RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA …………….
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : X / Genap
Materi Pokok : Unsur-unsur
pembangun puisi
Alokasi Waktu : 2
Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
·
KI-1
:Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2:Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI-3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
·
KI-4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.17. Menganalisis
unsur pembangun puisi.
|
3.17.1. Mendefinisikan tentang Unsur-unsur pembangun
puisi diksi;imaji;kata konkret;gaya bahasa;rima/irama;tipografi; tema/makna
(sense); rasa (feeling);nada (tone);danamanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.2. Mengidentifikasikan tentang Unsur-unsur
pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama;
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud
(itention).
3.17.3. Mendeskripsikan tentang Unsur-unsur
pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama;
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.4. Mengklasifikasikan tentang Unsur-unsur
pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama;
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.5. Menemukan data dan informasi tentang
Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama;
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi
tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa;
rima/irama; tipografi; tema/makna
(sense); rasa (feeling); nada (tone);
dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.7. Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi,
imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna
(sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud
(itention). dalam puisi.
3.17.8. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan
informasi tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret;
gaya bahasa; rima/irama; tipografi;
tema/makna (sense); rasa (feeling);
nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.9. Menganalisis tabulasi data dan informasi
tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa;
rima/irama; tipografi; tema/makna
(sense); rasa (feeling); nada (tone);
dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.10. Menguraikan hasil analisa data dan
informasi tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret;
gaya bahasa; rima/irama; tipografi;
tema/makna (sense); rasa (feeling);
nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.11. Mengasosiasikan uraian data dan
informasi tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret;
gaya bahasa; rima/irama; tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
3.17.12. Menulis puisi dengan memerhatikan
diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi,
tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud
(itention)
3.17.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data
dan informasi tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret;
gaya bahasa; rima/irama; tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention).
|
4.17. Menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan).
|
4.17.1. Memverifikasi kesimpulan data dan informasi
tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa;
rima/irama; tipografi; tema/makna
(sense); rasa (feeling); nada (tone);
dan amanat/tujuan/maksud (itention).
4.17.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data
tentang Unsur-unsur pembangun puisi diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa;
rima/irama; tipografi; tema/makna
(sense); rasa (feeling); nada (tone);
dan amanat/tujuan/maksud (itention).
4.17.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah
ditulis
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre,
saintifik, dan CLIL peserta didik dapat menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan).dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kreatif (integritas)
selama proses pembelajaran dan bersikap
jujur, percaya diri serta pantang
menyerah.
D.
Materi
pembelajaran
Unsur-unsur pembangun puisi
· diksi;
· imaji;
· kata
konkret;
· gaya
bahasa;
· rima/irama;
· tipografi;
· tema/makna
(sense);
· rasa (feeling);
· nada (tone);dan
· amanat/tujuan/maksud
(itention).
Fakta : Puisi
Konsep : Puisi
Prinsip : Unsur-unsur
pembangun puisi
Prosedur : diksi;
imaji; kata konkret; gaya bahasa; rima/irama; tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention).
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Learning
Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran
Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah )/ projek
F.
Media/alat,
Bahan
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G.
Sumber
Belajar
1. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
2. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
3. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : puisi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materiunsur-unsur
pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama dengan cara :
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur
pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
“Apa yang kalian
pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama
Ø pemberian
contoh-contoh materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata
konkret; gaya bahasa; dan rima/irama untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi;
imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud
dengan unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama?
Ø Terdiri dari apakah
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama tersebut?
Ø Seperti apakah
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama tersebut?
Ø Apa fungsi
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama?
Ø Bagaimanakah materi
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan
peserta didik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi :
diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sedang
dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur pembangun
puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
mencatat semua informasi tentang materi
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi
dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama sesuai dengan pemahamannya
- Saling tukar informasi tentang
materi unsur-unsur
pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur pembangun puisi :
diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret;
gaya bahasa; dan rima/irama
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur
pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa;
dan rima/irama
·
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan
·
Bertanya atas presentasi tentang
materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur pembangun puisi : diksi;
imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama
·
Menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama yang akan selesai dipelajari
·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji;
kata konkret; gaya bahasa; dan rima/irama yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa;
dan rima/irama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur
pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama yang baru
diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa untuk materi pelajaran unsur-unsur
pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama.
- Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf
serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi
pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya
bahasa; dan rima/irama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur
pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : unsur-unsur
pembangun puisi : diksi; imaji; kata konkret; gaya bahasa; dan
rima/irama
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materiunsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention)
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) dengan cara :
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur
pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention)
“Apa yang kalian
pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar kerja materi
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention)
Ø pemberian
contoh-contoh materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention)
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi :
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) , untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud
(itention) yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud
dengan unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) ?
Ø Terdiri dari apakah
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) tersebut?
Ø Seperti apakah
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) tersebut?
Ø Apa fungsi
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) ?
Ø Bagaimanakah materi
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi :
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) yang
sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) yang
tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur pembangun
puisi : tipografi; tema/makna
(sense); rasa (feeling); nada (tone);
dan amanat/tujuan/maksud (itention)
mencatat semua informasi tentang materi
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention)
sesuai dengan pemahamannya
- Saling tukar informasi tentang
materi unsur-unsur
pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru
yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur pembangun puisi :
tipografi; tema/makna
(sense); rasa (feeling); nada
(tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang sudah dikumpulkan /
terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention)
yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention)
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur
pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) , antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud
(itention)
·
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
·
Bertanya atas presentasi
tentang materi unsur-unsur pembangun puisi :
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur pembangun puisi :
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention)
·
Menjawab pertanyaan tentang unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
·
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) yang
akan selesai dipelajari
·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur pembangun puisi :
tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud
(itention) yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention) yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur
pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa untuk materi pelajaran unsur-unsur
pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) .
- Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf
serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi
pelajaran unsur-unsur pembangun puisi : tipografi; tema/makna (sense); rasa (feeling); nada (tone); dan
amanat/tujuan/maksud (itention)
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur
pembangun puisi : tipografi;
tema/makna (sense); rasa
(feeling); nada (tone); dan amanat/tujuan/maksud (itention) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian
observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari,
baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
Mae
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggung Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring
dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka
peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri.
Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan
terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan
dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan
merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan
oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya
ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
3
|
Saya ikut serta dalam
membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
4
|
...
|
100
|
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian
ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya
:
Nama yang
diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat
teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi
terhadap permasalahan.
|
100
|
|
3
|
Memaksakan pendapat
sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
4
|
Marah saat diberi
kritik.
|
100
|
|
5
|
...
|
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat
lampiran)
b. Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
(Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai Berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian
pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah
skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan
:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek
(Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk
(Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan
semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1)
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di
lingkungan sekitar.
Mengetahui, …………..,
……….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
……………………………... ………………………………
NIP ………………………… NIP …………………………
ReplyDeleteingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^