11 June 2018

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



SILABUS BAHASA INDONESIA SMA/SMK (7 KOLOM) SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Silabus berikut merupakan silabus pengembangan oleh guru berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22.Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Dalam permendikbud nomor 22 tahun 2016 dinyatakan bahwa silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat:

10 June 2018

BUKU KERJA GURU 1 BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019




Buku Pedoman Guru (BPG) merupakan rencana kerja tahunan yang disusun guru sebagai upaya meningkatkan/memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Semua kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut guru berkaitan dengan tugas utamanya sebagai pendidik dan pengajar maupun yang berkaitan dengan tugas-tugas tambahan direncanakan di dalam buku tersebut.

Berkaitan dengan pembinaan dan pengembangan profesi guru, di dalam buku ini juga disajikan rencana kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang akan dilakukann guru. Dengan demikian, buku pedoman guru sekaligus berfungsi sebagai pedoman dalam merencanakan kegiatan PKB sehingga profesionalitasnya dapat dikembangkan secara maksimal.

BUKU KERJA GURU 1

BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

09 June 2018

RPP MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KD 3.7 DAN 4.7 KELAS XII KURIKULUM 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                                 : SMA ...

Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                    : XII / Ganjil

Materi Pokok                       : Isi dalam buku fiksi dan nonfiksi

Alokasi Waktu                     : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

08 June 2018

RPP TEKS EDITORIAL EDISI REVISI TAHUN 2018 LENGKAP PPK, LITERASI, 4C, HOTS KD 3.6 DAN 4.6




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                    : XII / Ganjil
Materi Pokok                       : Struktur dan kebahasaan teks editorial
Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

RPP BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TEKS EDITORIAL KD 3.5 DAN 4.5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                    : XII / Ganjil
Materi Pokok                       : Informasi dalam Teks Editorial
Alokasi Waktu                     : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
·         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

07 June 2018

UNDANGAN PENULISAN SOAL ONLINE SIAP 8 JUNI 2018 - 29 JUNI 2018





UNDANGAN PENULISAN SOAL ONLINE SIAP 8 JUNI 2018-29 JUNI 2018

Berdasarkan Surat dari PUSPENDIK nomor 6293/H$.2/KP/2018 tanggal 5 Juni 2018 perihal Undangan Penulisan Soal Online SIAP, diinformasikan bahwa:

1. Bapak/Ibu yang telah ditetapkan sebagai Penulis Soal Nasional 2018 mendapatkan undangan kegiatan penulisan soal secara online pada tanggal 8 Juni 2018 s.d. 29 Juni 2018.

2. Persyaratan yang harus dipenuhi antara laian surat izin, surat kesediaan, fakta integritas, dan mengisi formulir kesediaan.

06 June 2018

PENGUMUMAN PESERTA LOLOS SELEKSI PENULIS SOAL NASIONAL TAHUN 2018


BERIKUT DISAMPAIKAN SURAT DARI PUSPENDIK NOMOR 6294/H4.2/KP/2018 TANGGAL 5 JUNI 2018 DAN DAFTAR PESERTA LOLOS SELEKSI PENULIS SOAL NASIONAL TAHUN 2018




KKM DAN INTERVAL PREDIKAT



KKM dan Interval Predikat
Setelah satuan pendidikan menentukan KKM selanjutnya satuan pendidikan membuat interval predikat untuk menggambarkan kategori kualitas sekolah. Kategori kualitas sekolah dalam bentuk predikat D, C, B dan A. Nilai KKM merupakan nilai minimal untuk predikat C dan secara bertahap satuan pendidikan meningkatkan kategorinya sesuai dengan peningkatan mutu satuan pendidikan. Predikat untuk pengetahuan dan keterampilan ditentukan berdasarkan interval angka pada skala 0-100 yang disusun dan ditetapkan oleh satuan pendidikan. 
CONTOH 
1. KKM sebesar 75.
Nilai C (cukup) dimulai dari 75. Predikat di atas Cukup adalah Baik dan Sangat Baik. Panjang interval nilai dapat ditentukan dengan cara:
(Nilai maksimum – Nilai KKM) : 3 = (100 – 75) : 3 = 8,3
sehingga panjang interval untuk setiap predikat 8 atau 9.
Karena panjang interval nilainya 8 atau 9, dan terdapat 4 macam predikat, yaitu A (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan D (Kurang), untuk KKM = 75 interval nilai dan predikatnya adalah sebagai Berikut.

03 June 2018

PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013



PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA …………………. 
Kompetnsi inti
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan 

ANALISIS SKL BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013: KETERKAITAN SKL, KI, KD, MATERI, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN


                                                                               
ANALISIS KETERKAITAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA ………………….

02 June 2018

KETERKAITAN KI, KD, IPK, DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013


Berikut disajikan penentuan materi pembelajaran berdasarkan KI, KD, dan IPK mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013. 
ANALISIS KETERKAITAN KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA ………………….

PENGEMBANGAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Salah satu langkah penting dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah mengembangkan indikator pencapaian kompetensi (IPK) berdasarkan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran. 
Berikut disajikan contoh pengembangan indikator pencapaian kompetensi (IPK) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019.