21 June 2018

KKM BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2018/ 2019
KKM : 65
Kompetensi Inti    : 
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam  berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/SMK


PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK


PROGRAM SEMESTER
                                                                            Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia
                                                                            Kelas / Semester :  X / 1
                                                                            Tahun Pelajaran   :  2018/2019
No. Tema / Kompetensi Dasar Jml. Juli Agustus September Oktober November Desember
Jam 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4
1 3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 4 2 2               JEDA SEMESTER PTS                 P A S P A S PASCA PAS LIBUR AKHIR SEMESTER LIBUR AKHIR SEMESTER
2 4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. 4 2 2                              
3 3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi 4     2 2                          
4 4.2. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis. 4     2 2                          
5 3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 4         2 2                      
6 4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. 4         2 2                      
7 3.4. Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi. 4             2 2                  
8 4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. 4             2 2                  
9 3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. 4                 2 2              
10 4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis 4                 2 2              
11 3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. 4                     2 2          
12 4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis 4                     2 2          
13 3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. 2                         2        
14 4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. 2                         2        
15 3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 2                           2      
16 4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 4                           2 2    
17 3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 2                             2    
18 4.9. Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. 4                               2 2
JUMLAH 64 4 4 4 4 4 4 4 4 4     4 4 4 4 4 4 2 2          





UNDUH FILE EXCEL PROGRAM TAHUNAN DAN PROGRAM SEMESTER KLIK https://drive.google.com/open?id=1Tqe_Ake1pV2tSsh0pshRWGWiMzwIGkYs