11 January 2020

SOAL MENGURUTKAN KALIMAT ACAK TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN SOAL UN 2019 SMP MAPEL BAHASA INDONESIA


Kunci jawaban: D
Pembahasan
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Menyusun kalimat-kalimat dalam teks dapat dilakukan dengan menempatkan kalimat utama pada awal kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas. Pada soal di atas kalimat utamanya adalah kalimat (5) Dalam rangka HUT ke-70 TNI AU, Satradar 215 mengadakan Bakti Masyarakat. Kalimat utama tersebut dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain yang disusun secara logis dengan urutan  (5), (2), (1), (4), (3), (6) atau opsi D. 

RINGKASAN MATERI

Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu.
Kalimat acak adalah kalimat lepas yang dapat dijadikan paragraf yang padu dengan cara menempatkan kalimat utama lebih dahulu kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain.
Langkah-langkah mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu adalah sebagai berikut.
1.      Bacalah dengan cermat.
2.      Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama. Gunakan data tersebut sebagai kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas. Dapat pula dengan menggunakan urutan waktu atau kronologis.
3.      Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu berdasarkan urutan logis. Misalnya dimulai dengan kalimat yang memuat gagasan umum kemudian diikuti dengan gagasan khusus atau penjelas. Dapat pula dengan urutan waktu atau kronologis. 



PEMBAHASAN SOAL UN SMP TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
36. Memperbaiki Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2020/01/soal-un-bahasa-indonesia-smp.html

1 comment:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete