RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Cerita pendek
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, cerita
pendekal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan cerita pendekal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.9
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita
pendek
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.9.1 Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek
3.9.2 Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
|
KOMPETENSI
DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.9.1 Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek
4.9.2 Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
|
C.
Tujuan pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik
peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita
pendek, menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah, menentukan
topik tentang kehidupan dalam cerita pendek, dan menulis cerita pendek dengan
memperhatikan unsur-unsur pembangun.
D. Materi
Struktur Cerita Pendek
Abstrak-Orientasi-Komplikasi-Resolusi-Evaluasi-Koda
Unsur-unsur Cerita Pendek
Tema, tokoh, penokohan, alur, latar, gaya
bahasa, sudut pandang, amanat.
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : Discovery Learning, Problem Based Learning
3.
Metode : diskusi
kelompok, tanya jawab, penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru
berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Stimulation
1.
Peserta
didik membaca cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A. Navis.
Problem
Statemen
1.
Peserta
didik bertanya jawab struktur dan kebahasaan dalam cerpen
2.
Peserta
didik memberi komentar struktur dan kebahasaan dalam cerpen
Data
Collection
1.
Peserta
didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta
didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kebahasaan dalam cerpen yang dibaca
Data Processing
1.
Peserta
didik menganalisis struktur dan kebahasaan dalam cerpen
2.
Peserta
didik menuliskan struktur dan kebahasaan dalam cerpen
Verification
1.
Peserta
didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan
komentar dan masukan atas penampilan temannya.
Generalization
Peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai struktur dan kebahasaan cerpen
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan
guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca cerita
pendek lainnya dan memilih satu cerita pendek untuk
diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan
belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan
2 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter
(PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi Siswa pada Masalah
1.
Peserta didik mengamati teks cerpen yang dibawa
Mengorganisasi Siswa dalam Belajar
1.
Peserta didik bertanya jawab tentang mengonstruksi cerpen dengan teman
sebangku.
2.
Peserta didik memberikan komentar tentang mengonstruksi cerpen.
Membimbing Penyelidikan Siswa secara
Mandiri atau Kelompok
1.
Peserta didik dengan bimbingan guru berdiskusi dalam kelompok untuk mengonstruksi
cerpen.
2.
Peserta didik menyusun cerpen.
Mengembangkan dan menyajikan Hasil Karya
1.
Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya
2.
Peserta didik yang lain mengomentari dan memberi masukan.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
1. Peserta
didik memperbaiki karya berdasarkan masukan dari teman/kelompok lain
2. Peserta
didik menyimpulkan pembelajaran menyusun teks cerpen
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1.
Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan
guru
1.
Melakukan penilaian.
2.
Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan
cerita pendek.
3.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/
Portofolio
2.
Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar
penilaian presentasi
d.
Portofolio :pedoman penilaian portofolio
3.
Remedial
a.
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c.
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes
remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas
tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta
didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
a.
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata
Pelajaran,
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 197009261997021002 NIP
197207081998011001UNDUH FILE WORD RPP TEKS CERPEN KLIK https://drive.google.com/open?id=1dXB3in7bSCOAvhxenA7wsAXM1idCkF1p
Kelas XI
1. RPP Teks Prosedur KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-teks-prosedur-tahun-pelajaran.html
2. RPP Teks Prosedur KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-eksplanasi-kd-33-dan-43.html
4. RPP Teks Eksplanasi KD 3.4 dan 4.4 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-rpp-teks-eksplanasi-dan-soal.html
5. RPP Teks Ceramah KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
6. RPP Teks Ceramah KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
7. RPP Buku Pengayaan/Literasi KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-buku-pengayaan-nonfiksi-kelas.html
8. RPP Teks Cerpen KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-teks-cerpen-model-problem.html
9. RPP Teks Cerpen KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Proposal Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-proposal-kelas-xi-semseter-2.html
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-karya-ilmiah-kelas-xi-semester.html
3. RPP Teks Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-resensi-kelas-xi-semester-2.html
4. RPP Teks Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
ayo tes keberuntungan kamu di agen365*com :D
ReplyDeleteWA : +85587781483
stamps
ReplyDeletepostage stamps
postage stamps