RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ……………..
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X / Genap
Materi Pokok : Biografi
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,
responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.14 Menilai hal
yang dapat diteladani dari teks biografi.
4.14 Mengungkapkan
kembali hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
|
·
Mengidentifikasi
peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam
biografi tokoh.
·
Menyampaikan kembali hal-hal
yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi.
·
Memberikan komentar
secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta
didik dapat mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan,
karier, perjuangan) dalam biografi tokoh, menyampaikan
kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam
teks biografi, memberikan komentar secara lisan atau
tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.dengan rasa ingin tahu, tanggung
jawab, displin dan kreatif (integritas)
selama proses pembelajaran dan bersikap
jujur, percaya diri serta pantang
menyerah.
D.
Materi
pembelajaran
·
Pola
penyajian cerita ulang (biografi).
·
Hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
Fakta : Biografi
Konsep : Cerita Ulang
Prinsip : Pola
Penyajian
Prosedur
: Hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Learning
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F.
Media/alat,
Bahan
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan
gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan,
laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang
dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai
(slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G.
Sumber
Belajar
1. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
2. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
3. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya,
yaitu : Isi debat dan Pihak-pihak
pelaksana debat
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema /
projek ini kerjakan dengan baik
dan sungguh-sungguh
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materipola penyajian cerita ulang (biografi)
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi pola penyajian cerita ulang
(biografi) dengan cara :
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi pola
penyajian cerita ulang (biografi)
“Apa yang
kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi pola
penyajian cerita ulang (biografi)
Ø pemberian contoh-contoh materi pola
penyajian cerita ulang (biografi)
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi pola penyajian cerita ulang (biografi) dari buku paket
atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
lingkungan
pemberian materi pola penyajian cerita ulang (biografi) oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi pola penyajian cerita ulang (biografi), untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi pola penyajian cerita ulang
(biografi) yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud dengan pola
penyajian cerita ulang (biografi)?
Ø Terdiri dari apakah pola
penyajian cerita ulang
(biografi) tersebut?
Ø Seperti apakah pola penyajian cerita ulang (biografi) tersebut?
Ø Apa fungsi pola penyajian cerita ulang (biografi)?
Ø Bagaimanakah materi pola
penyajian cerita ulang (biografi)
itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan peserta
didik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi pola penyajian
cerita ulang (biografi) yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi pola penyajian cerita ulang (biografi) yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
pola penyajian cerita ulang
(biografi) yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi pola penyajian cerita ulang (biografi) yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi pola penyajian
cerita ulang (biografi)
mencatat
semua informasi tentang materi pola penyajian cerita ulang (biografi) yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi pola penyajian cerita ulang (biografi) sesuai dengan
pemahamannya
- Saling tukar informasi tentang
materi pola penyajian cerita ulang (biografi) dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru
yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
- Berdiskusi
tentang data dari materi pola penyajian cerita ulang (biografi) yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi pola penyajian cerita ulang (biografi) yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi pola penyajian cerita
ulang (biografi)
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : pola
penyajian cerita ulang
(biografi), antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi pola
penyajian cerita ulang (biografi) berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang mteri : pola penyajian cerita ulang
(biografi)
·
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi pola
penyajian cerita ulang (biografi) dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
·
Bertanya atas presentasi tentang
materi pola penyajian cerita ulang
(biografi) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang pola penyajian cerita ulang (biografi)
·
Menjawab pertanyaan tentang pola
penyajian cerita ulang (biografi) yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
·
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi pola
penyajian cerita ulang (biografi) yang
akan selesai dipelajari
·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi pola penyajian cerita ulang (biografi) yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan
:
Selama
pembelajaran pola penyajian cerita ulang
(biografi) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran pola penyajian cerita ulang (biografi) yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran pola penyajian cerita ulang (biografi) yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran pola penyajian cerita ulang (biografi).
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi
pelajaran pola penyajian cerita ulang (biografi)
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran pola penyajian cerita ulang (biografi) kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya,
yaitu : pola penyajian cerita ulang (biografi)
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema /
projek ini kerjakan dengan baik
dan sungguh-sungguh
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materihal-hal yang patut
diteladani dari tokoh dalam biografi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi dengan
cara :
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi
“Apa yang
kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi hal-hal yang
patut diteladani dari tokoh dalam biografi
Ø pemberian contoh-contoh materi
hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi hal-hal yang patut
diteladani dari tokoh dalam biografi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi hal-hal yang patut
diteladani dari tokoh dalam biografi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh
dalam biografi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø Apa yang dimaksud dengan hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi?
Ø Terdiri dari apakah hal-hal yang
patut diteladani dari tokoh dalam biografi
tersebut?
Ø Seperti apakah hal-hal yang patut
diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut?
Ø Apa fungsi hal-hal yang patut
diteladani dari tokoh dalam biografi?
Ø Bagaimanakah materi hal-hal yang
patut diteladani dari tokoh dalam biografi itu berperan dalam kehidupan
sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam
biografi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi
yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi yang sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi yang sedang
dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi
mencatat
semua informasi tentang materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh
dalam biografi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh
dalam biografi sesuai dengan pemahamannya
- Saling tukar informasi tentang
materi hal-hal yang patut
diteladani dari tokoh dalam biografi dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru
yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar
dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
- Berdiskusi
tentang data dari materi hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam
kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang
berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang mteri : hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi
·
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
·
Bertanya atas presentasi tentang
materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang hal-hal yang patut diteladani dari tokoh
dalam biografi
·
Menjawab pertanyaan tentang hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
·
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi yang akan
selesai dipelajari
·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi hal-hal yang patut diteladani dari tokoh
dalam biografi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan
:
Selama
pembelajaran hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi
pelajaran hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi yang baru
diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi
pelajaran hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran hal-hal yang patut diteladani dari
tokoh dalam biografi kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
Asih
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Cukup
25
= Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh
format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya
:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
|
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok.
|
|
100
|
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek
Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas
Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai Berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum
memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal
tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap
rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru
memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan. @aminyusuf
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
Mengetahui, ………..,
……………..
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
……………………………… ………………………………
……………………………… ………………………………
UNDUH FILE WORD RPP TEKS BIOGRAFI KLIK
https://drive.google.com/open?id=1HXEsWdlTRGy-frUc6XjHptFfKhk5O1JU
0 komentar:
Post a Comment