Menulis Laporan Hasil Observasi
Sekarang, saatnya kalian menulis laporan hasil observasi. Namun, sebelum itu tentu kalian harus melakukan observasi. Agar kegiatan observasi berjalan lancar, perhatikanlah panduan berikut.
1. Tentukan objek apa yang akan kalian observasi. Objek tersebut harus menarik dan dikuasai. Memilih objek yang ada di sekitar kalian dapat membantu dalam pengamatan.
2. Tentukan hal apa saja yang akan kalian amati dari objek tersebut sebagai panduan pengamatan. Kalian dapat melihat contoh perincian tersebut pada saat mengidentifikasi struktur laporan hasil observasi Belalang Anggrek dan Tonggeret.
3. Lakukanlah observasi dengan menggunakan panduan pengamatan yang telah dibuat. Carilah informasi seakurat mungkin. Jika perlu dan memungkinkan, ambillah gambar objek observasi kalian atau bawa beberapa sampel objek tersebut. Jika memiliki kamera atau alat perekam video, kalian juga dapat mendokumentasikan kegiatan observasi dalam bentuk foto dan atau video.
4. Susunlah kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi, yaitu definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat.
Tabel kerangka laporan hasil observasi
Struktur Umum |
Rincian Topik |
Pengembangan |
Definisi umum |
|
|
Deskripsi per bagian |
1. 2. 3. 4. 5. |
|
Deskripsi manfaat |
|
|
5. Kembangkanlah kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu. Pada tahap ini, kalian harus memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik laporan hasil observasi yang telah dipelajari pada bagian sebelumnya.
6. Periksa kembali laporan kalian. Kalian dapat menggunakan instrumen berikut untuk memeriksa apakah laporan hasil penelitiannya sudah tepat atau belum.
Tabel daftar periksa laporan hasil observasi
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Bukti |
Penulisan judul diawali dengan huruf kapital, kecuali pada kata depan |
|
|
|
|
|
|
|
Laporan memuat definisi umum |
|
|
|
Laporan memuat deskripsi per bagian |
|
|
|
Laporan memuat deskripsi manfaat |
|
|
|
Informasi yang disampaikan bersifat objektif |
|
|
|
Penulisan kata berimbuhan di- dengan kata depan di sudah tepat |
|
|
|
Terdapat kalimat definisi dan kalimat deskripsi |
|
|
|
Jika menggunakan referensi dari sumber lain, penulisan kutipan dan sumber kutipan sudah ditulis dengan tepat |
|
|
|
Aulia, Tri Fadilah dan Gumilar, Sefi Indra. 2021. Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
0 komentar:
Post a Comment