14 April 2018

SOAL, KUNCI JAWABAN, DAN PEMBAHASAN TO UN SMP TAHUN 2018


SOAL, KUNCI JAWABAN, DAN PEMBAHASAN TO UN SMP TAHUN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Berikut ini disajikan soal, kunci jawaban, dan pembahasan soal try out (TO) UN SMP tahun 2018 dan dilengkapi dengan ringkasan materi.










UNDUH SOAL TO UN 2018 KLIK DI SINI

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL TO UN 2018 SMP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

NO
KUNCI
PEMBAHASAN
1.       
D
Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah). Istilah deforestasi bermakna penebangan hutan (KBBI).
2.       
A
Pertanyaan: Siapa yang mengingatkan tentang terjadinya degradasi hutan di Sumatera?
Jawaban: Direktur Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) (kalimat pertama dalam paragraf
3.       
B
Kalimat simpulan adalah kalimat yang berisi opini atau pendapat akhir atas data-data yang ada dalam teks.
Data: seiring dengan terjadinya pertambahan penduduk, jika laju deforestasi tidak dikendalikan, berpotensi menyebabkan kerusakan hutan yang lebih parah. Salah satu kerusakan hutan terjadi akibat kegiatan penambangan emas liar Pendapat akhir: Perlu campur tangan pemerintah untuk mencegah kerusakan hutan yang lebih parah.
4.       
C
Ide pokok atau gagasan pokok adalah gagasan utama atau gagasan yang paling penting dalam paragraf. ide pokok terdapat dalam kalimat utama. Ide pokok dan kalimat utama berfungsi memberitahu pembaca tentang apa yg diperbincangkan dalam paragraf itu dan menjadi sandaran bagi kalimat-kalimat lain dalam paragraf itu.
Ide pokok: Kandungan yang terdapat dalam bui kacang hijau
Penjelas: kandungan protein sebanyak 24,4 %, lemak 1%, dan karbohidrat 64,6%, dan mengandung vitamin B l, vitamin A, dan C.
5.       
D
Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama juga sering disebut sebagai  kalimat topik. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas.
Kalimat utama: Kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) merupakan salah satu tanaman kacang-kacangan penting di Asia Tenggara dan Asia Selatan.
Kalimat penjelas: Di Indonesia , tanarnan ini menempati urutan kedua setelah kedelai dan kacang tanah. (kalimat ketiga dan seterusnya).
6.       
C
Ringkasan adalah hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita (https://kbbi.web.id/ringkas). Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu teks. Ringkasan memuat ide-ide pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya.
Ringkasan: Kacang hijau merupakan tanaman kacang-kacangan (isi paragraf pertama) dan kandungan dari biji kacang hijau (isi paragraf kedua).
7.       
D
Kalimat persetujuan/pro adalah kalimat yang berisi persetujuan, dukungan, dan keberpihakan seseorang atas suatu ide atau gagasan. Sebaliknya, kalimat yang berisi penentangan atau ketidaksetujuan terhadap suatu pendapat disebut dengan pendapat kontra.
Kalimat pro: Pelajar dapat mengambil manfaat dari alat ini berupa informasi yang ditayangkan. Contohnya, banyaknya stasiun televisi yang menyajikan program edukatif.
Kalimat kontra: Akan tetapi,tayangan televisi juga dapat merugikan pelajar karena dapat membuat mereka malas belajar.
8.       
D
Teks adalah naskah yang ditulis dengan tata organisasi tertentu (struktur/pola penyajian tertentu).
Perbedaan pola penyajian kedua kutipan teks tersebut adalah kutipan I menggunakan urutan waktu (pukul 05.00 -17.00), kutipan II urutan tempat (di Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia).
Materi lengkap klik
9.       
C
Kelemahan adalah keadaan buruk atau ada bagian yang kurang atau tidak baik pada suatu karya sastra.
Kalimat yang menyatakan kelemahan: Namun sayang, pemilihan kertas yang terlalu tipis membuat huruf terlihat membayang.
10.   
A
Penggunaan kata yang beragam dalam keseharian menimbulkan makna kata yang beragam pula dilihat dari sudut pandang yang berbeda beda.
Makna Leksikal dapat juga disebut makna sebenarnya. Makna Leksikal merupakan makna yang sesuai dengan hasil observasi indra yang dimiliki manusia, sehingga makna yang tercipta merupakan makna yang sebenarnya, apa adanya, dan terdapat dalam kamus (makna dalam kamus sering disebut dengan makna dasr atau makna konkret).
Makna kontekstual merupakan makna dari sebuah kata atau leksem yang muncul berdasarkan suatu konteks tertentu.
Berdasarkan konteks kalimat, makna kata bisa dalam kalimat Tupai itu mencoba melepaskan diri dari ular namun apa daya bisa ular itu telah melumpuhkan badannya adalah racun.
11.   
D
Istilah tokoh merujuk pada orang atau pelaku cerita. Watak, perwatakan, dan karakter, menunjuk pada sifat dan sikap para tokoh.
Watak tokoh Tupai yang sombong disimpulkan dari ucapan Tupai "Hai
Tupai lemah, kini kau sudah mengetahui akulah paling hebat di sini, akulah jagoannya!"
12.   
B
Plot atau alur adalah urutan peristiwa yang merupakan dasar terciptanya sebuah cerita . Tahapan plot menurut Richard Summers.Richard Summers membagi plot menjadi lima tahapan yaitu tahap situation (tahap penyituasian) yaitu tahap yang berisi pengenalan tokoh serta situasi yang ada dalam cerita, tahap generating circumstances (tahap pemunculan konflik), tahap rising action (tahap peningkatan konflik), tahap climax (klimaks) yaitu titik intensitas puncak konflik yang dialami tokoh, tahap denouement (tahap penyelesaian).
Paragraf kedua merupakan bagian penyelesaian. Kalimat yang menunjukkan akhir cerita/penyelesaian adalah Seketika itu, sang ular menggigit tupai tersebut. Tupai itu mencoba melepaskan diri dari ular namun apa dayabisaular itu telah melumpuhkan badannya.
13.   
A
Latar atau biasa disebut dengan setting merujuk pada pengertian tempat¸ hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar waktu merujuk pada kapan waktu terjadinya peristiwa.
Waktu terjadinya peristiwa dalam teks tersebut adalah sore hari.
Kalimat yang menunjukkan waktu sore hari adalah Sampai matahari di ufuk barat, kedua tupai itu masih berkelahi.
14.   
B
Ungkapan adalah gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya.
Ungkapan kepala batu bermakna tidak mau mendengar nasihat orang.
15.   
C
Nilai adalah "sesuatu" yang dapat memperkaya wawasan dan/atau meningkatkan harkat hidup. Nilai moral, yaitu nilai yang berkaitan dengan akhlak/budi pekerti/susila atau baik buruk tingkah laku.
Nilai moral cerita di atas adalah Mengambil milik orang lain tindakan tercela.
Nilai tersebut disimpulkan dari paragraf terakhir pada teks “ Ketika kucing itu dipukul, kucing itu langsung terbangun dan lari terbirit-birit karena takut dipukul lagi oleh pemilik ayam itu. Kemudtarl ayam itu diletakkan di kandan gnya kembali. Kucing itu berpikir bahwa jika kita mengambil tempat rnilik orang lain kita akan mendapatkan balasan yang setimpal. Kucing itu kini pergi mencari tempat untuk tidur namun tempat itu bukan milik hewan lainnya.”
16.   
A
Konflik merupakan pertemuan atau benturan antara dua kekuatan yang berlawanan. Konflik adalah permasalahan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita.
Konflik dalam cerita disebabkan oleh suatu peristiwa sebagai pemicunya (penyebab konflik).
Penyebab konflik dalam cerita tersebut adalah Kucing menempati kandang milik Ayam.
17.   
D
Konflik dalam cerita juga menyebabkan terjadinya sebuah peristiwa (akibat konflik).
Akibat konflik dalam cerita tersebut adalah Kucing diusir oleh pemilik kandang ayam.
18.   
B
Teks adalah naskah yang ditulis dengan tata organisasi tertentu (struktur/pola penyajian tertentu).
Teks I diawali pengenalan tokoh, yaitu keluarga semut rangrang dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak.
Teks II diawali aksi tokoh, yaitu aksi kambing yang membujuk Cayman.
 Materi lengkap klik
19.   
B
Setiap pengarang sastra dapat memanfaatkan bahasa secara leluasa sesuai dengan caranya sendiri dalam menyampaikan pikiran, perasaan, gagasannya.
Dua kutipan tersebut memiliki perbedaan penggunaan bahasa. Dalam kutipan I terdapat kata sandang Sang semut, sedangkan dalam kutipan II tidak terdapat kata sandang.
20.   
D
Mengomentari adalah memberikan ulasan atau tanggapan atas teks yang dibacanya (untuk menerangkan atau menjelaskan isinya). Isi komentar dapat berupa tanggapan, sanggahan, pendapat, pertanyaan, penolakan, dan persetujuan. Isi komentar dipandang tepat apabila sesuai dengan isi teks.
Sesuai dengan isi teks, komentar yang tepat adalah perilaku kera tidak patut dicontoh karena menyakiti temannya sendiri.
21.   
C
Latar atau biasa disebut dengan setting merujuk pada pengertian tempat¸ hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar tempat merujuk pada lokasi terjadinya peristiwa.
Tempat atau lokasi terjadinya peristiwa dalam teks tersebut adalah di kebun pisang (paragraf kedua).
22.   
A
Mengomentari adalah memberikan ulasan atau tanggapan atas teks yang dibacanya (untuk menerangkan atau menjelaskan isinya). Isi komentar dapat berupa tanggapan, sanggahan, pendapat, pertanyaan, penolakan, dan persetujuan. Isi komentar dipandang tepat apabila sesuai dengan isi teks.
Sesuai dengan isi teks, komentar yang tepat adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa bermakna lugas sehingga mudah dipahami.
23.   
D
Variasi kalimat yang bertujuan sama dapat dilakukakan antara lain dengan mengubah (1) kalimat berita menjadi kalimat tanya atau perintah, (2) kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung. (3) kalimat aktif menjadi kalimat pasif, (4) kalimat sederhana menjadi kalimat kompleks/luas atau sebaliknya.
Kalimat aktif Mandra mengajari adik membuat laying-layang dijadikan  kalimat pasif Adik diajari Mandra membuat rayang-Iayang dengan isi, pola kalimat, dan tujuan/maksud yang sama.
24.   
B
Teks prosedur adalah teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu.
Cara menentukan kalimat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang adalah dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan isi kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang pada teks di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi teks adalah Kukus adonan kerupuk sampai matang!
25.   
D
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Struktur teks laporan diawali dengan pernyataan umum dan diikuti dengan deskripsi setiap bagian atau aspek yang dilaporkan, dan deskripsi manfaat.
Berdasarkan ilustrasi data dan struktur tulisan, teks laporan yang sesuai dengan data adalah pilihan jawaban D.
Materi lengkap klik
26.   
B
Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks artinya menyusun secara urut kalimat-kalimat dalam teks yang mungkin sebelumnya acak/tidak urut. Teks prosedur memiliki tiga struktur, yaitu bagian tujuan, bahan/alat, dan langkah-langkah.
Langkah yang urut teks tersebut adalah pilihan jawaban B.
27.   
C
Untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang dengan kata/Istilah yang tepat haruslah memperhatikan kata-kata sebelum dan sesudahnya. Di samping itu, perlu memperhatikan makna utuh kalimat.
Berdasarkan makna utuh kalimat tersebut, kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah mengimbau.
Materi lengkap klik
28.   
A
Cara menentukan kalimat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang adalah dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan isi kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang pada teks di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi teks adalah Serat yang dimaksud adalah serat tidak larut dan serat larut.
29.   
C
Resensi adalah tulisan yang berisi pertimbangan kelebihan dan kekurangan buku. Menyusun kalimat resensi haruslah berdasarkan.
Berdasarkan data-data buku tersebut, kalimat resensi yang tepat adalah pilihan jawaban C.
30.   
A
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Struktur teks laporan diawali dengan pernyataan umum dan diikuti dengan deskripsi setiap bagian atau aspek yang dilaporkan, dan deskripsi manfaat.
Berdasarkan ilustrasi data dan struktur tulisan, teks laporan yang sesuai dengan data adalah pilihan jawaban A.
Materi lengkap klik
31.   
B
Menggabungkan kalimat menjadi sebuah paragraf antara lain dapat dilakukan dengan menambahkan kata penghubung (konjungsi). Kata penghubung atau konjungsi adalah suatu kata tugas atau kata penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah klausa, kalimat, paragraf atau lebih.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat  tersebut adalah dan (pilihan jawaban B). Kata penghubung dan digunakan untuk menyatakan hubungan aditif atau penggabungan.
32.   
A
Kalimat efektif adalah kalimat yang jelas, mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca, dan sesuai dengan kaidah bahasa, antara lain lengkap unsur kalimatnya, kata yang digunakan tepat, tidak berlebihan, tidak ambigu, dan sebagainya.
Kalimat tidak efektif antara lain ditandai dengan ketidaklengkapan unsur kalimat, ketidaktepatan penempatan unsur dalam kalimat, penggunaan unsur kalimat secara berlebihan, pilihan kata tidak tepat,  ketidakparalelan, kontaminasi, dan kesalahan konjungsi.
kalimat yang tidak efektif adalah kalimat (1) karena tidak memenuhi syarat kehematan atau penggunaan unsur kalimat secara berlebihan (jamak ganda). Yaitu penggunaan kata penghubung saat setelah selesai.
33.   
C
Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Berdasarkan perbandingan isi kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut, kalimat yang tidak padu adalah kalimat (3). Kalimat (1), (2), (4) menjelaskan kelebihan Pantai Baron, sedangkan kalimat (3) berisi letak Pantai Baron.
34.   
D
Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu.
Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat harus memperhatikan kata-kata sebelum dan sesudah bagian yang rumpang dan makna utuh kalimat.
Istilah yang tepat untuk mengisi bagian rumpang kalimat tersebut adalah saldo yang bermakna sisa.
35.   
B
Kata bentukan atau berimbuhan adalah kata dasar yang telah mendapatkan imbuhan baik awalan, sisipan, akhiran, maupun gabungan imbuhan. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan yang tepat harus memperhatikan kata-kata sebelum dan sesudah bagian yang rumpang dan makna utuh kalimat.
Kata bentukan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang kalimat tersebut adalah diperkirakan.
36.   
A
Kata ulang merupakan kata yang dihasilkan dari proses reduplikasi atau pengulangan.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah cepat-cepat. Bentuk kata ulang tersebut adalah kata ulang utuh dan memiliki makna kesungguhan menyangatkan/intensitas.
37.   
B
Isi kalimat tersebut menyatakan lamanya waktu (1 menit 27 detik). Istilah yang tepat untuk menyatakan lamanya waktu adalah durasi.
Kata durasi bermakna  lamanya sesuatu berlangsung; rentang waktu; (https://kbbi.web.id/durasi).
Materi lengkap klik
38.   
D
Kalimat tersebut termasuk kalimat tidak efektif. Penyebab ketidakefektivan karena penggunaan kata berlebihan atau tidak memenuhi unsur kehematan.
Perbaikan kalimat agar menjadi kalimat efektif yaitu menghilangkan kata sekali.
39.   
B
Dalam paragraf tersebut, kalimat (2) adalah kalimat tidak padu . Pengertian kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf.
Untuk memperbaiki kalimat (2), dilakukan dengan mengganti kalimat yang memiliki korelasi dengan kalimat lain dalam paragraf. Kalimat yang memiliki korelasi dengan kalimat lain, yaitu Tentu hal ini menjadi kemudahan sendiri bagi mahasiswa asing (pilihan jawaban B. Kalimat tersebut menjelaskan kalimat sebelumnya.
40.   
A
Kalimat tersebut termasuk kalimat tidak efektif karena penggunaan kata penghubung yang tidak tepat.
Dengan kata lain, alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah kata daripada tidak tepat karena kalimat tersebut bukan kalimat perbandingan.
41.   
B
Kalimat tersebut termasuk kalimat tidak efektif. Penyebab ketidakefektivan karena penggunaan kata berlebihan atau tidak memenuhi unsur kehematan atau pemborosan. Kata destinasi dan tujuan memiliki makna yang sama. Oleh karena itu, seharusnya dipilih atau digunakan salah satu.
42.   
C
Paragraf tidak padu antara lain ditandai dengan adanya kalimat tidak padu dalam paragraf. Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf.
Kalimat (3) paragraf tersebut tidak berkaitan dengan kalimat (1), (2), dan (4). Kalimat (3) berisi kemacetan di jalan tol, sedangkan kalimat (1), (2), dan (4) berisi pembangunan dan peresmian jalan tol.
43.   
A
Penulisan kata dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Penulisan kata operasionil seharusnya operasional.
44.   
D
Penggunaan tanda baca dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kaidah dalam PUEBI antara lain penggunaan tanda tanya (?) dan tanda seru (!).
Tanda tanya dipakai pada akhir kalimat tanya. Tanda seru dipakai untuk mengakhiri ungkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, atau emosi yang kuat.
Kalimat "Sebaiknya kita tidak semb arangan membuang sampah teman-tem an?" kata Irma adalah kalimat yang menyatakan seruan. Oleh karena itu, tanda baca yang tepat dalam kalimat tersebut adalah tanda seru (!) bukan tanda tanya (?).
45.   
C
Penggunaan ejaan dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Salah satu aturan dalam PUEBI adalah penggunaan huruf kapital.
Sesuai dengan PUEBI penulisan yang benar adalah jeruk bali dan kue bika ambon.
46.   
A
Penulisan kalimat langsung dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia diatur antara lain sebagai berikut.
Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat. Misalnya:
Kata nenek saya, “Kita harus berbagi dalam hidup ini.”
“Kita harus berbagi dalam hidup ini,” kata nenek saya, “karena manusia adalah makhluk sosial.”
Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah "Baiklah, Bu. Kita akan mempersiapkan semuanya dengan baik," kata Kak Ratih.
47.   
C
Penggunaan ejaan dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Salah satu aturan dalam PUEBI adalah penggunaan huruf kapital.
Sesuai dengan PUEBI penulisan yang benar adalah Proses pencarian korban tenggelamnya perahu di Waduk Ctrata. Desa Tegal Datar, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, masih terus dilakukan.
48.   
A
Penggunaan tanda baca dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kaidah dalam PUEBI antara lain penggunaan tanda tanya (?) dan tanda seru (!).
Tanda tanya dipakai pada akhir kalimat tanya. Tanda seru dipakai untuk mengakhiri ungkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, atau emosi yang kuat.
Kalimat yang benar adalah "Anak-anakku persiapkan dirimu sebaik-baiknya, jaga kondisi kesehatanmu!" kata Pak Andi. Kalimat tersebut menyatakan seruan. Oleh karena itu, tanda baca yang tepat dalam kalimat tersebut adalah tanda seru (!) bukan tanda tanya (?).
49.   
A
Kalimat efektif antara lain ditandai dengan penggunaan kata serapan yang ditulis sesuai dengan ejaan yang tepat. Penulisan kata serapan harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Misalnya, kata Jum'at seharusnya ditulis Jumat supaya sesuai kaidah PUEBI.
Materi lengkap klik
50.   
B
Penggunaan tanda baca dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kaidah dalam PUEBI antara lain penggunaan tanda tanya (?). Tanda tanya dipakai pada akhir kalimat tanya.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat "Sabar ya, Bu semoga masalah ini segera selesai?" kata Kak Amir adalah tanda tanya (?) tidak tepat digunakan karena bukan kalimat tanya.




9 comments:

  1. terimakasih banyak! sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. Forbes bahasa Indonesia -> Majalah Forbes
    Berita Indonesia -> Ina News
    Yang lagi Viral -> Liputan Viral
    Berita lagi ganss -> Rekan Bola

    ReplyDelete
  3. Mencari Judi Taruhan Online Terpercaya di Indonesia?

    Agen BOLAVITA menyediakan Judi Taruhan yang bisa Anda mainkan dimana dan kapanpun juga!!

    Permainan yang disediakan juga sangat lengkap, berikut permainan yang disediakan:
    • Bola Tangkas (Tangkasnet, Tangkas88 dan Tangkas1)
    • Casino Online (WM Casino, Green Dragon dan SBOBET Casino)
    • Sabung Ayam (S128, SV388 dan Kungfu Chicken)
    • Taruhan Bola (SBOBET, MAXBET/ICB Bet dan 368 Bet)
    • Togel Online (KLIK4D dan ISIN4D)
    • Games Virtual / Slot Games (Joker dan Play1628)

    Dengan minimal deposit Rp 50.000 saja sudah bisa mainkan permainan yang disediakan Agen BOLAVITA!!

    Cukup mudah dan terjangkau bukan? Dengan minimal deposit Rp 50.000 saja sudah bisa mainkan permainan dan dapat memenangkan sampai ratusan juta rupiah!!

    Tunggu apalagi? Daftar, main, dapatkan bonus dan jackpot sekarang juga di www.bolavita.ltd

    Baca juga =
    1. Daftar Sabung Ayam Cara S128 di BOLAVITA
    2. Promo Promo BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    WA : +62812-2222-995
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Wechat : Bolavita
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  4. Silakan Kunjungi Artikel tajenonline.com

    Login S128

    Dan dapat Hubungi Kontak Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    ReplyDelete
  5. buddy help share our website, we will also help share the webiste you have. thank you
    Agen S1288

    ReplyDelete
  6. This bog has so many benefits for everyone who likes to be able to read it perfectly. thank you
    Situs Fafaslot

    ReplyDelete
  7. this site is so amazing, I get a lot of useful information on the site, I want to share it with my friends, is it okay? Thank you in advance
    Joker Gaming

    ReplyDelete