RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X/Ganjil
|
Materi
Pokok
|
: Buku
pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
|
Alokasi
Waktu
|
: 6 x
45 Menit
|
A.
Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.9. Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.9.1 mengungkapkan butir-butir
penting dari buku pengayaan nonfiksi
yang dibaca
3.9.2
mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca
|
KOMPETENSI DASAR
DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.9 Menyusun ikhtisar
dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang
dibaca.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.9.1 menyusun rancangan laporan
butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
4.9.2 mengembangkan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku
pengayaan nonfiksi dan fiksi
4.9.3 mempresentasikan
ikhtisar yang dilaporkan.
|
C.
Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat mengungkapkan butir-butir
penting dari dua buku yang dibaca (nonfiksi dan fiksi) , menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca, dan mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca dan mempresentasikannya.
D. Materi
Laporan buku nonfiksi dan fiksi
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : Active Learning
3.
Metode : diskusi
kelompok, tanya jawab, penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru
berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Inti
Stimulation :
·
Siswa mengamati contoh buku
fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru.
·
Siswa mengamati power point dan video interaktif
tentang ikhtisar buku.
Problem Statemen :
·
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang
perbedaan buku fiksi dan nonfiksi.
·
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang
unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Data Collection :
·
Siswa membaca secara kritis berbagai
cuplikan teks dari berbagai buku sumber.
Data Processing :
·
Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan
mengelompokkan ke dalam fiksi atau non fiksi (diberikan lembar kerja per
kelompok (2 orang))
Verification:
·
Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur.
· Siswa yang lain saling menanggapi dan
menilai hasil karya teman dengan jujur.
Generalization
·
Siswa menyimpulkan pembelajaran
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan
guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa buku nonfiksi
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan
belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan
2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Inti
Stimulation
·
Siswa mengamati contoh ikhtisar
buku yang ada di LKS dan mengamati unsur serta struktur ikhtisar.
·
Siswa mengamati power point dan video interaktif
tentang menulis ikhtisar buku serta langkah-langkahnya.
Problem Statemen :
·
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang
bagaimana menulis ikhtisar sebuah buku
·
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang
langkah-langkah menulis ikhtisar buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam
ikhtisar.
Data Collection :
·
Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa
dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat.
·
Siswa menuangkan hasil elaborasi dalam
catatan atau kerangka tulisan ikhtisar yang sudah disediakan.
Data Processing :
·
Siswa secara individual
mencoba menulis ikhtisar buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang
telah ditulis.
·
Siswa mengembangkan catatan
tersebut menjadi sebuah ikhtisar dilengkapi dengan langkah-langkah, struktur
dan kaidah kebahasaan yang tepat.
Verification:
·
Siswa secara individual
menyampaikan ikhtisar yang telah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan
kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku.
·
Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman
dengan jujur.
Generalizatin
· Siswa menyimpulkan pembelajaran
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan
guru
1.
Melakukan penilaian.
2.
Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/
Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar
penilaian presentasi
d.
Portofolio :pedoman penilaian portofolio
3. Remedial
a.
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c.
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes
remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas
tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta
didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
a.
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Boyolali,
29 Mei 2019
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2
Boyolali Guru
Mata Pelajaran,
Bambang
Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP
197009261997021001 NIP
197207081998011001
Unduh RPP Kelas X Semester 1
1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html
2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html
3. RPP Teks Eksposisi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-teks-eksposisi-kd.html
4. RPP Teks Anekdot KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-anekdot-kelas-x-semester.html
5. RPP Teks Anekdot KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-kelas-x-semester-1-tahun.html
6. RPP Teks Hikayat KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-hikayat-dilengkapi.html
7. RPP Teks Hikayat KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-bahasa-indonesia-model-pbl.html
8. RPP Buku Pengayaan/Literasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-file-rpp-literasi-buku-pengayaan.html
Terimakasih Pak Zuhri, pencerahan dan ilmu yang Bapak berikan, sangat membantu saya. salam kenal Pak.semoga Bapak selalu diberi kesehatan sehingga dapat menularkan ilmu -ilmu bapak.
ReplyDeleteterima kasih Bapak, sangat bermanfaat bagi saya. semoga Alloh SWT membalas kebaikan bapak dengan hal yang lebih baik. aamiin
ReplyDeleteterima kasih, Pak. blog Bapak sangat membantu saya sebagai guru baru yang sangat minim pengalaman
ReplyDelete
ReplyDeletecuma di sini agen jud! online dengan proses yang sangat cepat :)
ayo segera daftarkan diri anda di agen365 :)
WA : +85587781483
Mksh Pak Zuhri, smg sehat selalu dan bisa terus berbagi. Aamiin
ReplyDeleteterima kasih bapak zuhri semoga ilmu yang bermanfaat ini bisa menjadi ladang pahala untuk bapak
ReplyDelete