RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
:Teks
Prosedur
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.1
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan
3.1.2 menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI
KI 4
|
|
4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan
organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.1.1 mengungkapkan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan secara lisan.
4.1.2 menuliskan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan.
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik,
dan CLIL dengan model saintifik peserta
didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan
menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa
ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D.
Materi
Struktur
teks prosedur:
· Pernyataan Umum
· Tahapan-tahapan
· Penegasan ulang
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari,metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur
2. Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks prosedur bersama-sama
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur
2. Peserta didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik secara
berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur.
3.
Peserta didik secara
berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber.
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur yang
dipilih.
2.
Peserta didik mencoba
menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang dipilih.
3.
Peserta didik mencoba
menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dalam
teks prosedur.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi pernyataan umum
dan tahapan-tahapannya secara individu
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-halyang
akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video “langkah-langkah membuat slime”.
2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk
pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang video “langkah-langkah membuat slime”.
2. Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang
termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik berdiskusi
untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur dalam video.
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang
diamati.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara lisan
dengan memperhatikan intonasi dan lainnya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukanatas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collabora-tive)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communi-cative)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk membawa contoh lain dari teks prosedur baik dari
koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3.
Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan
unsur kebahasaan teks prosedur.
4.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : TesTertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian danlembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio : pedoman penilaian
portofolio
3.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi peserta
didik yang capaian KD-nya
belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya,
atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Unduh RPP LENGKAP TEKS PROSEDUR FILE WORD KLIK https://drive.google.com/open?id=1Y0ihs5NuFRUhCtmXG0jhCR_ykpZ-JaoJ
Baca Juga1. Ringkasan Materi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/ringkasan-materi-persiapan-penilaian.html
2. Powerpoint Materi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks.html
3. Soal Penilaian Tengah Semester Teks Prosedur Klik
4. Soal Penilaian Akhir Semester Teks Prosedur Klik
MELENGKAPI TEKS PROSEDUR
Cermati teks prosedur kompleks
berikut!
Proses Pembuatan Kartu Pelajar di
Sekolah.
(1) Datanglah ke kantor TU di sekolah
Anda!
(2) mintalah blangko untuk kartu
pelajar kepada petugas yang berjaga!
(3) ….
(4) Setelah blangko selesai Anda isi serahkan
kepada petugas yang berjaga!
(5) Setelah itu Anda akan memasuki
ruang pengambilan foto!
(6) Setelah berfoto kartu pelajar akan
selesai kurang lebih 2 minggu.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapai teks tersebut adalah . . . A.
Anda boleh memfotokopi blangko yang sudah diisi.
B. Isilah blangko dengan data yang benar dan
jujur!
C. Tempelkan foto di tempat yang telah
disediakan.
D. Pergilah ke kepala sekolah untuk meminta
tanda tangan!
E. Cermati kelengkapan format dalam blangko!
(Soal UN 2017/2018)
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Teks prosedur adalah teks yang
berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan
tertentu.
Cara
menentukan kalimat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang adalah dengan mencermati
isi kalimat sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan isi kalimat sebelum dan sesudah
bagian rumpang pada teks di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi teks
adalah Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur! (jawaban B). Kalimat sebelum bagian rumpang adalah meminta blangko.
Langkah berikutnya yang tepat adalah mengisi blangko. Kemudian, menyerahkan
blangko yang telah diisi kepada petugas, dan seterusnya.
Kelas XI
1. RPP Teks Prosedur KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-teks-prosedur-tahun-pelajaran.html
2. RPP Teks Prosedur KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-eksplanasi-kd-33-dan-43.html
4. RPP Teks Eksplanasi KD 3.4 dan 4.4 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-rpp-teks-eksplanasi-dan-soal.html
5. RPP Teks Ceramah KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
6. RPP Teks Ceramah KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
7. RPP Buku Pengayaan/Literasi KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-buku-pengayaan-nonfiksi-kelas.html
8. RPP Teks Cerpen KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-teks-cerpen-model-problem.html
9. RPP Teks Cerpen KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Proposal Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-proposal-kelas-xi-semseter-2.html
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-karya-ilmiah-kelas-xi-semester.html
3. RPP Teks Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-resensi-kelas-xi-semester-2.html
4. RPP Teks Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
0 komentar:
Post a Comment