04 July 2019

UNDUH FILE RPP LITERASI BUKU PENGAYAAN FIKSI DAN NONFIKSI KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi Pokok
: Buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit 


A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.9.      Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9.1   mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2    mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.9       Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.9.1  menyusun rancangan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan (nonfiksi) dan fiksi
4.9.2  mengembangkan laporan butir-butir penting/ikhtisar dari buku pengayaan nonfiksi dan fiksi
4.9.3  mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan.


C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengungkapkan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca (nonfiksi dan fiksi) , menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca, dan mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku yang dibaca dan mempresentasikannya.

D.    Materi

Laporan buku nonfiksi dan fiksi

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
Stimulation :
·         Siswa mengamati contoh buku fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru.
·         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang ikhtisar buku.
Problem Statemen :
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang perbedaan buku fiksi dan nonfiksi.
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Data Collection :
·         Siswa membaca secara kritis berbagai cuplikan teks dari berbagai buku sumber.
Data Processing :
·         Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan mengelompokkan ke dalam fiksi atau non fiksi (diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang))

Verification:
·         Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur.
·     Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur.
Generalization
·     Siswa menyimpulkan pembelajaran


Literasi




Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)


Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa buku nonfiksi
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
Inti
Stimulation
·         Siswa mengamati contoh ikhtisar buku yang ada di LKS dan mengamati unsur serta struktur  ikhtisar.
·         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang menulis ikhtisar buku serta langkah-langkahnya.
Problem Statemen :
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang bagaimana menulis ikhtisar sebuah buku
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang langkah-langkah menulis ikhtisar buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam ikhtisar.
Data Collection :
·         Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat.
·         Siswa menuangkan hasil elaborasi dalam catatan atau kerangka tulisan ikhtisar yang sudah disediakan.
Data Processing :
·         Siswa secara individual mencoba menulis ikhtisar buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang telah ditulis.
·         Siswa mengembangkan catatan tersebut menjadi sebuah ikhtisar dilengkapi dengan langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.
Verification:
·         Siswa secara individual menyampaikan ikhtisar yang telah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku.
·         Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur.
Generalizatin
·     Siswa menyimpulkan pembelajaran


Literasi






Rasa ingin tahu







Kerja sama (Collaborative)






Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)



Komunikatif (Communicative)
150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
15 menit

H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


Boyolali,     29 Mei 2019
Mengetahui,
 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran, 


     Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M.                    Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
     NIP 197009261997021001                                   NIP 197207081998011001

UNDUH FILE LENGKAP RPP KD 3.9 DAN 4.9 KLIK https://drive.google.com/open?id=19zx89ZX1Jb2aDoKDWfkcHU2Zdl19Z2dl


Unduh RPP Kelas X Semester 1

1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html

2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html






6 comments:

  1. Terimakasih Pak Zuhri, pencerahan dan ilmu yang Bapak berikan, sangat membantu saya. salam kenal Pak.semoga Bapak selalu diberi kesehatan sehingga dapat menularkan ilmu -ilmu bapak.

    ReplyDelete
  2. terima kasih Bapak, sangat bermanfaat bagi saya. semoga Alloh SWT membalas kebaikan bapak dengan hal yang lebih baik. aamiin

    ReplyDelete
  3. terima kasih, Pak. blog Bapak sangat membantu saya sebagai guru baru yang sangat minim pengalaman

    ReplyDelete

  4. cuma di sini agen jud! online dengan proses yang sangat cepat :)
    ayo segera daftarkan diri anda di agen365 :)
    WA : +85587781483

    ReplyDelete
  5. Mksh Pak Zuhri, smg sehat selalu dan bisa terus berbagi. Aamiin

    ReplyDelete
  6. terima kasih bapak zuhri semoga ilmu yang bermanfaat ini bisa menjadi ladang pahala untuk bapak

    ReplyDelete