KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR
NASIONAL (USBN) TAHUN 2019
Jenjang Pendidikan : SMA Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 45
Program : IPA/IPS Bentuk Soal : 40 PG dan 5 Uraian
Kurikulum : 2006
No
|
Kemampuan yang Diuji
|
Lingkup Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
1 |
Memaknai istilah/kata
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan
paragraf, peserta didik mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan
tepat.
|
Pilihan Ganda
|
2 |
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan
kutipan berita, peserta didik dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi
berita tersebut
|
Pilihan Ganda
|
3 |
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan pokok-pokok paragraf dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
4 |
Menemukan ide pokok
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan ide pokok dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
5 |
Menemukan inti kalimat
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan kalimat kompleks, peserta didik mampu
menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
6 |
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan
teks negosiasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks/hal yang disepakati
dengan tepat (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
7 |
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian
beberapa jenis paragraf
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu
menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
8 |
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian
beberapa jenis paragraf
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan dua paragraf, peserta didik mampu
menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
9 |
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan dua buah kutipan teks berita, peserta
didik mampu menyimpulkan persamaan/ perbedaan
isi kedua teks dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
10 |
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan beberapa paragraf, peserta didik mampu
menentukan rangkuman isi informasi dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
11 |
mengomentari isi paragraf
|
Membaca
Nonsastra
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang sesuai dengan isi
paragraf dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
12 |
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya
sastra
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan puisi/prosa , peserta didik
mampu mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
13 |
mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
|
Membaca Sastra
|
Disajikan
puisi kontemporer, peserta didik mampu menentukan ciri-ciri dan tema puisi
tersebut dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
14 |
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat,
cerpen, atau novel
|
Membaca
Sastra
|
Disajikan
kutipan novel, peserta didik mampu menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
dalam kutipan tersebut dengan tepat.
|
Pilihan Ganda
|
15 |
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik,
penyebab konflik, dan nilai-nilai)
|
Membaca Sastra
|
Disajikan
kutipan cerita, peserta didik dapat menentukan konflik dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
16 |
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik,
penyebab konflik, dan nilai-nilai)
|
Membaca Sastra
|
Disajikan
kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan nilai moral hikayat sesuai
kutipan dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
17 |
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Membaca Sastra
|
Disajikan
kutipan karya sastra, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan
kelemahan karya dengan tepat (soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
18 |
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat
|
Membaca Sastra
|
Disajikan
kutipan novel dan hikayat, peserta didik dapat membandingkan unsur intrinsik
dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
19 |
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra
(berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Membaca Sastra
|
Disajikan dua buah teks kutipan pantun, peserta
didik mampu membandingkan kedua kutipan teks tersebut berdasarkan unsur
intrinsik teks/maksud pantun dengan tepat
(soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
20 |
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Membaca Sastra
|
Disajikan
kutipan novel, peserta didik dapat mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Pilihan Ganda
|
21 |
menentukan istilah/ kata yang tepat dalam resensi, kritik, atau esai
|
Menulis
Terbatas
|
Disajikan
paragraf yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi bagian rumpang
dengan istilah yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
22 |
Melengkapi proposal/notulen
|
Menulis
Terbatas
|
Disajikan
kutipan teks proposal yang dirumpangkan, peserta didik mampu melengkapi
bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
23 |
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
|
Menulis
Terbatas
|
Disajikan
paragraf narasi yang dirumpangkan, , peserta didik dapat menentukan kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
24 |
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
|
Menulis
Terbatas
|
Disajikan
paragraf narasi yang dirumpangkan, , peserta didik dapat menentukan kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
25 |
menyusun paragraf padu
|
Menulis
Terbatas
|
Disajikan
lima atau enam kalimat acak, peserta didik dapat mengurutkan kalimat menjadi
paragraf padu dengan tepat (soal dari pusat)
|
Pilihan Ganda
|
26 |
memvariasikan kata
|
Menulis
Terbatas
|
Disajikan
teks prosedur yang didalamnya terdapat konjungsi, peserta didik dapat
menentukan konjungsi yang sesuai untuk menggantikan konjungsi dalam teks
tersebut.
|
Pilihan Ganda
|
27 |
menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Menulis
Terbatas
|
Disajikan puisi yang rumpang, peserta didik mampu
melengkapi dengan baris yang tepat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Pilihan Ganda
|
28 |
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan kata tidak padu dalam paragraf
dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
29 |
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
30 |
Menggunakan istilah dalam kalimat
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, peserta
didik mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
31 |
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau
empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
32 |
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau
empat kata berimbuhan, peserta didik mampu melengkapi bagian yang rumpang
dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
Pilihan Ganda
|
33 |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan
paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, peserta didik dapat
memperbaiki kata tidak baku dengan tepat (soal dibuat pusat)
|
Pilihan Ganda
|
34 |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Disajikan
paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, peserta didik dapat
menentukan perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal dibuat
pusat)
|
Pilihan Ganda
|
35 |
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan, gelar,
nama kota, kata depan)
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan
lima penulisan judul penelitian, peserta didik dapat menentukan pemulisan
judul yang sesuai ejaan dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
36 |
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda titik dua, peserta didik mampu menentukan kesalahan
penggunaan titik dua dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
37 |
Menggunakan ejaan
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan huruf
kapital, peserta didik mampu menggunakan huruf kapital dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
38 |
Menggunakan tanda baca
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda
koma, peserta didik mampu menggunakan tanda koma dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
39 |
Memperbaiki kesalahan pengunaan ejaan
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan ejaan, peserta didik mampu
menentukan perbaikan penggunaan ejaan dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
40 |
Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan
penggunaan tanda baca, peserta didik
mampu menentukan perbaikan tanda baca dengan tepat
|
Pilihan Ganda
|
41 |
Membandingkan paragraf deduktif dan induktif
|
Membaca Nonsastra
|
Disajikan satu paragraf deduktif dan satu
paragraf induktif, peserta didik mampu menentukan kalimat utama dan jenis
kedua paragraf dengan tepat
|
Uraian
|
42 |
menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsikhikayat, cerpen, atau
novel
|
Membaca Sastra
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik mampu
menentukan watak tokoh, cara pendeskripsian, latar tempat, dan nilai dalam
kutipan tersebut dengan tepat
|
Uraian
|
43 |
melengkapi proposal
|
Menulis terbatas
|
Disajikan bagian proposal berupa tema proposal,
peserta didik mampu menyusun latar belakang proposal dengan tepat
|
Uraian
|
44 |
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
|
Menyunting kata, kalimat, dan paragraf
|
Disajikan teks yang di dalamnya terdapat
penulisan kata yang tidak tepat, peserta didik mampu mengidentifikasi kata
tidak baku dalam teks tersebut dengan tepat
|
Uraian
|
45 |
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan
tanda baca, peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan dengan penjelasan
dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
|
Uraian
|
UNDUH FILE KISI-KISI SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://drive.google.com/open?id=161JGMlkDrH5lBdzGKhVCLHcq1sUC79IX
BACA SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2006 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html
0 komentar:
Post a Comment