RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2
Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks Eksplanasi
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, eksplanasial,
dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
eksplanasial pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.3 Mengidentifikasi informasi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1 Memahami
informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau
dibaca.
3.3.2 Menemukan
makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI
KI 4
|
|
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi secara lisan dan/tulis
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.3.1 Menyusun
bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
4.3.2 Menyajikan
hasil teks eksplanasi.
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik,
peserta didik dapat memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian
dari yang didengar atau dibaca, menemukan
makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis, menyusun
bagian-bagian pokok teks eksplanasi, dan menyajikan hasil teks eksplanasi
dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/
komunikatif selama proses embelajaran.
D.
Materi
Teks
Eksplanasi:
- Fakta
- Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).
Struktur Teks Eksplanasi:
- Pengetahuan
- Deretan Penjelas
- Interpretasi (opsional)
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video terjadinya hujan.
2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut berhubungan dengan teks
eksplanasi
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang video tersebut berhubungan dengan
teks eksplanasi
2. Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut dihubungkan
dengan teks eksplanasi
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik secara
berdiskusi mengidentifikasi bentuk teks eksplanasi
3.
Peserta didik mencari
contoh teks eksplanasi dari berbagai sumber.
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menganalisis informasi dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi yang
didapat.
2.
Peserta didik mencoba
menganalisis makna tersirat dalam teks eksplanasi yang didapat.
3.
Peserta didik mencatat
hasil analisis informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat dalam teks
eksplanasi yang didapat.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communica-tive)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Kegiatan guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2
(@4
×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi
2. Peserta didik mengidentifikasi informasi (pengetahuan), urutan
kejadian, dan makna yang tersirat dalam teks
3. Peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian pokok dalam teks
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang bagian-bagian pokok dari teks
2. Peserta didik memberi komentar bagian-bagian pokok teks eksplanasi
yang dibahas
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik berdiskusi
untuk mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi untuk selanjutnya
dapat disajikan hasilnya
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menyusun hasil teks eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah
diidentifikasi dan didiskusikan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok menyajikan hasil kerjanya
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk membawa contoh lain dari teks eksplanasi baik dari
koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3.
Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya,.
4.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
G.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata
Pelajaran,
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 197009261997021002 NIP
197207081998011001
UNDUH RPP TEKS EKSPLANASI KLIK https://drive.google.com/open?id=12-NOLWFOt95-bveU4rOSmpmy3Q9r9P5A
SOAL-SOAL PENILAIAN
UNDUH RPP TEKS EKSPLANASI KLIK https://drive.google.com/open?id=12-NOLWFOt95-bveU4rOSmpmy3Q9r9P5A
SOAL-SOAL PENILAIAN
Kelas XI
1. RPP Teks Prosedur KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-teks-prosedur-tahun-pelajaran.html
2. RPP Teks Prosedur KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-eksplanasi-kd-33-dan-43.html
4. RPP Teks Eksplanasi KD 3.4 dan 4.4 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-rpp-teks-eksplanasi-dan-soal.html
5. RPP Teks Ceramah KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
6. RPP Teks Ceramah KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
7. RPP Buku Pengayaan/Literasi KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-buku-pengayaan-nonfiksi-kelas.html
8. RPP Teks Cerpen KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-teks-cerpen-model-problem.html
9. RPP Teks Cerpen KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Proposal Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-proposal-kelas-xi-semseter-2.html
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-karya-ilmiah-kelas-xi-semester.html
3. RPP Teks Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-resensi-kelas-xi-semester-2.html
4. RPP Teks Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
Promo www.Fanspoker.com :
ReplyDelete- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||
post stamps
ReplyDeletepostage stamps
stamps