18 April 2019

KISI-KISI UKK BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 TAHUN 2019

KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 TAHUN 2019

1. Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan pokok isi teks dengan tepat.
2. Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan hal yang bukan isi teks dengan tepat.
3. Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan makna istilah dalam teks dengan tepat.
4. Disajikan teks negosiasi, siswa dapat mengabstraksi teks dengan tepat.
5. Disajikan teks negosiasi, siswa dapat mengoversi teks dalam monolog dengan tepat.
6. Disajikan teks negosiasi yang dirumpangkan kalimatnya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan kalimat yang tepat.
7. Disajikan teks negosiasi yang menggunakan kata tidak baku, siswa dapat  menunjukkan kalimat yang menggunakan kata tidak baku dengan tepat.
8. Disajikan dua teks negosiasi, siswa dapat membandingkan kedua teks dengan tepat.
9. Disajikan teks negosiasi yang salah dalam penggunaan kata sapaan, siswa dapat menyunting teks dengan tepat.
10. Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan kalimat evaluasi sesuai isi teks dengan tepat.
11. Disajikan unsusr-unsur debat, siswa dapat mengidentifikasi unsur debat dengan tepat.
12. Disajikan teks debat, peserta didik dapat merumuskan tata cara debat dengan tepat.
13. Disajikan penggalan pembicaraan debat, peserda didik dapat mengidentifikasi pihak yang menuturkan penggalan tersebut dengan tepat
14. Disajikan penggalan pembicaraan debat, peserda didik dapat mengidentifikasi pihak yang menuturkan penggalan tersebut dengan tepat.
15. Disajikan penggalan debat, peserda didik dapat mengidentifikasi mosi yang diperdebatkan dengan tepat.
16. Disajikan penggalan debat, peserta didik dapat menentukan pokok masalah yang dibicarakan dengan tepat.
17. Disajikan penggalan penarikan simpulan, peserta didik dapat menentukan cara penarikan simpulan dengan tepat.
18. Disajikan penggalan penarikan simpulan, peserta didik dapat menentukan cara penarikan simpulan dengan tepat.
19. Disajikan penggalan debat, peserta didik dapat mengevaluasi penggalan dengan tepat.
20. Disajikan penggalan debat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak sesuai ejaan dengan tepat.
21. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks dengan tepat.
22. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian struktur teks dengan tepat.
23. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian struktur teks biografi dengan tepat.
24. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan keteladanan tokoh dengan tepat.
25. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan keistimewaan tokoh dengan tepat.
26. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan permasalahan tokoh dengan tepat.
27. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan cara penyajian karakter unggul tokoh dengan tepat.
28. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan konversi teks dengan tepat.
29. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan kalimat tanya sesuai isi teks dengan tepat.
30. Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan cara penyajian karakter unggul tokoh dengan tepat.
31. Disajikan dua pantun, peserta didik dapat menentukan perbedaan isi pantun dengan tepat.
32. Disajikan pantun yang dirumpangkan salah satu lariknya, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan larik yang tepat.
33. Disajikan pantun, peserta didik dapat menentukan isi pantun dengan tepat.
34. Disajikan puisi yang menggunakan kata lambang, peserta didik dapat menentukan makna lambang dengan tepat.
35. Disajikan puisi, peserta didik dapat menentukan makna puisi dengan tepat.
36. Disajikan puisi baru, peserta didik dapat menentukan amanat puisi dengan tepat.
37. Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu barisnya, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan larik bermajas dengan tepat.
38. Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu barisnya, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan baris yang tepat.
39. Disajikan gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud gurindam dengan tepat.
40. Disajikan dua puisi, peserta didik dapat membandingkan dua puisi dengan tepat.

41. Disajikan penggalan teks negosiasi, peserta didik dapat mengevaluasi penggalan teks dengan tepat..
42. Disajikan penggalan teks debat, peserta didik dapat menarasikan isi debat dalam sebuah paragraph.
43. Dasajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menjelaskan cara menyajikan karakter unggul tokoh dengan tepat.
44. Disajikan puisi lama, peserta didik dapat menuliskan isi puisi dalam sebuah paragraph.
45. Disajikan puisi baru, peserta didik dapat menuliskan isi puisi dalam sebuah paragraf.




Kisi-Kisi dan Soal Persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun 2019 Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 





4. Soal PAT Kelas XI Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-ukk-tahun-2019-bahasa-indonesia.html 



MATERI PERSIAPAN UKK/PAT KELAS X

A. TEKS NEGOSIASI

B. TEKS DEBAT


C. TEKS BIOGRAFI


2. Menentukan Aspek Kebahasaan Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/02/struktur-teks-biografi.html

C. TEKS PUISI





Sumber Belajar Kelas XI  Semester 2

A.  Teks Proposal

1.    Struktur Teks Proposal


2.    Ciri Kebahasaan Teks Proposal


B. Teks Karya Ilmiah







C. Teks Resensi/Ulasan

1.      Pengertian, Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan


2.      Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan


3.      Contoh Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan


D. Teks Drama

1.      Pengertian dan jenis-jenis drama


2.      Struktur teks drama


3.      Unsur-unsur teks drama


4.      Ciri Kebahasaan teks drama


1 comment:

  1. Numpang promo ya min^^
    Upd4te Bett1ng k0munit4$ b0la terpercaya di 1nd0nes14
    4yo buruan daftar..

    ReplyDelete