16 May 2018

INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN II KTSP TAHUN 2018/2019







INSTRUMEN VALIDASI/VERIFIKASI DOKUMEN II KTSP
KABUPATEN BOYOLALI
PROVINSI JAWA TENGAH



PETUNJUK PENGISIAN
1.    Perhatikan dokumen KTSP yang akan divalidasi/diverifikasi.
2.    Tuliskan identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugas validasi/Verifikasi.
3.    Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom ”Ada” atau ”Tidak” sesuai keberadaan butir-butir pernyataan.
4.    Catatan petugas validasi/verifikasi diisi dengan temuan, komentar dan saran berdasarkan hasil validasi/verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas. 



NAMA SEKOLAH                                    : .................................
ALAMAT                                              : .................................
NAMA KEPALA SEKOLAH                         : .................................
TANGGAL VALIDASI/VERIFIKASI                : .................................
PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI                 : .................................
JABATAN PETUGAS VALIDASI/VERIFIKASI   : .................................














CONTOH INSTRUMEN VERIFIKASI DOKUMEN I KTSP 2013 OLEH DINAS PENDIDIKAN TAHUN 2018/2019


LAMPIRAN 4.  CONTOH INSTRUMEN VERIFIKASI DOKUMEN I KTSP 2013 OLEH DINAS PENDIDIKAN ..............




INSTRUMEN VERIFIKASI DOKUMEN I KTSP2013
KABUPATEN/KOTA: .....................
PROVINSI: .................................



PETUNJUK PENGISIAN
1.     Perhatikan dokumen KTSP yang akan diverifikasi.
2.     Tuliskan identitas sekolah, alamat, nama kepala sekolah, nama dan jabatan petugaVerifikasi.
3.     Bubuhkan tanda cek (v) pada kolom ”Ada” atau ”Tidak” sesuai keberadaan butir-butir pernyataan.
4.     Catatan petugas verifikasi diisi dengan temuan, komentar dan saran berdasarkan hasil verifikasi. Ditulis dengan singkat namun jelas.



NAMA SEKOLAH                           : ......................................................
ALAMAT                                     : .....................................................
NAMA KEPALA SEKOLAH                : .....................................................
TANGGAL VERIFIKASI                    : .....................................................
PETUGAS VERIFIKASI                     : .....................................................
JABATAN PETUGAS VERIFIKASI                 : .....................................................

INSTRUMEN VERIFIKASI  DOKUMEN I KTSP 2013

Nama Sekolah            :   ...........................
Nama Kepala Sekolah  :   ........................... 
Alamat Sekolah          :   ........................... 
Kabupaten/Kota         :   ...........................

DOKUMEN I

13 May 2018

PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP/MTs. KURIKULUM 2013


PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP/MTs.

Salah tugas guru adalah menyusun perangkat pembelajaran. Berikut disajikan contoh program semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII semester 1 kurikulum 2013

12 May 2018

KISI-KISI PAT UKK SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA KELAS X SMA


A. TEKS NEGOSIASI

1.      Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan pokok isi teks dengan tepat.

2.      Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan hal yang bukan isi teks dengan tepat.

3.      Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan makna istilah dalam teks dengan tepat.

4.      Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan bagian/struktur teks dengan tepat

5.      Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan ciri kebahasaan teks negosiasi dengan tepat

6.      Disajikan teks negosiasi, siswa dapat mengabstraksi teks dengan tepat.

7.      Disajikan teks negosiasi, siswa dapat mengoversi teks dalam monolog dengan tepat.

8.      Disajikan teks negosiasi yang dirumpangkan kalimatnya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan kalimat yang tepat.

9.      Disajikan teks negosiasi yang menggunakan kata tidak baku, siswa dapat  menunjukkan kalimat yang menggunakan kata tidak baku dengan tepat.

10.  Disajikan dua teks negosiasi, siswa dapat membandingkan kedua teks dengan tepat.

11.  Disajikan teks negosiasi yang salah dalam penggunaan kata sapaan, siswa dapat menyunting teks dengan tepat.

12.  Disajikan teks negosiasi, siswa dapat menentukan kalimat evaluasi sesuai isi teks dengan tepat.



B. TEKS DEBAT

1.      Disajikan penggalan teks pernyataan peserta debat, mengidentifikasi unsur debat dengan tepat.

2.      Disajikan teks debat, peserta didik dapat merumuskan tata cara debat dengan tepat.

3.      Disajikan penggalan pembicaraan debat, peserda didik dapat mengidentifikasi pihak yang menuturkan penggalan tersebut dengan tepat

4.      Disajikan penggalan pembicaraan debat, peserda didik dapat mengidentifikasi pihak yang menuturkan penggalan tersebut dengan tepat.

5.      Disajikan penggalan teks debat, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan teks debat.

6.      Disajikan penggalan debat, peserda didik dapat mengidentifikasi mosi yang diperdebatkan dengan tepat.

7.      Disajikan penggalan debat, peserta didik dapat menentukan pokok masalah yang dibicarakan dengan tepat.

8.      Disajikan penggalan penarikan simpulan, peserta didik dapat menentukan cara penarikan simpulan dengan tepat.

9.      Disajikan penggalan penarikan simpulan, peserta didik dapat menentukan cara penarikan simpulan dengan tepat.

10.  Disajikan penggalan debat, peserta didik dapat mengevaluasi penggalan dengan tepat.

11.  Disajikan penggalan debat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak sesuai ejaan dengan tepat.

C. TEKS BIOGRAFI

1.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks dengan tepat.

2.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan isi teks dengan tepat.

3.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan teks dengan tepat.

4.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian struktur teks dengan tepat.

5.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian struktur teks biografi dengan tepat.

6.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan keteladanan tokoh dengan tepat.

7.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan keistimewaan tokoh dengan tepat.

8.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan permasalahan tokoh dengan tepat.

9.      Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan cara penyajian karakter unggul tokoh dengan tepat.

10.  Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan konversi teks dengan tepat.

11.  Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan kalimat tanya sesuai isi teks dengan tepat.

12.  Disajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menentukan cara penyajian karakter unggul tokoh dengan tepat.

D. TEKS PUISI

1.      Disajikan dua pantun, peserta didik dapat menentukan perbedaan isi pantun dengan tepat.

2.      Disajikan pantun yang dirumpangkan salah satu lariknya, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan larik yang tepat.

3.      Disajikan pantun, peserta didik dapat menentukan isi pantun dengan tepat.

4.      Disajikan puisi yang menggunakan kata lambang, peserta didik dapat menentukan makna lambang dengan tepat.

5.      Disajikan puisi, peserta didik dapat menentukan makna puisi dengan tepat.

6.      Disajikan puisi baru, peserta didik dapat menentukan amanat puisi dengan tepat.

7.      Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu barisnya, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan larik bermajas dengan tepat.

8.      Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu barisnya, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan baris yang tepat.

9.      Disajikan gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud gurindam dengan tepat.

10.  Disajikan dua puisi, peserta didik dapat membandingkan dua puisi dengan tepat.

URAIAN

1.      Disajikan penggalan teks negosiasi, peserta didik dapat mengevaluasi penggalan teks dengan tepat..

2.      Disajikan penggalan teks debat, peserta didik dapat menarasikan isi debat dalam sebuah paragraf.

3.      Dasajikan penggalan teks biografi, peserta didik dapat menjelaskan cara menyajikan karakter unggul tokoh dengan tepat.

4.      Disajikan puisi lama, peserta didik dapat menuliskan isi puisi dalam sebuah paragraf.

5.      Disajikan puisi baru, peserta didik dapat menuliskan isi puisi dalam sebuah paragraf.

unduh kisi-kisi PAT KLIK DI SINI


MATERI PERSIAPAN UKK/PAT KELAS X

TEKS PUISI




TEKS BIOGRAFI


2. MENENTUKAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/02/struktur-teks-biografi.html

TEKS DEBAT

TEKS NEGOSIASI

RPP KD 3.9 DAN 4.9 BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/MA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi Pokok
: Buku pengayaan (nonfiksi)
Alokasi Waktu
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

10 May 2018

RPP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KD 3.1 DAN 4.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran   : Bahasa Indonesia
Sekolah                : SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/ Semester  : X IPA-IPS/ Gasal
Materi pokok      : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu     :  8 X 45 menit (2 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti :
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

09 May 2018

KISI-KISI UKK / PAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI KURIKULUM 2013



KISI-KISI UKK TAHUN PELAJARAN 2017/2018  MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS XI KURIKULUM 2013/ KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BACA JUGA KISI-KISI UKK/PAT KELAS X BAHASA INDONESIA KLIK 
A. TEKS PROPOSAL

1.      Menentukan informasi yang terdapat di dalam penggalan proposal.

2.      Melengkapi penggalan proposal yang dirumpangkan sebagian informasinya.

3.      Menentukan informasi yang sesuai dengan penggalan proposal.

4.      Menentukan bagian sistematika penggalan proposal.

5.      Menyusun pendahuluan proposal kegiatan.

6.      Menyusun latar belakang masalah dalam proposal kegiatan .

7.      Menentukan kata kerja tindakan dalam proposal .

8.      Menyusun bagian argumentatif dalam proposal .

9.      Menyunting kata serapan yang salah dalam penggalan proposal.

10.  Menyusun latar belakang proposal kegiatan .

08 May 2018

PENGUMUMAN FINALIS OSN TAHUN 2018 TINGKAT NASIONAL JENJANG SMA/MA/SMK DAN SURAT PEMANGGILAN PESERTA OSN TAHUN 2018



PENGUMUMAN FINALIS OSN TAHUN 2018 TINGKAT NASIONAL JENJANG SMA/MA/SMK DAN SURAT PEMANGGILAN PESERTA OSN TAHUN 2018

Berikut disajikan daftar finalis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, computer, Astronomi, Kebumian, Ekonomi,  dan geografi dan surat pemanggilan peserta OSN tahun 2018 jenjang SMA/MA/SMK tingkat nasional.

07 May 2018

KALENDER PENDIDIKAN (KALDIK) TAHUN PELAJARAN 2018/2019



KALENDER PENDIDIKAN (KALDIK) TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Kalender Pendidikan yang selanjutnya disingkat Kaldik adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didikselama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Kalender pendidikan tahun pelajaran 2018/2019 disusun dalam rangka memberikan pedoman kepada Satuan Pendidikan baik negeri maupun swasta dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran selama Tahun Pelajaran 2018/2019 serta untuk mewujudkan efektivitas proses pembelajaran di satuan pendidikan.

01 May 2018

PETUNJUK PENGISIAN IJAZAH SMK TAHUN PELAJARAN 2017/2018



PETUNJUK PENGISIAN IJAZAH SMK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Berdasarkan Surat Direktur Pembinaan SMK nomor 3817/D5.3/KP/2018 Perihal Petunjuk Teknis Pengisian ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/2018.

Merujuk Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 016/H/EP/2018 tanggal 5 Maret 2018 tentang Bentuk, Spesifikasi, dan Pengisian Blanko Ijazah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2017/2018, bersama ini Direktorat Pembinaan SMK menyusun Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/2018. Blangko ijazah terdiri dari dua muka dicetak bolak balik, yaitu halaman depan dan halaman belakang. Halaman depan memuat identitas pemegang ijazah dan pernyataan kelulusan sedangkan halaman belakang memuat daftar mata pelajaran dan nilai rata-rata rapor dari semester 1 sampai dengan semester 6 dan nilai ujian sekolah.