18 January 2021

MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN ATAU PROPOSAL KARYA ILMIAH

 

Langkah-Langkah Menyusun Proposal Penelitian

Agar kegiatan kalian mudah danhasilnya benar, kalian harus mengikuti langkah-langkah untuk menyususn kerangka proposal berikut ini:

a. Langkah pertama peneliti menjelaskan fenomena yang relevan dengan penelitian. Fenomena harus mengandung masalah yang akan diselesaikan dengan langkah yang dilakukan.

b. Dari masalah ini, peneliti merumuskan pertanyaan penelitian atau rumusan masalah. Masalahnya dapat digambarkan hanya sebagai apa yang peneliti ingin ketahui dan penyelesaiannya.

c. Tujuan dan manfaat penelitian dapat dirumuskan secara sekilas untuk sekadar mengetahui bahwa penelitian kalian memang sesuai dengan tujuannya. Pada titik ini kita setidaknya telah menyelesaikan Bab I dari pendahuluan.

d. Bab I yang lengkap ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perumusan judul penelitian yang sederhana. Judul tidak harus final karena ada waktu untuk merevisinya jika perlu.

e. Bab II Mengumpulkan kajian pustaka yang sesuai dengan isi proposal yang tergambar pada latar belakang dan tujuan.

f. Bab III Menentukan metode penelitian yang akan digunakan untuk menemukan pemecahan masalah. Selanjutnya, menyimpulkan dan menyususn saran dari proposal berdasarkan uraian pada Bab I dan Bab II

(Wiwik Dwi Hartuti, 2020: 15-16)

Contoh

Judul             : 30 Hari Menjadi Anak Nelayan : Kajian Tentang Kehidupan Sosial Keluarga Nelayan di Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak - Banten

 

BAB I.  PENDAHULUAN

Latar Belakang

Desa Muara-Binuangeun merupakan desa nelayan  yang terletak di pantai selatan pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Desa ini tidak hanya memiliki potensi alam, tetapi juga keragaman sosial budaya yang dikembangkan oleh masyarakat desa tersebut. Kehidupan nelayan di Desa Muara-Binuangeun dapat dikatakan tidak saja belum berkecukupan, melainkan juga masih terbelakang, termasuk dalam hal pendidikan. Keterbatasan sosial yang dialami nelayan memang tidak terwujud dalam bentuk keterasingan, karena secara fisik masyarakat nelayan tidak dapat dikatakan terisolasi atau terasing. Namun lebih terwujud pada ketidakmampuan mereka dalam mengambil bagian dalam kegiatan ekonomi pasar secara menguntungkan, yang ditunjukkan oleh lemahnya mereka mengembangkan organisasii keluar lingkungan kerabat mereka atau komunitas lokal.

Gambaran kondisi kemiskinan nelayan Desa Muara-Binuangeun antara lain secara nyata dapat dilihat dari kondisi fisik berupa kualitas pemukiman mereka. Umumnya desa nelayan miskin akan mudah diidentifikasi dari kondisi rumah hunian mereka. Rumah-rumah mereka yang umumnya sangat sederhana, yaitu berdinding bambu, berlantai tanah, serta dengan fasilitas dan keterbatasan perabot rumah tangga. Selain gambaran fisik, identifikasi lain yang menonjol di kalangan nelayan miskin adalah rendahnya tingkat pendidikan anak-anak, pola konsumsi sehari-hari, dan tingkat pendapatan mereka. Di desa nelayan ini memang ada beberapa rumah yang tampak megah dengan fasilitas yang memadai, itulah yang merupakan rumah-rumah pemilik perahu, pedagang perantara atau pedagang ikan.

Kondisi keterbatasan sosial dan kemiskinan yang diderita masyarakat nelayan Desa Muara-Binuangeun disebabkan oleh faktor-faktor yang kompleks. Faktor-faktor tersebut tidak hanya berkaitan dengan fluktuasi musim ikan, keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan modal, kurangnya akses, dan jaringan perdagangan ikan yang cenderung eksploitatif terhadap nelayan sebagai produsen, serta dampak negatif modernisasi perikanan yang mendorong terkurasnya sumber daya laut secara cepat dan berlebihan, serta terbatasnya peluang dan kesempatan nelayan untuk melakukan diverisifikasi pekerjaan, terutama di luar kegiatan pencarian ikan di laut.

Hal inilah yang kemudian menjadi menarik untuk dikaji lebih lanjut, yaitu mengenai bagaimana kehidupan sosial-budaya dan kehidupan sosial-ekonomi keluarga nelayan pada lokasi penelitian yaitu Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Maka dari itu, penulis mencoba memberikan gambaran tersebut dengan melakukan penelitian yang berjudul “30 Hari Menjadi Anak Nelayan : Kajian Tentang Kehidupan Sosial Keluarga Nelayan di Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak – Banten”.

Rumusan Masalah

Penelitian ini memfokuskan pada kajian tentang “kehidupan sosial keluarga nelayan” di bagian selatan Provinsi Banten, tepatnya pada keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Persoalan pokok yang hendak dikaji di dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah konteks dan aspek-aspek sosial-budaya masyarakat setempat secara resiprokal berkaitan/berpengaruh pada aktivitas ekonomi nelayan tradisional setempat, serta bagaimanakah struktur perekonomian masyarakat setempat dibangun dan dikembangkan atas dasar kehidupan sosial-budaya mereka”.

Kemudian dengan mengacu pada persoalan pokok diatas, maka masalah-masalah yang menarik untuk dikaji lebih lanjut adalah :

1.    Bagaimanakah kehidupan sosial-budaya keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun?

2.    Bagaimanakah kehidupan sosial-ekonomi keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun?

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka informasi yang akan dicari untuk menjawab rumusan masalah tersebut antara lain adalah konteks dan aspek-aspek sosial-budaya keluarga nelayan yang terdapat di wilayah penelitian, dan mengidentifikasi keberkaitan dan atau keberpengaruhan secara resiprokal dari konteks dan aspek-aspek sosial-budaya setempat pada aktivitas perekonomian masyarakat nelayan di Desa Muara-Binuangeun.

Untuk mengetahui hal tersebut, maka tujuan dari mengkaji permasalahan di atas adalah :

1.    Untuk mengidentifikasi dan mengetahui kehidupan sosial-budaya keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun.

2.    Untuk mengidentifikasi dan mengetahui kehidupan sosial-ekonomi keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun.

Manfaat Penelitian

Kajian tentang kehidupan sosial keluarga nelayan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat. Adapun manfaat-manfaat tersebut adalah:

1.    Bagi peneliti : dapat menganalisis bagaimana kehidupan sosial keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun.

2.    Bagi akademisi : dapat dijadikan sebagai sumber informasi ataupun referensi bahan perbandingan untuk penelitian selanjutnya. Disamping itu juga dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan untuk yang membacanya.

3.    Bagi masyarakat : penelitian ini diharapkan akan berkontribusi dalam memberikan informasi dan pemahaman mengenai kehidupan sosial keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun.

4.    Bagi pemerintah : penelitian ini dapat dijadikan informasi yang diharapkan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam menentukan kebijakan pembangunan.

BAB II.  KAJIAN TEORI

Sistem Sosial dan Ekonomi Masyarakat Nelayan

Sebagaian besar nelayan yang ada di Indonesia tergolong nelayan tradisional dan buruh nelayan (Kusnadi, 2007:1). Posisi sebagai nelayan tradisonal dan buruh nelayan ini membuat mereka menjadi sebagai masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap Sumber Daya Perairan (SDP) dan masih dikendalikan oleh nelayan besar. Misalnya saja nelayan besar yang memakai teknologi baru membuat nelayan tradisional kesulitan dalam menangkap ikan dan buruh nelayan yang bekerja pada nelayan besar, seolah dibuat tidak bisa lepas dari kekuasaan nelayan besar tersebut. Hal inilah yang kemudian menjadi masalah sosial-ekonomi yang sulit diselesaikan oleh para nelayan di Indonesia. Salah satu implikasinya adalah kemiskinan.

 Satria (2009b: 25) menggambarkan posisi nelayan di Indonesia dalam sebuah tabel dibawah ini:

       Tabel 1 Kondisi Umum Masyarakat Pesisir Di Indonesia Tahun 2002.

No.

Kondisi Mastarakat Pesisir

Jumlah

1.

Desa Pesisir

8.090 desa

2.

Masyarakat Pesisir

-       Nelayan

-       Pembudidaya

-       Masyarakat Pesisir Lainnya

16. 420.000 jiwa

 4.015.320 jiwa

 2.671.400 jiwa

 9.733.280 jiwa

3.

Prosentase yang hidup dibawah garis kemiskinan 932,14%)

5.254.400 jiwa

Sumber : DKP (2007)

Didalam bukunya yang lain, Satria (2009a: 336), menyebutkan bahwa secara sosiologis karakteristik masyarakat nelayan  berbeda dengan karakteristik masyarakat petani dalam pengelolaan atau dalam memanfaatkan lahan untuk mencari nafkah. Nelayan menghadapi sumber daya yang tidak terkontrol dimana pada saat hasil tangakapan berkurang, maka nelayan tersebut harus mencari lahan baru. Artinya adalah nelayan lebih dipengaruhi oleh kondisi alam dan produktifitas mereka mencari  nafkah. Sementara masyarakat petani dapat mengontrol atau berada pada lahan yang terkontrol. Pada saat penghasilan mulai berkurang petani dapat melakukan usaha peningkatan lahan melalui intensifikasi pertanian, mekanisasi pertanian, dan sebagainya dalam satu lahan yang sama.

Secara garis besar, merujuk pada penjelasan sebelumnya kemiskinan pada masyarakat nelayan dapat di klasifikasikan menjadi tiga berdasarkan faktor penyebabnya yaitu kemiskinan struktural, kemiskinan kultural dan kemiskinan alamiah. Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang disebabkan oleh struktur sosial, ekonomi dan sistem politik yang tidak kondusif dan selalu berubah – ubah seiring perubahan yang terjadi pada sistem pemerintahan. Kemiskinan kultural lebih banyak disebabkan oleh faktor kebudayaan masyarakat misalnya kemalasan, sifat konsumtif, berfikir fatalistik, dan sebagainya sehingga kondisi masyarakat cenderung lemah. Sedangkan kemiskinan alamiah adalah kemiskinan yang disebabkan oleh kondisi alam yang tidak dapat dikontrol  dan sumber daya alam yang terbatas untuk dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan (Satria, 2009:25). Ketiga jenis kemiskinan ini saling berkaitan satu sama lain. Ketiga jenis kemisikinan ini pulalah yang mengakibatkan “sistem  patron-klien” dalam sistem pola nafkah nelayan sampai saat ini berkembang dengan baik. Dimana sistem patron-klien ini bukan memberikan kesejahteraan, malah memperburuk keadaan nelayan.

Sistem mata pencaharian masyarakat nelayan yang umumnya tertuju pada sektor perikanan laut, memaksa mereka selalu selaras dengan alam. Dimana kondisi ini menyebabkan para nelayan bergantung dan dipengaruhi oleh alam. Karakteristik inilah yang kemudian berimplikasi pada tingkat pendapatan dan resiko yang mungkin bisa terjadi saat penangkapan ikan di laut. Untuk mengantisipaasi masalah tersebut, maka jaringan atau relasi patron-klien yang sangat kuat, beragam, dan mencakup semua segi ekonomi masyarakat tumbuh dan berkembang dengan baik pada masyarakat nelayan. Relasi patron-klien ini lebih kuat jika dibandingkan dengan masyarakat lain diluar nelayan (Kusnadi, 2007: 9).

Relasi patron-klien ini juga berkembang karena sampai dengan saat ini nelayan masih belum menemukan lembaga/institusi yang mampu menjamin dan mampu mengakomodasi kebutuhan sosial-ekonomi nelayan. Satria (2009a), mengutip kembali legg (1983) dalam Masyhuri (1999), mengungkapkan bahwa hubungan patron-klien secara umum berkaitan dengan:

“ 1.Hubungan diantara pelaku yang menguasai sumber daya tidak sama.

  2.Hubungan yang bersifat khusus merupakan hubungan pribadi yang mengandung  kekerabatan.

3.Hubungan yang didasarkan atas asas saling menguntungkan.”

Masalah kemiskinan ini menjadi akar permasalah dari berbagai permasalahan yang timbul pada masyarakat nelayan. Sehingga pembangunan yang dikembangkan pada nelayan disamping harus menyentuh aspek-aspek kelestarian  lingkungan, juga harus melihat bagaimana menyelesaikan fenomena kemiskinan masyarakat nelayan. Disamping model pembangunan itu harus berangkat dari kearifan lokal yang dimiliki masyarakat nelayan.

BAB III.  METODOLOGI  PENELITIAN

Jenis Penelitian

Penelitian tentang kehidupan sosial keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun ini merupakan penelitian sosial dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/ melukiskan keadaan subjek/objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya (Hadari Namawi, 1998:63).

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pemilihan metode ini didasarkan pada jenis data yang ingin diperoleh yaitu data kualitatif. Disamping itu, untuk mengetahui gambaran kehidupan sosial keluarga nelayan baik kehidupan sosial-budaya maupun sosial-ekonomi di Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dengan mengacu pada rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, maka metode kualitatif dianggap paling cocok untuk digunakan dalam penelitian ini.

Teknik Pengumpulan Data

Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Data sekunder yang diperlukan merupakan dokumen yang terkait dengan karakteristik masyarakat di lokasi penelitian, seperti data dari pemerintah setempat. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari pemerintah desa Muara-Binuangeun berupa data profil desa, sumber daya yang dimiliki oleh desa, luas dan batas-batas desa, serta sarana yang dimiliki oleh desa. Sedangkan data primer diperoleh melalui pendekatan kualitatif, yaitu dengan wawancara mendalam (in depth interview) dengan informan atau narasumber. Teknik yang kedua adalah observasi partisipasi dimana peneliti tinggal di tiga keluarga yang merupakan subyek penelitian selama 30 hari dan terlibat dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat nelayan, sehingga dapat melihat dan merasakan apa yang terjadi di lapangan untuk selanjutnya dapat mendeskripsikan hasil dari observasi yang dilakukan. Kemudian teknik yang ketiga adalah dokumentasi melalui foto-foto di lapangan. Sementara teknik yang keempat yaitu teknik triangulasi yang dilakukan/digunakan pada saat data yang diperoleh terkesan simpang siur atau validitas dan kredibilitasnya diragukan.

Lokasi Dan Waktu Penelitian

Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Muara-Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara porposive (sengaja) dengan beberapa pertimbangan diantaranya adalah penelitian ini merupakan penelitian tentang kehidupan sosial keluarga nelayan di Desa Muara-Binuangeun yang merupakan salah satu desa nelayan di Kabupaten Lebak, Banten. Sedangkan waktu penelitian dimulai dari minggu kedua Juni 2010 sampai dengan minggu keempat Oktober 2010. Adapun jadwal kegiatan dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 2 Jadwal Kegiatan Penelitian

No

Jenis Kegiatan

Waktu Pelaksanaan

1.       

Menentukan judul penelitian

Juni minggu ke-2

2.       

Menyusun Rumusan Masalah

Juni minggu ke-2

3.       

Mencari Data Pendukung

Juni minggu ke-2-3

4.       

Menyusun Metode Penelitian

Juni minggu ke-3

5.       

Penyusunan Proposal Penelitian

Juni minggu ke-4 – Juli minggu ke-1

6.       

Evaluasi

Juli minggu ke-1

7.       

Pengajuan Proposal Penelitian

Juli minggu ke-2

8.       

Menyusun panduan pertanyan  untuk studi awal

Juli minggu ke-3

9.       

Terjun lapangan pertama (Observasi Awal)

Juli minggu ke-4

10.   

Analisis data dan evaluasi

Agustus minggu ke-1-2

11.   

Menyusun panduan pertanyaan untuk observasi

Agustus minggu ke-3

12.   

Persiapan Observasi dan Pengumpulan data

Agustus minggu ke-4

13.   

Observasi dan Pengumpulan Data

September minggu ke-1-3

14.   

Analisis Data

September minggu ke-4

15.   

Evaluasi

Oktober minggu ke-1

16.   

Pengetikan Karya Tulis

Oktober minggu ke-2

17.   

Evaluasi

Oktober minggu ke-3

18.   

Penyempurnaan Karya Tulis

Oktober minggu ke-4

 

Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian pada awalnya adalah peneliti sendiri kemudian setelah fokus penelitian menjadi jelas, peneliti mengembangkan instrumen lain seperti foto untuk dokumentasi, panduan pertanyaan pengarah, catatan harian dan sarana untuk pengetikan. Dengan instrumen sederhana ini, diharapkan dapat mempertajam dan melengkapi data yang diperoleh di lapangan.

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data pada penelitian ini disesuaikan dengan metode penelitian yang digunakan, yaitu penelitian kualitatif. Analisis data ini mengikuti konsep Miles and Huberman dan Spradley. Miles and Huberman (1984) dalam Sugiyono (2009: 91), mengemukakan bahwa analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus dengan selesai sehingga data yang diperoleh bersifat jenuh. Aktifitas dalam analisis data ini diantaranya adalah data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification.

Pada saat turun lapang pertama, diperoleh data yang bermacam-macam dan tidak tersusun dengan benar. Data tersebut tetap dikumpulkan dan dikoleksi sebanyak-banyaknya. Kemudian data yang beranekaragam dan terkumpul secara tidak beraturan tersebut direduksi. Setelah dilakukan reduksi data, selanjutnya data tersebut dijabarkan satu persatu menurut kebutuhan data penelitian dan diurutkan secara sistematis sehingga akan lebih mudah dipahami dan akan menentukan arah penelitian selanjutnya. Tahap ini biasanya disebut dengan tahap penentuan fokus penelitian, aktifitasnya adalah dengan mendisplaykan data sehingga diperoleh gambaran umum fokus penelitian yang akan dikaji lebih dalam. Setelah fokus penelitian ini menjadi lebih jelas, maka penelitian dilanjutkan berdasarkan fokus penelitian tadi. Data-datanyapun terfokus pada aspek yang menjadi fokus penelitian.

Tahap selanjutnya yaitu tahap selection, aktifitas analisis data pada tahap ini membuat suatu kesimpulan dari data yang diperoleh, memilih data yang diperlukan, membuat kategorisasi data yang diperlukan dan membuang data yang tidak dipakai. Aktifitasnya biasa disebut dengan conclusion drawing/veryfying. Berikut ini adalah gambar aktifitas analisis data menurut Miles and Huberman.

 

 REFERENSI

Garna, Judistira K. 1999. Metoda Penelitian : Pendekatan Kualitatif. Bandung: Primaco Akademika

Kusnadi. 2007. Strategi Hidup Masyarakat Nelayan. Jember : Tim Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (PSKP).

Masyhuri dan Mochammad Nadjib. 2000. Pemberdayaan Nelayan Tertinggal : Sebuah Uji Model Penanganan Kemiskinan. Jakarta : Puslitbang Ekonomi dan Pembangunan – LIPI.

Nawawi, Hadari. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Satria, Arif. 2009a. Ekologi Politik Nelayan. Yogyakarta : LKIS.

________. 2009b. Pesisir dan Laut Untuk Rakyat. Bogor : IPB Press.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

(http://fendi-wiranata.blogspot.co.id/2012/03/contoh-proposal-penelitian-lkir-dikutip.html)

 

 

6 comments:

  1. Nama :Rizki Milly Ayu L
    Kelas :XI IPS 1
    Absen:30

    Kesimpulan dari bacaan diatas adalah apabila kita akan menyusun laporan penelitian itu harus memperhatikan dan mengetahui kepada siapa laporan ditunjukkan agar informasi yang diperoleh dari hasil penelitian dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca. Dan tujuan dari menyusun laporan penelitian itu sendiri adalah : sebagai dasar penentuan kebijakan , sebagai bahan untuk penyusunan rencana kegiatan berikutnya , dapat mengetahui perkembangan dan proses dari peningkatan kegiatan , menjadi sumber informasi dan lain sebagainya . Jadi, dengan begitu kita bisa sedikit lebih maju untuk kedepannya dengan menggunakan laporan penelitian agar lebih tersusun dan terencana .

    ReplyDelete
  2. Nama : Nur Nilamsari
    Kelas : 11 IPS 1
    Absen : 27

    Menyusun proposal penelitian memang tidak gampang tapi tidak juga sulit, jika paham dan mengikuti aturannya dengan sesuai. Tentukan kerangka proposal, ikuti langkahnya sesuai urutan, perhatikan pemilihan kata, belajar dari membaca banyak contoh proposal, serta latih kemampuan menulis. Dengan banyak latihan maka menyusun proposal tidak sesulit yang dibayangkan juga isi, dan tujuan proposal dapat tersampaikan dengan baik.

    ReplyDelete
  3. Nama : Pricilia Kharen Siregar
    Kelas : XI IPS 1
    Absen : 29

    Kesimpulan dari bacaan tersebut adalah kita harus teliti dalam menyusun laporan penelitian. Didalam laporan penelitian ada beberapa langkah yg harus diperhatikan diantaranya menyiapkan fenomena untuk diteliti, membuat rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. Dari langkah-langkah tersebut kita dapat mengetahui bahwa membuat laporan penelitian tidak asal-asalan tetapi harus menggunakan aturan, supaya tujuan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan kepada pembaca. Maka dari itu laporan dapat tertata rapih dan sesuai dengan aturan.

    ReplyDelete
  4. Intan amalia l
    Xl ips 1
    20

    Kesimpulan dari bacaan tersebut yaitu jika kita membuat proposal harus memperhatian langkah-langkah menyusun proposal, karena itu sangat penting dan berpengaruh. Harus teliti dan memperhatikan setiap langkah-langkahnya seperti ,menjelaskan fenomena yang relevan dengan penelitian, merumuskan pertanyaan penelitian atau rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. Dan berisi bab bab yaitu, Bab I berisi perumusan judul penelitian yang sederhana.
    Bab II kajian pustaka yang sesuai dengan isi proposal yang tergambar pada latar belakang dan tujuan.
    Bab III Menentukan metode penelitian yang akan digunakan untuk menemukan pemecahan masalah, dan terakhir menyimpulkan dan menyususn saran dari proposal berdasarkan uraian pada Bab I dan Bab II. Maka dari itu jika kita membuat proposal harus benar benar memperhatikan langkah-langkah. Makadari itu proposal dapat tertata baik ,rapih dan benar.

    ReplyDelete
  5. nama :nikenda pricila
    kelas:xi ips 1
    absen: 26


    dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam membuat laporan penelitian kalian harus mengkaji masalah yang akan diselesaikan, merumuskan rumusan masalah,mengetahui bahwa penelitian kalian sesuai dengan tujuannya mengumpulkan kajian yang sesuai dengan isi yang tergambar pada latar belakang dan metode penelitian yang akan digunakan untuk menemukan pemecahan masalah,dan menemukan pemecahan masalahnya dengan begitu laporan penelitian yang kalian buat akan terencana dengan baik dan rapi.

    ReplyDelete
  6. Singkat kata untuk keuntungan luar biasa yang Anda bantu saya dapatkan hanya dalam seminggu dengan strategi opsi biner, maaf saya ragu pada awalnya, saya menginvestasikan $ 200 dan menghasilkan $ 2.500 hanya dalam satu minggu, dan terus berinvestasi lebih banyak, hari ini saya secara finansial berhasil, Anda dapat menghubungi dia melalui email: carlose78910@gmail.com
    Melalui whatsapp: (+12166263236)
    Saya menyarankan Anda tidak perlu ragu. Dia hebat.

    ReplyDelete