari hati manusia yang dingin. Hangatkan yang
tidak punya pakaian dengnan balaian tangan-Mu. Ingatlah orang tak punya macam kami yang selalu
menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula …”
Tentukan watak tokoh Suni, cara pendeskripsian, latar tempat dan nilai moral yang terkandung
dalam penggalan cerita tersebut !
44. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
a. Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan
alat-alat praktik.
b. Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan
ke loker.
Jelaskan alasan kesalahan kalimat tersebut
dan perbaikilah sehingga menjadi kalimat efektif.
45. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
a. Doni
akan datang, kalau tidak hujan.
b. Ayah
membeli kunci Inggris untuk memperbaiki kran air yang rusak.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat
tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan
bahasa Indonesia.
KUNCI
JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN SOAL USBN 2018
BAHASA
INDONESIA KURIKULUM 2006
I. PILIHAN GANDA
1. B
2. D
3. A
4. B
5. A
6. A
7. C
8. D
9. B
10. A
11. D
12. B
13. A
14. B
15. C
16. B
17. A
18. A
19. D
20. E
21. E
22. C
23. D
24. C
25. C
26. B
27. D
28. A
29. A
30. D
31. C
32. D
33. B
34. D
35. D
36. E
37. E
38. E
39. B
40. B
II. URAIAN
41. Penulisan
kata yang tidak tepat adalah klimathologi,
activitas, complex, atmospher
42. Soal
dari pusat
43. watak tokoh Suni: perhatian pada
rakyat kecil
cara pendeskripsian:
pikiran tokoh
latar tempat: di dalam rumah
Nilai moral: Memperhatikan/peduli
kepada masyarakat bawah
44. a.
Kalimat (a) Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata
meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik.
Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak
memenuhi syarat kesejajaran
Perbaikan: Tugas anak-anak hari ini adalah membersihkan ruang kelas, menata meja, menyelesaikan PR, dan
membereskan alat-alat praktik.
b. Kalimat (b) Pengunjung yang membawa tas harap
dimasukkan ke loker.
Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak
memenuhi syarat kelogisan
Perbaikan: Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker.
45. a.
Kalimat (a) Saya akan datang, kalau diundang
Alasan kesalahan:
Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat. Tanda koma tidak dipakai jika induk
kalimat mendahului anak kalimat.
Perbaikan: Doni akan
datang kalau tidak hujan.
b. Kalimat (b) Ayah membeli kunci Inggris untuk memperbaiki
kran air yang rusak.
Alasan kesalahan: Huruf
pertama nama diri geografi yang dipakai sebagai nama jenis tidak ditulis dengan
huruf kapital.
Perbaikan: Ayah membeli
kunci inggris untuk memperbaiki kran air yang rusak.
PEDOMAN
PENILAIAN SOAL USBN TAHUN 2018
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006
I. PILIHAN
GANDA
Jumlah soal: 40
Skor maksimal setiap nomor 2
Jawaban benar: nilai 2
Jawaban salah: nilai 0
Skor maksimal keseluruhan : 2 X 40
= 80
Skor perolehan: jumlah betul X 2
II. URAIAN
1. Skor
maksimal = 4
Menyebutkan 1 kata yang tidak baku
dengan tepat = nilai 1
Menyebutkan 2 kata yang tidak baku
dengan tepat = nilai 2
Menyebutkan 3 kata yang tidak baku
dengan tepat = nilai 3
Menyebutkan 4 kata yang tidak baku
dengan tepat = nilai 4
2. Skor
maksimal = 4 (soal dari pusat)
3. Skor
maksimal= 4
Menentukan 1 unsur (watak/cara
pendeskripsisn/latar/setting) dengan tepat = nilai 1
Menentukan 2 unsur (watak/cara
pendeskripsisn/latar/setting) dengan tepat = nilai 2
Menentukan 3 unsur (watak/cara
pendeskripsisn/latar/setting) dengan tepat = nilai 3
Menentukan 4 unsur (watak/cara
pendeskripsisn/latar/setting) dengan tepat = nilai 4
4. Skor
maksimal = 4
a. Menentukan
alasan atau perbaikan dengan tepat = nilai 1
Menentukan alasan dan perbaikan dengan tepat = nilai
2
b. Menentukan
alasan atau perbaikan dengan tepat = nilai 1
Menentukan alasan dan perbaikan dengan tepat = nilai
2
Nilai akhir = skor (a + b )
5. Skor
maksimal = 4
a. Menentukan
alasan atau perbaikan dengan tepat = nilai 1
Menentukan alasan dan perbaikan dengan tepat = nilai
2
b. Menentukan
alasan atau perbaikan dengan tepat = nilai 1
Menentukan alasan dan perbaikan dengan tepat = nilai
2
Nilai akhir = skor (a + b )
Skor maksimal soal uraian = 4x 5 = 20
Nilai akhir maksimal = 80 (PG) + 20
(Uraian) = 100
Nilai akhir= Skor perolehan soal PG
+ Uraian
BACA JUGA
1. INDIKATOR SOAL USBN KURIKULUM 2013 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/contoh-indikator-soal-usbn-tahun-2019.html
2. SOAL USBN KURIKULUM 2013 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-bahasa-indonesia-smama.html
1. INDIKATOR SOAL USBN KURIKULUM 2013 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/contoh-indikator-soal-usbn-tahun-2019.html
2. SOAL USBN KURIKULUM 2013 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-bahasa-indonesia-smama.html
stamps
ReplyDeleteusps postage
forever stamps