11 June 2019

10 June 2019

KI DAN KD BAHASA INDONESIA SMA BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 37 TAHUN 2018



SALINAN


PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 37 TAHUN 2018

TENTANG

PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA,


CONTOH RPP BERBASIS STEM BAHASA INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:  SMA Negeri 2 Boyolali                    
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Teks Prosedur
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan) 

A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1   Mengindentifikasi struktur teks prosedur
3.2.2   Menelaah kebahasaan teks ekplanasi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.2 Memproduksi teks prosedur secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2.1  Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur
4.2.2  Menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan

06 June 2019

CONTOH RPP BERBASIS STEM MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM MAPEL IPA SMP




CONTOH RPP BERBASIS STEM

A. Identitas

1. Sekolah                   : SMP

2. Mata Pelajaran        : IPA

3. Kelas/Semester        : VII (Tujuh)/I (Satu)

4. Materi Pokok          : Tata Surya

5. Alokasi Waktu        : 2 JP x 40 Menit

B. Kompetensi Inti (KI)

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 

CONTOH ANALISIS STEM DALAM KURIKULUM SMA (PEMETAAN KD STEM)



CONTOH ANALISIS STEM DALAM KURIKULUM SMA (PEMETAAN KD STEM)
1. Penjelasan masing – masing disiplin ilmu yang membangun pembelajaran berbasis STEM. Science, Technology, Engineering, and Mathematic ;
Science :
Sains merupakan kajian berhubungan dengan peristiwa alam yang melibatkan penyelidikan, penelitian dan pengukuran untuk menjelaskan sebab akibat dari sebuah fenomena alam. Penyelidikan dan penilitian sains dapat digunakan untuk mengidentifikasi bukti – bukti yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ilmiah dan menjawab permasalahan dalam kehidupan manusia.

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN STEM


UNDUH MATERI POWERPOINT STEM DALAM PEMBELAJARAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/08/narasumber-stem-dalam-pembelajaran.html

PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN STEM 
A. Pendekatan STEM dalam pembelajaran 

Pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan sains, teknonogi, enjiniring, dan matematika, dengan memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan profesi (National STEM Education Center, 2014). 
STEM memiliki pola yang dikenal dengan istilah EDP (Engineering Design Process) atau proses mendesain sebuah karya atau mesin. EDP ini kemudian memiliki banyak versi yang telah dirumuskan para ahli, namun secara umum EDP memiliki pola sebagai berikut.

PENGERTIAN STEM DAN PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN


PENGERTIAN STEM dan Pendekatan STEM 

1. Penjelasan masing – masing disiplin ilmu yang membangun pembelajaran berbasis STEM. Science, Technology, Engineering, and Mathematic ;

Science :

Sains merupakan kajian berhubungan dengan peristiwa alam yang melibatkan penyelidikan, penelitian dan pengukuran untuk menjelaskan sebab akibat dari sebuah fenomena alam. Penyelidikan dan penilitian sains dapat digunakan untuk mengidentifikasi bukti – bukti yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ilmiah dan menjawab permasalahan dalam kehidupan manusia.

01 June 2019

KALENDER PENDIDIKAN (KALDIK) TAHUN PELAJARAN 2019/2020


KALENDER PENDIDIKAN (KALDIK) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 
Kalender Pendidikan yang selanjutnya disingkat Kaldik adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

31 May 2019

DESAIN PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI


DESAIN PROGRAM PKP BERBASIS ZONASI



Program Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran (PKP) dikembangkan dengan  menggunakan pendekatan yang tidak lepas  dari Integrasi Program PKB yang telah  dilaksanakan, Analisis UN/USBN,  PISA/TIMSS, dan Kurikulum 2013, serta  pada Jenjang SMK ada Perpres No. 9 thua  2016 tentang Revitalisasi SMK dan Perdirjen  Dikdasmen No. 464/D.D5/KR/2018 KI-KD  SMK. Integrasi ini menjadi Kekuatan dari Program  untuk Meningkatkan Kualitas  Pembelajaran.

07 May 2019

RINGKASAN MATERI TEKS DEBAT



RINGKASAN MATERI TEKS DEBAT

1. Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan.
Apabila perlu, ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Hasil debat biasanya menghasilkan sudut pandang baru yang bisa diterima kedua belah pihak.

STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI



STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI

1. Negosiasi ialah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi lain).
2. Tujuan negosiasi ialah mengatasi atau menyesuaikan perbedaan, memperoleh sesuatu dari pihak lain (yang tidak dapat dipaksakan), mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak untuk melakukan transaksi, atau menyelesaikan sengketa atau perselisihan pendapat.

03 May 2019

CATATAN DISEMINASI PELATIHAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2019



CATATAN DISEMINASI PELATIHAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2019
Diklat HOTS dan Literasi di Universiti of Malaya, 2 s.d. 22 Maret 2019 
Ditulis oleh Muh Zuhri, S.Pd. M.Pd. (delegasi P4TK Bahasa Kemdikbud-Guru SMA Negeri 2 Boyolali, Jawa Tengah) 
Diseminasi (Bahasa Inggris: Dissemination) adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.
Setelah diklat HOTS dan Literasi di Universiti of Malaya 2 s.d. 22 Maret 2019, inilah sebagian catatan diseminasi yang saya lakukan untuk menjalankan amanah P4TK Bahasa Kemdikbud dan amanah Negara Republik Indonesia