RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII
/ Ganjil
Materi
Pokok : Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
Alokasi
Waktu : 2
Minggu x 4 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
·
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
·
KI 3 Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI 4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2
Mengidentifikasi unsur kebahasaan
surat lamaran pekerjaan
|
· Memahami
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
· Mengidentifikasi
penulisan surat lamaran pekerjaan sesuai kaidah penulisan EYD
· Mengidentifikasi
isi daftar riwayat hidup
|
4.2
Menyusun surat lamaran pekerjaan
dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
|
· Mendata
ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan
· Menyusun
surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre,
saintifik, dan CLIL peserta didik dapat memahami unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan, mengidentifikasi penulisan surat lamaran
pekerjaan sesuai kaidah penulisan eyd, mengidentifikasi isi daftar riwayat
hidup, mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan, menyusun surat lamaran
pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan, mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
D.
Materi
Pembelajaran
·
Unsur kebahasaan
·
Penulisan EYD
·
Daftar riwayat hidup
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Suherli,
dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XII Revisi
Tahun 2018. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemendikbud.
·
Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit)
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
Ø Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat
Lamaran Pekerjaan
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Religious
Disiplin
Rasa Ingin
Tahu
|
15 menit
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
||||||||||||||||
|
Literasi
Critical Thinking (Berpikir Kritis)
Literasi
Collaborative
Collaborative dan critical thinking
Critical thinking
Communicative
Creativity
HOTS
|
150 menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Unsur Kebahasaan
dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||||
Kegiatan
Penutup
|
||||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat
Lamaran Pekerjaan.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur Kebahasaan dan Penulisan Surat
Lamaran Pekerjaan.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Unsur
Kebahasaan dan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
Creativity
|
15 menit
|
A.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan
pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam
proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh
guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Zuhri Indonesia
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria
= 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4
= 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin
dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya
pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan
kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap
bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari
penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian
menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format
penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih
dahulu. Berikut
Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x
100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 :
400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi
pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan
dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : …
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang
positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x
100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :
500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian
unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan
:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang
sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
dst
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam
kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan
sekitar.
Boyolali,
29 Mei 2019
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2
Boyolali Guru
Mata Pelajaran
Bambang Prihantoro,
S.Pd., M.M. Muh Zuhri,
S.Pd., M.Pd.
NIP 197009261997021002 NIP
197207081998011001
Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
UNDUH FILE WORD RPP BAHASA INDONESIA SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK https://drive.google.com/open?id=14a31d8dJUNIalD3SyVQUEID8Tth1A980
Baca juga
1. Ringkasan Materi Teks Surat Lamaran Pekerjaa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-surat-lamaran.html
2. PPT Surat Lamaran Pekerjaan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-surat.html
3. CONTOH Soal PTS Surat Lamaran Pekerjaan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/soal-ulangan-tengah-semester-penilaian.html
4. CONTOH Soal PAS Surat Lamaran Pekerjaan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester_21.html
5. CONTOH Soal UN Surat Lamaran Pekerjaan
Cermati penutup
surat lamaran pekerjaan berikut ini!
Atas segala
perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan banyak terima kasih.
1. Kalimat
yang tepat untuk memperbaiki penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah …
- Atas segala perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya sampaikan terima kasih.
- Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
- Atas segala perhatian dan kebijaksanaan Bapak, diucapkan terima kasih.
- Atas segala perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya berterima kasih.
- Atas segala perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya berterima kasih.
RPP Kelas XII Semester 1
1. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.1 dan 4.1
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-xii.html
2. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.2 dan 4.2
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-tahun.html
3. RPP Teks Cerita/Novel Sejarah KD 3.3 dan 4.3 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-cerita-sejarah-file-word.html
4. RPP Teks Cerita/Novel Sejarah KD 3.4 dan 4.4 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran_23.html
5. RPP Teks Editorial KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-editorial-dan-soal-un.html
6. RPP Buku Pengayaan KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-literasi-kd-37-dan-47-isi.html
7. RPP Teks Novel KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-kd.html
8. RPP Teks Novel KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-kelas-xii-kd-39-dan-49-bahasa.html
B. RPP KELAS XII SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Artikel KD 3.10 dan
4.10 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-teks-artikel-kelas.html
2. Rpp Teks Artikel KD 3.11 dan
4.11 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-artikel-kd-311-dan-411-kelas.html
3. RPP Teks Kritik dan Esai KD
3.12, 4.12, 3.13, dan 4.13 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-kritik-dan-esai-kelas-xii.html
4. RPP Buku Pengayaan KD 3.14 dan
4.14 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-semester.html
0 komentar:
Post a Comment