SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2019
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM
2006
Baca: Kisi-Kisi (indicator) Soal USBN Kur 2006 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/kisi-kisi-soal-usbn-2019-bahasa.html
I. PILIHAN GANDA
1. Teknologi benih hibrida dan teknologi
mulsa plastic hitam perak merupakan usaha untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Namun, kombinasi teknologi itu memerlukan asupan pupuk kimia yang tinggi. Itu, jadi masalah baru ketika pupuk kimia langka. Kelangkaan pupuk kimia dan harga tinggi telah menjadi permasalahan rutin yang dihadapi petani setiap musim tanam. Masalah itu, seolah-olah tidak teratasi. Padahal, menurut produsen, kapasitas produksi pupuk cukup untuk kebutuhan musim tanah di areal yang telah terdata
meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Namun, kombinasi teknologi itu memerlukan asupan pupuk kimia yang tinggi. Itu, jadi masalah baru ketika pupuk kimia langka. Kelangkaan pupuk kimia dan harga tinggi telah menjadi permasalahan rutin yang dihadapi petani setiap musim tanam. Masalah itu, seolah-olah tidak teratasi. Padahal, menurut produsen, kapasitas produksi pupuk cukup untuk kebutuhan musim tanah di areal yang telah terdata
Makna kata kombinasi dalam paragraf
tersebut adalah ….
A. jumlah yang banyak
B. gabungan bebarapa hal
C. tidak dapat dipisah
D. dugaan yang tepat
E. sambungan bebarapa hal
A. jumlah yang banyak
B. gabungan bebarapa hal
C. tidak dapat dipisah
D. dugaan yang tepat
E. sambungan bebarapa hal
2. Bacalah paragraf berikut
!
__ (1)
Sirene sebagai bagian dari sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan menggunakan teknologi
komunikasi satelit dan GSM. (2) Begitu ada gempa,sensor yang
dipasang pada sirene akan memberikan data secara cepat ke Stasiun BMKG.(3)
Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk mengetahui terjadinya tsunami
atau tidak dalam waktu 10 menit. (4) Apabila ada potensi akan terjadi tsunami,
sirene langsung dibunyikan dalam bentuk nada tertentu. (5) Dari nada itu, orang
akan berjaga-jaga.
Kalimat yang berisi fakta adalah
nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
3. Perhatikan penggalan teks berikut!
Wabah
penyakit demam berdarah yang sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia di
beberapa tahun yang lalu perlu mendapat perhatian. Begitu pula vektor Aedes
aegepty yang terdapat baik di daerah pedesaan maupun perkotaan memberi risiko
timbulnya wabah penyakit di masa akan datang. Untuk mengatasi masalah penyakit
demam berdarah di Indonesia telah puluhan tahun dilakukan berbagai upaya
pemberantasan vektor, tetapi hasilnya belum optimal. Kejadian luar biasa (KLB)
masih sering terjadi secara teoritis ada empat cara untuk memutuskan rantai
penularan DBD ialah melenyapkan virus, mengisolasi penderita, mencegah gigitan
nyamuk (vektor), dan menggali vektor. Pengendalian vektor dilakukan dengan dua
cara yaitu dengan cara kimia dan pengelolaan lingkungan, salah satunya dengan
cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN).
Sumber: http://duniaiptek.com/pencegahan-demam-berdarah-melalui-metode-pemberantasansarang-nyamuk-psn/
Isi penggalan teks di atas yang
tepat adalah ....
A. wabah penyakit demam berdarah perlu mendapat perhatian.
B. demam berdarah penyakit nomor 1 yang mematikan setelah
jantung
C. Penyebaran penyaakit demam berdarah mengalami penurunan
D. nyamuk bukan satu-satunya penyebab demam berdarah
E. perlu adanya kerja sosial di lingkungan RT dan pemberian vaksin
4.
Bacalah paragraf
berikut ini!
Kemiskinan dan pengangguran menimbulkan
berbagai masalah di Indonesia. Masalah yang ditimbulkan oleh kemiskinan dan
pengangguran diantaranya masalah sosial, ekonomi, dan budaya. Kemiskinan dan
pengangguran menjadi suatu focus perhatian bagi pemerintah Indonesia. Masalah
kemiskinan ini sangatlah kompleks dan bersifat multidimensional. Kemiskinan
terus menjadi masalah fenomenal di berbagai belahan dunia, khususnya Indonesia,
yang merupakan negara berkembang. Kemiskinan telah membuat jutaan anak tidak
dapat mengenyam pendidikan, kesulitan membiayai kesehatan, kurangnya tabungan dan
investasi, serta masalah lain yang menjurus ke arah tindakan kekerasan dan
kejahatan.
Isi pokok paragraph tersebut adalah ….
A. Pengangguran
menimbulkan masalah baru di Indonesia
B. Kemiskinan
dan pengangguran menimbulkan berbagai masalah di Indonesia
C. Masyarakat
miskin tidak dapat mengenyam pendidikan
D. Kurangnya
kesempatan kerja bagi masyarakat
E.
Penyebab timbulnya tindakan kejahatan dan
kekerasan
5. Pada
salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan peristiwa di
atas Hotel Yamato.
Inti
kalimat tersebut adalah ....
A. siswa tercengang
B. menonton adegan
C. adegan peristiwa
D. siswa menonton
E. salah satu adegan
6. Cermati teks berikut!
Kirito : Ada yang bisa saya
bantu?
Firman : Eh, Kirito. Ini toko
kamu?
Kirito :
Iya, Man. Mau beli apa?
Firman : Ini To, aku mau beli
kaos, ada yang bagus tidak?
Kirito : Banyak, Man. Pilih
saja…
Firman : Coba yang itu, To.
Berapa harganya?
Kirito : Wah, yang ini 190
ribu, Man.
Firman : Ah, To harga kita-kita
lah!
Kirito : Yaah, karena teman
makanya tidak ada tawaran lagi.
Firman : Sembilan puluh ribu lah, To?
Kirito :
Seratus lima ribu lah, nanti untungnya
tidak ada.
Firman : Aku tambahi lima ribu
lagi, sembilan puluh lima ribu, ya.
Kirito :
Sudahlah, seratus ribu, ya.
Firman : Ya baiklah, seratus
ribu, ya.
|
Hal
yang disepakati dalam kutipan teks negosiasi tersebut adalah ....
A. penawaran baju
B. banyak kaos
C. harga kaos
D. model baju
E. pemilihan baju
7. Bacalah teks beikut
Teks 1
Tenaga kerja yang diperlukan dalam persaingan bebas adalah tenaga kerja
yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan
berkepribadian. Tenaga kerja yang pandai adalah tenaga kerja yang mempunyai
kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil
artinya mampu menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan
pendukung yang sesuai untuk diterapkan agar diperoleh hasil maksimal. Sementara itu, tenaga
kerja yang berkepribadian adalah tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal,
disiplin, dan jujur.
Teks 2
Salju yang turun dari
langit memberikan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan
nuansa putih, menghasilkan pemandangan cantik dan memikat bagi penikmat
keindahan. Hawa dingginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang beriklim
subtropis dan sedang ini. Inilah musim dingin yang terjadi di negeri matahari
terbit.
Perbedaan teks 1 dan
2 tersebut adalah
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
Kalimat utama di
awal paragraf
|
Kalimat utama di
akhir paragraf
|
B
|
Kalimat utama di
akhir paragraf
|
Kalimat utama di
awal paragraf
|
C
|
Kalimat utama di
awal paragraf
|
Kalimat utama di
tengah paragraf
|
D
|
Kalimat utama di
tengah paragraf
|
Kalimat utama di
awal paragraf
|
E
|
Kalimat utama akhir
paragraf
|
Kalimat utama di
tengah paragraf
|
8. Perbedaan penyajian kedua teks
tersebut adalah .
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
Diawali
unsur kapan
|
Diawali
unsur siapa
|
B
|
Diawali
unsur apa
|
Diawali
unsur di mana
|
C
|
Diawali
unsur bagaimana
|
Diawali
unsur mengapa
|
D
|
Diakhiri
unsur bagaimana
|
Diakhiri
unsur apa
|
E
|
Diakhiri
unsur di mana
|
Diakhiri
unsur siapa
|
9.
Kedua kutipan paragraf berikut untuk soal nomor 11 dan 12.
Teks
1
Ketenaran
objek wisata Kepulauan Raja. Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun
luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling
menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film
ini mengangkat keindahan bawah laut Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan
Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat
segitiga karang dunia.
Teks
ll
Kepulauan
Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85%
wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600
pulau. Kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam luar biasa. Tempat
wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata
bawah
lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di
kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan
keragaman flora dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai
75% seluruh spesies karang di dunia.
Persamaan kedua teks tersebut adalah
A. membahas film
Edis Paradise 3
B. membahas
keindahan pulau-pulau di sekitar Raja Ampat
C. membahas
keragaman flora dan fauna Raja Ampat
D. membahas objek
wisata Raja Ampat
E. membahas pusat
segitiga karang dunia
10. Cermati kutipan novel berikut!
Di sini Djepris tidak bisa berbicara
sepatah kata pun. Dan Controlaur diam sebentar lalu berkata lagi. “Tuan
berkata, ‘Orang Jawa kotor’, tetapi Tuan toh mengerti juga bila ada orang
Belanda yang lebih kotor dari pada orang Jawa?”
“Orang Jawa Bodoh, kata Tuan. Sudah tentu
saja, karena memang pemerintah sengaja membikin bodoh kepadanya. Mengapa
Regeering tidak membuat sekolahan yang
secukupnya untuk orang Jawa atau orang Hindia. Sedang semua orang
tahu, jika tanah Hindia itu yang membikin kaya tanah kita, Nederland.”
|
Rangkuman yang tepat berdasarkan kutipan tersebut adalah …
A.
Penjajah
Belanda telah berperilaku baik kepada orang Jawa, karena mau mendirikan sekolah
untuk orang Jawa.
B. Penjajah Belanda sama saja dengan penjajah
Jepang yaitu membuat orang Jawa menjadi bodoh.
C. Belanda dan Jepang sengaja membuat orang Jawa
bodoh.
D. Orang Belanda mengatakan bahwa orang Jawa
bodoh dan kotor. Hal itu karena pemerintah Belanda tidak mau mendirikan sekolah
untuk orang Jawa.
E. Orang Belanda mengatakan bahwa orang Jawa badannya kotor dan bodoh.
Padahal tanah Hindialah yang membuat Belanda kaya
11. Bacalah paragraf
berikut !
Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
A. Bahan bakar minyak masih tersedia
cukup untuk 35 tahun.
B. Ketersediaan
minyak bumi harus dihemat penggunaannya.
C. Produksi minyak bumi mencapai 500
juta barel per tahun.
D. Persediaan minyak bumi Indonesia
masih tersedia banyak.
E. Cadangan minyak mentah selalu
tersedia.
12.
Cermati puisi berikut ini!
Sepuluh November
Saat itu
Api yang membakar dadamu
Mengukuhkan semangat juangmu
Saat ini
Meskipun jasmanimu cacat
Jiwamu, pahlawan
Memihak yang benar
…..
Makna
kata yang dicetak tebal dalam puisi di atas adalah . . . .
A. semangat
A. semangat
A.
Kemarahan
B.
Cita-cita
C.
perjuangan
D. Emosi
13. Cermati puisi kontemporer di bawah ini!
Shang Hai
ping di atas pong
pong di atas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping
ya tak ping ya tak pong
sembilu jarakMu merancap nyaring
karya dari Sutardji Calzoum Bachri.
Ciri yang menonjol puisi di atas
adalah....
A. Seringkali menyatukan beberapa
kata atau kalimat bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat bahasa asing
ataupun bahasa daerah hingga bahasa dialek.
B. Ada banyak terjadi pengulangan kata, frasa, atau
kelompok kata sehingga membuat puisi ini tidak wajar
C. Kekerasan/kemerduan bunyi sangat
diperhatikan
D. Seringkali memamaki idiom-idiom
yang tidak konvensional (inkonvensional) atau yang tidak lazim
E. Banyak terjadi kemacetan
bunyinya, dan nyaris tidak dapat dibaca dikarenakan kadang hanya tampak tanda
tanya yang disejajarkan
14.
Cermati teks berikut!
Tiap-tiap kata yang diucapkan dengan
penuh kegembiraan, penuh semangat itu, meresap kepada segala yang hadir. Tuti
telah terkenal seorang pendekar yang pandai memilih kata, yang dapat
mengucapkan katanya dengan kegembiraan seluruh hatinya, sehingga tertarik dan
terhanyut segala orang yang
mendengarkan. Kegembiraannya meluap-luap, perasaan itulah bedanya yang terbesar
dengan Sukamti, ketua rapat,yang mengucapkan perkataannya satu persatu, secara
perlahan-lahan. Apa yang ada pada seorang berupa ketenangan, orang yang percaya akan tenaga dirinya dan berhasilnya
gemuruh gembira menuju lautan.
(Layar Terkembang,
Sutan Takdir Alisyahbana)
Pendeskripsian watak
Tuti pada kutipan tersebut adalah ….
A. Pikiran tokoh
B. Uraian secara langsung
C. Dialog antar tokoh
D. Tanggapan tokoh lain
E. Keadaan sekitar tokoh
15.
Muharam tak
rela, tak terima. Hidupnya nan tenteram selama puluhan tahun sebagai tukang las alumunium
dandang bocor dan berbagai peralatan dapur sehingga ia adalah kesayangan
ibu-ibu terusik
gara-gara gelar nan hina itu. Anak-anaknya protes karena sering diejek
teman-temannya di sekolah. Muharam
sendiri jengkel lantaran nama itu selalu mengingatkannya pada peristiwa tragis
panjat pinang dulu, dan ia malu seisi kampung kini tahu ia buta huruf. Julukan
Muharam Buku Gambar telah membunuh karakter.Maka ketika ada program Paket A
untuk membasmi buta huruf warga republik usia berapa pun, Muharam kontan
mendaftar, demi harga dirinya, demi martabat anak-anaknya.
Konflik yang terdapat dalam kutipan novel
tersebut adalah . . . .
- Mengikuti program Paket A untuk membasmi buta huruf
- Teringat peristiwa tragis panjat pinang di kampungnya dulu
- Rasa malu Muharam atas julukan Muharam Buku Gambar karena dia buta huruf
- Menegur orang-orang yang telah menghina harga dirinya
- Anaknya malu terhadap pekerjaan ayahnya sebagai tukang las
16. Bacalah penggalan hikayat berikut.
Alkisah maka tersebutlah perkataan Batara Guru menitahkan Begawan Batara
Narada dan Batara Indera. (2) Katanya, “Hai
Tuan hamba kedua, pergilah Tuan hamba kedua turun ke dunia menghidupkan
Raden Samba Perwira itu karena terlalu kasihan hamba melihat ayah bundanya
terlalu sangat bercintakan anaknya itu”. (3) Setelah Begawan Batara Narada dan
Batara Indera mendengar titah Batara Guru itu, Maka ia pun segera turunlah ke
dunia. (4) …Hatta maka tatkala Batara Krisna melihat akan Batara Narada dan
Batara Indera itu diiringkan oleh segala raja-raja datang mendapatkan mayat
Raden Samba Perwira, maka ia pun memberi
hormat akan Begawan Batara Narada dan Batara Indera itu. (5) Maka Barata
Krisna, “Ya Tuan Hamba Begawan Batara Narada dan Adinda Tuan Batara Indera, “
apakah pekerjaan Tuan Hamba kedua ini datang kepada hamba?”
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan
tersebut adalah ….
A.
Orang tua yang sangat mencintai anaknya
B.
Cinta anak kepada orang tua
C.
Ketaatan kepada kedua orang tua
D.
Ketaatan kepada pemimpin
E.
Kepatuhan harus dijunjung tinggi
17. Cermati kutipan cerita berikut!
Kujumpai wajahnya yang senantiasa
memancarkan cahaya yang bersumber dari surga. Sebuah wajah yang berhasil
melewati usia paruh baya dengan masih bersetia menyimpan kecantikan masa
lalu. Sebuah kecantikan yang tidak diciptakan dari berbagai merk ternama
produk kecantikan atau bibir yang senantiasa bergincu merah. Sama sekali
tidak. Sebuah kecantikan yang sulit sekali ditafsirkan oleh berbagai
pancaindra dari mana ia terbentuk. Ketika kau memandangnya, kau tak akan
menjumpai wajah seseorang nenek, tetapi sebuah kecantikan cahaya yang serasa
dipantulkan dengan suksesnya jauh ke dalam lubuk hatimu.
”Dari mana cahaya itu terbentuk?”
tanya seorang karibku yang padanyalah sering kuceritakan tentang nenek
berwajah cahaya itu.
Tak ada jawaban yang keluar dari
mulutku, hanya gelengan kepala yang mampu membuat karibku mendesah kecewa.
Oleh: Rialita
|
Kalimat komentar yang
menyatakan kelemahan kutipan tersebut adalah …
A. Cerpen tersebut menggunakan
diksi yang indah dan dibuka dengan paragraf pembuka yang sangat memesona pembaca
dalam angan saja.
B. Dalam cerpen ini disajikan dengan
simbol-simbol yang indah dan memikat hati si pembaca, dan mengasyikkan hanya
bagi orang tertentu.
C. Rialita menyajikan cerita dengan sedikit
dialog sehingga membuat cerpen tersebut terasa mudah sekali dicerna oleh siapa
pun pembacanya.
D. Penggunaan
diksi dalam pembuka cerpen terlalu berlebihan untuk menggambarkan tokoh dan
tidak menggiring rasa penasaran pembaca.
E. Melalui tokoh
aku dan nenek, Rialita hanya menceritakan kehidupan yang harmonis antara nenek
dengan cucunya.
18. Bacalah teks berikut.
Teks 1
Untuk pergi bersama-sama
ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung
Air Jernih yang terletak di tepi Danau Bantau. Air Jernih terletak pula di tepi
Sungai Air Putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak
kampung mereka. Mereka menuju hutan menyusuri tepi sungai. memudikinya,
memasuki hutan, dan mendaki gunung-gunung sungai yang tak dapat dilalui dengan
perahu karena penuh dengan batu besar dan karena sungai mengalir dengan
derasnya turun dari gunung-gunung. Tapi ....
Teks
2
Sebelum
raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka pada suatu hari raja hindustan itu sedang
berburu, lalu bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik
rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan
juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya dan yang betina itu elok rupanya.” maka dihunusnya pedangnya, lalu diparangkan
kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun
putus ekornya sedikit.
Perbedaan
antara teks 1 dan 2 tersebut adalah …
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
Bertema kemasyarakatan
|
Bertema istana sentris
|
B
|
Bahasa melayu lama
|
Bahasa Indonesia baku
|
C
|
Menceritakan masalah
kemustahilan
|
Menceritakan keseharian
|
D
|
Sudut pandang orang
pertama
|
Sudut pandang orang
ketiga
|
E
|
Menggunakan alur maju
|
Menggunakan alur mundur
|
19. Cermati kedua pantun berikut!
I.
Tumbuh merata pohon tebu
Ditanam oleh Abang Diding
Banyak harta miskin ilmu
Bagai rumah tidak berdinding
|
II. Pinang muda dibelah dua
Bersama sirih nikmat dikunyah
Dari muda sampai usia tua
Ajaran baik jangan disanggah
|
Perbedaan maksud isi pantun
yang terdapat pada kedua pantun tersebut adalah ....
Pantun I
|
Pantun II
|
|
A.
|
Harta tidak ada gunanya dalam
kehidupan.
|
Dari usia muda sampai tua jangan
berubah.
|
B.
|
Orang yang miskin ilmu akan susah
hidupnya.
|
Ajaran yang baik harus ada sejak usia
muda.
|
C.
|
Harta dan ilmu dua hal yang berbeda.
|
Tua dan muda mempelajari ilmu pada
waktu yang berbeda.
|
D.
|
Memiliki ilmu itu sangat penting dalam
kehidupan.
|
Siapa pun yang memberikan pelajaran
yang baik harus diterima.
|
E.
|
Ilmu sangat penting dibanding dengan
harta dalam kehidupan.
|
Ajaran baik jangan diubah oleh yang
muda karena sudah diajarkan yang tua.
|
20. Bacalah kutipan cerita rakyat berikut!
Pada zaman dahulu di daerah
pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah laki-laki yang gagah perkasa. Laki-laki
itu bernama Bujang Beji. la bukan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan
juga memiliki kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki
oleh manusia biasa yang juga gagah berani. Bujang Beji keturunan Batara
Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang,
suku Dayak pedalaman ini akan memohon pertolongan Batara Puyanggana ini dengan
cara memberikan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak.
Walaupun Bujang Beji gagah
perkasa dan keturunan Batara, ia memiliki tingkah laku yang tidak terpuji.
Sifat yang menonjol pada dirinya adalah sifat kecemburuan sosial yang melampaui
batas, la paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun kesenangan
itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang baik ini, ia
diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan menjelma menjadi
laki-laki gagah. Setelah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah, bahkan
semakin menjadi-jadi.
Keterkaitan isi cerita rakyat
dengan kehidupan saat ini dalam kutipan tersebut adalah . ,.
A. Seseorang yang menggantungkan
ladangnya kepada orang bertubuh gagah perkasa.
B. Seseorang yang puas dengan hasil
kerja kerasnya dan hasil keringatnya
sendiri.
C. Seseorang yang memiliki sifat iri
dan tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia.
D. Seseorang yang diusir dari
keluarganya karena memiliki kesaktian menyesatkan.
E.
Seseorang yang memberikan sesajen kepada orang yang
memiliki tubuh gagah perkasa.
21. Bacalah teks berikut dengan tepat!
Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan berikutnya Eliza tidak hanya memberikan catatan kaki seperti yang sudah ada, tetapi juga menambahkan ...
agar
pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih mudah memahami alur cerita. Selain itu, kita berharap Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains, sejarah sains, dan …. Agar kelak kita dapat menikmati novel yang lebih memukau.
Istilah yang tepat
untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas adalah ….
A. glosarium, tehnologi,
filsafat
B. glosarium, teknologi,
pilsafat
C. glosarium, teknologi,
filsafat
D. glosarium, tehnologi,
pilsapat
E. glosarium, teknologi,
filsapat
22. Cermati kutipan teks ulasan
berikut!
Buku Remaja Membangun
Kepribadian menarik untuk dibaca semua kalangan. Buku Remaja Membangun
Kepribadian memiliki ciri khas dibandingkan buku psikologi remaja lain.
Gaya bahasa penulis mudah dipahami oleh pembaca. (….). Semboyan besar buku
psikologi remaja menyampaikan gagasan secara berbelit-belit.
Kalimat
yang tepat melengkapi resensi rumpang tersebut adalah ….
A. Berbagai jenis kecerdasan dan
kemampuan dalam diri manusia dapat digunakan untuk mengembangkan diri.
B. Tidak hanya itu, pembahasan
dalam buku Remaja Membangun Kepribadian singkat sehingga pembaca mudah
memahami maksudnya.
C. Dalam buku ini dibahas visi
dan misi yang harus ada dalam setiap diri manusia agar dapat mengembangkan
potensinya.
D. Gambar ilustrasi yang
digunakan masih kurang sehingga memungkinkan terjadi kepenatan saat membaca.
E.
Buku Remaja Membangun Kepribadian sebaiknya mengangkat berbagai
peristiwa yang dekat dengan remaja saat ini.
23. Cermati isi paragraf narasi berikut!
”Dari tadi Ibu perhatikan, kamu tidak
banyak bicara, kenapa Nak?”
”Aduh, Bu hati saya pedih bercampur
kesal, Bu. Saya sudah belajar mati-matian, tetapi saya mendapat nilai jelek
juga ulangan Bahasa Indonesia.”
”Mengapa dapat nilai jelek? Apa
soalnya sulit?
”…”
”Itu karena kamu ceroboh. Tidak perlu
disesalkan.”
”Ya, Bu. Memang tadi saya tidak
menyangka bahwa masih ada soal pada halaman berikutnya.”
”Jadikan pembelajaran agar tidak
terulang lagi ya, Reni!”
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Belajar bahasa Indonesia harus
banyak membaca.
B. Sudahlah, saya tidak mau memikirkan, nanti
pusing.
C. Tidak sulit, Bu, tetapi saya tidak menjawab
soal nomor 5 dan 6.
D. Yang penting saya semalam sudah belajar dan
sekarang tidak menyesal.
E. Makanya, saya menyesal dan kesal, Bu. Padahal
sudah belajar.
24. Bacalah kutipan paragraf berikut!
Para remaja
dapat mengajak peran serta masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,
menanam pohon di sekitar pekarangan rumah, dan melakukan gerakan tidak membuat
bangunan di atas bantalan sungai. Mereka juga dapat menyuarakan pentingnya
pelestarian lingkungan hidup dengan melakukan penelitian, menulis artikel
tentang pelestarian lingkungan hidup ke media massa, dan sebaginya. ….
Kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. Bentuk partisipasi remaja dalam pelestarian
lingkungan hidup dapat dilakukan dengan banyak cara.
B. Demikianlah seharusnya remaja berperan serta
dalam pembangunan lingkungan hidup di negaranya.
C. Maka, masyarakat pun perlu mendukung kegiatan
remaja dalam menangani masalah lingkungan
hidup ini.
D. Dengan demikian masalah lingkungan di Indonesia
dapat diatasi oleh peran remaja.
E. Maka, Pemerintah Indonesia perlu melibatkan
temaja dalam menyelesaikan masalah
lingkungan
25. Cermati urutan kalimat berikut!
(1)
Namun, ternyata
pengetahuan budi daya anggrek masih sedikit sekali dimiliki oleh para petani
bunga di Indonesia.
(2)
Di samping itu, ulasan
tentang teknik dan cara budidaya anggrek masih terlampau sedikit termasuk
dari negara asal bunga anggrek itu sendiri.
(3)
Indonesia memiliki
berbagai macam jenis anggrek, mulai anggrek yang sering dibudidayakan hingga anggrek hutan yang masih banyak
terdapat di hutan-hutan tropis Indonesia.
(4)
Bahkan teknik dan cara
budidaya anggrek hanya merupakan sesuatu yang turun-temurun tanpa disertai
pembaruan ilmu pengetahuan.
|
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf proses yang
padu adalah ....
A. (1),(3),(2), dan (4)
B. (2),(4),(1), dan (3)
C. (3),(1),(4), dan (2)
D. (4),(1),(3), dan (2)
E. (4),(2),(1), dan (3)
26.
Cermati kalimat berikut!
(1) Tuang 2 gelas air ke dalam panci.
(2) Kemudian, masukkan gula dan agar-agar.
(3) Aduk sampai gula mencair.
(4) Jerang di atas kompor sambil diaduk
terus.
(5) Bila sudah mendidih tuang pada
cetakan.
|
Konjungsi pada kalimat
tercetak miring dapat divariasikan dengan konjungsi ….
A. sebelum
B. seraya
C. lalu
D. kemudian
E. sesudah
27.
Rindu ini membeku
[…]
Rindu yang tak pernah
usai
Meski laju putaran
waktu
Bergulir tak kenal
henti
Larik bermajas untuk
melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Hentikan asa
kehidupan
B. Pemandangan alam
indah
C. Rembulan tampak
penuh
D. Mentari di balik
bukit pohon teh
E. Bagai salju di
kutub utara
28.
Bacalah teks berikut.
(1) Peneliti Badan
Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator
untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok
ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia
menanam sorgum di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. ( 4)
Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas
unggul sorgum bernama Pahat.
Kalimat yang
menggunakan kata tidak baku terdapat pada nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
29.
Cermatilah paragraf berikut
ini !
Kebiasaan membaca bermanfaat bagi kecerdasan otak. Membaca tidak selalu
dari Buku atau media cetak.
Perkembangan teknologi memungkinkan aktivitas membaca dilakukan melalui dunia
maya. Perangkat teknologi tersebut memberikan
andil besar bagi sebagian besar orang-orang yang gemar membaca.
Disadur dari : http://edukasi.kompas.kom
Kalimat
bercetak miring dalam paragraf tersebut tidak efektif karena....
A. Penggunaan unsur kalimat
secara berlebihan.
B. Kesalahan penempatan unsur
predikat kalimat.
C. Ketidaklengkapan Unsur subyek
kalimat.
D. Ketidaktepatan penempatan
unsur subyek kalimat.
E.
Ketidaktepatan penempatan unsur keterangan kalimat.
30. Setiap hari Minggu sudah menjadi…ibu untuk
membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga di toko. Untuk setiap barang yang
dibelinya, tidak lupa Ibu meminta… sebagai bukti pembayaran. Ada juga yang
berupa… .
Kata
serapan yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah….
A. Schedule,kwitansi, strook
B. Jadwal, seteruk, kwitansi
C. Jadual, bon, strok
D.
Jadwal, kuitansi, setruk
E. Skedul, bon,kwitansi
31. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen
bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW memiliki sebuah tim
yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan ....
narkoba atau pos-pos kegiatan
transaksi narkoba.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari
paragraf tersebut adalah....
A. dilakukan, dijadikan,
memantau, penyalahgunaan
B. melakukan, menjadikan,
memantau, penyalahgunaan
C. melakukan, dijadikan,
dipantau, penyalahgunaan
D.
melakukan, dijadikan,
memantau, penyalahgunaan
E.
melakukan, dijadikan, memantau, digunakan
32. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Sebagai keluarga, kita harus
menumbuhkan rasa kebersamaan. Kita mulai dari … yang sederhana, misalnya
bersama menjaga kebersihan kelas. … sampah dan membuangnya di tempat
penampungan sampah. Semua bekerja. Di samping itu, bersapa setiap kali bertemu,
… mengucapkan salam dan saling berjabat tangan. Jangan lupa tunjukkan
raut muka yang menyenangkan dengan senyum selalu menghias.
Kata ulang
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
- hal-hal, mengumpul-ngumpulkan, syukur-syukur
- hal-hal, mengumpul-kumpulkan, bersyukur-syukur
- hal-hal, mengumpulkan, bersyukur-syukur
- hal-hal, mengumpul-ngumpulkan, bersyukur-syukur
- hal-hal, mengumpul-kumpulkan, syukur-syukur
33.
Cermati paragraf berikut!
Indonesia sudah mampu bersaing dalam
perindustrian. Banyak produktivitas Indonesia
yang sudah berkualitas. Hal ini dapat kita lihat di pasar Indonesia, antara
lain sepatu, tas, dan pakaian.
|
Kata istilah yang tepat
untuk memperbaiki yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ….
A. produksi
B. produk
C. produsen
D. produser
E. produktif
34. Cermati paragraf berikut!
Sehebat apa pun kita, pasti
membutuhkan orang lain dalam kehidupan ini. Suatu ketika pasti kita akan
membutuhkan orang lain untuk memperbaiki sikap kita yang salah. Kita
membutuhkan nasihat orang tua, teguran sahabat, kritikan dari atasan, atau
saran-saran dari mana saja. Memang sewaktu kita dikritik atau ditegur,
rasanya tidak nyaman atau rasa ingin marah. Orang lebih suka membicarakan keburukan orang lain. Tentu
ada yang dapat menerima teguran dan
nasihat dari orang lain dan ada pula yang tidak mau menerima teguran. Padahal
jika dia mau menerima, sesungguhnya dia sedang menolong dirinya sendiri dari
hal-hal yang tidak baik, mungkin dari musibah.
|
Perbaikan kalimat tidak padu
(yang bercetak miring) pada paragraf tersebut adalah ...
A. Jadi, kita memuji orang lain,
pasti itu perbuatan terpuji.
B. Seandainya kita memuji orang lain, belum
tentu dia senang.
C. Boleh mengkritik seseorang jika sudah
mengenal orang tersebut.
D. Oleh sebab itu, berpikirlah sebelum memuji
atau mencela orang!
E. Lebih banyak orang yang suka dipuji atau
disanjung daripada dikritik.
35. Cermati kalimat berikut!
Untuk sukses
dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan
patin dan ikan bandeng di air payau.
Penulisan judul buku yang sesuai
dengan ejaan yang berlaku adalah ....
A.
Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di
air payau
B.
Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di
air payau
C.
Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di
Air Payau
D.
Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di
Air Payau
E.
Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di
Air Payau
36. Penggunaan tanda baca
titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….
A.
Hanya ada dua pilihan
bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.
B.
Narasumber : Prof. Dr. Rahmat Effendi
Pemandu : Abdul Gani, M.Hum.
Pencatat : Sri Astuti Amelia, S.Pd.
C.
Pedoman Umum
Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat
Bahasa.
D.
Ibu : "Bawa
koper ini, Nak!"
Amir : "Baik, Bu."
Ibu :
"Jangan lupa, letakkan baik-baik!"
E.
Kita memerlukan:
kursi, meja, dan lemari.
37. Perhatikan penggunaan
huruf kapital berikut!
1)
Siti Fatimah binti
Salim membaca doa dengan khusuk.
2)
Kita mengenal
berbagai macam gula, seperti Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan
Gula Anggur.
3)
Orang itu menasihati
anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"
4)
Ya, Tuhan, bimbinglah
hamba-Mu ke jalan yang Engkau beri rahmat.
5)
Soekarno dan Hatta
memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.
Penggunaan
huruf kapital yang salah terdapat pada kalimat ….
A. 1
B.
2
C.
3
D. 4
E.
5
38. Besok pagi kata dia mereka akan berangkat.
Penggunaan tanda baca yang tepat kalimat di
atas adalah …
A. “Besok pagi kata dia mereka akan
berangkat.”
B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan
berangkat.”
C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan
berangkat.”
D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan
berangkat.”
E. ”Besok pagi, “ kata dia: Mereka akan
berangkat.
39. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Ancaman tanah longsor biasanya dimulai
pada November seiring dengan meningkatnya intensitas hujan. Musim kering yang
panjang akan menyebabkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam
jumlah besar kemudian terjadi
retakan dan rekahan tanah di permukaan. Pada saat hujan, air akan menyusup ke
bagian yang retak karena tanah cepat mengembang. Setelah itu, terjadilah longsor.
|
Konjungsi yang tepat untuk
menggantikan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. sesaat, sehingga
B. maka, ketika
C. lalu, namun
D. sehingga, akibatnya
E. maka, seketika
40.
Cermati kalimat berikut!
Kami berharap
bahwa: kelak para wisatawan akan kembali lagi mengunjungi Bali, Lombok, dan
Sumbawa.
Tanda baca yang
salah beserta alasannya dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Tanda koma (,) setelah Bali karena bukan
perincian.
B.
Tanda
koma (,) setelah Lombok karena diikuti konjungsi.
C.
Tanda
titik (.) karena merupakan sebuah klausa.
D. Tanda titik dua (:) karena menyatakan dialog.
E.
Tanda
titik dua (:) karena bukan menyatakan perincian.
SOAL URAIAN
Jawablah soal-soal berikut.
41.
Cermatilah kedua paragraf berikut.
Paragraf I
Jamur
memang bisa menjadi hidangan yang lezat dan menyehatkan. Namun, tidak semua jamur
yang ada di dunia bisa dijadikan hidangan layak dikonsumsi. Beberapa jamur
mengandung zat racun yang bisa membahayakan tubuh. Senyawa berbahaya yang
terdapat dalam beberapa jenis jamur, di antaranya amatoksin, muskarin, kholin,
giromitrin, falin, atropin, dan asam halvevat. Senyawa-senyawa tersebut bisa
menyebabkan kematian.
Paragraf II
Masalah
tenaga kerja menyangkut jutaan jiwa dan
masalahnya selalu saling memengaruhi. Faktor demografis memengaruhi
jumlah dan komposisi angkatan kerja. Hal ini justru berdampak pada pertumbuhan
penduduk usia kerja yang jauh lebih cepat daripada pertumbuhan penduduk secara
keseluruhan. Di sisi lain, rata-rata pertumbuhan perusahaan yang sahamnya
dicatatkan di bursa efek Indonesia rata-rata lebih dari 15%, bahkan sejumlah
perusahaan milik negara mampu tumbuh di atas 20%. Masalah ketenagakerjaan di
Indonesia sangat besar dan kompleks.
a. Tentukan
kalimat utama kedua teks tersebut.
b. Tentukan
jenis paragraf tersebut berdasarkan letak kalimat utamanya.
42.
Cermatilah
penggalan teks berikut.
Dalam rumahnya, Suni
menunggui Heru di tengah gemericiknya hujan yang mulai turun lagi. “Tuhan,
kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim
di emper toko. Lindungilah dari hati manusia yang dingin. Hangatkan yang
tidak punya pakaian dengnan balaian tangan-Mu. Ingatlah orang tak punya macam kami yang selalu
menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula …”
Tentukan watak tokoh Suni, cara pendeskripsian, latar tempat dan nilai moral yang terkandung
dalam penggalan cerita tersebut !
43.
Cermati tema proposal berikut
Tema proposal penelitian: Pengaruh
Belajar Kelompok terhadap Prestasi Belajar Siswa
Susunlah latar belakang masalah
berdasarkan tema proposal penelitian tersebut.
44. Cermatilah
teks berikut
Pemanasan global ini sudah lama dianalisis
oleh para klimathologi (ilmuwan yang mempelajari iklim) sejak tahun 1800-an
yang menyimpulkan bahwa pemanasan global terjadi karena ulah manusia.
Activitas manusia saat ini mendukung
terjadinya pemanasan global dan mengakibatkan meningkatnya efek rumah kaca.
Efek rumah kaca meningkatkan panas di permukaan bumi melalui proses complex
yang melibatkan sinar matahari, gas, dan partikel di atmospher.
Tentukan kata-kata yang penulisannya tidak
tepat pada paragraf tersebut
45.
Cermatilah kalimat-kalimat berikut.
a. Budi akan datang, kalau tidak hujan.
b. Mulyono membeli kunci Inggris untuk
memperbaiki kran air yang rusak.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat
tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan
bahasa Indonesia.
KUNCI JAWABAN SOAL USBN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA
KURIKULUM 2006
1. B
2. A
3. A
4. B
5. A
6. C
7. A
8. B
9. D
10. D
11. B
12. A
13. B
14. B
15. C
16. A
17. D
18. A
19. E
20. C
21. C
22. B
23. C
24. B
25. C
26. D
27. A
28. E
29. A
30. D
31. D
32. A
33. B
34. D
35. E
36. E
37. B
38. B
39. D
40. E
41.
Paragraf 1
Kalimat Utama: Jamur memang bisa menjadi hidangan yang lezat dan menyehatkan.
Paragraf deduktif
Paragraf 2
Kalimat Utama: Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sangat besar dan kompleks.
Paragraf induktif
41.
Paragraf 1
Kalimat Utama: Jamur memang bisa menjadi hidangan yang lezat dan menyehatkan.
Paragraf deduktif
Paragraf 2
Kalimat Utama: Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sangat besar dan kompleks.
Paragraf induktif
Bang izin copas yaa untuk pembuatan soal USBN yang sedang saya kerjaka?
ReplyDeleteTerima Kasih
ok, semoga bermanfaat
DeleteUraian kok tidak ada jawabannya?
ReplyDeleteApa isian essai nyaa min tolong bantu please bgt🙁
ReplyDelete
ReplyDeleteDomino206 dengan Link Hoki Se Asia , Fair Play 100% MUDAH MENANG ! BANJIR KEMENANGAN BESAR !!
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya Terbaik ^^ Keunggulan :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar 89.9%
- Kartu Anda Akan Lebih Bagusa
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At -DOMINO99VIP(.)net
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
- LINE : DOMINO206
- SKYPE : domino206
Link Alternatif :
DOMNO99VIP. net
PELANGIDOMINO. INFO
PELANGIDOMINO. NET
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^^
forever stamps
ReplyDeletepost stamps
stamps