14 June 2019

UNDUH FILE WORD RPP TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SMA KELAS X DILENGKAPI RINGKASAN MATERI, POWERPOINT PEMBELAJARAN, SOAL PTS, SOAL PAS, SOAL UN MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata pelajaran   : Bahasa Indonesia

Sekolah                : SMA Negeri 2 Boyolali

Kelas/ Semester  : X IPA-IPS/ Gasal

Materi pokok      : Teks Laporan Hasil Observasi

Alokasi waktu     :  8 X 45 menit (2 kali pertemuan)


A. Kompetensi Inti :

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
3.1.1   Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2     Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
4.1      Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.

4.1.1        Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2        Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi



C.  Tujuan Pembelajaran 

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning  peserta didik dapat Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses PEMBELAJARAN.


D.    Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran pertemuan 1

1.      Teks laporan hasil observasi

2.      Isi  teks laporan hasil observasi

3.      Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi

a.  Kata serta frasa verba dan nomina

b. Afiksasi

c.  Kalimat definisi dan deskriptif

d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks

E.     Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran

Pendekatan      : Pedagogi genre,  Pendekatan Saintifik, CLIL

Model              : discovery learning (pertemuan 1)

                        :  penugasan (pertemuan 2)

Metode            : penugasan, diskusi, tanya jawab

F.   Media/Alat,  Bahan dan Sumber Belajar

1.      Media/Alat                    :

a.       LCD, Laptop

b.      Lembar kerja

2.      Bahan    : Teks laporan observasi

G. Bahan dan Sumber Belajar

1.      Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.      Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.      Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

H.  Kegiatan Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama ( 4 x 45 menit )

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
1.   Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan memberikan dua gambar yang berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat. Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kamu lakukan ketika menghadapi permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?”
3.      Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi.
Religius


Rasa ingin tahu
15 menit
2.    INTI
Discovery
1.      Stimulasi ( pemberian rangsangan)
a.       Peserta didik membaca teks Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa).
b.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang.
2.       Identifikasi Masalah
Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu
1.      Isi pokok teks laporan hasil observasi
2.      Ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
3.      Pengumpulan data
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
4.      Pengolahan data
a.       Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
b.      Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
5.      Pemeriksaan data
a.       Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang isi pokok teks laporan hasil observasi
b.      Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
6.      Penarikan kesimpulan
Di bawah bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan:
a.       Isi teks laporan hasil observasi
b.      Ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi




Literasi



Kerja sama (Collaborative)




Berpikir kritis (Critical thinking)








Kerja sama
Berpikir kritis





Kerja sama
Berpikir kritis




Komunikatif

(Communicative)












Kreativitas (Creativity)
150 menit
3.    Penutup
Kegiatan pendidik bersama peserta didik yaitu :
a.       Memberi penghargaan kepada  satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang mempunyai jawaban yang paling benar dan mampu bekerja sama secara tim.
b.      Pendidik melaksanakan penilaian
c.       Pendidik memberikan tugas
d.      Menjelaskan rencana pembelajaran berikutnya.









HOTS
15 menit

Pertemua ke-2

(2 x 45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi waktu
1.    Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik tentang materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian tentang teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi.
3.      Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini.
Religius


Rasa ingin tahu
15 menit
2.      Inti
1.        Pendidik dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum  Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa.
2.        Peserta didik dikelompokkan menjadi bebebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa  menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri.
3.        Secara  bergantian setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing.
4.        Siswa lain menilai temannya dengan mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru
5.        Setiap kelompok memilih ringkasan yang terbaik
6.        Siswa yang ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan kelas.
Literasi



Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif
(Communicative)











150 menit
Penutup
Kegiatan peserta didik bersama pendidik, yaitu:
a.       Membuat kesimpulan bersama-sama tentang cara membuat ringkasan yang benar
b.      Pendidik melaksanakan penilaian
c.       Pendidik memberikan tugas untuk memperkuat hasil belajar
d.      Mengingatkan tentang pembelajaran di hari berikutnya.



Kreativitas

HOTS

15 menit


G.    Penilaian

1.       Kompetensi keagamaan dan sosial

a.          Teknik penilaian : observasi/ pengamatan

b.         Bentuk               : catatan hasil observasi

c.          Instrumen           : jurnal (terlampir)


2.       Kompetensi Pengetahuan:

a.          Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan

b.         Bentuk Penilaian : tugas individu dan tugas kelompok.

c.          Instrumen penilaian:  lembar kerja. (terlampir)


3.       Kompetensi keterampilan        :          

a.       Teknik penilaian  : tes penugasan

b.      Bentuk                 : tugas tertulis.

c.       Instrumen penilaian : lembar kerja


4.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.


5.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

b.      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


UNDUH FILE WORD RPP LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X KLIK https://drive.google.com/open?id=1vaf55rE6xpL5lxwov9Y1-ApWogBZ5TPC

BACA DAN UNDUH POWERPOINT PEMBELAJARAN LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks_24.html



RINGKASAN MATERI LHO KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-prosedur.html

SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-soal-penilaian-tengah-semester-1.html


SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester.html

SOAL USBN/UN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Contoh soal UN Materi Teks Laporan Hasil Observasi
1. Cermati paragraf berikut!

(1) Keterbukaan batik banyuwangi terhadap perwajahan baru, warna dan motif, menunjukkan watak orang Banyuwangi yang sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. (2) Tabrak budaya ini juga terlihat pada ramuan kulinernya, seperti rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi rawon pecel. (3) Orang Banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah menjadi budaya Banyuwangi. (4) Sinkretisme budaya yang juga tampak di batik banyuwangi ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena Banyuwangi hingga kini memang dihuni oleh beragam suku. (5) Kedatangan beragam suku bangsa untuk tinggal menetap di Banyuwangi antara lain dimulai pada penjajahan Belanda. (6) Belanda mendatangkan buruh perkebunan dari Jawa dan Madura.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....

A.      (1)

B.       (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.       (5)

(Soal UN SMA Tahun 2017) 
2. Cermati kutipan teks berikut! 
(1 ) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun sctiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakkan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan di dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.  
Kata tidak baku dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....

A.    (1)

B.    (2)

C.    (3)

D.    (4)

E.    (5)
(Soal UN SMA Tahun 2018)



Unduh RPP Kelas X Semester 1

1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html

2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html








1 comment:

  1. para Member setia ARENADOMINO,
    untuk kalian para pecinta permainan casino online
    yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
    kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
    bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.5% untuk kalian semua
    dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
    jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
    kalian bisa bermain bersama kami . ARENA-DOMINO.COM
    * CLAIM NOW AND JOIN US *

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    ARENA-DOMINO.COM
    WA : [+855]964967353

    Ayo tunggu apalagi !!

    ReplyDelete