RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/ Gasal
Materi pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu : 8 X
45 menit (2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun,
responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan
lisan dan tulis.
|
3.1.1
Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2
Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks
laporan hasil observasi
|
4.1
Menginterpretasi isi
teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis.
|
4.1.1
Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan
struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2
Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks
laporan hasil observasi
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran
dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model
pembelajaran discovery learning peserta didik dapat Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi, menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri
kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan
hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri
kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/
komunikatif selama proses PEMBELAJARAN.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pertemuan
1
1.
Teks laporan hasil observasi
2. Isi teks laporan hasil observasi
3.
Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat
kompleks
E.
Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik, CLIL
Model : discovery
learning (pertemuan 1)
: penugasan (pertemuan 2)
Metode : penugasan, diskusi, tanya jawab
F.
Media/Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
a. LCD, Laptop
b. Lembar kerja
2. Bahan : Teks laporan observasi
G. Bahan dan Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku
Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis
Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama
Widya.
|
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 4 x 45 menit )
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter
(PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
1.
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik merespon salam
dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon
apersepsi yang disampaikan pendidik dengan memberikan dua gambar yang
berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat.
Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari
gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua
gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kamu lakukan ketika menghadapi
permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?”
3.
Peserta didik menerima
informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang
akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 menit
|
2. INTI
|
Discovery
1. Stimulasi ( pemberian rangsangan)
a.
Peserta didik membaca teks
Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa).
b.
Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang.
2.
Identifikasi
Masalah
Peserta
didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi masalah
yang akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu
1.
Isi pokok teks laporan hasil
observasi
2.
Ciri kebahasaan teks laporan
hasil observasi
3. Pengumpulan data
Peserta
didik berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil
observasi serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
4. Pengolahan data
a.
Peserta didik mendiskusikan
isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
b.
Peserta didik mendiskusikan
ciri kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
5. Pemeriksaan data
a. Dua
kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk
ditanggapi oleh kelompok lain tentang isi pokok teks laporan hasil observasi
b. Dua
kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk
ditanggapi oleh kelompok lain tentang ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil
observasi
6. Penarikan kesimpulan
Di bawah
bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan:
a.
Isi teks laporan hasil
observasi
b.
Ciri-ciri kebahasaan teks
laporan hasil observasi
|
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kerja sama
Berpikir kritis
Kerja sama
Berpikir kritis
Komunikatif
(Communicative)
Kreativitas (Creativity)
|
150 menit
|
3. Penutup
|
Kegiatan pendidik bersama
peserta didik yaitu :
a. Memberi
penghargaan kepada satu kelompok yang
berhasil menjadi kelompok yang mempunyai jawaban yang paling benar dan mampu
bekerja sama secara tim.
b. Pendidik melaksanakan penilaian
c. Pendidik memberikan tugas
d. Menjelaskan
rencana pembelajaran berikutnya.
|
HOTS
|
15 menit
|
Pertemua ke-2
(2 x 45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi waktu
|
1.
Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam dan
mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta
didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik tentang materi
pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian tentang teks laporan hasil
observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi.
3. Peserta
didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta
kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini.
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 menit
|
2. Inti
|
1.
Pendidik dengan rasa ingin
tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa.
2.
Peserta didik dikelompokkan menjadi
bebebrapa
kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum
Angkut” secara mandiri.
3.
Secara bergantian setiap siswa mempresentasikan
ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing.
4.
Siswa lain menilai temannya dengan
mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru
5.
Setiap kelompok memilih
ringkasan yang terbaik
6.
Siswa yang ringkasannya
menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di
depan kelas.
|
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif
(Communicative)
|
150 menit
|
Penutup
|
Kegiatan peserta didik bersama pendidik, yaitu:
a. Membuat
kesimpulan bersama-sama tentang cara membuat ringkasan yang benar
b. Pendidik melaksanakan penilaian
c. Pendidik memberikan tugas untuk
memperkuat hasil belajar
d. Mengingatkan
tentang pembelajaran di hari berikutnya.
|
Kreativitas
HOTS
|
15 menit
|
G.
Penilaian
1.
Kompetensi keagamaan dan sosial
a.
Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b.
Bentuk :
catatan hasil observasi
c.
Instrumen :
jurnal (terlampir)
2.
Kompetensi Pengetahuan:
a.
Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b.
Bentuk Penilaian : tugas individu dan tugas kelompok.
c.
Instrumen penilaian:
lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a.
Teknik penilaian : tes penugasan
b.
Bentuk : tugas tertulis.
c.
Instrumen penilaian : lembar kerja
4. Remedial
a.
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tugas remedial,
dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan
cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah
dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik
yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai
berikut:
a.
Siwa yang mencapai
nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b.
Siwa yang mencapai
nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
BACA DAN UNDUH POWERPOINT PEMBELAJARAN LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks_24.html
RINGKASAN MATERI LHO KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/materi-pembelajaran-teks-prosedur.html
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-soal-penilaian-tengah-semester-1.html
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester.html
SOAL USBN/UN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
Contoh soal UN Materi Teks Laporan Hasil Observasi
1. Cermati paragraf berikut!
(1) Keterbukaan batik banyuwangi
terhadap perwajahan baru, warna dan motif, menunjukkan watak orang Banyuwangi
yang sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai
identitas diri. (2) Tabrak budaya ini juga terlihat pada ramuan kulinernya,
seperti rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi rawon pecel. (3)
Orang Banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah menjadi
budaya Banyuwangi. (4) Sinkretisme budaya yang juga tampak di batik banyuwangi
ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena Banyuwangi hingga kini memang
dihuni oleh beragam suku. (5) Kedatangan beragam suku bangsa untuk tinggal
menetap di Banyuwangi antara lain dimulai pada penjajahan Belanda. (6) Belanda
mendatangkan buruh perkebunan dari Jawa dan Madura.
Kalimat
utama paragraf tersebut adalah nomor ....
A. (1)
B. (2)
C.
(3)
D. (4)
E. (5)
(Soal UN SMA Tahun 2017)
2. Cermati kutipan teks berikut!
(1 ) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar
oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun sctiap
tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk
menggerakkan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan di dalam bilangan
nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang
akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup
besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas. Kata tidak baku dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E. (5)
(Soal UN SMA Tahun 2018)
Unduh RPP Kelas X Semester 1
1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html
2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html
3. RPP Teks Eksposisi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-teks-eksposisi-kd.html
4. RPP Teks Anekdot KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-anekdot-kelas-x-semester.html
5. RPP Teks Anekdot KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-kelas-x-semester-1-tahun.html
6. RPP Teks Hikayat KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-hikayat-dilengkapi.html
7. RPP Teks Hikayat KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-bahasa-indonesia-model-pbl.html
8. RPP Buku Pengayaan/Literasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-file-rpp-literasi-buku-pengayaan.html
para Member setia ARENADOMINO,
ReplyDeleteuntuk kalian para pecinta permainan casino online
yang mungkin sedang mencari agen terpercaya dengan bonus rollingan yang besar
kami menyarankan kepada kalian semua para member setia kami
bahwa kami akan memberikan BONUS ROLLINGAN 0.5% untuk kalian semua
dan langsung otomatis masuk ke dalam id kalian,
jadi untuk kalian yang mau mencoba bonus ini dan ingin bermain di salah satu agen yang terpercaya
kalian bisa bermain bersama kami . ARENA-DOMINO.COM
* CLAIM NOW AND JOIN US *
Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
ARENA-DOMINO.COM
WA : [+855]964967353
Ayo tunggu apalagi !!