21 June 2019

UNDUH RPP SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BAHASA INDONESIA KELAS X TEKS LHO KD 3.2 DAN 4.2 DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, POWERPOINT, DAN SOAL-SOAL TEKS LHO



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                        : X/1

Alokasi Waktu                        : 8 X 45 menit


A.    Kompetensi Inti (KI)

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)


3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi

3.2.1. Membedakan isi teks yang dibandingkan
3.2.2. Membedakan aspek kebahasaan teks yang dibandingkan
3.2.3. Menguraikan isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi

4.2. Mengonstruksi teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis

4.2.1. Menentukan garis besar isi teks
4.2.2. Menulis teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan aspek kebahasaan
4.2.3. Mempresentasikan teks yang disusun


C.    Tujuan  Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran diskoveri, peserta didik dapat membedakan  dan menguraikan isi dan aspek kebahasaan teks LHO, dan pola penyajian karakter “wayang”, dan terampil menganalisis aspek kebahasaan dalam menulis  teks  LHO dengan rasa ingin tahu, toleransi, dan semangat kebangsaan selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.


D.    Materi Pembelajaran

Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

·      Isi teks

·      Struktur teks

·      Aspek kebahasaan

·      Kerangka teks 

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

Pendekatan           : Pedagogi genre,  Saintifik approach, CILL

Model                    : discovery learning (pertemuan pertama),

  Penugasan  (pertemuan ke 2)

Metode                  : penugasan, tanya jawab, diskusi.


F.     Media/Alat Belajar

Media/Alat    : Lembar Kerja,  LCD

  1. Bahan dan Sumber Belajar
1.       Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.       Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.       Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
4.       Teks negosiasi dalam bentuk dialog

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)


Tahap
Langkah-Langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
1.       
Pendahuluan:

1.        Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerahTu­han dan saling mendoakan.
2.          Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidik dengan pertanyaan : “ Apa yang kamu ketahui tentang wayang ?, Apa saja jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia?, Dari daerah mana  sajakah asal wayang-wayang itu?, Bagaimanakah ciri-ciri wayang itu ?
3.      Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks LHO


Religius


Rasa Ingin Tahu
15  menit
2.      Inti

















DISCOVERY
1. Stimulation (pemberian rangsangan)
·      Peserta didik membaca teks LHO yang disediakan oleh guru yaitu teks LHO Wayang (hal. 9 - 15 buku Siswa)

2. Problem Statement (identifikasi masalah)
Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam teks LHO Wayang, yaitu
·      Pertanyaan isi teks LHO Wayang;
·      Ciri teks LHO Wayang
·      Struktur teks LHO
·      Pola penyajian karakter  wayang
·      Aspek kebahasaan

3. Data collection (Pengumpulan Data)
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk mengumpulkan data/informasi sebanyak mungkin dari teks LHO tentang:
·      Ciri teks LHO wayang berdasarkan isinya.
·      Struktur teks LHO; 
·      Pola penyajian karakter  wayang
·      Aspek kebahasaan

4. Data Processing (Pengolahan Data)
Peserta didik mendiskusikan data yang didapat dari teks LHO berupa:
·      Merumuskan ciri teks LHO Wayang berdasarkan isinya.
·      Mengklasifikaikan isi teks LHO wayang berdasarkan strukturnya (pernyataan umum/klasifikasi, deskripsi bagian , dan deskripsi manfaat).
·      Menjelaskan pola penyajian karakter wayang dalam teks LHO.
5. Verification (Pemeriksaan data)
Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya;  kelompok lain memberikan tanggapan meliputi
·         Ciri teksLHO wayang berdasarkan isinya;
·         struktur teks LHO wayang
·         pola penyajian karakter wayang dalam teks LHO.Rounded Rectangular Callout: Pemantapan Karakter
Rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab.

6. Generalisation (penarikan kesimpulan)
Di bawah bimbingan Pendidik, peserta didik menyimpulkan
·      ciri teks LHO wayang berdasarkan isinya;
·      struktur teks LHO wayang ;
·      pola penyajian karakter wayang dalam teks LHO.




Literasi







Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)













Kerja sama (Collaborative)












Kreativitas (Creativity)













Komunikatif (Communicative)










Kreativitas (Creativity)
150 menit
3.      Penutup


Kegiatan Pendidik  bersama peserta didik yaitu:
·      menghubungkan pola penyajian karakter  wayang dalam teks LHO dengan cara seseorang menunjukkan perilaku toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
·      Mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dikuasai.
·      Meringkas hasil pembelajaran hari itu.

Kegiatan guru yaitu:
·      Melaksanakan penilaian
·      Menyampaikan tugas yang harus dikerjakan peserta didik  untuk pertemuan kedua.
·      Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



Kreativitas (Creativity)








HOTS
15 menit


Pertemuan kedua

(2 X 45 menit)


Tahap
Langkah-Langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Pendahuluan:



1.    Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tu­handan saling mendoakan.
2.   Peserta didik merespon apersepsi yang     disampaikan pendidik dengan pertanyaan
   : “ Apa yang kamu ketahui tentang wayang ?, Apa
   saja jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia?,
   Dari daerah mana  sajakah asal wayang-wayang
   itu?, Bagaimanakah ciri-ciri wayang itu ?

3.Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks LHO


Religius


Rasa Ingin Tahu
15 menit
Inti
1.        Peserta didik membaca  teks Laporan hasil observasi dari buku teks.
2.        Melalui diskusi kelompok, peserta didik mengidentifikasi isi, struktur, dan aspek kebahasaan teks LHO.
3.        Peserta didik menyusun kerangka teks LHO
4.        Peserta didik mengembangkan kerangka tulisan menjadi tulisan utuh dengan memperhatikan isi, struktur, dan kebahasaan.
5.        Peserta didik menyunting teks laporan hasil observasi yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
6.        Peserta didik memperbaiki teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil suntingan.
7.        Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
8.        Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun..


Literasi

Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)







Kerja sama (Collaborative)





Kreativitas (Creativity)


Komunikatif (Communicative)
150 menit
3. PENUTUP

Kegiatan Pendidik bersama peserta didikyaitu:
·      Membuat simpulan hasil pembelajaran.
·      Merefleksi manfaat pembelajaran teks LHO bagi kehidupan nyata.

Kegiatan Pendidik yaitu:
·      Melaksanakan penilaian
·      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk menyusun LHO
·      Menginformasikan materi pembelajaran berikutnya.




Kreativitas (Creativity)




HOTS




15 menit


A.    Penilaian

1.       Kompetensi keagamaan dan sosial

a.          Teknik penilaian : observasi/ pengamatan

b.         Bentuk               : catatan hasil observasi

c.          Instrumen           : jurnal (terlampir)

2.       Kompetensi Pengetahuan:

a.          Teknik penilaian  :tes

b.         Bentuk Penilaian :Teks tulis dan penugasan  kelompok.

c.          Instrumen penilaian: menulis LHO dan lembar kerja. (terlampir)

3.       Kompetensi keterampilan        :          

a.       Teknik penilaian  :penugasan.

b.      Bentuk                 :tugas tertulis.

c.       Instrumen penilaian :lembar kerja dan penilaian presentasi

4.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

5.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

b.      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


                                                                                                Boyolali, 29 Mei 2019

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                      Guru Mata Pelajaran




Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M                                   Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 197009261997021002                                             NIP 97207081998011001                   

UNDUH FILE RPP WORD LHO 3.2 DAN 4.2 KLIK https://drive.google.com/open?id=1Li5H9GDeFPgUrKH5-OG8d2GIRPh0RG5M

BACA DAN UNDUH POWERPOINT PEMBELAJARAN LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks_24.html




SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-soal-penilaian-tengah-semester-1.html


SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

SOAL USBN/UN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Contoh soal UN Materi Teks Laporan Hasil Observasi
1. Cermati paragraf berikut!

(1) Keterbukaan batik banyuwangi terhadap perwajahan baru, warna dan motif, menunjukkan watak orang Banyuwangi yang sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. (2) Tabrak budaya ini juga terlihat pada ramuan kulinernya, seperti rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi rawon pecel. (3) Orang Banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah menjadi budaya Banyuwangi. (4) Sinkretisme budaya yang juga tampak di batik banyuwangi ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena Banyuwangi hingga kini memang dihuni oleh beragam suku. (5) Kedatangan beragam suku bangsa untuk tinggal menetap di Banyuwangi antara lain dimulai pada penjajahan Belanda. (6) Belanda mendatangkan buruh perkebunan dari Jawa dan Madura.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....

A.      (1)

B.       (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.       (5)

(Soal UN SMA Tahun 2017) 
2. Cermati kutipan teks berikut! 
(1 ) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun sctiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakkan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan di dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.  
Kata tidak baku dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....

A.    (1)

B.    (2)

C.    (3)

D.    (4)

E.    (5)
(Soal UN SMA Tahun 2018)



Unduh RPP Kelas X Semester 1

1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html

2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html







3 comments:

  1. Maaf, pak zuhri saya mau tanya link utk unduh di gdrive mna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://drive.google.com/open?id=1Li5H9GDeFPgUrKH5-OG8d2GIRPh0RG5M
      Sudah saya tambahakan, terima kasih atas masukannya.

      Delete
  2. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete