19 June 2019

RPP TEKS PROSEDUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020 LENGKAP DENGAN RINGKASAN MATERI, POWERPOINT PEMBELAJARAN, DAN SOAL PTS, PAS, UN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah
: SMA
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
:Teks Prosedur
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1   menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
3.1.2   menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1  mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.
4.1.2  menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi

Struktur teks prosedur:

·      Pernyataan Umum

·      Tahapan-tahapan

·      Penegasan ulang

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).

3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur
2.      Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks prosedur bersama-sama
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2.      Peserta didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
3.      Peserta didik secara berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur yang dipilih.
2.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang dipilih.
3.      Peserta didik mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dalam teks prosedur.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi





Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)




Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.       Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati video “langkah-langkah membuat slime”.
2.      Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang video “langkah-langkah membuat slime”.
2.      Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dalam video.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang diamati.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara lisan dengan memperhatikan intonasi dan lainnya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukanatas penampilan temannya.

Literasi





Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collabora-tive)

Berpikir kritis (Critical thinking)


Kreativitas (Creativity)




Komunikatif (Communi-cative)
150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa contoh lain dari teks prosedur baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya.


3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)





HOTS
15 menit

H.    Penilaian

1.      Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : TesTertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.      Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian danlembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             : pedoman penilaian portofolio

3.      Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

 Unduh RPP LENGKAP TEKS PROSEDUR FILE WORD KLIK https://drive.google.com/open?id=1Y0ihs5NuFRUhCtmXG0jhCR_ykpZ-JaoJ
Baca Juga

1. Ringkasan Materi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/ringkasan-materi-persiapan-penilaian.html

2. Powerpoint Materi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks.html

3. Soal Penilaian Tengah Semester Teks Prosedur Klik
4. Soal UN dan Pembahasan Materi Teks Prosedur Klik


MELENGKAPI TEKS PROSEDUR

Cermati teks prosedur kompleks berikut!

Proses Pembuatan Kartu Pelajar di Sekolah.

(1)   Datanglah ke kantor TU di sekolah Anda!

(2)   mintalah blangko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga!

(3)   ….

(4)   Setelah blangko selesai Anda isi serahkan kepada petugas yang berjaga!

(5)   Setelah itu Anda akan memasuki ruang pengambilan foto!

(6)   Setelah berfoto kartu pelajar akan selesai kurang lebih 2 minggu.

            Kalimat yang tepat untuk melengkapai teks tersebut adalah . . .                                                   A.  Anda boleh memfotokopi blangko yang sudah diisi.                                                                   
B.  Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur!                                                                  
C.  Tempelkan foto di tempat yang telah disediakan.                                                                    
D.  Pergilah ke kepala sekolah untuk meminta tanda tangan!                                                           
E.   Cermati kelengkapan format dalam blangko!

(Soal UN 2017/2018)

Kunci Jawaban: B

Pembahasan
Teks prosedur adalah teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu. 
Cara menentukan kalimat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang adalah dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan isi kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang pada teks di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi teks adalah Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur! (jawaban B). Kalimat sebelum bagian rumpang adalah meminta blangko. Langkah berikutnya yang tepat adalah mengisi blangko. Kemudian, menyerahkan blangko yang telah diisi kepada petugas, dan seterusnya. 


Kelas XI












B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file word)




0 komentar:

Post a Comment