RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
X1/Ganjil
|
Materi
Pokok
|
: Buku
pengayaan (nonfiksi)
|
Alokasi
Waktu
|
: 4 x
45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.7. Mengidentifikasi
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.7.1. Menentukan
unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2. Menyusun
laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
|
KOMPETENSI
DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.7. Menyusun laporan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.7.1. Menyusun laporan
hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
4.7.2. Mempresentasikan dan memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja
dalam diskusi kelas.
|
C.
Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan
model saintifik peserta didik dapat menungkapkan butir-butir
penting dari satu buku pengayaan, menyusun
rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan, dan mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan.
D. Materi
Laporan buku nonfiksi
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : Active Learning
3.
Metode : diskusi
kelompok, tanya jawab, penugasan
F.
Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter
(PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru
berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3. Peserta
didik menyimak kompetensi dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Inti
Stimulation
·
Siswa mengamati contoh buku
fiksi dan nonfiksi yang telah disediakan guru.
·
Siswa mengamati power point dan video interaktif
tentang resensi buku.
Problem Statemen
·
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang
perbedaan buku fiksi dan nonfiksi.
·
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang
unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Data Collection
·
Siswa membaca secara kritis berbagai
cuplikan teks dari berbagai buku sumber.
Data Processing
·
Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan
mengelompokkan ke dalam fiksi atau non fiksi (diberikan lembar kerja per
kelompok (2 orang))
Verification
·
Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur.
·
Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya teman dengan
jujur.
Generalization
·
Siswa menyimpulkan pembelajaran
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan
guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa buku nonfiksi
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan
belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan
2 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter
(PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Inti
Orientasi Siswa pada Masalah
·
Siswa mengamati contoh resensi
buku yang ada di LKS dan mengamati unsur serta struktur teks resensi.
·
Siswa mengamati power point dan video interaktif
tentang menulis resensi buku serta langkah-langkahnya.
Mengorganisasi Siswa dalam Belajar
·
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang
bagaimana menulis resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan
kekurangan, serta evaluasi buku).
·
Siswa bertanya jawab dan berdiskusi tentang
langkah-langkah menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam
teks resensi.
Membimbing
Penyelidikan Siswa secara Mandiri atau Kelompok
·
Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa
dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat.
·
Siswa menuangkan hasil elaborasi dalam
catatan atau kerangka tulisan resensi yang sudah disediakan.
·
Siswa secara individual
mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang
telah ditulis.
·
Siswa mengembangkan
catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan
langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:
·
Siswa secara individual
menyampaikan teks resensi yang telah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan
kekurangan isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku.
·
Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis teman
dengan jujur.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
·
Peserta didik memperbaiki karya berdasarkan masukan dari
teman/kelompok lain
·
Peserta didik menyimpulkan pembelajaran menyusun teks eksposisi.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan
guru
1.
Melakukan penilaian.
2.
Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/
Portofolio
2.
Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar
penilaian presentasi
d.
Portofolio :pedoman penilaian portofolio
3.
Remedial
a.
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c.
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes
remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas
tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta
didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
a.
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
UNDUH FILE WORD RPP BUKU PENGAYAAN KELAS XI KLIK https://drive.google.com/open?id=1NqqOqfZgGFgioWnmpUsZgJgyJ1R1-lhD
Kelas XI
1. RPP Teks Prosedur KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-teks-prosedur-tahun-pelajaran.html
2. RPP Teks Prosedur KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-eksplanasi-kd-33-dan-43.html
4. RPP Teks Eksplanasi KD 3.4 dan 4.4 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-rpp-teks-eksplanasi-dan-soal.html
5. RPP Teks Ceramah KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
6. RPP Teks Ceramah KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
7. RPP Buku Pengayaan/Literasi KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-buku-pengayaan-nonfiksi-kelas.html
8. RPP Teks Cerpen KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-teks-cerpen-model-problem.html
9. RPP Teks Cerpen KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Proposal Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-proposal-kelas-xi-semseter-2.html
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-karya-ilmiah-kelas-xi-semester.html
3. RPP Teks Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-resensi-kelas-xi-semester-2.html
4. RPP Teks Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
0 komentar:
Post a Comment