21 January 2018

20 January 2018

BAHAN SOSIALISASI UN DAN USBN 2018 TINGKAT SMP/MTs.




BAHAN SOSIALISASI UN DAN USBN UNTUK KEPALA SEKOLAH, GURU, ORANG TUA, SISWA

TINGKAT SMP/MTs.

PERTANYAAN SEPUTAR UN, US & USBN

1.       Apakah ada UN tahun  2018?

2.       MP ( Mata Pelajaran ) apa yang diuji UN, &USBN?

3.       Aspek apa yang diuji pada USBN?

4.       Apakah MP yang diujikan melalui UN diujikan lagi di USBN?

5.       Apakah MP yang diujikan melalui  USBN diujikan lagi di US?

6.       Siapakah yang mengoreksi hasil  USBN?

7.       Kapankah sekolah mendapatkan kisi-kisi soal USBN?

8.       Siapakah yang membuat soal USBN?

9.       Bagaimanakah bentuk soal USBN?

10.   Kapan pelaksanaan UN dan USBN?

19 January 2018

18 January 2018

16 January 2018

RPP TEKS DRAMA KELAS VIII SEMESTER 2 KD 3.16 DAN 4.16 (DRAF)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

RPP 


Sekolah                                       :  SMP/MTs.

Mata Pelajaran                            :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                            :  VIII/2

Materi Pokok                               :  Menelaah unsur drama berdasarkan struktur dan kaidahnya

Alokasi Waktu                             :  2 x 40 menit

RPP BAHASA INDONESIA SMP/MTs. KURIKULUM 2013 REVISI 2017 KELAS VIII SEMESTER 2 TEKS DRAMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                  : SMP/MTs.

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester                       : VIII/ 2

Materi Pokok                          : Teks Drama

Alokasi Waktu                        : 4x40 menit (2x pertemuan)

15 January 2018

RPP TEKS PERSUASI KD 3.14, KELAS VIII/2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan      : SMP/SMK

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            : VIII/2

Materi Pokok              : Teks Persuasi

Tema                           : Pendidikan dalam Bahasa Indonesia

Subtema 2                   : Wajib Belajar Sembilan Tahun, Ayo belajar Giat,  
                                      Tuntutlah Ilmu Setinggi Mungkin

Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)

RPP TEKS PERSUASI KELAS VIII SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                         :   SMP/SMK

Mata Pelajaran              :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester :   VIII/2

Materi Pokok                :   Teks  Persuasi

Alokasi Waktu              :   6 x 40 menit  (3 x Tatap Muka )


RPP TEKS ULASAN KD 3.12, 4.12 BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII SEMESTER 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                         :   SMP/SMK
Mata Pelajaran              :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             :   VIII/2
Materi Pokok                :   Teks Ulasan
Alokasi Waktu              :   8 x 40 menit  (4 x Tatap Muka )

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VIII SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 TEKS ULASAN





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                         :   SMP/MTs .....

Mata Pelajaran             :   Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            :   VIII/2

Materi Pokok               :   Teks Ulasan

Alokasi Waktu             :    2 x 40 menit  (2 x Tatap Muka )

14 January 2018

OGN 2018: RINGKASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN


RINGKASAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK 


CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN

1. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.

2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.

3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

4. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

5. Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)


RINGKASAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK 



Pedagogik  1  : Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.



I.     PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

A.    Pengertian

Kognitif atau pemikiran adalah istilah yang digunakan oleh ahli psikologi untuk menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pikiran, ingatan dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan masalah, dan merencanakan masa depan, atau semua proses psikologis yang berkaitan bagaimana individu mempelajari, memperhatikan, mengamati, membayangkan, memperkirakan, menilai dan memikirkan lingkungannya. (Desmita, 2009) 

13 January 2018

11 January 2018