03 August 2017

RPP TEKS PROSEDUR KELAS XI KD 3.1 DAN 4.1 (DRAF)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah
: SMA
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
:Teks Prosedur
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)



A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1   menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
3.1.2   menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1  mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.
4.1.2  menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.



C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi

Struktur teks prosedur:

·      Pernyataan Umum

·      Tahapan-tahapan

·      Penegasan ulang

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Saintifik

2.      Model Pembelajaran :Active Learning

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur
2.      Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks prosedur bersama-sama
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2.      Peserta didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
3.      Peserta didik secara berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur yang dipilih.
2.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang dipilih.
3.      Peserta didik mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dalam teks prosedur.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi





Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)






Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.       Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit



Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-halyang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati video “langkah-langkah membuat slime”.
2.      Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang video “langkah-langkah membuat slime”.
2.      Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dalam video.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang diamati.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara lisan dengan memperhatikan intonasi dan lainnya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukanatas penampilan temannya.


Literasi








Rasa ingin tahu








Kerja sama (Collaborative)

Berpikir kritis (Critical thinking)






Kreativitas (Creativity)




Komunikatif (Communicative)
150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa contoh lain dari teks prosedur baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)





HOTS
15 menit



H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : TesTertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian danlembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             : pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR

TEKS PROSEDUR

A. Contoh

Kiat Berwawancara Kerja


     Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan
calon.
     Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
     Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
     Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.

     Singkatnya, akan lebih baik jika kita mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.

     Pada saat berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
     Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.

     Pewawancara biasanya memberikan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
     Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
     Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).

B. Pengertian

Teks prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan berhasil..

C. Fungsi

Teks prosedur berfungsi untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.

D. Struktur
Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)


E. Aspek kebahasaan

Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.

1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.

Bentuk dasar
Imbuhan/Partikel
Bentukan Kata
perhati
-kan
perhatikan
pasti
-kan
pastikan
tunjuk
-kan
tunjukkan
cerita
-kan
ceritakan
hindar
-i
hindari
jadi
-lah
jadilah


2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.





INTRUMEN PENILAIAN SIKAP



Nama Satuan pendidikan        : SMA …….

Tahun pelajaran                       : 2018/2019

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib



NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






2






7






8






9






10






11











Satuan Pendidikan
:
SMA ………
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.1
 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Indikator
:
3.1.1  
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan


3.1.2  
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
Materi
:
Teks Prosedur



Contoh Tugas:

Jawablah pertanyaan berikut!
1.       
Mengapa bagian atas dinamakan “penjelasan umum”?
2.       
Apakah tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas?
3.       
Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya?
4.       
Dari isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur tersebut?
5.       
Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur?
6.       
Berdasarkan isinya, apa fungsi teks prosedur?
7.       
Kemukakanlah sebuah contoh teks prosedur yang kamu temukan dari koran atau majalah!



Jawablah pertanyaan berikut!
1.       
Bacalah kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan komputer”dan      “cara mematikan komputer”! manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan?
2.       
Carilah bacaan atau buku tentang perintah melakukan suatu kegiatan. Catatlah langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan menurut pendapatmu sehingga kamu memahami makna langkah-langkah tersebut!



  



INSTRUMEN PENUGASAN2



Satuan Pendidikan
:
SMA …………
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
Indikator
:
4.1.1  
Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan


4.1.2  
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan
Materi
:
Teks Prosedur



Contoh Tugas:



1. Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut!
No.
Isi
Kalimat singkat
1.
Pernyataan umum
......................................................................................................
......................................................................................................
2.
Tahapan-tahapan
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
3
Penegasan Ulang


2.      Dari isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu?
3.      Temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas!
4.      Temukan enam konjungsi pada teks prosedur tersebut!
5.      Temukan pernyataan persuasif pada teks prosedur di atas!
6.      Berikanlah tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut?
7.      Tuliskan kembali isi teks prosedur tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri secara singkat dan jelas!







RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN



Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................



No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakah teks prosedur yang ditulis lengkap?


2.
3. Apakah terdapat uraian tentang struktur prosedur?


3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah PUEBI?


4.
Apakah terdapat pernyataan umum?


5.
Apakah terdapat tahapan-tahapan?


Jumlah





Kriteria:

5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang








INSTRUMEN TES TERTULIS



Satuan Pendidikan
:
SMA ……………..
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.1 
 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Indikator
:
3.1.1  
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan


3.1.2  
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan



Tes Tertulis

Disediakan dua teks prosedur

1.      Identifikasilah pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

2.      Tuliskan tahapan-tahapan dalam teks prosedur tersebut

3.      Kemukakan komentarmu terhadap kedua teks prosedur tersebut

Tertulis (soal HOTS)

1.      Identifikasilah teks prosedur dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur!

2.      Buatlah rancangan teks prosedur dengan memuat pernyataan umum dan tahapan-tahapannya!

3.      Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.



RUBRIK PENILAIAN

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan sangat tepat
4
a.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengantepat
3
b.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan kurang tepat
2
c.                      Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
Peserta didik menulis tahapan teks prosedur sangat tepat
4
d.                     Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tepat
3
e.                      Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang tepat
2
f.                       Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
4
g.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat
3
h.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat
2
i.                        Pesertad idik mengemukakan komentar dengan tidak tepat
1










INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN



Satuan Pendidikan
:
SMA …………
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis dan memerankan dialog prosedur
Kompetensi dasar
:
4.1 
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator
:
4.1.1  
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.



4.1.2  
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan


1.      Lembar Soal Keterampilan

1.      Buatlah sebuah teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.

2.      Identifikasilah teks tersebut sesuai dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.

2.      Rubrik Penilaian

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat sesuai isi teks
4
j.                        Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi teks
3
k.                      Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks
2
l.                        Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks
1
2
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik
4
m.                    Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  lengkapdansesuaidengantopik
3
n.                      Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  kurang lengkap dan  kurang dengantopik
2
o.                      Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur  tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
1






INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO



Satuan Pendidikan
:
SMA ……………
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis Teks prosedur
Kompetensi dasar
:
3.1 
 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur



4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis

Indikator
:
3.1.1  
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan



3.1.2  
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan



4.1.1
Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.



4.1.2
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan


Tugas I

1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir



PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Peserta didikmenyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu
4
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
3
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
2
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
1
Peserta didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
0




LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO



Jenis Tugas                            :

Kelas                                       : XI

Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018/2019



No
Nama Peserta didik
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Peserta Didik
Guru



























































KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 2018/2019



Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program             :  XI

Semester                      :  1 (dua)

Kurikulum                   :  2013



No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
XI/1
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
C4
Uraian
1
2
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
XI/1
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
C5
uraian
2
3
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
XI/1
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
C2
uraian
3
4
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
XI/1
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
C5
uraian
4
5
Mengomentari teks prosedur
XI/1
Disajikan video tentangprosedurpeserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar
C2
uraian
5



KARTU  SOAL HOTS



Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1(satu)

Kurikulum                 : 2013



Kompetensi Dasar
:
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Materi
:
Teks prosedur
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dengan benar
Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatandengan benar
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan dengan jelas.
Indikator Soal Nomor 4
:
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan benar.
Indikator Soal Nomor 5
:
Disajikan video tentang prosedur peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar



Boyolali,     2 Juli 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,









     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 196505041989031014                                    NIP 197207081998011001

02 August 2017

SOAL BAIK DAN SOAL TIDAK BAIK SD/MI




Soal yang baik adalah soal yang sesuai dengan kaidah penulisan soal. Soal yang tidak baik adalah soal yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan soal. Berikut ini disajikan contoh-contoh soal yang baik dan tidak baik bentuk pilihan ganda disertai dengan penjelasan/ pembahasan sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda (PG).
 KAIDAH PENULISAN SOAL BENTUK PILIHAN GANDA (PG)

Dalam menulis soal bentuk PG, penulis soal harus memperhatikan kaidah-kaidah sebagai berikut:

Materi

1. Soal harus sesuai dengan indikator.

2. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.

3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.

Konstruksi

1. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.

2. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang

diperlukan saja.

3. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.

4. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.

5. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.

6. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan, “Semua pilihan jawaban di atas salah” atau “Semua pilihan jawabandi atas benar”.

7. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut atau kronologisnya.

8. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.

9. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.

Bahasa

1. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

2. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.

3. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif.

4. Setiap pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.

Hal-hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam penulisan soal:

1. Soal tidak boleh menyinggung suku, agama, ras, antargolongan (SARA).

2. Soal tidak boleh bermuatan politik, pornografi, promosi produk komersil (iklan) atau instansi (nama sekolah, nama wilayah), kekerasan, dan bentuk lainnya yang dapat menimbulkan efek negatif atau hal-hal yang dapat menguntungkan atau merugikan kelompok tertentu.

 CONTOH SOAL PILIHAN GANDA KURANG BAIK DAN BAIK
KAIDAH 1

Soal harus sesuai dengan indikator soal dalam kisi-kisi.
Artinya, soal harus menanyakan perilaku dan materi yang hendak diukur sesuai dengan tuntutan indikator soal.
Indikator Soal:
Disajikan gambar 4 tumbuh-tumbuhan, peserta didik dapat menentukan dua tumbuhan yang
berkembang biak dengan cara yang sama.
Contoh soal yang kurang baik:
Tumbuh-tumbuhan pada gambar di bawah ini berkembang biak secara vegetatif alami. Tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal adalah ....

Kunci jawaban: D
Penjelasan
:
Soal di atas tidak sesuai dengan indikator karena:
• indikator meminta disajikan gambar di pokok soal bukan di pilihan jawaban.
• indikator meminta 2 tumbuhan yang cara perkembangbiakannya sama, sedangkan pada soal
tersebut hanya menanyakan satu tumbuhan dengan cara perkembangbiakan tertentu.

Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar tumbuhan berikut!





Tumbuh-tumbuhan tersebut berkembang biak secara vegetatif alami. Di antara tumbuhan tersebut yang memiliki cara perkembangbiakan yang sama adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Kunci Jawaban : A

KAIDAH 2
Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
Contoh soal yang kurang baik:






Kunci jawaban: A
Penjelasan
:
Pilihan jawaban (d) tidak logis dan tidak homogen karena atmosfer bumi tidak termasuk ke dalam pembagian struktur bumi sehingga pilihan jawaban (d) tidak berfungsi sebagai pengecoh yang baik.
Contoh soal baik:






KAIDAH 3
Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.
Contoh soal yang kurang baik:
Contoh peristiwa konveksi dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A. panas matahari yang sampai ke bumi
B. terjadinya angin darat dan angin laut
C. air yang dimasak di dalam panci lama kelamaan mendidih
D. pangkal besi yang terasa panas ketika ujungnya dibakar
Kunci jawaban: B dan C
Penjelasan
:
Pada soal ini B dan C merupakan kunci jawaban. Hal ini dapat membingungkan peserta didik. Bagi peserta didik yang menguasai materi akan merasa dirugikan kalau ternyata kunci yang dijadikan patokan adalah salah satu dari kunci tersebut.
Contoh soal yang lebih baik:
Contoh peristiwa konveksi dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A. panas matahari yang sampai ke bumi
B. terjadinya angin darat dan angin laut
C. panci yang menjadi panas akibat adanya api dari kompor
D. pangkal besi yang terasa panas ketika ujungnya dibakar
Kunci jawaban: B

KAIDAH 4
Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
Contoh soal yang kurang baik:
Kabel listrik di jalan agak kendor agar ....
A. mempermudah menyambung pada saat kabel terputus
B. mudah dipindahkan apabila ada perbaikan
C. menghindari pemuaian yang terjadi pada kabel
D. mencegah kabel putus pada saat terjadi penyusutan
Kunci jawaban: D
Penjelasan
:
Pokok soal kurang jelas karena langsung merujuk pada kabel listrik. Semestinya pokok soal tersebut membahas mengenai pemasangan kabel.
Contoh soal yang lebih tepat:
Perhatikan gambar kabel listrik berikut!






Pemasangan kabel listrik dibuat agak kendur seperti pada gambar yang bertujuan untuk ....
A. mempermudah menyambung pada saat kabel putus
B. mudah dipindahkan apabila ada perbaikan
C. menghindari pemuaian yang terjadi pada kabel
D. mencegah kabel putus pada saat terjadi penyusutan
Kunci jawaban: D

KAIDAH 5
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang
diperlukan saja.
Contoh soal yang kurang baik:
Perhatikan gambar berikut ini!







Tulang-tulang pada gambar dihubungkan oleh persendian. Arah gerakan yang dihasilkan oleh sendi bermacam-macam tergantung dari letaknya di dalam tubuh manusia. Ada gerakan sendi ke satu arah, ada yang ke dua arah, ada yang ke segala arah, dan ada yang berputar. Arah gerak sendi yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah ....
A. berputar
B. satu arah
C. dua arah
D. segala arah
Kunci jawaban: B
Penjelasan:
Rumusan pokok soal di atas mengandung pernyataan yang tidak diperlukan. Hal ini menyita waktu dan terkadang dapat menimbulkan kesalahan dalam menginterpretasikan soal.
Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar berikut ini!







Arah gerak sendi yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah ....
A. berputar
B. satu arah
C. dua arah
D. segala arah
Kunci jawaban: B


KAIDAH 6
Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
Contoh soal yang kurang baik:
Di halaman rumah terdapat tanaman bunga matahari yang bunganya sedang bermekaran. Banyak
lebah yang hinggap di bunga itu dan mengisap nektar bunga. Dengan adanya lebah, butir-butir
benangsari berjatuhan ke kepala putik, bahkan benangsari yang menempel di tubuh lebah dapat
terbawa dan jatuh di bunga lain ketika lebah berpindah.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, terjalin hubungan saling menguntungkan antara tanaman bunga
matahari dan lebah karena ....
A. tanaman bunga matahari memperoleh makanan, sedangkan lebah memperoleh tempat
untuk hinggap dan bersembunyi dari pemangsanya
B. tanaman bunga matahari melakukan proses fotosintesis dibantu oleh lebah yang hinggap
di mahkota bunga
C. tanaman bunga matahari dibantu penyerbukannya oleh lebah, sedangkan lebah
memperoleh nektar dari bunga matahari
D. tanaman bunga matahari memiliki mahkota bunga yang menarik sehingga lebah hinggap di
mahkota tersebut
Kunci jawaban : C
Penjelasan :
Di dalam stimulus terdapat kata ‘nektar’ dan penjelasan tentang proses penyerbukan. Hal ini
mengarahkan peserta didik ke jawaban yang benar (C).
Contoh soal yang lebih baik:
Di halaman rumah terdapat tanaman bunga matahari yang sedang bermekaran. Banyak lebah yang hinggap di bunga itu.
Pada peristiwa ini terjalin hubungan saling menguntungkan antara tanaman bunga matahari dan
lebah karena ....
A. tanaman bunga matahari memperoleh makanan, sedangkan lebah memperoleh tempat
untuk hinggap dan bersembunyi dari pemangsanya
B. tanaman bunga matahari melakukan proses fotosintesis dibantu oleh lebah yang hinggap
di mahkota bunga
C. tanaman bunga matahari dibantu penyerbukannya oleh lebah, sedangkan lebah
memperoleh nektar dari bunga matahari
D. tanaman bunga matahari memiliki mahkota bunga yang menarik sehingga lebah hinggap di
mahkota tersebut
Kunci jawaban : C


KAIDAH 7
Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
Contoh soal yang kurang baik:
Penggunaan tanda baca pada kalimat berikut tidak tepat, kecuali
A. Perubahan iklim sudah terjadi, dan akan terus berlangsung.
B. Banjir, badai, dan kekeringan akan sering terjadi akhir-akhir ini.
C. Perubahan iklim berdampak pada, sektor kesehatan dan pertanian.
D. Produksi bahan pangan seperti, jagung, dan padi mengalami penurunan.
Kunci jawaban: B
Penjelasan
:
Pokok soal yang menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda (kata bukan, kecuali, dan
sejenisnya) dapat membingungkan peserta didik.
Contoh soal yang lebih baik:
Penggunaan tanda baca di bawah ini yang tepat terdapat pada kalimat …
A. Perubahan iklim sudah terjadi, dan akan terus berlangsung.
B. Banjir, badai, dan kekeringan akan sering terjadi akhir-akhir ini.
C. Perubahan iklim berdampak pada, sektor kesehatan dan pertanian.
D. Produksi bahan pangan seperti, jagung, dan padi mengalami penurunan.
Kunci jawaban: B

KAIDAH 8
Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.
Contoh soal yang kurang baik:
Bacalah dialog berikut!
Dayu : Udin, kamu sudah pernah ya berkunjung ke Kampung Rawajati.
Udin : Iya, beberapa waktu yang lalu aku ikut ayahku ke sana. Ayahku sebagai Ketua RT ingin
belajar dari sebuah permukiman hijau agar bisa menerapkannya di permukimanku.
Dayu : Apa yang membedakan Kampung Rawajati dengan permukiman lain?
Udin : Di sana setiap rumah terlihat hijau karena dipenuhi aneka pohon dan bunga. Di sekitar
kampung pot-pot tanaman tersusun rapi memenuhi gang. Selain hijau, di sana juga bersih.
Dayu : Bersih seperti apa? Tidak terlihat tumpukan sampah maksudmu?
Udin : Iya. Warga di sana memilah dan mengelola sampah dengan bijak. Jadi tidak terlihat
tumpukan sampah, bahkan di tempat sampah umum sekalipun.
Pernyataan yang sesuai dengan isi dialog di atas adalah …
A. Kampung Rawajati merupakan kampung yang menerapkan permukiman hijau.
B. Udin berkunjung ke Kampung Rawajati.
C. Beberapa rumah terlihat hijau.
D. Kampung Rawajati sama saja dengan permukiman lain.
Kunci jawaban: A
Penjelasan
:
Panjang rumusan pilihan jawaban A tidak sama dibandingkan pilihan jawaban lain. Hal ini cenderung membuat peserta didik memilih jawaban tersebut sebagai kunci.
Contoh soal yang lebih baik:
Bacalah dialog berikut!
Dayu : Udin, kamu sudah pernah ya berkunjung ke Kampung Rawajati.
Udin : Iya, beberapa waktu yang lalu aku ikut ayahku ke sana. Ayahku sebagai Ketua RT ingin
belajar dari sebuah permukiman hijau agar bisa menerapkannya di permukimanku.
Dayu : Apa yang membedakan Kampung Rawajati dengan permukiman lain?
Udin : Di sana setiap rumah terlihat hijau karena dipenuhi aneka pohon dan bunga. Di sekitar
kampung pot-pot tanaman tersusun rapi memenuhi gang. Selain hijau, di sana juga bersih.
Dayu : Bersih seperti apa? Tidak terlihat tumpukan sampah maksudmu?
Udin : Iya. Warga di sana memilah dan mengelola sampah dengan bijak. Jadi tidak terlihat
tumpukan sampah, bahkan di tempat sampah umum sekalipun.
Pernyataan yang sesuai dengan isi dialog tersebut adalah …
A. Kampung Rawajati merupakan kampung yang menerapkan permukiman hijau.
B. Udin berkunjung ke Kampung Rawajati agar menerapkan di permukimannya.
C. Beberapa rumah terlihat hijau karena dipenuhi berbagai macam pohon dan bunga.
D. Kampung Rawajati sama saja dengan permukiman lain.
Kunci jawaban: A

KAIDAH 9
Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan ‘’Semua pilihan jawaban di atas
salah’’ atau ‘’Semua pilihan jawaban di atas benar’’.
Contoh soal yang kurang baik:
Rayap melakukan adaptasi tingkah laku dengan cara ....
A. meneteskan atau mengeluarkan air dari daunnya
B. mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya
C. melakukan mimikri supaya mirip lebah
D. semua jawaban di atas salah
Kunci jawaban: D
Penjelasan:
Pada soal tersebut pilihan jawaban berkurang satu dan hanya tiga pilihan jawaban yang
dipertimbangkan. Jika semua jawaban di atas salah merupakan kunci jawaban, tidak akan diperoleh informasi yang menunjukkan pemahaman peserta didik tentang jawaban yang benar. Selain itu, opsi D bukanlah bagian dari materi.
Contoh soal yang lebih baik:
Rayap melakukan adaptasi tingkah laku dengan cara ....
A. meneteskan atau mengeluarkan air dari daunnya
B. mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya
C. melakukan mimikri supaya mirip lebah
D. memakan kembali kulit yang terkelupas dari tubuhnya
Kunci jawaban: D

KAIDAH 10
Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan besar
kecilnya nilai angka tersebut atau kronologinya
Contoh soal yang kurang baik:
Rata-rata tekanan darah normal pada orang dewasa sebesar ....
A. 100/60 mm Hg
B. 120/80 mm Hg
C. 140/85 mm Hg
D. 90/60 mm Hg
Kunci jawaban: B
Penjelasan:
Pilihan jawaban tidak terurut dari nominal terendah sampai tertinggi atau sebaliknya. Hal ini akan menyita waktu lebih banyak bagi peserta didik dan dapat menyebabkan kekeliruan dalam memilih jawaban.
Contoh soal yang lebih baik:
Rata-rata tekanan darah normal pada orang dewasa sebesar ....
A. 140/80 mm Hg
B. 120/80 mm Hg
C. 100/60 mm Hg
D. 90/60 mm Hg
Kunci jawaban: B

KAIDAH 11
Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas
dan berfungsi.
Contoh soal yang kurang baik:
Diagram jumlah peserta seleksi selama 7 hari.






Rata-rata jumlah peserta per hari adalah ….
A. 65,00
B. 65,29
C. 65,57
D. 66,00
Kunci jawaban : A
Penjelasan
:
Skala pada diagram untuk jumlah peserta kurang lengkap sehingga menyulitkan peserta didik
membacanya.
Contoh soal yang lebih baik:
Diagram jumlah peserta seleksi selama 7 hari.







Rata-rata jumlah peserta per hari adalah ….
A. 65,00
B. 65,50
C. 65,75
D. 66,00

KAIDAH 12
Butir soal tidak boleh bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Contoh soal yang kurang baik:
1. Rian memiliki kolam ikan berbentuk balok dengan ukuran panjang 4 m, lebar 3 m, dan dalam
1,5 m. Volume kolam ikan tersebut adalah ….
A. 1.800 liter
B. 6.000 liter
C. 18.000 liter
D. 60.000 liter
2. Jika kolam ikan pada soal nomor 1 diisi air dengan debit 30 liter/menit, waktu yang diperlukan
hingga kolam terisi penuh air adalah ….
A. 60 menit
B. 200 menit
C. 600 menit
D. 2.000 menit
Penjelasan:
Soal nomor 2 bergantung pada jawaban soal nomor 1, sehingga kalau jawaban soal nomor 1 salah maka otomatis jawaban soal nomor 2 salah. Demikian juga jangan sampai ada materi soal atau kunci jawaban terdapat pada pokok soal yang lain.
Contoh soal nomor 2 yang lebih baik:
Sebuah drum dengan volume 45.000 ml diisi air dengan debit 30 liter/menit. Waktu yang diperlukan
hingga drum terisi penuh air adalah ….
A. 1,5 menit
B. 12,5 menit
C. 15 menit
D. 125 menit


KAIDAH 13
Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa
Indonesia.
Contoh soal yang kurang baik:
Apabila mau memperkecil gaya gesek dapat dengan cara ....
A. memperkasar permukaan benda
B. memberi gerigi pada salah satu permukaan benda
C. memasang bantalan kayu pada salah satu permukaan
D. memperhalus permukaan benda
Kunci jawaban: D
Penjelasan
:
Kalimat pada pokok soal belum sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia karena tidak ada subyek dan predikatnya kurang jelas. Pokok soal merupakan anak kalimat, induk kalimat tidak jelas.
Contoh soal yang lebih baik:
Upaya untuk memperkecil gaya gesek dapat dilakukan dengan cara ....
A. memperkasar permukaan benda
B. memberi gerigi pada salah satu permukaan benda
C. memasang bantalan kayu pada salah satu permukaan
D. memperhalus permukaan benda
Kunci jawaban: D


KAIDAH 14
Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk
daerah lain atau nasional.
Contoh soal yang kurang baik:
Perhatikan gambar rantai makanan berikut ini!





Peran ulo pada rantai makanan tersebut adalah ....
A. produsen
B. konsumen tingkat II
C. konsumen tingkat III
D. pengurai
Kunci jawaban: C
Penjelasan
:
Istilah “ulo” merupakan bahasa daerah Jawa Tengah yang berarti ular. Daerah lain belum tentu
memahami makna dari kata “ulo” sehingga akan menimbulkan kerancuan makna dari soal. Oleh
karena itu, soal seperti ini tidak dapat digunakan untuk daerah di luar Jawa Tengah ataupun nasional.
Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar rantai makanan berikut ini!





Peran ular pada rantai makanan tersebut adalah ....
A. produsen
B. konsumen tingkat II
C. konsumen tingkat III
D. pengurai
Kunci jawaban: C

KAIDAH 15
Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif.
Contoh soal yang kurang baik:
Bagian bengkuang yang seringkali menjadi bahan konsumsi oleh manusia adalah ....
A. akar
B. batang
C. biji
D. buah
Kunci jawaban: A
Penjelasan
:
Rumusan pokok soal tersebut tidak secara langsung dapat dipahami maksudnya. Peserta didik harus membaca berulang-ulang untuk memahami pokok soal.
Contoh soal yang lebih baik:
Pada tanaman bengkuang, bagian yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah ....
A. akar
B. batang
C. biji
D. buah
Kunci jawaban: A
KAIDAH 16
Setiap pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan
satu kesatuan pengertian.
Contoh soal yang kurang baik:
Perhatikan gambar berikut ini!





Jika saklar S1 pada rangkaian gambar tersebut ditutup, yang terjadi adalah ....
A. lampu tetap menyala pada L1 dan L2
B. lampu tetap menyala pada L2 dan L3
C. lampu tetap menyala pada L1 dan L3
D. lampu tetap menyala pada L2 dan L4
Kunci jawaban: A
Penjelasan
:
Pada pilihan jawaban terdapat pengulangan frasa. Sebaiknya frasa tersebut dimasukkan ke dalam
pokok soal agar peserta didik tidak membaca berulang-ulang sehingga menyita waktu.
Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar berikut ini!





Jika saklar S1 pada rangkaian tersebut ditutup, lampu yang tetap menyala adalah ....
A. L1 dan L2
B. L2 dan L3
C. L1 dan L3
D. L2 dan L4
Kunci jawaban: A
Hal-hal penting yang harus diperhatikan
Contoh yang kurang baik:
Pada suatu hari Iksan ketahuan menyontek ketika ulangan Matematika. Sepulang sekolah, teman-temannya mengejeknya. Iksan tidak terima dan mulai memukul salah satu temannya. Teman yang dipukul tersebut membalas memukul dan menendangnya. Teman-teman yang lain ikut-ikutan mengeroyok Iksan bahkan ada yang melemparinya dengan batu. Akhirnya Iksan mengalami luka-luka yang mengeluarkan sangat banyak darah. Iksan pun pingsan tak sadarkan diri.
Apabila kamu berada di sekitar tempat kejadian, apakah perbuatan terpuji yang dapat kamu
lakukan?
A. Membiarkan karena tidak mau terlibat.
B. Melerai pertengkaran.
C. Mengantar Iksan ke rumahnya.
D. Memanggil dokter.
Kunci jawaban: B
Penjelasan:
Soal tersebut mengandung unsur kekerasan yang kemungkinan berdampak negatif bagi peserta
didik.
Contoh yang baik:
Pada suatu hari Iksan ketahuan menyontek ketika ulangan Matematika. Sepulang sekolah, temantemannya mengejeknya. Iksan tidak terima dan marah. Akhirnya, terjadilah keributan di antara mereka.
Apabila kamu berada di sekitar tempat kejadian, apakah perbuatan terpuji yang dapat kamu
lakukan?
A. Membiarkan karena tidak mau terlibat.
B. Melerai pertengkaran.
C. Mengantar Iksan ke rumahnya.
D. Memanggil dokter.
Kunci B

Sumber

Puspendik. 2017. Panduan Penulisan soal 2017 SD/MI. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan


01 August 2017

ISTILAH PADA MODUL KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (KKA-2)


GLOSARIUM MODUL PEDAGOGIK KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK 
1.      Karakter : kata sifat, watak, akhlak, atau tabiat
2.      Minat : Sebagai suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pendirian,, prasangka, rasa takut atau kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu