29 October 2019

PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (NOMOR 1 MAKNA ISTILAH PADA TEKS)

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Makna kata pada teks dapat diketahui melalui hubungan kata itu dengan kata sebelum ataupun sesudahnya. Makna kata heterogen pada teks tersebut dapat dihubungkan dengan kata-kata sebelumnya, yaitu berbagai suku bangsa. Dengan demikian, makna kata heterogen pada teks tersebut adalah beraneka ragam (opsi B).
RINGKASAN MATERI

MAKNA ISTILAH PADA TEKS
Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah).
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN adalah makna kata leksikal. Makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Makna kata pada teks dapat diketahui melalui hubungan kata itu dengan kata sebelum ataupun sesudahnya.
Paragraf disusun menggunakan kalimat-kalimat yang saling berkaitan. Kalimat dalam setiap paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut memiliki makna atau arti. Oleh karena itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih agar mampu menyampaikan maksud penulis.
Kesalahan penggunaan kata-kata atai istilah akan menimbulkan penafsiran berbeda. Kata-kata atau istilah yang digunakan dapat berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata yang bermakna konotasi dan denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah berhubungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, serta keadaan, atau sifat di bidang tertentu.
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN adalah makna kata leksikal. Makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Contoh soal memaknai istilah
1. Bacalah teks berikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan beragam upaya. Pertama, diperlukan upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…
A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. Memberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan memberikan ceramah
D. memberikan imbauan menuju kebaikan
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Arti kata persuasif adalah  bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin) (https://kbbi.web.id/persuasif ). Jawaban yang paling tepat adalah opsi A.
PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
36. Memperbaiki Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/01/soal-un-bahasa-indonesia-smp.html

0 komentar:

Post a Comment