|
|||
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA | |||
TAHUN 2018/2019 | |||
11 June 2018
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SILABUS BAHASA INDONESIA SMA/SMK (7
KOLOM) SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Silabus berikut merupakan silabus
pengembangan oleh guru berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 22.Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar
dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada
Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Dalam permendikbud nomor 22 tahun
2016 dinyatakan bahwa silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran
untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat:
10 June 2018
BUKU KERJA GURU 1 BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Buku Pedoman Guru (BPG) merupakan
rencana kerja tahunan yang disusun guru sebagai upaya meningkatkan/memperbaiki
kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Semua
kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut guru berkaitan
dengan tugas utamanya sebagai pendidik dan pengajar maupun yang berkaitan
dengan tugas-tugas tambahan direncanakan di dalam buku tersebut.
Berkaitan dengan pembinaan dan
pengembangan profesi guru, di dalam buku ini juga disajikan rencana kegiatan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang akan dilakukann guru. Dengan
demikian, buku pedoman guru sekaligus berfungsi sebagai pedoman dalam
merencanakan kegiatan PKB sehingga profesionalitasnya dapat dikembangkan secara
maksimal.
BUKU
KERJA GURU 1
BAHASA
INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
09 June 2018
08 June 2018
RPP TEKS EDITORIAL EDISI REVISI TAHUN 2018 LENGKAP PPK, LITERASI, 4C, HOTS KD 3.6 DAN 4.6
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII
/ Ganjil
Materi
Pokok : Struktur dan kebahasaan teks editorial
Alokasi
Waktu : 3
Minggu x 4 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
RPP BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TEKS EDITORIAL KD 3.5 DAN 4.5
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA ...
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII
/ Ganjil
Materi
Pokok : Informasi dalam Teks
Editorial
Alokasi
Waktu : 2
Minggu x 4 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi Inti
·
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
·
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
07 June 2018
UNDANGAN PENULISAN SOAL ONLINE SIAP 8 JUNI 2018 - 29 JUNI 2018
Berdasarkan Surat dari PUSPENDIK nomor 6293/H$.2/KP/2018
tanggal 5 Juni 2018 perihal Undangan Penulisan Soal Online SIAP, diinformasikan
bahwa:
1. Bapak/Ibu yang telah ditetapkan sebagai Penulis Soal
Nasional 2018 mendapatkan undangan kegiatan penulisan soal secara online pada
tanggal 8 Juni 2018 s.d. 29 Juni 2018.
2. Persyaratan yang harus dipenuhi antara laian surat izin,
surat kesediaan, fakta integritas, dan mengisi formulir kesediaan.
06 June 2018
PENGUMUMAN PESERTA LOLOS SELEKSI PENULIS SOAL NASIONAL TAHUN 2018
BERIKUT
DISAMPAIKAN SURAT DARI PUSPENDIK NOMOR 6294/H4.2/KP/2018 TANGGAL 5 JUNI 2018
DAN DAFTAR PESERTA LOLOS SELEKSI PENULIS SOAL NASIONAL TAHUN 2018
unduh surat dan daftar lengkap klik https://drive.google.com/open?id=1-6drbM0RzPNeQEWoCbjZL-au-49-aCjw
baca juga undangan penulisan soal klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/undangan-penulisan-soal-online-siap-8.html
KKM DAN INTERVAL PREDIKAT
KKM dan Interval
Predikat
Setelah satuan pendidikan menentukan KKM selanjutnya satuan pendidikan membuat interval
predikat untuk menggambarkan kategori kualitas sekolah. Kategori kualitas sekolah
dalam bentuk predikat D, C, B dan A. Nilai KKM merupakan nilai minimal untuk
predikat C dan secara bertahap satuan pendidikan meningkatkan kategorinya
sesuai dengan peningkatan mutu satuan pendidikan. Predikat untuk pengetahuan
dan keterampilan ditentukan berdasarkan interval angka pada skala 0-100 yang
disusun dan ditetapkan oleh satuan pendidikan.
CONTOH
1. KKM sebesar 75.
Nilai C (cukup) dimulai dari 75. Predikat di atas Cukup adalah Baik dan Sangat Baik. Panjang interval nilai dapat ditentukan dengan cara:
(Nilai maksimum – Nilai KKM) : 3 = (100 – 75) : 3 = 8,3
sehingga panjang interval untuk setiap predikat 8 atau 9.
Karena panjang interval nilainya 8 atau 9, dan terdapat 4 macam predikat, yaitu A (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan D (Kurang), untuk KKM = 75 interval nilai dan predikatnya adalah sebagai Berikut.
Nilai C (cukup) dimulai dari 75. Predikat di atas Cukup adalah Baik dan Sangat Baik. Panjang interval nilai dapat ditentukan dengan cara:
(Nilai maksimum – Nilai KKM) : 3 = (100 – 75) : 3 = 8,3
sehingga panjang interval untuk setiap predikat 8 atau 9.
Karena panjang interval nilainya 8 atau 9, dan terdapat 4 macam predikat, yaitu A (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan D (Kurang), untuk KKM = 75 interval nilai dan predikatnya adalah sebagai Berikut.
03 June 2018
PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
PEMETAAN
TEKNIK PENILAIAN
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
SMA ………………….
Kompetnsi inti
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
ANALISIS SKL BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013: KETERKAITAN SKL, KI, KD, MATERI, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
ANALISIS KETERKAITAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI
DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
SMA ………………….
02 June 2018
KETERKAITAN KI, KD, IPK, DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
Berikut disajikan penentuan materi pembelajaran berdasarkan KI, KD, dan IPK mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013.
ANALISIS KETERKAITAN KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI
DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
SMA ………………….
PENGEMBANGAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Salah satu langkah penting dalam menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah mengembangkan indikator pencapaian
kompetensi (IPK) berdasarkan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.
Berikut disajikan contoh pengembangan indikator pencapaian
kompetensi (IPK) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013 tahun
pelajaran 2018/2019.
Subscribe to:
Posts (Atom)