PERBAIKAN TEKS AGAR MENJADI PADU
42. Bacalah teks berikut!
(1) Sejumlah kendaraan pun mogok di
Kota Padang, baik mobil, angkutan kota, maupun sepeda motor. (2) Beberapa
lokasi tepian jalan menjadi lokasi mirip bengkel dadakan untuk upaya
menghidupkan kembali kendaraan yang mati karena rembesan air genangan banjir
itu. (3) Mereka seperti tak peduli lagi dengan harga bensin yang juga tidak
turun. (4) Siapakah yang mesti disalahkan atas banjir ini?
Perbaikan teks tersebut agar
menjadi padu adalah dengan cara menghilangkan kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4).
Kunci Jawab: C
Teks tersebut tidak padu karena
adanya kalimat nomor (3). Kalimat tersebut kalimat tidak padu karena isi
kalimat tersebut berbeda dengan kalimat-kalimat yang lain. Isi kalimat nomor
(1), (2), dan (4) adalah tentang banjir, sedangkan kalimat nomor (3) tentang
harga bensin.
RINGKASAN MATERI
A. SYARAT-SYARAT PARAGRAF YANG BAIK
Paragraf adalah bagian
bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya
dimulai dengan garis baru); alinea (https://kbbi.web.id/paragraf).
Paragraf yang baik antara lain
harus memenuhi syarat-syarat sebagai Berikut.
1. Kelengkapan (Completeness)
a.
Adanya satu gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas.
b.
Membicarakan seluk beluk gagasan utama secara terperinci.
c.
Sudah mengandung semua yang diperlukan untuk mendukung gagasan utama
2. Kesatuan Paragraf
a.
Sebuah paragraf hanya mengandung satu gagasan utama.
b.
Kalimat-kalimat dalam paragraf itu mengarah pada satu pokok permasalahan.
c.
Tidak terdapat kalimat yang menyimpang dari ide pokok.
3. Kepaduan
a.
Kalimat-kalimat di dalam paragraf itu terjalin secara sistematis, dan logis
serta tidak ada informasi yang meloncat
b.
Kalimat-kalimatnya gramatikal, terpadu, dan berkaitan satu sama lain. Yang
digunakan kata-kata kunci atau sinonim, referensi (pronomina), substitusi,
kata-kata transisi, struktur yang
paralel, dan konsistensi sudut pandang.
4. Keruntutan
karangan
yang dianggap runtut adalah karangan yang di dalamnya terdapat uraian yang
sistematis, baik yang dimulai dari sesuatu yang negatif ke arah positif maupun
sebaliknya.
Contoh paragraf
a. Awan
di langit tampak hitam. Suasana sekeliling menjadi gelap. Kemudian angin
bertiup meskipun hanya sebentar. Angin mulai reda, tetapi mendung menjadi-jadi.
Tampaknya hujan akan turun.
b. Ada
beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah armada yang banyak
tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan
sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas,
misalnya pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan,
dan banjir. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu
lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas. (Suladi, Pusat Pembinaan
Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa Jakarta).
B. KALIMAT TIDAK PADU DALAM
PARAGRAF
Kalimat tidak padu merupakan
kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu
paragraf. Kalimat tidak padu juga seringkali bertentangan dengan ide paragraf
yang hendak disampaikan. Kalimat ini bisa saja terjadi karena kesalahan
penulisan pada saat menyisipkan gagasan ke dalam kalimat. Berikut beberapa ciri
dari kalimat tidak padu :
a.
Kalimat tidak padu seingkali bertentangan dengan ide pokok pada kalimat utama
dalam paragraf. Jika pembaca mencermati tiap kalimat pada paragraf, maka akan
dengan mudah mengidentifikasi kalimat tak padu tersebut.
b. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.
b. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.
Hal-hal
yang harus dilakukan guna mengidentifikasikan kalimat sumbang adalah terlebih
dahulu menentukan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Setelah itu
tentukan beberapa kaliama penjelas yang mendukung serta berkesesuaian dengan
kalimat utama. Jika terdapat kalimat yang tidak sambung dengan kalimat utama
dan penjelas, maka dapat dipastikan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tidak
padu.
Contoh
Kalimat Tak Padu
Contoh
1 :
(1)
Andi adalah anak yang cerdas. (2) Tak heran jika dirinya selalu mendapatkan
peringkat pertama di kelasnya. (3) Beberapa kali juga ia sempat mewakili
sekolahnya dalam ajang perlombaan cerdas cermat ataupun olimpiade sains. (4) Ia
juga sering memboyong banyak tropi dalam beberapa event perlombaan sejenis
Lomba Cepat Tepat (LCT). (5) Karena dianggap sebagai siswa yang cerdas, ia
sering dimintai tolong oleh gurunya untuk membimbing teman-temannya yang merasa
kesulitan dalam hal materi pelajaran sekolah. (6) Andi sangat piawai sekali
dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu
lalu. (7) Di tahun terakhir sekolahnya ia tak lagi bingung untuk mencari tempat
berkuliah. (8) Ia telah diterima di salah satu pergutuan tinggi negeri
terkemuka di Indonesia dan mendapatkan beasiswa penuh selama studi.
Penjelasan
:
Kalimat
satu yakni “Andi adalah anak yang cerdas“ merupakan kalimat utama yang memuat
ide pokok paragraf. Kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang
berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat nomor 6 yakni “Andi sangat
piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan
kemerdakaan RI minggu lalu.” Kalimat tersebut menyimpang dari fokus masalah
yang dibahas pada kalimat utama dan kalimat penjelas.
Contoh
2 :
(1)
Nugroho sangat menyukai anime onepiece. (2) Tak hanya menyukai alur ceritanya,
ia juga sangat suka dengan lagu-lagu yang menjadi Oroginal Soundtrack (OST) dari
manga karya Eichiro Odha ini. (3) Koleksinya hingga kini telah mencapai 75 buah
komik dan 750 serial animenya. (4 )Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan
pisang. (5) Ia mengaku sangat mengagumi beberapa tokoh yang ada dalam cerita
anime ini diantaranya ialah Monkey D. Luffy, Potgas D. Ace, Akagami No Shanks,
Trafalgar Law dan lainnya. (6) Dalam komunitas sosialnya, Nugroho tergabung
dalam sebuah komunitas pecinta serial animasi Jepang ini.
Penjelasan
:
Kalimat
satu yakni “Nugroho sangat menyukai anime onepiece “ adalah kalimat utama yang
terdapat gagasan utama paragraf. Sedangkan kalimat lainnya berperan sebagai
kalimat penjelas yang mendukung gagasan kalimat utama kecuali yang terdapat
pada kalimat nomor 4 yakni “(4) Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan
pisang.” Kalimat nomor 4 tersebut tidak sesuai dan tidak ada hubungannya dengan
gagasan serta inti masalah yang dibahas pada kalimat utama.
Contoh
3 :
(1)
Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang
menyimpan surga destinasi wisata. (2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten
Lampung Barat ini merupakan surga bagi para pecinta destinasi wisata pantai.
(3) Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan
oleh para nelayan setempat. (4) Banyak turis domestik maupun mancanegara yang
mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten ini hanya untuk menikmati
keindahan panorama alamnya ataupun hendak berselancar.
Penjelasan
:
Kalimat
satu pada paragraf di atas merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok
paragraf. Kalimat-kalimat lainnya semestinya berperan sebagai kalimat penjelas
yang mendukung kalimat utama. Pada pragraf di atas kalimat yang tidak
berkesinambungan dengan kailmat utama dan kalimat penjelas terdapat pada
kalimat nomor 3 yakni “Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui
yang didapatkan oleh para nelayan setempat.” Kalimat ini bertentangan dengan
fokus masalah yang ada pada kalimat utama yakni yang membahas mengenai
destinasi wisata kabupaten Pesisir Barat.
Contoh
4 :
(1)
Di sekolah baruku terdapat bermacam-macam kegiatan ektrakurikuler. (2) Bagi
murid yang menyukai kegiatan olah raga bisa memilih klub bulu tangkis, sepak
bola, voli, basket, sepak takraw, dan masih banyak lagi. (3) Ada pula klub-klub
musik seperti klub dangdut, rock, jaz, dan keroncong yang dapat dipilih
berdasarkan selera musik masing-masing siswa. (4) Semua anggota klub sangat
menyukai mie ayam kantin Pak Husein. (5) Di bidang olah raga bela diri
sekolahku juga memfasilitasi berbagai jenis seni bela diri diantaranya ialah
pencak silat, taekwondo, wushu, dan karate.(6) Selain itu ada juga klub
jurnalistik, fotografer, pecinta film, dan masih banyak lagi.
Penjelasan
:
Kalimat
utama di atas ditunjukan pada kalimat pertama yakni “Di sekolah baruku terdapat
bermacam-macam kegiatan ektrakulikuler”. Kalimat lainnya berkedudukan sebagai
kalimat penjelas yang saling berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada
kalimat no 4 yakni “Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak
Husein.” Kalimat nomor empat tidak ada kaitannya sama sekali dengan ide pokok
yang ada dalam paragraf tersebut.
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN
2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN
2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa.html
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro
dan Kontra Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_28.html
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-smp-tahun-pelajaran.html
4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_30.html
5. Ide Pokok Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_24.html
6. Kalimat Utama Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_1.html
8. Ringkasan Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_89.html
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua
Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_49.html
10. Pola Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_43.html
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_98.html
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai
Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/12.html
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam
Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam
Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/keteladanan-tokoh-dalam-teks-biografi.html
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-tokoh-utama-cerita.html
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-latar-suasana-cerita.html
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak
Tokoh Dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-pengarang-menggambarkan-watak.html
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-makna-simbol-atau-kata.html
19. Menentukan Amanat Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/cara-menentuakan-amanat-cerita.html
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-nilai-moral.html
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam
Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-penyebab-konflik.html
22. Menentukan Perbedaan Pola
Pengembangan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-pola-pengembangan.html
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan
Bahasa dalam Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/menentukan-perbedaan-penggunaan-bahasa.html
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/contoh-soal-menentukan-isi-cerita-dan.html
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-menentukan-keunggulan-cerita.html
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan
yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/melengkapi-kalimat-dengan-kata-depan.html
27. Melengkapi Kalimat dengan Kata Seru
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-melengkapi-kalimat-dengan-kata.html
28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks
Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/mengurutkan-kalimat-acak-pada-teks.html
29. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks
Laporan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/soal-dan-pembahasan-mengurutkan-kalimat.html
30. Melengkapi Teks Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/melengkapi-teks-nonsastra-teks-biografi.html
31. Sudut Pandang Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/sudut-pandang-pengarang-point-of-view.html
32. Mengubah Bentuk Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/mengubah-teks-drama-menjadi-teks-cerpen.html
33. Menyusun Teks Laporan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/02/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-smp.html
34. Penggunaan Kata/Istilah dalam
Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-smp.html
35. Memvariasikan Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/contoh-soal-memvariasikan-kalimat-dan.html
36. Melengkapi Kalimat dengan
Kata/Istilah yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/contoh-soal-melengkapi-kalimat-dengan.html
37. Kata Sandang Si dan Sang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/03/kata-sandang-si-dan-sang.html
38. Kata Penghubung Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
39. Penggunaan Istilah yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/menggunakan-istilah-yang-tepat-39.html
40. Penulisan Gabungan Kata Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penulisan-gabungan-kata-yang-tepat.html
41. Merperbaiki Kalimat Tidak Efektif
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/perbaikan-kalimat-tidak-efektif-menjadi.html
42. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasan-perbaikan-paragraf.html
43. Prinsip Kehematan dalam Kalimat
Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/prinsip-kehematan-dalam-kalimat-efektif.html
44. Alasan Mengapa Kalimat Tidak Efektif
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/alasan-mengapa-kalimat-tidak-efektif.html
45. Perbaikan Kata Tidak Baku dalam
Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasan-perbaikan-kesalahan.html
46. Penggunaan Huruf Kapital Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/aturan-penggunaan-huruf-kapital.html
47. Penggunaan Tanda Titik Koma Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penggunaan-tanda-titik-koma.html
48. Penulisan Nama Organisasi dan Nama
Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/pedoman-penulisan-nama-lembaga.html
49. Penggunaan Tanda Seru Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/penggunaan-tanda-seru-menurut-puebi.html
50. Alasan Penggunaan Tanda Baca yang
Salah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/04/soal-dan-pembahasaan-alasan-penggunaan.html
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL
BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/bedah-kisi-kisi-un-2019-smpmts-mapel.html
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN,
KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan sebab akibat
- Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan bagian alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna
istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan huruf kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
ReplyDeletehanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)