CONTOH INDIKATOR SOAL USBN TAHUN
2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMA/MA DILENGKAPI DENGAN CONTOH SOAL USBN TAHUN 2017/2018
Contoh indikator soal berikut dikembangkan
dari kisi-kisi USBN 2019 yang dikeluarkan oleh BSNP. Indikator soal berikut dapat
digunakan sebagai salah satu dasar penyusunan soal USBN tahun 2019. Guru dapat
mengembangkan indikator soal lain berdasarkan indikator materi pada kisi-kisi USBN
tahun 2019 dari BSNP.
BACA SOAL USBN BAHASA INDONESIA TAHUN 2019 KURIKULUM 2013 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia.htmlTerdapat juga CONTOH soal USBN tahun 2017/2018 dan soal persiapan USBN 2018/2019
BACA JUGA PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN KURIKULUM 2006 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/contoh-indikator-soal-usbn-bahasa.html
A. LINGKUP MATERI MEMBACA TEKS
NONSASTRA
Teks
yang digunakan:
Laporan
hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, dan editorial,
berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, karya ilmiah, artikel, resensi,
kritik dan esai, proposal, surat lamaran
1. Disajikan teks berita, peserta didik dapat menentukan
isi teks tersebut dengan tepat.
2. Disajikan teks laporan hasil obeservasi,
peserta didik dapat menentukan makna kata/istilah pada teks tersebut dengan
tepat.
3. Disajikan teks
negosiasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi tersirat (kesepakatan) dalam
teks tersebut dengan tepat (pusat).
4. Disajikan dua teks
laporan hasil observasi, peserta didik menyimpulkan perbedaan isi kedua teks tersebut
dengan tepat.
5.
Disajikan teks artikel, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks tersebut
dengan tepat.
6. Disajikan teks eksplanasi, peserta
didik dapat menyimpulkan hubungan antarteks (sebab akibat) teks tersebut dengan
tepat)
7. Disajikan teks cerita sejarah/cerita
ulang, peserta didik dapat memprediksi berdasarkan isi teks dengan tepat.
8. Disajikan teks resensi, peserta
didik dapat mengevaluasi isi teks tersebut dengan tepat.
Teks
yang digunakan: Anekdot, cerita pendek,
novel sejarah, novel. cerita rakyat, hikayat, puisi, drama.
9. Disajikan pantun, peserta didik
dapat menentukan isi pantun dengan tepat.
10. Disajikan kutipan cerpen/novel,
peserta didik dapat menentukan makna kata/ungkapan pada teks tersebut dengan
tepat.
11. Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan isi tersirat (amanat) dalam teks tersebut dengan tepat.
11. Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan isi tersirat (amanat) dalam teks tersebut dengan tepat.
12. Disajikan kutipan cerpen/novel,
peserta didik dapat menentukan isi tersirat (nilai moral) dalam teks tersebut
dengan tepat
13. Disajikan dua cerita rakyat,
peserta didik dapat menentukan perbedaan isi kedua teks tersebut dengan tepat.
14. Disajikan teks hikayat, peserta
didik dapat mengaitkan isi teks dengan kehidupan saat ini dengan tepat.
15. Disajikan teks puisi, peserta
didik dapat menilai keunggulan/kelemahan teks tersebut dengan tepat.
C. LINGKUP MATERI MENULIS TEKS
NONSASTRA
Teks yang digunakan: Anekdot,
cerita pendek, novel sejarah, novel, cerita rakyat, puisi, drama, hikayat.
16. Disajikan teks
eksposisi, peserta didik dapat melengkapi teks tersebut dengan kata/istilah dengan
tepat (pusat)
17. Disajikan teks artikel, peserta
didik dapat melengkapi kalimat pada teks tersebut dengan tepat.
18. Disajikan teks
eksplanasi, peserta didik dapat mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan
(tesis) dengan tepat (pusat).
19. Disajikan teks prosedur yang
diacak urutan kalimatnya, peserta didik dapat mengurutkan kalimat menjadi
paragraf yang padu pada teks tersebut.
20. Disajikan teks eksplanasi,
peserta didik dapat melengkapi paragraf pada teks tersebut dengan tepat.
21. Disajikan teks
artikel, peserta didik dapat memvariasikan kata/kalimat dengan tepat (pusat).
22. Disajikan teks iklan, peserta
didik dapat mengubah menjadi teks berita dengan tepat.
Teks yang digunakan: Laporan hasil observasi,
eksposisi, negosiasi, prosedur, biografi, eksplanasi, debat, editorial, berita,
iklan, karya ilmiah, artikel, resensi, kritik dan esai, proposal, surat Lamaran pekerjaan.
D. MENULIS TEKS SASTRA
Teks yang digunakan: Anekdot,
cerita pendek, novel sejarah, novel, cerita rakyat, puisi, drama, hikayat
23. Disajikan kutipan cerpen yang
dirumpangkan, peserta didk dapat melengkapi teks tersebut dengan kata/ungkapan
yang tepat.
24. Disajikan kutipan novel yang
dirumpangkan , peserta didik melengkapi kutipan tersebut dengan kata kohesi
yang tepat.
25. Disajikan kutipan
puisi yang dirumpangkan , peserta didik dapat melengkapi puisi tersebut dengan
kalimat majas yang tepat (pusat).
26. Disajikan kutipan drama yang
dirumpangkan, peserta didik dapat melengkapi dialog dengan tepat.
27. Disajikan kutipan cerpen,
peserta didik dapat mengubah teks cerpen tersebut ke bentuk teks drama dengan
tepat.
E. LINGKUP MATERI CIRI DAN STRUKTUR
TEKS
Teks yang digunakan: Laporan hasil observasi,
eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, debat, editorial, anekdot, cerita
pendek, novel sejarah, novel, biografi, proposal, karya ilmiah, resensi, surat
lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat cerita
rakyat, ceramah, drama
28. Disajikan kutipan teks
proposal, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian struktur teks tersebut
dengan tepat.
29. Disajikan struktur teks surat
lamaran pekerjaan yang diacak, peserta
didk dapat mengurutkan struktur teks yang diacak tersebut dengan tepat.
30. Disajikan dua
teks cerpen, peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan pola penyajian kedua struktur
teks tersebut dengan tepat (pusat)
31.
Disajikan dua teks laporan hasil percobaan, peserta didik dapat menyimpulkan
persamaan pola penyajian struktur kedua teks dengan tepat.
32. Disajikan teks anekdot, peserta
didik dapat merinci struktur teks yang dibaca dengan tepat.
33. Disajikan teks eksplanasi,
peserta didik dapat menilai kelengkapan struktur teks dengan menunjukkan bukti/
alasannya dengan tepat.
F. LINGKUP MATERI KEBAHASAAN PADA
TEKS
Teks yang digunakan: Laporan hasil
observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, anekdot,
cerita pendek, novel sejarah, novel,biografi, proposal, karya ilmiah, resensi,
surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat
cerita rakyat, ceramah, drama
34. Disajikan kutipan puisi,
peserta didik dapat mengidentifikasi kalimat bermajas pada puisi tersebut
dengan tepat.
35. Disajikan dua
teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat membandingkan penggunaan
bahasa (pusat) pada kedua teks dengan tepat.
36. Disajikan teks ceramah, peserta
didk dapat menyimpulkan kesalahan penggunaan kata dalam teks tersebut dengan
tepat.
37. Disajikan teks artikel, peserta
didik dapat menyimpulkan kesalahan kalimat (kalimat efektif, penggunaan
konjungsi dalam/antarkalimat definisi, kalimat perintah) pada teks dengan
tepat.
38. Disajikan teks karya ilmiah,
peserta didik dapat menyimpulkan kesalahan ejaan pada teks dengan tepat.
39. Disajikan teks
eksposisi, peserta didik memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat sesuai
dengan kaidah kebahasaan (kalimat efektif, Penggunaan konjungsi, kalimat
definisi, kalimat perintah) (pusat) dengan tepat.
40. Disajikan teks
editorial, peserta didik dapat menilai ketepatan penggunaan kata/kalimat pada
teks dengan tepat (pusat)
Teks yang digunakan: Laporan hasil
observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, anekdot,
cerita pendek, novel sejarah, novel,biografi, proposal, karya ilmiah, resensi,
surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat
cerita rakyat, ceramah, drama
Uraian
Teks yang digunakan: Laporan hasil
observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, anekdot,
cerita pendek, novel sejarah, novel,biografi, proposal, karya ilmiah, resensi,
surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat
cerita rakyat, ceramah, drama
41. Disajikan teks
eksplanasi, peserta didik dapat menilai kelengkapan struktur teks dengan
menunjukkan bukti/ alasannya dengan tepat.
42.
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat mengembangkan
paragraf klasifikasi berdasarkan bagan/ kata kunci dengan tepat.
43.
Disajikan kata-kata kunci, peserta didik dapat mengembangkan kata-kata kunci
menjadi cerita
44.Disajikan
teks anekdot, peserta didik dapat menilai ketepatan bagian struktur teks dengan
menunjukkan bukti/ alasannya dengan tepat.
45.
Disajikan teks karya ilmiah yang didalamnya terdapat kalimat tidak efektif,
peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat sesuai dengan
kaidah kebahasaan dengan tepat
Catatan: Jenis teks pada stimulus soal dapat
diganti denga jenis teks sesuai dengan jenis-jenis teks yang digunakan pada
lingkup materi.
Soal Pusat 25 %
No.
|
Materi
|
Soal Pusat
|
Bentuk Soal
|
1.
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
|
3
|
PG
|
2.
|
Menyimpulkan perbedaan isi kedua teks nonsastra
|
4
|
PG
|
3.
|
Melengkapi teks nonsastra dengan kata/istilah
|
16
|
PG
|
4.
|
Mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan
(tesis)
|
18
|
PG
|
5.
|
Memvariasikan kata/kalimat
|
21
|
PG
|
6.
|
Melengkapi kalimat pada teks nonsastra
|
25
|
PG
|
7.
|
Menyimpulkan perbedaan pola penyajian struktur
teks
|
30
|
PG
|
8.
|
Membandingkan penggunaan bahasa
|
35
|
PG
|
9.
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat
sesuai dengan kaidah kebahasaan
|
39
|
PG
|
10.
|
Menilai ketepatan penggunaan kata/kalimat
|
40
|
PG
|
11.
|
Menilai kelengkapan struktur teks dengan
menunjukkan bukti/ alasannya
|
41
|
Uraian
|
KISI
USBN BERNOMOR BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
A. Membaca Teks
Nonsastra
Level
Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta
didik dapat:
-
menentukan isi tersurat teks nonsastra
-
menentukan makna kata/istilah pada teks nonsastra
PG:
1, 2
Level
Kognitif Aplikasi
Peserta
didik dapat:
-
menentukan ide pokok
-
menyimpulkan topik/inti teks
-
menyimpulkan pertanyaan yang jawabannya merupakan inti teks
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (pusat)
-
mengurutkan ringkasan sesuai dengan isi teks
-
menyimpulkan hubungan dalam teks
-
menyimpulkan persamaan isi kedua teks nonsastra
- menyimpulkan perbedaan isi kedua teks nonsastra (pusat)
-
menyimpulkan hubungan antarteks teks nonsastra (sebab-akibat, tesis- argumen,
umum-rincian, masalah- solusi, fakta-prediksi)
PG:
3, 4, 5, 6
Uraian:
41
Level
Kognitif Penalaran
Peserta
didik dapat:
-
memetakan isi teks (mengubah teks menjadi peta konsep yang sesuai)
-
memprediksi berdasarkan isi teks
-
mengevaluasi isi teks nonsastra
PG:
7, 8
Teks
yang digunakan:
Laporan
hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, dan editorial,
berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, karya ilmiah, artikel, resensi,
kritik dan esai, proposal, surat lamaran
B. Membaca Teks Sastra
Level
Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta
didik dapat:
-
menentukan isi tersurat dalam teks sastra
-
menentukan makna kata/ungkapan pada teks sastra
PG:
9, 10
Level
Kognitif Aplikasi
Peserta
didik dapat:
-
menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap
pengarang/penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral,
nilai budaya, nilai social)
-
menyimpulkan persamaan isi kedua teks sastra nonsastra
-
menyimpulkan perbedaan isi kedua teks sastra
-
mengurutkan pokok-pokok peristiwa sesuai isi karya sastra
PG:
11, 12, 13
Level
Kognitif Penalaran
Peserta
didik dapat:
-
membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, latar, nilai)
-
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
-
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
-
menilai isi karya Sastra
PG:
14, 15
Teks:
Anekdot, cerita pendek, novel sejarah, novel. cerita rakyat, hikayat, puisi,
drama
C. Menulis Teks
Nonsastra
Level
Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta
didik dapat:
- melengkapi teks nonsastra dengan kata/istilah (pusat)
-
melengkapi teks nonsastra dengan kata kohesi
PG:
16
Level
Kognitif Aplikasi
Peserta
didik dapat:
-
melengkapi kalimat pada teks nonsastra
-
mengurutkan kalimat menjadi paragraf yang padu pada teks sastra
-
melengkapi paragraf pada teks nonsastra
- mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan (tesis) (pusat)
-
mengembangkan paragraf klasifikasi berdasarkan bagan/ kata kunci
-
melengkapi kerangka teks
-
mengembangkankan kerangka isi sesuai judul
PG
: 17, 18, 19, Uraian: 42
Level
Kognitif Penalaran
Peserta
didik dapat:
- memvariasikan kata/kalimat (pusat)
-
memvariasikan judul teks
-
memvariasikan bagian teks
-
mengubah teks nonsastra ke bentuk teks nonsastra lain
-
memvariasikan judul teks
-
mengembangkan/menulis teks berdasarkan kerangka isi
PG:
21, 22
Teks:
Laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, biografi, eksplanasi, debat,
editorial, berita, iklan, karya ilmiah, artikel, resensi, kritik dan esai,
proposal, surat lamaran pekerjaan
D. Menulis Teks Sastra
Level
Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta
didik dapat:
-
melengkapi teks sastra dengan kata/ungkapan
-
melengkapi teks sastra dengan kata kohesi
PG:
23, 24
Level
Kognitif Aplikasi
Peserta
didik dapat:
- melengkapi teks sastra dengan kalimat majas (pusat)
-
melengkapi teks sastra (awal, inti, akhir cerita)
-
melengkapi latar
-
melengkapi dialog
PG:
25, 26
Level
Kognitif Penalaran
Peserta
didik dapat:
-
memvariasikan pola pengembangan teks sastra
-
mengubah teks sastra ke bentuk teks sastra lain
-
memvariasikan judul teks
-
mengembangkan/menulis karya Sastra
PG:
27
Uraian:
43
Anekdot,
cerita pendek, novel sejarah, novel, cerita rakyat, puisi, drama, hikayat
E. Ciri dan Struktur
Teks
Level
Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta
didik dapat:
-
mengidentifikasi ciri umum berbagai teks
-
mengidentifikasi bagian struktur teks
-
menentukan jenis teks berdasarkan strukturnya
PG:
28
Level
Kognitif Aplikasi
Peserta
didik dapat:
-
mengurutkan struktur teks yang diacak
-
merinci struktur teks yang dibaca
-
menyimpulkan persamaan pola penyajian struktur teks
- menyimpulkan perbedaan pola penyajian struktur teks (pusat)
-
mengklasifikasi teks dengan menunjukkan bukti/ alasan
PG:
29, 30, 31, 32
Level
Kognitif Penalaran
Peserta
didik dapat:
-
menilai ketepatan bagian struktur teks dengan menunjukkan bukti/ alasannya
-
menilai kelengkapan struktur teks dengan menunjukkan bukti/ alasannya
PG:
33 Uraian: 44
Laporan
hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, debat, editorial, anekdot,
cerita
pendek, novel sejarah, novel, biografi, proposal, karya ilmiah, resensi, surat
lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat cerita
rakyat, ceramah, drama
F. Kebahasaan pada Teks
Level
Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta
didik dapat:
-
mengidentifikasi kata dari teks (kata bersinonim, kata baku, kata khusus, kata
umum, kata emotif, kata bersinonim
-
mengidentifikasi beragam kalimat pada teks (kalimat definisi, kalimat perincian,
kalimat bermajas)
PG:
34
Level
Kognitif Aplikasi
Peserta
didik dapat:
-
menyimpulkan kesalahan penggunaan kata
-
menyimpulkan kesalahan kalimat (kalimat efektif, penggunaan konjungsi dalam/antarkalimat
definisi, kalimat perintah)
-
menyimpulkan kesalahan paragraf dalam berbagai jenis teks
-
menyimpulkan kesalahan ejaan
-
mengelompokkan kesalahan penggunaan kata/kalimat/ ejaan
-
mengelompokkan kesalahan penggunaan kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan
- membandingkan penggunaan bahasa (pusat)
PG:
35, 36, 37, 38
Level
Kognitif Penalaran
Peserta
didik dapat:
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat sesuai dengan
kaidah kebahasaan (kalimat efektif, Penggunaan konjungsi, kalimat definisi,
kalimat perintah) (pusat)
-
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan
(kalimat efektif,
penggunaan konjungsi, kalimat definisi, kalimat perintah)
-
memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
- menilai ketepatan penggunaan kata/kalimat (pusat)
–
menunjukkan alasan/bukti Kesalahan penggunaan paragraf (definisi, klasifikasi,
sebab akibat, perincian, alasan- argumen, masalah – solusi)
PG:
39, 40
Uraian:
45
Laporan
hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, anekdot,
cerita pendek, novel sejarah, novel,biografi, proposal, karya ilmiah, resensi,
surat lamaran pekerjaan, cerita sejarah, artikel, anekdot, puisi, hikayat
cerita rakyat, ceramah, drama
Soal Pusat 25 %
No.
|
Materi
|
Soal Pusat
|
Bentuk Soal
|
1.
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
|
3
|
PG
|
2.
|
Menyimpulkan perbedaan isi kedua teks nonsastra
|
4
|
PG
|
3.
|
Melengkapi teks nonsastra dengan kata/istilah
|
16
|
PG
|
4.
|
Mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan
(tesis)
|
18
|
PG
|
5.
|
Memvariasikan kata/kalimat
|
21
|
PG
|
6.
|
Melengkapi kalimat pada teks nonsastra
|
25
|
PG
|
7.
|
Menyimpulkan perbedaan pola penyajian struktur
teks
|
30
|
PG
|
8.
|
Membandingkan penggunaan bahasa
|
35
|
PG
|
9.
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata/kalimat
sesuai dengan kaidah kebahasaan
|
39
|
PG
|
10.
|
Menilai ketepatan penggunaan kata/kalimat
|
40
|
PG
|
11.
|
Menilai kelengkapan struktur teks dengan
menunjukkan bukti/ alasannya
|
41
|
Uraian
|
UNDUH FILE PDF KISI-KISI USBN 2019 BAHASA INDONESIA BERNOMOR KLIK https://drive.google.com/open?id=1dyIuXBIoyG6m2UWXXpIIV5EwQiR53MZS
CONTOH SOAL PERSIAPAN USBN 2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KLIK https://drive.google.com/file/d/19pehZlA9tt5XriBONK5Qtw6f9XlqdzhY/view
SOAL USBN 2017/2018
Pilihlah jawaban yang
paling tepat!
1. Konferensi Danau
Nusantara yang digelar di Gorontalo
menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh
sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah
administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum
daerah peduli danau nusantara, menyususn program strategis Bersama, serta
mendorong adanya regulasi pengelolaan
danau berkelanjutan.
A. percobaan
B. pengaturan
C. persetujuan
D. pengabsahan
E. pengamatan
2.
Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi
paragraf adalah….
A. Apakah
tujuan Deklarasi Limboto?
B. Mengapa
konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?
C. Apakah
tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?
D. Apakah
hasil dari Konferensi Danau Nusantara?
E. Bagaimanakah
pengelolaan danau di Indonesia ?
3.
Ada dua jenis tanaman mini. Pertama,
tanaman mini yang bukan asli mini. Jika ditanam di tanah, ia akan tumbuh besar
dan normal seperti biasa. Jika ditempatkan di pot kecil, pertumbuhannya menjadi
lambat. Tanaman jenis ini misalnya tanaman palem mudang, pohon raphis, pohon
asem, beringin, dan jambu kerikil. Jenis kedua, tanaman mini asli, yang aslinya
memang kecil. Tanaman ini jika ditanam di tanah tidak bisa besar seperti ukuran
normal. Jika ditanam di pot kecil, ia akan makin kecil, mungil, dan cantik.
Tanaman ini bagus untuk tanaman hias.
Masalah
yang dibahas dalam teks eksposisi tersebut adalah….
A. Permasalahan
tanaman mini yang sedang trend di Indonesia.
B. Tanaman
mini asli dan tanaman mini bukan asli.
C. Tanaman
mini bagus ditanam di pot kecil karena
akan tumbuh menjadi cantik dan mungil.
D. Tanaman
mini biasa digunakan menjadi tanaman hias.
E. Jenis-jenis
tanaman mni dan deskripsinya.
4.
Memiliki wajah cantik dan halus menjadi
idaman setiap orang khususnya wanita. Ada cara mudah dan murah untuk hal
tersebut. Jeruk nipis dan setengah sendok madu murni bisa untuk mewujudkan
impian tersebut. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan secara lembut
pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Basuh dengan air
dingin hingga bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu. Mudah bukan? Jadi,
selain Anda menjadi lebih cantik alami, dengan cara seperti ini. Anda juga
tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.
Rekomendasi
yang disampaikan penulis melalui teks di atas adalah….
A.
Wanita harus menyempatkan waktu untuk
merawat kulitnya
B.
Cara memanfatkan jeruk nipis untuk
kesehatan tubuh.
C.
Memanfaatkan bahan-bahan alami seperti
jeruk dan madu untuk kesehatan.
D.
Merawat kulit wajah dengan cara mudah
dan murah.
E.
Merawat kulit wajah secar rutin.
5. Cermati
teks Berikut
Gafi : Selamat sore, Bu Nita.
Bu Nita : Sore, silakah masuk, ayo duduk di dalam
saja. Ada apa Gafi ke sini? Ada yang bisa Ibu bantu?
Gafi : Maksud saya ke sini mau menawarkan tas rajutan
karya Ibu saya. Ini saya bawa contohnya empat warna.
Bu Nita : Bagus sekali bahan, model, dan warnanya.
Berapa harganya, Gafi?
Gafi : Tidak mahal, hanya Rp250.000,00. Tas ini
bisa untuk tas kerja, situasi santai, atau untuk mahasiswa.
Bu Nita : Bisa kurang, Gafi? Bagaimana kalau Rp225.000,00 biar
nanti Ibu
jual Rp250.000,00. Kalau lebih dari Rp250.000,00 terlalu mahal. Ibu ambil
semua warna yang ada jika harganya bisa kurang
Gafi : Baiklah kalau begitu, Bu. Tapi saya ambil
dulu ke rumah, ya Bu. Yang saya bawa ini hanya untuk contoh.
Bu Nita : Baik, Gafi. Hati-hati, tidak usah
terburu-buru.
Gafi : Ya, Bu Nita. Terima kasih.
|
Hal yang disepakati dalam dialog
tersebut adalah ….
A. banyak
tas
B. jenis
tas
C. warna
tas
D. harga
tas
E. model
tas
E. Penyajian
pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang
SMA.
7. Pada
salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan peristiwa di
atas Hotel Yamato.
Inti kalimat tersebut adalah ....
A. Siswa
tercengan.
B. Menonton
adegan.
C. Adegan
peristiwa.
D. Siswa
menonton.
E. Salah
satu adegan.
A. teks dapat
E. jenis teks
Teks 1
|
Teks 2
|
10. Cermati
kedua teks berikut!
Teks I
Ketenaran
objek wisata Kepulauan Raja Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun luar
negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik
telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini
mengangkat keindahan bawah laut Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia.
Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat
segitiga karang dunia.
Teks II
Kepulauan
Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85%
wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600
pulau. Kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam luar biasa. Tempat
wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata bawah lautnya yang
merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja
Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman flora
dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh
spesies karang di dunia.
Teks 1
|
Teks 2
|
diawali unsur siapa
|
|
diawali unsur dimana
|
|
diawali unsur mengapa
|
|
diakhiri unsur apa
|
|
diakhiri unsur siapa
|
11. Kentang sangat baik dikonsumsi oleh
orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah
bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang
yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan
adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning
kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada
permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih
bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
A.
Pilihlah
kentang yang berukuran besar.
B.
Belilah
kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
C.
Kerupuk
kentang sangat digemari anak-anak.
D.
Warna
kentang sangat menarik dan bervariasi
E.
Pilihlah
kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
12. Berbicara
tentang pendidikan sebenarnya sama halnya dengan berbicara tentang kehidupan.
Pendidikan merupakan proses yang dilakukan setiap individu menuju arah yang
lebih baik sesuai dengan potensi kemanusiaan. Proses ini hanya berhenti ketika
nyawa sudah tidak ada di dalam raga manusia. Pendidikan pada hakikatnya adalah
proses memanusiakan manusia. Profesor Driyarkarya merumuskan pendidikan sebagai
proses memanusiakan manusia muda, yakni suatu pengangkatan manusia muda ke
taraf insani sehingga ia dapat menjalankan hidup sebagai manusia yang utuh dan
membudayakan diri.
Ikhtisar
kutipan paragraf tersebut adalah….
A. Pendidikan
sangat diperlukan setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam
menjadikan masyarakat berbudaya.
B. Pendidikan
adalah proses berkesinambungan dalam memanusiakan manusia menjadi manusia utuh
dan berbudaya sesuai potensi yang dimiliki.
C. Selama
masih hidup, setiap individu memerlukan pendidikan dengan tujuan untuk
memanusiakan dirinya agar menjadi manusia yang utuh dan menjadikan dirinya
berbudaya.
D. Pendidikan
dan kehidupan ini tidak dapat dipisahkan karena pendidikan diperlukan oleh
setiap individu untuk mencapai taraf insani, yakni sebagai manusia yang utuh
dan membudayakan diri.
E. Melalui
pendidikan, manusia dapat mencapai taraf hidup yang lebih baik, yakni sebagai
manusia yang utuh dan membudayakan diri.
13. Cermati puisi berikut!
Sajak Rajawali
Satu sangkar dari besi
Tak bisa mengubah Rajawali
Menjadi burung nuri
Satu
luka perasaan
Maki puji dan hinaan
Tak merubah sang jagoan
Menjadi makhluk picisan
….
W.S. Rendra
Makna lambang
“rajawali” dalam puisi tersebut adalah….
A. Yang
mempunyai kemauan
B. Makhluk
yang sangat liar
C. Sejenis
burung yang bermata tajam
D. Binatang
langka yang dilindungi
E. Sosok
pembela yang tangguh
14.
Cermati kutipan puisi berikut!
BATU
Batu
mawar
Batu
langit
Batu
duka
Batu
rindu
Batu
jarum
Batu
bisu
kaukah
itu
Teka
Teki
Yang
tak menepati janji?
Dengan
seribu gunung langit tak runtuh
…
Makna
kata batu pada puisi di atas menggambarkan….
A. ketegaran
B. kesombongan
C. kebebasan
D. kecemasan
E. keikhlasan
15.
Cermati pantun berikut!
Membaca
novel Siti Nurnaya
Nama
pengarangnya Marah Rulsi
Kita
anak muda ayo berkarya
….
16.
Cermati kutipan cerpen berikut untuk
soal nomor 16-17!
Menurut
ibu yang didengarnya dari ayah, sebab terjadinya penikaman terhadap Opzichter
Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan
rupanya kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak lagi dapat menahan hati
melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan
untuk beramai-ramai menyerang mereka.
(Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)
Penyebab
konflik pada kutipan cerita dia atas adalah….
A. Kuli-kuli
kontrak memaki-maki Opzichter yang mengganggu istri mereka.
B. Istri
kuli-kuli kontrak mengadukan Opzichter kepada suami mereka.
C. Opzichter
tidak dapat lagi menehan marahnya terhadapistri kuli kontrak.
D. Istri
kuli kontrak merasa dihina oleh perlakuan Opzichter.
E. Opzichter
selalu mengganggu istri kuli-kuli kontrak.
17.
Konflik dalam kutipan di atas adalah….
A. Rasa
benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
B. Opzichter
merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
C. Rasa
marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak
terhadap Opzichter
D. Rasa
tertekan perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.
E. Opzichter
merasa terhina karena istri-istri kuli kontrak menolaknya..
18. Bacalah
penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai moral dalam penggalan
cerpen di atas adalah…
A. Orang
yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B. Orang
yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.
C. Kerukunan
kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya.
D. Persoalan
kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E. Dua
kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.
19. Cermati
paragraf berikut!
Pantun 1
|
Pantun 2
|
Mari kita ke pasar
bunga
beli bunga harganya
murah
Jika dinasihati ayah
dan bunda
Janganlah kesal jangan
menyanggah
|
Laju laju perahu laju
laju sampai ke Surabaya
Jika rajin menuntut
ilmu
kelak hidupmu akan
sejahtera
|
Perbedaan
isi kedua bait pantun tersebut adalah ….
Pantun 1
|
Pantun 2
|
|
A.
|
nasihat agar menuruti nasihat
orang tua
|
nasihat agar rajin belajar
|
B.
|
menganjurkan mencintai tanaman
|
menginginkan hidup sejahtera
|
C.
|
menginformasikan harga bunga
|
meraih kesuksesan hidup di
dunia
|
D.
|
cara mendengarkan nasihat orang
tua
|
cara menuntut ilmu pengetahuan
|
E.
|
menjelaskan sifat-sifat buruk
|
menjelaskan cara meraih
kesejahteraan
|
20. Cermati
kutipan novel berikut!
Ya Tuhan. Anakku polio?
L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini
dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena
leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu
makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, aku sudah
merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike
akhirnya meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar.
Irwan baru bisa datang setelah dia meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan
gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana dia tidak boleh
menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita
menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, aku dan Mas Irwan mengangkat anak
bernama Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas
cakrawala. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang
hampir menyingsing.
(Matahari di Batas
Cakrawala, Mira W.)
|
Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan
sesuai isi kutipan tersebut adalah …
A. Amanat dalam cerita disampaikan terlalu
gamblang oleh pengarang.
B. Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan
tempat.
C. Tokoh dalam cerita kurang terfokus sehingga alur cerita tidak
begitu jelas.
D. Pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerita kurang
tergambar.
E. Sajian permasalahan yang menimpa tokoh
terlalu berlebihan.
21. Perhatikan kutipan cerpen
berikut.
(1) “Angel! Kamu bawa
payung?” tegurku, seramah mungkin. (2) Gadis blasteran Inggris-Manado itu tidak
menoleh. (3) Ia hanya terus memandangi hujan dengan mata birunya yang
elok. (4) Ekspresi di wajah cantiknya
tak terbaca.(5) Aku mengeluarkan payung dari tasku. “Kalau mau, kamu bisa pakai
punyaku,” kataku sambil menyodorkan payung. (6) Angel akhirnya menoleh, tetapi
tidak menjawab….
(Aku, Dia dan Hujan,
Haqi K)
Bukti watak Angel yang acuh terletak pada kalimat bernomor ….
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (5) dan (6)
D. (2) dan (4)
E. (2) dan (6)
22. Cermati kutipan cerpen berikut!
Pada suatau hari
Permaisuri di kerajaan Pulau Mintin menoinggal dunia. Sejak saat itu Raja
menjadi sedih dan selalu murung. Keadaan ini membuatnya tidak dapat memerintah
dengan baik. Pada saat yang sama , keadaan kesehatan raja pun makin menurun.
Kemudian, raja pun berniat untuk berlayar guna menghibur hatinya. Sementara
raja pergi, tentu saja ad yang menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan
tahtanya kepada kedua anaknya.
Keterkaitan
peristiwa dalam kutipan cerita rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari
adalah….
A. Kematian
seseorang mentebabakan perebutan harta warisan.
B. Kematian
membuat seseorang membenci bahagia.
C. Kematian
seseorang harus segera dilupakan dengan berwisata.
D. Kematian
seseorang meyebabakan orang yang ditingggalkan kecewa.
E. Kematian
orang yang disayang meninggalkan duka yang mendalam
23. Bacalah
ilustrasi berikut !
Ketua Komisi
Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, mempertanyakan slogan Kota Depok
sebagai kota layak anak. Pasalnya, kasus kekerasan terhadap anak justru banyak
terjadi di Kota Depok.Selama delapan bulan terakhir pada tahun 2015 ini,
terdapat 287 kasus kekerasan terhadap anak di Depok. Slogan Kota Depok sebagai
kota layak anak hanya kabar bohong semata.
Ungkapan tepat
ilustrasi tersebut adalah ....
A. acungan
jempol
B. isapan
jempol.
C. bertangan
jempol
D. jempol
besar
E. cap
jempol
25. Cermati urutan kalimat Berikut
(1) Hal itu diungkapkan agar tidak ada lagi
tanaman padi yang terkena puso dan rusak karena kekeringan.
(2) Bupati Bandung meminta petani tidak lagi
menanam padi pada musim kemarau depan.
(3) Oleh karena itu, melalui Dinas Pertanian,
Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melakukan penyuluhan dan
sosialisasi kepada penduduk.
(4) Akan tetapi, masih ada saja petani yang
membandel tetap menanam padi.
(5) Akibatnya, banyak tanaman padi yang terkena
puso.
|
Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D. (3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2),
(3), (1), dan (4)
26. Cermati paragraf berikut!
Masih segar dalam ingatanku, waktu aku tinggal bersama
nenek di kampung karena kedua orang tuaku merantau. Nenek sangat
menyayangiku. Begitu pula aku, sangat menyayangi nenek. …. Aktivitas apa pun
yang dilakukan nenek aku ikut serta, seperti ke sawah, ke ladang, menghalau
bebek. Aktivitas ini bagian seni kehidupan di kampung yang sangat
menyenangkan dan mengesankan sepanjang hidupku.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
A. Kami melalui hari-hari dengan gembira,
senang, dan penuh kasih sayang.
B. Kasih sayang
adalah pengikat yang sangat baik antara manusia di dunia ini.
C. Saling menyayangi di antara anggota keluarga harus selalu
tercipta.
D. Sangat banyak jasa nenek yang saya rasakan dan tidak akan bisa
dibalas.
E. Sering nenek bercerita tentang masa kecilnya
yang penuh kenangan.
27. Cermati kutipan
berikut!
Dampak
paling nyata dari bencana kabut asap adalah masalah kesehatan. Lebih dari tiga
bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya tahan masyarakat kian menurun.
[….] Beberapa bantuan yang didistribusikan meliputi 125 ribu masker ke 97
kabupaten/kota terdampak, makanan tambahan 11 ton, alat penjernih air, serta
4.482 oximetry (alat cek denyut jantung), dan sontheimer (alat
menghitung kecepatan pernapasan anak-anak yang diperkirakan menderita ISPA).
Selain itu, 70 unit alat penjernih udara (air purifier) untuk rumah
sakit, oksigen consentrate dan 500 unit kit penanggulangan asap ke
puskesmas-puskesmas.
Kalimat
tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut adalah …
A.
Melihat kondisi semakin mengkhawatirkan,
Pemerintah memberikan bantuan tambahan ke daerah-daerah terdampak kabut asap.
B.
Keadaan semakin parah, Pemerintah tidak
bisa berdiam diri melihat daerah-daerah terdampak kabut asap.
C.
Bantuan-bantuan tambahan dari Pemerintah
sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di daerah terdampak kabut asap.
D.
Kondisi semakin memprihatinkan,
pemerintah daerah dan provinsi wajib meliburkan siswa di daerah terdampak kabut
asap.
E.
Pemerintah akan memberi Bantuan Santunan
Kematian (BSK) kepada korban meninggal akibat bencana asap.
28. Cermati
deretan kalimat berikut!
(1) Banyak teman saya yang tidak bisa membuat
atau menyusun pantun.
(2) Bagaimana cara menyusun pantun itu
sebenarnya.
(3) Menyusun pantun itu sangat mudah asal tau
syarat-syarat penyusunannya.
(4) Buatlah sampiran pada larik pertama dan
larik kedua.
(5) Kemudian, buat isi pada larik ketiga dan larik keempat.
(6) Isi pantun itu antara lain: nasihat,
sindiran, teka-teki, dan jenaka.
|
Konjungsi pada kalimat yang bercetak miring dapat divariasikan dengan
konjungsi ….
A. maka
B. ketika
C. sebelum itu
D. setelah itu
E. ketika itu
29.
Pemerintah telah melakukan operasi harga
sembako di pasar …, para pedagang tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli.
Seharusnya para penjual menaati kebijakan
pemerintah. .., mereka cenderung melanggar kebijakan tersebut. Pemerintah akan
menindaklanjuti pelanggaran tersebut. …, pemerintah memiliki banyak kendala.
Kata
penghubung antarkalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
adalah….
A. namun,
serta, apabila
B. namun,
sebaliknya, akan tetapi
C. meskipun,
sebaliknya, akan tetapi
D. namun,
sebaliknya, apabila
E. sebab,
serta, akan tetapi
30.
(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir
Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membuat
materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan
yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam sorgum
di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. ( 4) Harga sorgum lebih
murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas unggul sorgum bernama
Pahat.
Kalimat
yang menggunakan kata tidak baku
terdapat pada nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
31.
Kalimat yang tidak padu pada paragraf di atas bernomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
33.
Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Seberapa penting dan menentukannya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? … berlebihan kalau kita katakan … pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik. Apalagi, masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit … nilai terpuruk sehingga mengakibatkan barang-barang menghilang dari pasaran. … ada, harganya tidak terjangkau lagi.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
Seberapa penting dan menentukannya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? … berlebihan kalau kita katakan … pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik. Apalagi, masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit … nilai terpuruk sehingga mengakibatkan barang-barang menghilang dari pasaran. … ada, harganya tidak terjangkau lagi.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
A. Tentu
saja, kalau, begitu, barangkali
B. Tentunya,
bahwa, ketika, kalaupun
C. Namun, bahwa, begitu, bahkan
D. Namun,
ketika, begitu, barangkali
E. Oleh
karena itu, seandainya, selama, ketika
34.
Cermati paragraf berikut!
Dulu waktu di SMA dia dikenal pendiam. Akan tetapi,
sekarang dia malah menjadi aktif kampus di perguruan tinggi tempat dia
berkuliah. Karena itu, dia dikenal di kalangan mahasiswa dan dosen.
|
Perbaikan yang tepat untuk istilah
yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah
….
A. aktivitas
B. aktivis
C. aktivisme
D. aktifitas
E. aktifis
35.
Cermati paragraf rumpang berikut!
Jika amblasnya permukaan tanah di
sekitar semburan lumpur Lapindo, pipa air milik PDAM Surabaya patah. Pipa gas
milik Pertamina juga meledak bahwa penurunan tanah supaya
sebuah SUTET milik PT PLN dan seluruh jaringan telepon dan listrik di empat
desa tidak dapat difungsikan.
|
Konjungsi yang tepat untuk
memperbaiki yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….
A. akibat, karena, sehingga
B. sebab, akibat, maka
C. karena, sebab, akibat
D. ketika, karena, maka
E. jika, sehingga, akibatnya
36.
Cermati paragraf berikut!
(1) Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan
pembelajaran bermakna, bermanfaat, dan relevan dengan kehidupan siswa. (2)
Akan tetapi, sekolah tersebut tidak terlepas dari tantangan para guru dan
siswa dalam banyak hal. (3) Guru dituntut belajar dan mengembangkan
wawasannya. (4) Banyak cara membuat orang kagum terhadap sekolah. (5)
Karya-karya guru dan siswa tersebut sebagai salah satu wujud keberhasilan
dalam prestasi guru dan siswa.
|
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki
kalimat nomor (4) agar paragraf tersebut padu
adalah …
adalah …
A. Kebanggaan mereka terlihat apabila mereka
memiliki keberhasilan.
B. Tidak sia-sia mereka menghasilkan berbagai aktivitas.
C. Orang luar akan memandang keberhasilan sekolah dari karya guru.
D. Siswa diharapkan dapat menghasilkan berbagai karya inovasi
pendidikan.
E. Siswa dan guru sama-sama memiliki
kreativitas.
37.
Cermati paragraf berikut!
Salah satu prosesi adat pernikahan dalam masyarakat
Melayu Indragiri Hulu, Riau adalah membacakan "Surat Kapal" yang
dikenal juga dengan "Syair Cenderawasih". Syair ini berupa pantun
yang khusus dibacakan ketika keturunan bangsawan menikah, baik sesama keturunan
bangsawan (raja) maupun satu di antaranya. Isi pantun berupa filosofis perjalanan kapal menganalogikan bagaimana melawan ombak
(masalah) dalam perkawinan, riak kecil, dan rintangan lainnya. Berbagai
cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk berpantun.
|
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki
kalimat bercetak miring adalah …
A. Sudah seharusnya pemuda Indragiri peduli
terhadap kebudayaan tradisional, terutama di lingkungan sendiri.
B. Begitulah cara masyarakat Melayu Indragiri menyampaikan pantun
dengan melihat situasi dan kondisi setempat.
C. Jadi, pantun dalam masyarakat Melayu Indragiri Hilir digunakan
pula dalam acara adat-istiadat setempat.
D. Dengan demikian, pantun bernilai seni yang baik dan bermanfaat
seperti yang tampak di masyarakat Indragiri Hilir tersebut.
E. Karena itu, pantun di lingkungan masyarakat
Melayu Indragiri Hulu dilestarikan oleh generasi di lingkungan mereka.
38.
Cermati kalimat berikut!
Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun
membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air
payau.
Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan
yang berlaku adalah ....
A. Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di
air payau
B. Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di
air payau
C. Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di
Air Payau
D. Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di
Air Payau
E. Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di
Air Payau
39. Penggunaan
tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….
A.
Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan:
hidup atau mati.
B.
Narasumber :
Prof. Dr. Rahmat Effendi
Pemandu: :
Abdul Gani, M.Hum.
Pencatat : Sri Astuti Amelia, S.Pd.
C.
Keraf, Gorys. 2015.
Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.
D.
Ibu : "Bawa koper ini, Nak!"
Amir : "Baik,
Bu."
E.
Sekolah ini masih memerlukan: kursi, meja, dan lemari.
40.
Keberhasilan pasukan koalisi pemerintah
membuktikan, bahwa persatuan seluruh komponen menjadi syarat mutlak bagi
keberlanjutan Irak.
Kalimat
tersebut menggunakan ejaan yang salah karena….
A. Menggunakan
tanda koma sebelum kata bahwa.
B. kata
syarat seharusnya sarat.
C. kata
pemerintah seharusnya Pemerintah
D. Kata
hubung Bahwa seharusnya di awal kalimat.
E. Tanda
koma sebelum bahwa seharusnya titik koma.
Jawablah dengan tepat!
41.
Cermati teks eksplanasi berikut!
Pelangi merupakan suatu fenomena
alam yang berupa busur spektrum besar. Pelangi dianggap sebagai gejala optik
dan meteorologi yang tampak di langit atau medium lainnya berupa cahaya
beraneka warna saling sejajar. Selain terlihat di langit setelah hujan
ringan, pelangi juga bisa muncul di air terjun.
Pelangi terlihat karena adanya
pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi
partikel. Hal tersebut juga terjadi pada efek cahaya lainnya, misalnya warna
kemerahan pada langit ketika matahari terbenam.
Karena merupakan efek pembiasaan
cahaya, maka pelangi tidak akan terlihat ketika malam hari atau saat sedang
mendung.
Pelangi hanya akan tampak
apabila antara pengamat dan hujan yang bersamaan dengan matahari yang
bersinar berada di sisi yang berlawanan. Antara pengamat, matahari, dan
pelangi harus berada dalam satu garis lurus. JIka tidak demikian maka pelangi
tidak dapat terlihat.
|
Menurut pembagian strukturnya,
a. paragraf ke-1
termasuk bagian struktur yang disebut ….
b. paragraf ke-2 dan
ke-3 termasuk bagian struktur yang disebut ….
c. paragraf ke-4
termasuk bagian struktur yang disebut ….
42. Cermatilah teks berikut!
Polisi
Memburu Pelaku Pembakaran Hutan Di Riau
Kepolisian
Daerah Riau terus memburu pelaku pembakaran hutan dan lahan di
Riau. Jumlah pelaku yang tertangkap tangan sudah 40 orang. Hasil ini merupakan
kerja keras daripada semua pihak. Semuanya sudah diproses dipolres jajaran Polda
Riau. Tak hanya perorangan, pihaknya tengah mengusut 4 perusahaan yang diduga
membakar lahan dengan sengaja. Perusahaan-perusahaan itu berada di kabupaten
Indragiri Hilir.
Identifikasilah
penggunaan kata depan dan ejaan yang tidak tepat pada paragraph di atas.!
- Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Teks 1
(1) Dengan lantang, Tomoki melambaikan tangannya dan memanggil,
“Hei Tabi, makanlah bersama kami!” (2) Mata Tabitha menyipit ketika menemukan
asal suara cempreng tersebut, lalu melihat ke arah kami berempat. (3) Dengan
postur tubuh tegak, dia membuang seluruh isi bentonya ke dalam tong sampah,
lalu berjalan menjauh tanpa mengacuhkan kami. (4) “Wah, sifatnya lebih buruk darimu,
Tomo,” Tomoki berkata, tapi tak tampak tersinggung sama sekali. (5) “Kita tidak
bisa menolong seseorang yang tidak mau ditolong,” sahut Ryuu sambil mengangkat
bahu.
Teks 2
Aku memberi
selamat kepada kedua pengantin. Mereka tersenyum kelihatan agak sungkan.
“Monggo, Den Yanto,
silahkan duduk.”
Aku tertarik
pada seorang bocah patah di sebelah Sumarni.
Entah mengapa
aku ingin menegurnya. Apakah Karena matanya mirip dengn Sri?
“Sopo jenengmu, cah ayu?”tanyaku
sambil menjawil pipinya.
“Yanti…,”jawabnya dengan cukup kenes.
Bandingkan tema dan penggunaan
bahasa dari kedua cerpen tersebut!
44. Cermati paragraf berikut!
Bapak
dan ibu guru selalu bilang bahwa
semua siswa tidak boleh mencontek. Para guru-guru juga akan memberi sangsi jika ada siswa yang berbuat
curang. Hal ini dilakukan agar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya
diri.
Perbaikilah
kalimat-kalimat di atas sehingga menjadi kalimat yang benar dan efektif!
45.
Cermati kalimat berikut!
a. Dia
mempunyai banyak teman, karena baik hati.
b. Presiden
Indonesia menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat
tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan
bahasa Indonesia!
Kunci Jawaban
1.
B
2.
D
3.
E
4.
D
5.
D
6.
E
7.
A
8.
E
9.
C
10.
B
11.
E
12.
B
13.
E
14.
A
15.
E
16.
E
17.
C
18.
D
19.
A
20.
E
21.
E
22.
E
23.
B
24.
B
25.
B
26.
A
27.
A
28.
D
29.
B
30.
E
31.
D
32.
B
33.
B
34.
B
35.
A
36.
E
37.
B
38.
E
39.
E
40.
A
unduh file word Soal USBN 2017/2018 Klik https://drive.google.com/open?id=1-lhcvE1Gch9HkkcMJgog2xZCNcuegKEl
ReplyDeleteingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^
Trading lebih mudah & Rasakan pengalaman Trading dengan profit mudah . Bergabunglah Sekarang di DETIK TRADE.
ReplyDeleteTRADING FOREX ONLINE
Penarikan paling Tercepat
Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
1. Teregulasi di FCA.
2. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied.
3. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading.
4. Deposit & Penarikan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri.
5. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami DetikTrade
Register below:
☆Join With Us Detik Trade☆
#detiktrade #tradingbinaryoption #options #binaryoption #trading #platformtrading
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
WA : +6287752543745