05 July 2019

UNDUH RPP BUKU PENGAYAAN NONFIKSI KELAS XI SEMESTER 1 KD 3.7 DAN 4.7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Buku pengayaan (nonfiksi)
Alokasi Waktu
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.7.      Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.1.   Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2.   Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.7.      Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.7.1.  Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.7.2.  Mempresentasikan dan  memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menungkapkan butir-butir penting dari satu buku pengayaan, menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan, dan mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan.

D.    Materi

Laporan buku nonfiksi

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

F.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya 

G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
Stimulation
·         Siswa mengamati contoh buku fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru.
·         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang resensi buku.
Problem Statemen
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang perbedaan buku fiksi dan nonfiksi.
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Data Collection
·         Siswa membaca secara kritis berbagai cuplikan teks dari berbagai buku sumber.
Data Processing
·         Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan mengelompokkan ke dalam fiksi atau non fiksi (diberikan lembar kerja per kelompok (2 orang))

Verification
·         Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur.
·         Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan jujur.
Generalization
·         Siswa menyimpulkan pembelajaran


Literasi




Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)


Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa buku nonfiksi
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
Orientasi Siswa pada Masalah
·         Siswa mengamati contoh resensi buku yang ada di LKS dan mengamati unsur serta struktur teks resensi.
·         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang menulis resensi buku serta langkah-langkahnya.
Mengorganisasi Siswa dalam Belajar
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang bagaimana menulis resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan kekurangan, serta evaluasi buku).
·         Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang langkah-langkah menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi.
Membimbing Penyelidikan Siswa secara Mandiri atau Kelompok
·         Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat.
·         Siswa menuangkan hasil elaborasi dalam catatan atau kerangka tulisan resensi yang sudah disediakan.
·         Siswa secara individual mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang telah ditulis.
·         Siswa mengembangkan catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:
·         Siswa secara individual menyampaikan teks resensi yang telah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku.
·         Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman dengan jujur.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
·         Peserta didik memperbaiki karya berdasarkan masukan dari teman/kelompok lain
·         Peserta didik menyimpulkan pembelajaran menyusun teks eksposisi.


Literasi









Rasa ingin tahu







Kerja sama (Collaborative)






Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)



Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

H.    Penilaian

1.      Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.      Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.      Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

UNDUH FILE WORD RPP BUKU PENGAYAAN KELAS XI KLIK https://drive.google.com/open?id=1NqqOqfZgGFgioWnmpUsZgJgyJ1R1-lhD


Kelas XI












B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file word)




0 komentar:

Post a Comment