SOAL
USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013
1.
Bacalah teks Berikut.
Konferensi Danau Nusantara yang digelar di
Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh
sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah
administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum
daerah peduli danau nusantara, menyususn program strategis Bersama, serta
mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.
Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi
paragraf adalah….
A.
Apakah tujuan Deklarasi Limboto?
B.
Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan
di Gorontalo?
C.
Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau
Nusantara?
D.
Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?
E.
Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?
A. percobaan
B. pengaturan
C. persetujuan
D. pengabsahan
E.
pengamatan
3. Cermati teks berikut
Gafi : Selamat sore, Bu Nita.
Bu Nita : Sore, silakah masuk, ayo duduk di dalam
saja. Ada apa Gafi ke sini? Ada yang bisa Ibu bantu?
Gafi : Maksud saya ke sini mau menawarkan tas
rajutan karya Ibu saya. Ini saya bawa contohnya empat warna.
Bu Nita : Bagus sekali bahan, model, dan warnanya.
Berapa harganya, Gafi?
Gafi : Tidak mahal, hanya Rp250.000,00. Tas ini
bisa untuk tas kerja, situasi santai, atau untuk mahasiswa.
Bu Nita : Bisa kurang, Gafi? Bagaimana kalau Rp225.000,00
biar nanti Ibu
jual Rp250.000,00. Kalau lebih dari Rp250.000,00 terlalu mahal. Ibu ambil
semua warna yang ada jika harganya bisa kurang
Gafi : Baiklah kalau begitu, Bu. Tapi saya ambil
dulu ke rumah, ya Bu. Yang saya bawa ini hanya untuk contoh.
Bu Nita : Baik, Gafi. Hati-hati, tidak usah
terburu-buru.
Gafi : Ya, Bu Nita. Terima kasih.
|
Hal yang disepakati dalam dialog tersebut adalah ….
A.
banyak tas
B.
jenis tas
C.
warna tas
D.
harga tas
E.
model tas
Teks
1
|
Teks 2
|
5. Bacalah teks berikut.
E.
Penyajian pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA.
6. Bacalah teks berikut.
Ada dua jenis
tanaman mini. Pertama, tanaman mini yang bukan asli mini. Jika ditanam di
tanah, ia akan tumbuh besar dan normal seperti biasa. Jika ditempatkan di pot
kecil, pertumbuhannya menjadi lambat. Tanaman jenis ini misalnya tanaman palem
mudang, pohon raphis, pohon asem, beringin, dan jambu kerikil. Jenis kedua,
tanaman mini asli, yang aslinya memang kecil. Tanaman ini jika ditanam di tanah
tidak bisa besar seperti ukuran normal. Jika ditanam di pot kecil, ia akan
makin kecil, mungil, dan cantik. Tanaman ini bagus untuk tanaman hias.
Masalah yang
dibahas dalam teks eksposisi tersebut adalah….
A.
Permasalahan tanaman mini yang sedang trend
di Indonesia.
B.
Tanaman mini asli dan tanaman mini bukan
asli.
C.
Tanaman mini
bagus ditanam di pot kecil karena akan tumbuh menjadi cantik dan mungil.
D.
Tanaman mini biasa digunakan menjadi tanaman
hias.
E.
Jenis-jenis tanaman mni dan deskripsinya.
7. Cermatilah teks Berikut.
Upacara adat
tradisional Grebek yang diadakan setahun sekali, yakni pada Lebaran atau Lebaran hari
kedua, berlangsung sekitar 40 menit, sejak pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai
uborampe (barang) dan udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan
dan makanan
tradisional yang ditata dan disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para
prajurit abdi
dalem Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton (Pagelaran).
Teks di atas
menjelaskan hal-hal berikut, kecuali ....
A.
macam-macam kegiatan
B. nama
kegiatan
C. pelaku
kegiatan
D. manfaat
kegiatan
E. proses
pelaksanaan kegiatan
8. Bacalah teks berikut.
Pembentukan
tajuk merupakan pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atas batang dengan daun-daunnya.
Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama. Plumula terdiri atas batang (epikotil),
satu atau dua calon daun (primordia daun), dan meristem apikal. Sumbu embrio
tumbuh memanjang berdiferensiasi menjadi buku-buku dan ruas-ruas. Lambat laun
primordia kuncup akan dibentuk di ketiak-ketiak daun.
Pernyataan
evaluatif terkait dengan teks tersebut adalah ….
A. teks
tersebut sangat rinci dalam menjelaskan perkembangan tajuk
B. tajuk
merupakan pembahasan utama dalam teks tersebut
C. pembahasan
tentang tajuk ada dalam pelajaran biologi
D. perlu ada
penjelasan lain tentang tajuk, misalnya melalui buku
E. kurang ada
penjelasan tambahan tentang struktur tajuk
9. Bacalah penggalan hikayat di bawah ini
dengan cermat!
Maka pada suatu hari baginda pun sedang ramai dihadap oleh segala
raja-raja sekalian, maka Si Miskin itu pun datanglah di hadapan Baginda itu.
Setelah dilihat banyak orang itu akan Si Miskin itu datang dua laki istri
dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya, maka orang banyak itu pun
ramailah ia tertawa serta mengambil kayu dan batu, habislah bengkak-bengkak,
ada yang berdarah, segala tubuhnya itu berlumuranlah dengan darah, maka orang
pun gemparlah.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A. Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B. Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C. Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D. Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E. Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A. Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B. Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C. Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D. Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E. Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.
10. Cermati puisi berikut!
Sajak Rajawali
Satu
sangkar dari besi
Tak
bisa mengubah Rajawali
Menjadi
burung nuri
Satu luka perasaan
Maki
puji dan hinaan
Tak
merubah sang jagoan
Menjadi
makhluk picisan
….
W.S.
Rendra
Makna lambang “rajawali” dalam puisi tersebut
adalah….
A. Yang
mempunyai kemauan
B.
Makhluk yang sangat liar
C.
Sejenis burung yang bermata tajam
D. Binatang
langka yang dilindungi
E. Sosok pembela yang tangguh
11. Cermati kutipan cerpen berikut untuk soal
nomor 16-17!
Menurut ibu
yang didengarnya dari ayah, sebab terjadinya penikaman terhadap Opzichter
Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan
rupanya kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak lagi dapat menahan hati
melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan
untuk beramai-ramai menyerang mereka. (Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)
Konflik dalam
kutipan di atas adalah….
A. Rasa benci
istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
B.
Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli
kontrak tidak patuh padanya.
C.
Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter
D. Rasa tertekan
perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.
E.
Opzichter merasa terhina karena istri-istri kuli
kontrak menolaknya.
12. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai
moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A. Orang
yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B. Orang
yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.
C. Kerukunan
kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya.
D. Persoalan
kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E.
Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang
bertikai.
13. Cermati paragraf berikut!
Pantun
1
|
Pantun 2
|
Mari kita ke pasar bunga
beli bunga harganya murah
Jika dinasihati ayah dan bunda
Janganlah kesal jangan menyanggah
|
Laju laju perahu laju
laju sampai ke Surabaya
Jika rajin menuntut ilmu
kelak hidupmu akan sejahtera
|
Perbedaan isi kedua bait
pantun tersebut adalah ….
Pantun 1
|
Pantun 2
|
|
A.
|
nasihat
agar menuruti nasihat orang tua
|
nasihat
agar rajin belajar
|
B.
|
menganjurkan
mencintai tanaman
|
menginginkan
hidup sejahtera
|
C.
|
menginformasikan
harga bunga
|
meraih
kesuksesan hidup di dunia
|
D.
|
cara
mendengarkan nasihat orang tua
|
cara
menuntut ilmu pengetahuan
|
E.
|
menjelaskan
sifat-sifat buruk
|
menjelaskan
cara meraih kesejahteraan
|
14. Cermati kutipan cerpen
berikut!
Pada suatau hari Permaisuri di kerajaan Pulau
Mintin menoinggal dunia. Sejak saat itu Raja menjadi sedih dan selalu murung.
Keadaan ini membuatnya tidak dapat memerintah dengan baik. Pada saat yang sama
, keadaan kesehatan raja pun makin menurun. Kemudian, raja pun berniat untuk
berlayar guna menghibur hatinya. Sementara raja pergi, tentu saja ad yang
menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan tahtanya kepada kedua anaknya.
Keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerita
rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A.
Kematian seseorang mentebabakan perebutan
harta warisan.
B.
Kematian membuat seseorang membenci bahagia.
C.
Kematian seseorang harus segera dilupakan
dengan berwisata.
D.
Kematian seseorang meyebabakan orang yang
ditingggalkan kecewa.
E.
Kematian orang yang disayang meninggalkan
duka yang mendalam
15. Cermati kutipan novel berikut!
Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir
kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan
iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan
persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk
keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, aku sudah merasa waktunya
hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike akhirnya meninggal
walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan baru bisa
datang setelah dia meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan gagal menjadi dokter
dan ditarik kembali ke kota. Di sana dia tidak boleh menjadi dokter sehingga
mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris.
Akhirnya, aku dan Mas Irwan mengangkat anak bernama Nita. Sesungguhnya,
matahari hidup kami memang masih di batas cakrawala. Tapi, bukan matahari
yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing.
(Matahari di Batas Cakrawala, Mira
W.)
|
Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut adalah …
A. Amanat dalam cerita disampaikan
terlalu gamblang oleh pengarang.
B. Tidak terdapat keterpaduan antara latar
suasana, waktu, dan tempat.
C. Tokoh dalam cerita kurang terfokus sehingga
alur cerita tidak begitu jelas.
D. Pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerita
kurang tergambar.
E. Sajian
permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.
16. Cermatilah teks berikut.
Pemerintah
telah melakukan operasi harga sembako di pasar …, para pedagang tetap mematok
harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati kebijakan pemerintah. .., mereka cenderung melanggar kebijakan tersebut. Pemerintah akan
menindaklanjuti pelanggaran tersebut. …, pemerintah memiliki banyak kendala.
Kata
penghubung antarkalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
adalah….
A.
namun, serta, apabila
B.
namun, sebaliknya, akan tetapi
C.
meskipun, sebaliknya, akan tetapi
D.
namun, sebaliknya, apabila
E.
sebab, serta, akan tetapi
17. Cermatilah teks berikut.
Kentang
sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun,
jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus
pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal
pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih
kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang
tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak
lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
A. Pilihlah
kentang yang berukuran besar.
B. Belilah
kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
C. Kerupuk
kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna
kentang sangat menarik dan bervariasi
E. Pilihlah
kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
18. Cermatilah kalimat berikut!
Kalimat pendapat : Sekolah terus berupaya meningkatkan hasil
belajar siswa dalam ujian nasional tahun ini.
Kalimat argumen:
(1) Meningkatkan prestasi siswa merupakan
tugas guru dan sekolah.
(2) Guru melatih siswa dengan mengerjakan
soal-soal untuk menghadapi ujian.
(3) Siswa seharusnya memanfaatkan waktu
luangnya untuk belajar.
(4) Sekolah mengadakan beberapa kali ujicoba
ujian nasional agar siswa terlatih menjawab soal.
(5) Peran orang tua sangat penting dalan
memotivasi siswa.
Kalimat argumen yang mendukung kalimat
pendapat tersebut adalah . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
19. Cermati urutan kalimat berikut
(1) Hal itu
diungkapkan agar tidak ada lagi tanaman padi yang terkena puso dan rusak karena
kekeringan.
(2) Bupati Bandung
meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan.
(3) Oleh karena
itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus
melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4) Akan tetapi,
masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5) Akibatnya,
banyak tanaman padi yang terkena puso.
|
Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu
adalah ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4),
(5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D. (3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2), (3), (1), dan
(4)
20. Bacalah teks berikut.
Kentang
sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun,
jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus
pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal
pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih
kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang
tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak
lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, jangan di
pasar tradisional.
C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna kentang sangat menarik dan
bervariasi
E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning
kecoklatan.
21. Cermati deretan kalimat berikut!
(1) Banyak teman
saya yang tidak bisa membuat atau menyusun pantun.
(2) Bagaimana
cara menyusun pantun itu sebenarnya.
(3) Menyusun
pantun itu sangat mudah asal tau syarat-syarat penyusunannya.
(4) Buatlah
sampiran pada larik pertama dan larik kedua.
(5) Kemudian, buat isi pada larik ketiga dan
larik keempat.
(6) Isi pantun
itu antara lain: nasihat, sindiran, teka-teki, dan jenaka.
|
Konjungsi pada kalimat yang bercetak miring dapat divariasikan dengan
konjungsi ….
A. maka
B. ketika
C. sebelum itu
D. setelah itu
E. ketika itu
22. Cermati kutipan puisi berikut!
BATU
Batu mawar
Batu langit
Batu duka
Batu rindu
Batu jarum
Batu bisu
kaukah itu
Teka
Teki
Yang tak
menepati janji?
Dengan seribu
gunung langit tak runtuh
…
Makna kata
batu pada puisi di atas menggambarkan….
A.
ketegaran
B.
kesombongan
C.
kebebasan
D.
kecemasan
E.
keikhlasan
23. Cermati kalimat berikut.
Akibat tidak
ada yang membeli barang dagangannya, pengusaha itu ….
Penggunaan
ungkapan yang tepat untuk mengisi kalimat di atas adalah ....
A. banting
tulang
B. gulung
tikar
C. panjang
tangan
D. tebal muka
E. angkat
tangan
24. Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Kesuksesan di dunia bersifat semu (…)
sementara. Sekaya apapun kita, setinggi apapun jabatan kita, semua tidak akan
membantu (…) ajal menjemput. Hanya amalan-amalan kita di dunia lah yang menjadi
penolong kita saat menjalani kehidupan yang kekal di akhirat nanti. Barang
siapa yang terhindar dan selamat dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga
(…) ia telah mendapatkan kemenangan (…) kesuksesan yang sebenarnya.
Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
A.
tetapi, meskipun, maka, atau
B.
dan, meskipun, maka, maupun
C.
atau, ketika, maka, dan
D.
tetapi, ketika, meskipun, dan
E. dan, ketika, meskipun, atau
25. Cermati paragraf berikut!
Pantun
1
|
Pantun 2
|
Mari kita ke pasar bunga
beli bunga harganya murah
Jika dinasihati ayah dan bunda
Janganlah kesal jangan menyanggah
|
Laju laju perahu laju
laju sampai ke Surabaya
Jika rajin menuntut ilmu
kelak hidupmu akan sejahtera
|
Perbedaan isi kedua bait
pantun tersebut adalah ….
Pantun 1
|
Pantun 2
|
|
A.
|
nasihat
agar menuruti nasihat orang tua
|
nasihat
agar rajin belajar
|
B.
|
menganjurkan
mencintai tanaman
|
menginginkan
hidup sejahtera
|
C.
|
menginformasikan
harga bunga
|
meraih
kesuksesan hidup di dunia
|
D.
|
cara mendengarkan
nasihat orang tua
|
cara
menuntut ilmu pengetahuan
|
E.
|
menjelaskan
sifat-sifat buruk
|
menjelaskan
cara meraih kesejahteraan
|
26. Bacalah kutipan drama berikut!
Di ruang depan ada kursi goyang dan kursi tamu. Gusti
Biang marah-marah terus.
Gusti Biang : “Si tua itu tak pernah kelihatan kalau
sedang dibutuhkan. Pasti ia sudah berbaring di kandangnya menembang seperti
orang kasmaran pura-pura tidak mendengar, padahal aku sudah berteriak, sampai
leherku patah. Wayaaaaan … Wayaaaan tuaaaa….”
Wayan : “nuna
sugere Gusti Biang, kedengarannya seperti ada yang berteriak.” Gusti Biang
: …
Wayan : “Tentu saja Gusti Biang, itu sebabnya tiyang datang.”
Gusti Biang : “Jangan berbantah denganku. Kau sudah
tua dan rabun, lubang telingamu sudah ditempati kutu busuk. Kau sudah tuli,
malas, dan suka berbantah, Cuma bisa bergaul dengan si belang. Kau dengar itu
kuping tuli?”
Wayan : “Betul Gusti Biang.”
Bila Malam
Bertambah Malam, Putu Wijaya
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam penggalan drama
di atas adalah ...
A. ”Apa saja yang kau kerjakan
sampai tak dengar aku memanggilmu?”
B. ”Leherku sampai putus
memanggilmu. Telingamu masih kamu pakai tidak?"
C. ”Sudahlah tak perlu kau datang,
bosan berteriak-teriak memanggilmu ini!”
D. ”Wayaan...Wayan...selalu saja kau
tak mendengar bila aku memanggilmu!”
E. ”Kemana saja Kau Wayan, setiap
kali kupanggil selalu tidak dengar!”
27. Cermati kutipan cerpen berikut!
Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap
kenduri di kampung ini. ”Bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan pada
yang lebih muda?” Saran Azrial, putra sulung Makaji sewaktu ia pulang kampung
enam bulan lalu.
”Mungkin sudah saatnya ayah berhenti.”
”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah
tak lincah lagi meracik bumbu,” balas Makaji.
Konversi naskah drama yang sesuai dengan kutipan
cerita tersebut adalah ...
A. Makaji : ”Separuh
umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri, bagaimana kalau tanggung
jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda?”
Azrial : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan
ayah tak lincah lagi meracik bumbu”
B.
Azrial : ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk
membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau Ayah berhenti?”
Ayah : ”Belum!
Akan ayah pikul beban ini selama ayah kuat meracik bumbu.”
C.
Azrial : ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk
membantu setiap kenduri di kampung ini? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Ayah : ”Belum! Akan ayah terima beban ini hingga
tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu”
D. Azrial : ”Separuh
umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana
kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda? Mungkin sudah
saatnya Ayah berhenti.”
Makaji : ”Belum! Akan saya pikul beban ini hingga tangan
ayah tak lagi lincah meracik bumbu.”
E.
Azrial : (enam
bulan lalu, ketika pulang kampung) ”Sudah saatnya Ayah berhenti membantu
kenduri di kampung ini.”
Makaji : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga
tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu.
28. Bacalah penggalan karya ilmiah berikut ini!
Pengobatan tradisional menggunakan tanaman obat keluarga (toga) telah
menjadi tradisi. Penduduk Desa Sisir lebih memilih menggunakan toga daripada
obat-obatan modern. Tidak hanya untuk pengobatan, beberapa toga seperti daun
katuk, daun dan umbi lengkuas juga diolah sebagai sayur untuk dikonsumsi
sehari-hari. Cara pengobatan dan pola makanan yang banyak menggunakan toga ini
menyebabkan tubuh lebih tahan terhadap penyakit.
Berdasarkan isi dan cara penyajiannya, penggalan karya ilmiah di atas
termasuk ke dalam bagian ...
A. latar belakang
B. tujuan pembahasan
C. metode penelitian
D. pembahasan
E. kesimpulan
29. Bacalah kalimat-kalimat berikut
(1) Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang
Singapura dan Kalimantan Barat.
(2) Di sana diolah menjadi perabot rumah
tangga
(3) Tentu saja harga sudah tujuh atau delapan
kali lipat harga di Kalimantan Barat.
(4) Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal
sebagai kayu jati Singapura.
Susunan kalimat tepat adalah ....
A. (2) – (3) – (1) – (4)
B. (1) – (2) – (4) – (3)
C. (3) – (2) – (1) – (4)
D. (1) – (2) – (3) – (4)
E. (1) – (3) – (4) – (2)
(Kedua cuplikan cerita berikut digunakan
untuk menjawab soal nomor 30‑31)
Cuplikan I
Sekarang ini yang jadi buah bibir adalah
Diandra. Hari-hari di sekolah ini tiada kata tanpa
Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa
Diandra. Begitu juga dengan sohib gue, Raya danYus yang setiap hari nyaris
ngomongin cewek bernama Diandra melulu.
“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang
mukanya agak tirus, “Sulit untuk membandingkan
kecantikan Diandra dengan bintang sinetron
atau foto model sekalipun!”
“Eh, Gibran! Lo jangan sok alim!” senggol
Raya yang punya body gede.
Cuplikan II
Somad tipe cowok murahan, itu kata temannya
tanpa tedeng aling‑aling. Habis, cowok itu
kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka
promosiin diri di depan gadis-gadis sekitarnya. Promosi diri sendiri terus… ke
mana-mana. Nggak cuma sama teman-teman sekolahnya, tapi juga sama anak-anak
cewek sekitar rumah, masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggak pandang bulu.
“Gue orangnya nggak som‑som, lho….”
“?”
“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”
30.
Persamaan kedua cuplikan cerita di atas adalah ....
A. tokoh berwatak humoris
B. berlatar sekolah
C. bertema percintaan
D. sudut pandang orang pertama
E. berbahasa Indonesia yang baik dan benar
31.
Perbedaan yang tampak pada cuplikan di atas ....
A. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang
pertama pelaku utama, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang pertama
pelaku sampingan
B. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang
pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang ketiga serba
tahu
C. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang
pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang ketiga
sebagai pengamat
D. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang
ketiga serba tahu, cuplikan II menggunakan
sudut pandang orang pertama pelaku utama
E. cuplikan I mengunakan sudut pandang orang
pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang pertama
pelakau utama
32. Perhatikan kutipan teks berikut.
Prasangka baik saya, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya
ketertiban berbahasa
di lingkungan sekolah. Saya berkeyakinan
bahwa doktrin tentang “berbahasa Indonesialah
yang baik dan benar” telah mereka peroleh
jauh-jauh sebelumnya, sejak SLTP atau bahkan
sejak mereka SD. Saya melihat ketidakberesan
mereka berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa
Indonesia itu sendiri di mata mereka.
Teks tersebut digolongkan ke dalam jenis
eksposisi karena ....
A. menceritakan proses terjadinya cara
berbahasa siswa
B. menjelaskan ihwal terjadinya
kekurangwibawaan berbahasa
C. menggambarkan keadaan kemampuan berbahasa
siswa
D. meyakinkan pembaca tentang perlunya
berbahasa baik dan benar
E. mendorong pembaca untuk selalu mencintai
bahasa Indonesia
33. Perhatikan kutipan teks berikut.
Pada suatu ketika mereka mampir ke sebuah
restoran. Ketika memesan makanan, mereka
bingung dengan menu-menu makanan yang
disediakan. Mereka pun tidak bisa berbahasa
Inggris dengan baik.
Bagian itu disebut sebagai orientasi anekdot karena
....
A. mengarahkan pada terjadinya krisis
B. bertokohkan antagonis
C. menjadi unsur konflik utama
D. mengandung kelucuan
E. tidak beralur maju
34. Perhatikan kutipan teks berikut.
(1) Peneliti
Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas
iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum
cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi.
(3) Ia menanam sorgum di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. (
4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas
unggul sorgum bernama Pahat.
Kalimat yang
menggunakan kata tidak baku terdapat
pada nomor….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
35. Perhatikan kutipan teks berikut.
Teks 1
Kita tidak pernah berpikir tentang berapa banyak
racun yang kita kumpulkan dari udara tercemar dan makanan yang sudah diproses
secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi
kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka
setiap hari. Kita tidak dapat melihat semua substansi berbahaya tersebut,
tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar
memengaruhi tubuh kita (tanpa menggunakan mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan
tes urin menggunakan ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah
setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir karena itu
berarti bahwa Anda mungkin memiliki kebocoran saluran pencernaan.
Teks 2
Sebuah video
menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah
bibir di dunia maya.
Dalam video berdurasi 8
menit 23 detik itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz terlihat sedang
menggandakan uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah
dari kantong plastik, dan tidak habis-habis!
Si Ustaz hanya terlihat
mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai
demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa pria
dan seorang wanita dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil
dikeluarkan.
Tidak ada keterangan
lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan
informasi bahwa video ini nyata dan bukan rekayasa.
Perbedaan
penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
Teks
1
|
Teks
2
|
|
A
|
menggunakan kosakata asli
bahasa Indonesia
|
menggunakan kosakata bahasa
asing
|
B
|
menggunakan bahasa resmi
|
menggunakan bahasa santai
|
C
|
menggunakan bahasa bidang ilmu
|
menggunakan bahasa sehari-hari
|
D
|
menggunakan perumpamaan
|
menggunakan bahasa lugas
|
E
|
menggunakan bahasa lugas
|
menggunakan bahasa santai
|
36. Cermati paragraf berikut!
Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan,
baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam
berbagai lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang
lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring agar
menjadi kalimat yang efektif adalah …
A. Prestasi yang
ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional
sungguh sangat membanggakan sekali.
B. Prestasi yang
ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional
sungguh membanggakan.
C. Prestasi yang
ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat
membanggakan sekali.
D. Prestasi yang
ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam berbagai lomba-lomba internasional
sangat membanggakan sekali.
E.
Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar
Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.
37. Cermati kalimat berikut!
Untuk sukses
dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan
patin dan ikan bandeng di air payau.
Penulisan
judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku adalah ....
A. Cara merawat
ikan patin dan ikan bandeng di air payau
B. Cara merawat
Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau
C. Cara Merawat
Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau
D. Cara merawat
Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau
E. Cara Merawat
Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau
38. Bacalah paragraf di bawah ini dengan
cermat!
Tepi danau itu bersih, tampak tak ada sampah
yang berhamburan. Tempat sampah disediakan sedemikian rupa sehingga terjangkau.
Perahu yang disediakan memadai untuk melayani wisatawan domestik setiap
pengunjung. Pengunjung diharuskan mematuhi aturan kawasan wisata. Jika
pengunjung melanggar aturan akan ditegur dengan penuh kearifan. Tempat parkir
disediakan cukup luas. Pengunjung yang membawa kendaraan harus ditempat yang
disediakan.
Kalimat yang efektif untuk memperbaiki kalimat bercetak
miring dalam paragraf tersebut adalah....
A. Kendaraan
harus diparkirkan oleh pengunjung sendiri di tempat yang disediakan.
B.
Setiap pengunjung boleh membawa kendaraan
sendiri dan diparkir sendiri.
C.
Tempat pengunjung parkir yang tersedia sangat
memadai dan diparkir disitu.
D. Pengunjung
memarkir kendaraannya dengan parkir yang tersedia di tempatnya.
E.
Pengunjung memarkir kendaraannya secara
teratur di tempat yang telah disediakan.
39. Cermati paragraf berikut!
Dulu waktu
di SMA dia dikenal pendiam. Akan tetapi, sekarang dia malah menjadi aktif
kampus di perguruan tinggi tempat dia berkuliah. Karena itu, dia dikenal di
kalangan mahasiswa dan dosen.
|
Perbaikan yang tepat untuk
istilah yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….
A. aktivitas
B. aktivis
C. aktivisme
D. aktifitas
E. aktifis
40. Cermati paragraf berikut!
(1)
Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan pembelajaran bermakna,
bermanfaat, dan relevan dengan kehidupan siswa. (2) Akan tetapi, sekolah
tersebut tidak terlepas dari tantangan para guru dan siswa dalam banyak hal.
(3) Guru dituntut belajar dan mengembangkan wawasannya. (4) Banyak cara
membuat orang kagum terhadap sekolah. (5) Karya-karya guru dan siswa tersebut
sebagai salah satu wujud keberhasilan dalam prestasi guru dan siswa.
|
Kalimat yang tepat untuk
memperbaiki kalimat nomor (4) agar paragraf tersebut padu
adalah …
adalah …
A. Kebanggaan mereka terlihat apabila
mereka memiliki keberhasilan.
B. Tidak sia-sia mereka menghasilkan berbagai
aktivitas.
C. Orang luar akan memandang keberhasilan sekolah
dari karya guru.
D. Siswa diharapkan dapat menghasilkan berbagai
karya inovasi pendidikan.
E. Siswa dan guru
sama-sama memiliki kreativitas.
Uraian
41. Perhatikan teks eksplanasi berikut
Kebakaran
Hutan
Faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan ada dua macam yaitu faktor
alam dan faktor manusia. Kebakaran hutan yang terjadi karena faktor alam sering
disebabkan oleh musim kemarau berkepanjangan, sambaran petir. dan aktifitas
vulkanik yang biasanya mengeluarkan lahar dan awan panas yang dapat menyebabkan
terjadinya kebakaran. Kebakaran di bawah tanah (Ground Fire) juga
termasuk faktor alam karena pada daerah tanah gambut yang dapat menyulut
kebakaran diatas tanah pada saat musim kemarau ketika cuaca sedang
panas-panasnya.
Kebakaran hutan di Indonesia, hampir 95 persen kebakaran hutan di
sebabkan oleh ulah manusia. Faktor manusia sering kali dilakukan dengan
unsur kesengajaan oleh manusia seperti kelalaian membuang putung rokok,
membakar hutan dalam rangka pembukaan lahan, api unggun yang lupa dimatikan
atau tidak benar-benar mati saat ditinggalkan, pembakaran sampah, dan berbagai
kelalaian lainnya. Kebakaran jenis ini sering terjadi di hutan-hutan di
gunung-gunung yang sering dikunjungi pecinta alam (pendaki gunung) di pulau
Jawa seperti kebakaran hutan digunung sindoro pada september 2015.
Berdasarkan kutipan teks tersebut, berikan
penilaian Anda terhadap kelengkapan struktur teks.
42. Perhatikan ide-ide teks anekdot berikut.
a. Kakek tua
yang tinggal bersama anak, menantu dan cucu 6 tahun.
b. Kebiasaan
makan malam di rumah si anak. Kakek tua makannya sering berantakan.
c. Kakek tua
diberi meja kecil terpisah di pojok, dengan alat makan anti pecah.
d. Cucu 6
tahun membuat replica meja terpisah.
e. Cucu 6
tahun mengungkapkan kelak akan membuat meja terpisah juga untuk ayah
dan ibunya.
Berdasarkan ide-ide tersebut,
susunlah sebuah teks anekdot.
43. Perhatikan ilustrasi berikut
Sore hari,
Toni sedang sibuk di kamarnya.Tiba-tiba suara pintu diketuk.Ketika dibuka
ternyata seorang gadis cantik ada di depannya. Dengan heran, Toni bertanya
tentang siapa dan ada apa gadis itu datang ke kamarnya. Dengan nada marah gadis
itu meminta pertanggungjawaban kepada Toni atas keadaan adiknya yang sedang
sakit, akibat kesedihan karena perilaku Toni yang telah mengkhianati cinta
adiknya.
44. Perhatikan kutipan teks prosedur berikut.
Tips Agar
Tidak Iri pada orang Lain
1. Kenali
diri sendiri
Hal pertama
yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain
adalah kenali diri sendiri. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda
melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik,
bukannya merasa tidak percaya diri atau sedih. Gambarkan diri Anda dalam
kata-kata, seperti pintar, kuat, baik, keibuan, memiliki tujuan, dan
sebagainya. Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan
ingin menjadi seperti orang lain.
…………….
Berikanlah tanggapanmu berdasarkan
kelengkapan struktur teks
45. Cermati
kalimat berikut!
a.
Dia mempunyai banyak teman, karena baik hati.
b.
Presiden Indonesia menanda tangani perjanjian
bilateral dengan Jepang.
Jelaskan
alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan
kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia!
KUNCI
JAWABAN SOAL USBN 2019 KURIKULUM 2013
1.
D
2.
B
3.
D
4.
C
5.
E
6.
E
7.
D
8.
A
9.
C
10.
E
11.
C
12.
D
13.
A
14.
E
15.
E
16.
B
17.
E
18.
C
19.
B
20.
E
21.
D
22.
A
23.
B
24.
C
25.
A
26.
B
27.
D
28.
A
29.
B
30.
B
31.
C
32.
B
33.
A
34.
E
35.
A
36.
B
37.
E
38.
A
39.
B
40.
E
Uraian
41.
Teks eksplanasi tidak tersebut hanya menguaraikan rangkaian kejadian.
Seharusnya diawali dengan identifikasi fenomena, dilanjutkan rangkaian sebab,
dan diakhiri ulasan
42.
Teks Anekdot
Seorang kakek hidup serumah bersama anak,
menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si
kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata
rabunnya membuat kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh.
Saat si kakek meraih gelas, sering susu
tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami istri itu
lalu menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, tempat sang kakek makan
sendirian. Mereka memberikan mangkuk melamin yang tidak gampang pecah. Saat
keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan
dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu justru mengomel agar kakek tak
menghamburkan makanan lagi.
Sang cucu yang baru berusia 6 tahun mengamati
semua kejadian itu dalam diam.
Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya
sedang membuat replika mainan kayu.
“Sedang apa, sayang?” tanya ayah pada anaknya.
“Aku sedang membuat meja buat ayah dan ibu.
Persiapan buat ayah dan ibu bila aku besar
nanti.”
Ayah anak kecil itu langsung terdiam.
Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek
akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak akan ada lagi omelan saat
piring jatuh, makanan tumpah, atau taplak ternoda kuah.
43.
Teks drama berdasarkan
narasi tersebut.
Toni : (Terkejut)
Oh Anda siapa ya mbak?
Gadis : Kenalkan. Aku kakaknya Dea! (dengan nada ketus)
Toni : Ooh..oh.. ya Mbak,
emang ada apa mbak?
Gadis : Dea sakit!
Toni : Sakit? (kaget,
dan mulai gelisah)
Gadis : Ya! (Berhenti
sejenak dan memandangan dengan nanar ke Toni)
Dan itu karena ulah kamu.
Toni : Maaf
Mbak, itu semua hanya salah
paham!
Gadis : Nggak!
Itu bukan salah paham tapi dasar kamunya yang telah tega menyakiti perasaan adikku!
44. Tanggapan terhadap teks
prosedur.
Teks prosdur tersebut tidak
lengkap karena tidak ada bagian tujuan dan penegasan.
45. Perbaikan kalimat dan alasan
a.
Dia mempunyai banyak teman karena baik hati.
Alasan: tanda
koma (,) tidak digunakan jika induk kalimat mendahului anak kalimat.
b.
Presiden Indonesia menandatangani perjanjian bilateral
dengan Jepang.
Alasan: kata
gabung yang mendapatkan awalan dan akhiran ditulis serangkai.
1. Indikator soal (kisi-kisi) USBN 2019 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/contoh-indikator-soal-usbn-tahun-2019.html
2. Soal USBN 2019 Kur 2006 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia_28.html
BAHAN PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA
INDONESIA SMA
1. Kisi-Kisi Ujian Sekolah Tahun 2020 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/02/kisi-kisi-ujian-sekolah-tahun-2020.html
2. Soal Paket 1 dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah
Tahun 2020 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/02/soal-ujian-sekolah-tahun-2020-dan-kunci.html
3. Soal Paket 2 dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah
Tahun 2020 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/02/soal-ujian-sekolah-bahasa-indonesia-sma.html
ok ini berguna banget terimakasih
ReplyDeleteTerima kasih infonya
ReplyDeleteterima kasih, sangat berguna 😊
ReplyDeleteterima kasih, sangat berguna 😊
ReplyDeleteterima kasih, sangat berguna 😊
ReplyDeleteBAHAN PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMA
ReplyDelete1. Kisi-Kisi Ujian Sekolah Tahun 2020 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/02/kisi-kisi-ujian-sekolah-tahun-2020.html
2. Soal Paket 1 dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Tahun 2020 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/02/soal-ujian-sekolah-tahun-2020-dan-kunci.html
3. Soal Paket 2 dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Tahun 2020 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/02/soal-ujian-sekolah-bahasa-indonesia-sma.html
3. Soal USBN Tahun 2019 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/soal-usbn-tahun-2019-bahasa-indonesia.html
postage stamps
ReplyDeletepost stamps
post stamps